Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 22, 2019

Saham AKRA | AKR Corporindo Buka 2 SPBU Anyar di Jawa Timur

PT AKR Corporindo Tbk. membuka dua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) baru di Jawa Timur.

Berdasarkan keterangan resmi perseroan, pada Senin (21/10/2019) emiten bersandi AKRA tersebut melalui entitas anaknya yakni BP-AKR membuka 2 (pompa bensin) di Surabaya yang berlokasi di Jalan Pemuda dan Jalan Margorejo.

Dengan demikian, total sampai sekarang 12 SPBU di Indonesia dengan sebaran 8 di Jabodetabek dan 4 di Surabaya.

Sebelumnya, Direktur AKR Corporindo Suresh Vembu mengatakan bahwa untuk menciptakan pertumbuhan jangka panjang, ekspansi bisnis SPBU menjadi salah satu strategi perseroan.

Dia menjelaskan bahwa hingga akhir 2019 perseroan terus melakukan pengembangan pada segmen bahan bakar minyak (BBM) ritel. Perseroan berencana untuk membuka 20 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

“Nanti setiap tahunnya akan ditambah 30–35 SPBU, dengan nilai investasi US$30 juta—US$40 juta setiap tahun,” ujarnya.

Adapun, untuk pengembangkan segmen bisnis BBM ritel tersebut, AKRA menggandeng…

Saham BBNI | Lakukan recovery, BNI telusuri dana Rp 58,9 miliar yang digelapkan orang dalam

Direktur Bisnis Korporasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, Putrama Wahju Setyawan, mengatakan pihaknya akan menelusuri uang bank senilai Rp 58,9 miliar yang digelapkan oknum pegawainya.

Hal ini dilakukan untuk pemulihan atau recovery dana yang digelapkan oknum pegawai BNI Cabang Ambon yang bernama FY. "Untuk recovery-nya tentu kami sangat berharap dari hasil pelacakan aset yang dilakukan aparat penegak hukum," kata Putrama ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Putrama menuturkan, recovery dana bank yang digelapkan bisa dilakukan dengan proses pelacakan. Sehingga dana senilai Rp 58,9 miliar yang digelapkan FY yang terlibat dalam sindikat investasi, bisa terungkap.

Proses ini sepenuhnya diserahkan kepada Polda Maluku dan PPATK untuk mengungkap serta menuntaskan kasus itu. "Akan ditelusuri dan diupayakan aset yang di-recovery itu bisa (mengembalikan modal yang hilang)," terang dia.

Dia menyampaikan, nasabah BNI, khususnya di Cabang A…

Saham SIDO | Sido Muncul Garap Pasar Arab Saudi

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. mulai menggarap pasar Arab Saudi untuk meningkatkan penjualan ekspornya.

Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat mengungkapkan perseroan telah mengantongi kontrak baru dari importir Arab Saudi. Kontrak baru ini ditandatangani di sela-sela perhelatan Trade Expo Indonesia 2019.

Dari penandatanganan kontrak dengan perusahaan Mizanain Trading and Marketing, emiten bersandi saham SIDO itu mengantongi kontrak baru sekitar US$500.000 - US$1,5 juta.

Untuk pasar Arab Saudi, perseroan akan fokus terhadap penjualan produk Tolak Angin Cair dan Tolak Angin Cair Anak. Selanjutnya, akan menyusul penjualan produk-produk Sido Muncul lainnya.

David mengatakan perseroan terus melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen di negara tersebut. Dengan demikian, produk-produk yang ditawarkan dapat menarik minat dan memberi manfaat kesehatan konsumen.

Perusahaan belum dapat menyebutkan target kontribusi Arab Saudi terhadap total penjualan ekspor. Namu…

Saham HMSP | Persaingan ketat, volume penjualan rokok HM Sampoerna menyusut

Kinerja operasional PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) kurang memuaskan. Total volume penjualannya mengalami penurunan sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini. Atau periode Januari-September 2019.

Mengutip data induk usahanya, Philip Morris International (PMI), total volume penjualan rokok sebesar 72,1 miliar batang, turun 3,2% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, 74,5 miliar batang.

Penurunan tersebut imbas dari naiknya harga rokok. Kenaikan ini dilakukan sejak Oktober tahun lalu sebagai antisipasi kenaikan cukai rokok.
Namun, pada saat yang bersamaan, para pesaing mempertahankan harga jual.

"Ini memicu gap harga dengan rokok pesaing, terutama di tingkat pengecer" tulis manajemen dalam keterangan resmi.

Sejatinya, tidak semua volume produk rokok HMSP turun. Volume penjualan Dji Sam Soe masih naik 9,2% menjadi 23,09 miliar batang. Namun, kenaikan tersebut tak mampu mengkompensasi penurunan volume produk Sampoerna A yang turun 10,7% menjadi 26,01 miliar batang.

Imbas dari…

Saham TINS | TIMAH TEKEN KERJASAMA OPERASI DENGAN INUKI.

PT Timah Tbk (TINS) menandatangani Perjanjian Kerjasama Operasi (KSO) dengan PT Industri Nuklir Indonesia (Persero) atau Inuki untuk pelaksanaan revitalisasi fasilitas produksi dalam rangka peningkatan produktivitas radiostop dan radiofarmaka yang sedang digarap oleh Inuki.

Penandatanganan perjanjian ini dilakukan di kantor Kementerian BUMN di Jakarta pada 17 Oktober 2019 dengan disaksikan langsung oleh Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno, Assiten Deputi I PISM, Rainoc, dan Asisten Deputi II PISM, Heri Purnomo sedangkan perseroan diwakili Trnggono Sutioso selaku Direktur Pengembangan Usaha dan Inuki diwakili Bunjamin Noor selaku Direktur Produksi.

Kedua pihak sudah melakukan kerjasama selama hampir empat tahun. Oleh sebab itu perpanjangan kerjasama ini dipandang perlu untuk meningkatkan nilai tambang jangka panjang.

Bunjamin Noor, selaku pewakilan Inuki mengaku lega karena perjanjian kerjasama ini sudah berjalan dengan baik. …

Rekomendasi Saham Panin Sekuritas | BEST, ESSA, GIAA, SSIA

Daily Technical 22 Oktober 2019 Selamat pagi! Berikut adalah rekomendasi Daily Technical untuk hari ini, Selasa 22 Oktober 2019.
IHSG ditutup menguat sebesar 7,04 poin (+0.11%) menuju 6.198,98 pada perdagangan hari Senin 21 Oktober 2019 kemarin. Pasca pelantikan presiden disambut dengan sell on news, dan ini sudah diantisipasikan. Penggerak pasar selanjutnya datang dari siapa menteri yang ditunjuk ke dalam kabinet. Saham-saham tersebut akan terlihat indikasinya pada hari ini dan besok, dan merupakan pilihan tepat untuk trading jangka pendek. Sedangkan hari ini IHSG akan menguji level 6.200. Hari ini IHSG berpotensi bergerak mixed dalam range 6.150 s/d 6.220.
BEST Testing Resistance: Menguji resistance MA60 pada 288. Penguatan berpotensi berlanjut apabila breakout menuju 290 s/d 296 (resistance psikologis 300). Rekomendasi: Buy on breakout 288, TP 290 s/d 300, stop loss <270 .="" p="">
ESSA Testing Resistance: Menguji resistance downtrend line pada 278. Pengu…

Analisa Saham BMTR dan ERAA

Saham BMTR
Setelah bertahan di support 318, saham BMTR berhasil rebound sesuai ekspektasi dengan bergerak naik dan berhasil mencapai target-targetnya di level 346 dan 378. Kemampuan BMTR menembus ke atas level 380, membuka peluang saham ini membentuk pola double bottom pattern dengan target teoritis menuju 442, dan minor target di 410 dan 424. Indikator teknikal MACD yang bergerak naik diatas centreline mengindikasikan bahwa saham ini masih bergerak positif. Rekomendasi: Hold selama masih bertahan diatas 372. https://step-trader.com/2019/10/21/bmtr-rebound-sesuai-ekspektasi-bagaimana-selanjutnya/
Saham ERAA
ERAA berada dalam range konsolidasi lebar dan saat ini tengah kembali menguat menguji area resisten di kisaran 2060 – 2250. Jika area ini dapat dilampaui, saham ini berpeluang menguat kembali bergerak dalam fase  bullish dimana target kenaikan berada di 3060 dengan minor target 2560. Terdapat area gap  di kisaran 1700 – 1775 yang berpotensi menjadi area support baru kedepan. MACD y…

Analisa Saham GGRM, SSIA dan LPPF

PT Gudang Garam Tbk (GGRM)
Pergerakan harga saham GGRM telah menguji beberapa garis MA 10 dan MA 20. Selain itu terlihat pola bullish harami candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi stimulus beli pada pergerakan harga saham, didukung oleh indikator MACD yang telah membentuk pola golden cross di area negatif. Rekomendasi: Buy Support: Rp 48.800 Resistance: Rp 55.200 Muhammad Nafan Aji Gusta Utama, Binaartha Sekuritas
PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA)
Saham SSIA sudah berada pada akhir wave b dari wave B. Saham SSIA berpotensi menguat untuk membentuk wave c dari wave B. Terlihat dari pergerakan stochastic dan RSI yang mulai menguat. Rekomendasi: Buy on weakness Support: Rp 700 Resistance: Rp 820 Herditya Wicaksana, MNC Sekuritas
PT Matahari Department Store Tbk (LPPF)
Candle harga saham LPPF terlihat berpotensi menguji midband. Sedangkan, indikator MACD dan RSI mulai menunjukkan gejala penurunan. Adapun potensi beralih ke arah fase distribusi saham mulai terlihat. Re…

Analisa Saham AALI, POOL dan MAPI

PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI)
Pada perdagangan Senin (21/10) ditutup pada level Rp 10.300 atau menguat Rp 150. Secara teknikal, candle terbentuk bullish harami mengindikasikan bullish. Indikator stochastic oversold dan volume menunjukkan tren pembelian meningkat.
Rekomendasi: Buy dengan target harga Rp 10.750 dan stop loss kurang dari Rp 10.150.

PT Pool Advista Indonesia Tbk (POOL)
Secara teknikal, candle terbentuk inside bar mengindikasikan rebound. Indikator stochastic uptrend dan volume menunjukkan tren pembelian meningkat.
Rekomendasi: Buy dengan target harga Rp 2.040 dan stop loss kurang dari Rp 1.775.

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI)
Secara teknikal, candle terbentuk hammer mengindikasikan bullish. Indikator stochastic uptrend dan volume menunjukkan tren pembelian meningkat.
Rekomendasi: Buy dengan target harga Rp 1.185 dan stop loss kurang dari Rp 1.125.

Profindo Sekuritas Indonesia Dimas W. P. Pratama

Analisa Saham INAF, SMBR dan UNVR

PT Indofarma Tbk (INAF)
Secara teknikal, pola terbentuk break out falling wedge mengindikasikan bullish. Indikator stochastic bersiap golden cross dan volume menunjukkan tren pembelian meningkat. Rekomendasi: Buy dengan target harga Rp 1.640 dan stop loss kurang dari Rp 1.110.
PT Semen Baturaja Tbk (SMBR)
Secara teknikal, pola terbentuk break out double buttom mengindikasikan bullish. Indikator stochastic uptrend dan voume menunjukkan tren pembelian meningkat. Rekomendasi: Buy dengan target harga Rp 700 dan stop loss kurang dari Rp 620.
PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)
Secara teknikal, candle terbentuk bullish harami mengindikasikan bullish. Indikator stochastic oversold dan volume menunjukkan tren pembelian meningkat. Rekomendasi: Buy dengan target harga Rp 46.000 dan stop loss kurang dari Rp 43.125.
Profindo Sekuritas Indonesia Dimas W. P. Pratama

Rekomendasi Saham KGI Sekuritas | BBTN, JSMR, ERAA, INDF

IHSG Laju Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) pada perdagangan hari ini bakal melanjutkan skenario kenaikan menuju kisaran 6.300-6.350, setelah mampu mempertahankan posisi di zona hijau dengan pergerakan yang stabil di atas level 6.100. Kemarin laju IHSG berhasil menahan gempuran aksi jual yang akhirnya mampu bergerak ke atas menembus level resistance 6.200 secara intraday dan ditutup di atas 6.150 atau menguat 0,11 persen ke level 6.198. Risiko koreksi ke level 6.020 semakin mengecil dan skenario berubah menjadi bullish untuk reli menuju kisaran 6.300-6.350. Saham Pilihan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) dengan target profit taking di kisaran Rp2.050-2.150, memiliki dua arah masuk pembelian di level Rp1.910 dan Rp1.875, disarankan cut-loss pada posisi Rp1.825. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dengan target profit taking di kisaran Rp5.800-6.100, memiliki dua arah masuk pembelian di level Rp5.525 dan Rp5.425, disarankan cut-loss pada posisi Rp5.325. PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) dengan…

Rekomendasi Saham Mirae Asset Sekuritas | APLN, CTRA, SMRA

Technical Insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

IHSG Daily, 6,198.99 (+0.11%), test resistance at 6,225, trading range 6,177 - 6,225. indikator MFI optimized masih cenderung naik namun indikator W%R optimized mulai bergerak turun. Sementara pada periode weekly indikator MFI optimized ,dan indikator RSI optimized mulai bergerak naik. Daily support di 6,177 dan resistance di 6,225. Cut loss level di 6,113.

APLN Weekly ,230 (+0.88%),trading buy, trading range 218 - 240. Indikator MFI optimized, indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized terlihat sudah berada di oversol area dengan kecenderungan menguat. Weekly support di 218 sementara itu weekly resistance di 240. Cut loss level di 210.

CTRA Weekly 1,155 (+2.67%), trading buy, trading range 1,090 - 1,200. indikator MFI optimized, indikator W%R optimized dan RSI optimized mulai bergerak naik. Weekly support di 1,090 sementara itu weekly resistance di 1,200. Cut loss level di 1,070.

SMRA Weekly, 1,200 (+1.27%), trading buy,…

Rekomendasi Saham Valbury Sekuritas | GGRM, ASII, ADRO, AALI, LSIP, CTRA

PT Valbury Sekuritas Indonesia Market Summary 22 October 2019
HEADLINE NEWS •NIKL bukukan laba bersih 9M19 US$1,84 juta •OASA bukukan laba bersih 9M19 Rp1,09 miliar •DMMX targetkan laba bersih 2019 Rp12 miliar •MIKA batasi kontribusi pendapatan pasien BPJS 30-40% •TINS tandatangani KSO dengan Inuki •PTIS bukukan laba bersih 9M19 US$71,90 ribu •SSTM bukukan laba bersih 9M19 Rp1,94 miliar
VIEW MARKET  
Sentimen pasar dari dalam negeri:  Pelaku pasar akan menyikapi pengumuman Kabinet Kerja II yang tengah mulai diperkenal kepada masyarakat. Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Kabinet Kerja pada periode mendatang akan diwarnai gabungan menteri dari profesional dan unsur partai politik. Perbandingan menteri dari kalangan profesional dengan unsur partai politik adalah 55% berbanding 45%. Jokowi juga menekankan pentingnya para menteri, pejabat dan birokrat agar serius menjamin tercapainya tujuan program pembangunan. Jokowi mengancam akan memecat menterinya bila tidak serius menjalankan pro…