DEWA | Darma Henwa Yakin Mencapai Target Produksi 17 Juta Ton Sepanjang Tahun Ini

Sponsored Links:

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Darma Henwa Tbk (DEWA) menargetkan dapat mengeruk 17 juta ton batubara hingga pengujung 2019.

Target ini naik dari realisasi produksi Darma Henwa (DEWA) tahun lalu, yakni sebanyak 13,5 juta ton.

Per Juli 2019, Darma Henwa telah merealisasikan hampir 50% dari target produksi. "Di Juli sudah terealisasi 8,4 juta ton," ujar Mukson Arif Rosyid, Sekretaris Perusahaan Darma Henwa kepada Kontan, kemarin.

Angka ini naik cukup pesat dibanding periode Juni 2019, yakni 6,77 juta ton atau sekitar 39,8% dari total target.

Mukson optimistis target 17 juta ton di akhir tahun bisa terpenuhi. Produksi akan meningkat seiring proses perbaikan dan perawatan alat-alat berat. Di sisi lain, cuaca saat ini juga turut mendukung operasional DEWA.

Apalagi, emiten konstruksi tambang batubara ini telah mendapat kucuran kredit dari Bank BRI sebesar US$ 115,86 juta. Sekitar US$ 98,8 juta digunakan untuk pembiayaan peralatan pertambangan. Pembiayaan ini nantinya bakal akan meningkatkan kapasitas produksi DEWA.

Meski masih enggan menyebut nilai spesifik, Mukson menargetkan produksi batubara pada 2020 bisa lebih tinggi dibanding tahun ini. "Angkanya masih belum bisa kami ungkap, tetapi tentu kami ingin produksi tahun depan harus lebih baik dari tahun ini," tutur dia.

Selain dari segmen tambang batubara, DEWA juga tengah melirik potensi dari segmen non batubara. "Memang segmen batubara masih mendominasi, tetapi non batubara juga punya potensi yang bagus," terang Mukson.

DEWA memiliki tiga pilar bisnis utama, yakni segmen batubara, non batubara dan jasa pelabuhan, yang dilakoni lewat anak usaha, yaitu PT Dire Pratama.

Di segmen non batubara, DEWA melakukan pekerjaan konstruksi tambang untuk PT Bumi Resources Minerals Tbk. Tahun ini, DEWA berharap bisa menggaet kesepakatan dengan tambang emas baru. Namun Mukson belum bersedia mengungkap detail rencana bisnis tersebut. "Kami harap tahun ini sudah deal," cetus dia.

Di semester I-2019 pendapatan Darma Henwa naik 11,7% jadi US$ 129,58 juta. Pendapatan terbesar masih disumbangkan oleh pihak berelasi. Darma Henwa berharap ke depan bisa memperbesar pendapatan dari pihak tidak berelasi.

Komentar