Saham DILD | PEFINDO TURUNKAN PERINGKAT DILD JADI idBBB

Sponsored Links:
Logo PT Intiland Development Tbk

IQPlus, (15/04) - Pefindo telah menurunkan peringkat PT Intiland Development Tbk (DILD) beserta Obligasi II 2016 Seri B menjadi idBBB dari idBBB+. Di saat yang sama, Pefindo menurunkan peringkat Oblgasi II 2016 Seri A sebesar Rp428 miliar yang akan jatuh tempo 29 Juni 2019 menjadi idBBB.

Menurut keterangan yang diperoleh Senin, perusahaan berencana menggunakan fasilitas utang sindikasi dari BNI untuk membayar utang obligasi yang jatuh tempo. Pada Desember 2018, Perseroan meraih pinjaman sindikasi Rp2,8 triliun yang akan jatuh tempo 2026.

Penurunan peringkat mencerminkan espektasi Pefindo terhadap profil kredit DILD yang tetap lemah untuk kategori peringkat, karena pra-penjualan yang lebih rendah dari yang diperkirakan, terutama untuk beberapa proyek high-rise yang mana tingkat take-up nya sulit untuk ditingkatkan.

DILD membukukan arus kas operasi negatif selama lima tahun terakhir meski defisit tersebut membaik signifikan pada 2018. Hal ini mendorong perusahaan untuk menarik utang lebih besar untuk penyelesaian proyek. Tingkat Leverage keuangan perusahaan yang diukur dengan utang terhadap EBITDA dan interest coverage yang diukur dengan EBITDA terhadap beban bunga di tahun 2018 masing-masing sebesar 9,4x dan 1,0x berada di batasan terendah dalam kisaran kredit. Prospek atas peringkat perusahaan stabil. (end)

Komentar