google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Pengertian Likuiditas Pada Investasi Saham Langsung ke konten utama

Pengertian Likuiditas Pada Investasi Saham

apa itu likuiditas
apa itu likuiditas ?

Apa itu Likuiditas?

Likuiditas menggambarkan sejauh mana suatu aset atau sekuritas dapat dengan cepat dibeli atau dijual di pasar dengan harga yang mencerminkan nilai intrinsiknya. Dengan kata lain: kemudahan mengubahnya menjadi uang tunai.

Uang tunai secara universal dianggap sebagai aset paling likuid, sementara aset berwujud, seperti real estat, seni rupa, dan barang koleksi, semuanya relatif tidak likuid. Aset keuangan lainnya, mulai dari ekuitas hingga unit kemitraan, jatuh di berbagai tempat dalam spektrum likuiditas.

Uang tunai dianggap sebagai standar likuiditas karena uang tunai dapat dengan cepat dan mudah dikonversi menjadi aset lain.

Jika seseorang menginginkan kulkas IDR 10juta, uang tunai adalah aset yang paling mudah digunakan untuk mendapatkannya. Jika orang itu tidak memiliki uang tunai tetapi koleksi buku langka yang telah dinilai IDR 10juta, dia tidak mungkin menemukan seseorang yang mau menukar mereka dengan kulkas untuk koleksi mereka. Sebagai gantinya, dia harus menjual koleksi dan menggunakan uang tunai untuk membeli kulkas. Itu mungkin baik-baik saja jika orang tersebut dapat menunggu selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk melakukan pembelian, tetapi itu dapat menimbulkan masalah jika orang tersebut hanya memiliki beberapa hari. Ia mungkin harus menjual buku dengan harga diskon, alih-alih menunggu pembeli yang bersedia membayar nilai penuh. Buku langka adalah contoh dari aset tidak likuid.

Likuiditas Pasar

Likuiditas pasar mengacu pada sejauh mana pasar, seperti pasar saham suatu negara atau pasar real estat kota, memungkinkan aset dibeli dan dijual dengan harga yang stabil dan transparan.

Dalam contoh di atas, pasar untuk lemari es dengan imbalan buku-buku langka begitu tidak likuid sehingga, untuk semua maksud dan tujuan, tidak ada. Pasar saham, di sisi lain, dicirikan oleh likuiditas pasar yang lebih tinggi. Jika pertukaran memiliki volume perdagangan tinggi yang tidak didominasi oleh penjualan, harga yang ditawarkan oleh pembeli per saham (harga penawaran) dan harga yang bersedia diterima oleh penjual (harga permintaan) akan cukup dekat satu sama lain. Investor, karenanya, tidak akan harus menyerahkan keuntungan yang belum direalisasi untuk penjualan cepat. Ketika spread antara harga bid dan ask tumbuh, pasar menjadi lebih tidak likuid.

Pasar untuk real estat biasanya jauh lebih tidak likuid dibandingkan pasar saham. Likuiditas pasar untuk aset lain, seperti derivatif, kontrak, mata uang, atau komoditas, seringkali tergantung pada ukurannya, dan berapa banyak bursa terbuka yang dapat diperdagangkan.

Likuiditas Akuntansi

Likuiditas akuntansi mengukur kemudahan seseorang atau perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansial mereka dengan aset likuid yang tersedia bagi mereka — kemampuan untuk melunasi hutang saat jatuh tempo. Dalam contoh di atas, aset kolektor buku langka relatif tidak likuid dan mungkin tidak akan bernilai nilai penuhnya IDR 10juta dalam keadaan darurat.

Dalam istilah investasi, menilai likuiditas akuntansi berarti membandingkan aset likuid dengan liabilitas lancar, atau liabilitas keuangan yang jatuh tempo dalam satu tahun. Ada sejumlah rasio yang mengukur likuiditas akuntansi, yang berbeda dalam seberapa ketat mereka mendefinisikan "aset likuid." Analis dan investor menggunakan ini untuk mengidentifikasi perusahaan dengan likuiditas yang kuat.

Mengukur Likuiditas Akuntansi

Secara umum, dalam menggunakan formula ini, rasio yang lebih besar dari satu diinginkan.

Rasio saat ini

Rasio saat ini adalah yang paling sederhana dan paling tidak ketat. Ini mengukur aset lancar (yang secara wajar dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam satu tahun) terhadap kewajiban lancar. Formulanya adalah:

Rasio Saat Ini = Aktiva Lancar / Kewajiban Lancar

Acid-Test / Rasio Cepat

Acid-test atau rasio cepat sedikit lebih ketat. Tidak termasuk inventaris dan aset lainnya, yang tidak selikuid uang cash dan piutang, dan investasi jangka pendek. Sebagai formula:

Acid-Test Ratio = (Kas dan Setara Kas + Investasi Jangka Pendek + Piutang Usaha) / Kewajiban Saat Ini

Variasi dari Acid-Test hanya mengurangi persediaan dari aset saat ini, membuatnya sedikit lebih murah hati:

Acid-Test Ratio (Var) = (Aset Lancar - Persediaan - Biaya Dibayar Dimuka) / Kewajiban Saat Ini

Rasio Kas

Rasio kas adalah rasio likuiditas yang paling tepat. Tidak termasuk piutang, serta persediaan dan aset saat ini lainnya, ia mendefinisikan aset likuid secara ketat sebagai uang tunai atau setara kas. Lebih dari rasio saat ini atau rasio acid-test, itu menilai kemampuan entitas untuk tetap likuid dalam kasus darurat - skenario terburuk - dengan alasan bahwa bahkan perusahaan yang sangat menguntungkan dapat mengalami masalah jika mereka tidak memiliki likuiditas untuk bereaksi terhadap peristiwa yang tidak terduga. Formulanya:

Rasio Kas = (Kas dan Setara Kas + Investasi Jangka Pendek) / Kewajiban Saat Ini

Likuiditas di Pasar Saham

Dalam hal investasi, ekuitas sebagai kelas adalah salah satu aset yang paling likuid. Tetapi tidak semua ekuitas diciptakan sama ketika dikaitkan dengan likuiditas. Beberapa saham diperdagangkan lebih aktif daripada yang lain di bursa saham, artinya ada lebih banyak pasar untuk mereka — mereka menarik minat yang lebih besar, lebih konsisten dari para pedagang dan investor, dengan kata lain. Saham likuid ini biasanya dapat dikenali dari volume hariannya, yang dapat berjumlah jutaan saham, atau bahkan ratusan juta.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit