Langsung ke konten utama

[BJBR] BJB Digicash Permudah Pembayaran dan Mobilitas Warga Purwakarta


Dalam kondisi pandemi saat ini yang berdampak hampir di seluruh sektor perekonomian, diperlukan perubahan yang signifikan untuk dapat menstimulus perekonomian. Upaya ini termasuk memfasilitasi masyarakat agar dapat bertransaksi melalui Quick Response Indonesian Standard (QRIS) yang dapat meminimalisir kontak fisik dan sejalan dengan kampanye penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus COVID-19. Dalam rangka mewujudkan upaya pemerintah tersebut, bank bjb sebagai lembaga keuangan sekaligus mitra Pemerintah Daerah ikut mensukseskan upaya digitalisasi layanan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Bertempat di Kantor Cabang Purwakarta, bank bjb meresmikan kerja sama dengan Grab. Melalui kerja sama ini, penumpang Grab dapat membayar biaya perjalanannya melalui bjb DigiCash yang sudah dipasang di partisi plastik armada GrabBike dan GrabCar Protect. Melalui fitur bayar dengan QRIS, penumpang hanya perlu scan QRIS yang terpasang di partisi plastik GrabProtect melalui aplikasi bjb DigiCash.

BJB DigiCash, salah satu uang elektronik serbaguna keluaran bank bjb, dinyatakan dapat digunakan untuk bertransaksi di seluruh gerai yang memiliki logo QRIS. Bank Indonesia (BI) selaku pemegang otoritas QR Code uang elektronik mengeluarkan ketentuan bahwa QR Code yang ada di semua gerai dapat dipakai untuk segala jenis pembayaran uang elektronik yang berizin resmi melalui QRIS. Salah satunya, bjb DigiCash.

GrabProtect sendiri merupakan armada roda dua dan roda empat dari Grab dengan peningkatan standar kebersihan dan protokol keamanan. Dimulai dari teknologi deklarasi kesehatan online, pengecekan masker via selfie, partisi plastik tebal pemisah antara mitra pengemudi dan penumpang, hingga hand sanitizer dan desinfektan kendaraan secara berkala.

Dengan kerja sama ini, penumpang dapat dengan mudah membayar tarif perjalanan yang tertera di aplikasi Grab melalui scan QRIS di partisi plastik GrabProtect dengan menggunakan aplikasi bjb DigiCash.

Selain tersedia di armada GrabProtect, bjb DigiCash ini juga tersedia bagi masyarakat Purwakarta yang berkunjung dan makan langsung di sejumlah merchant GrabFood dalam upaya mendukung program Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk meningkatkan digitalisasi UMKM di Purwakarta.

Melalui sinergi antara Bank Indonesia (BI) Jawa Barat dengan bank bjb, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta dan Grab merupakan wujud implementasi atas dukungan gerakan cashless society.

Perwakilan BI yakni Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat, Herawanto, menyampaikan, "BI menyambut baik kerja sama yang dilakukan oleh bank bjb dan Grab di Purwakarta. QRIS dikembangkan oleh BI dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan tujuan mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas. Selain itu BI juga berkomitmen mendukung transformasi UMKM melalui program onboarding UMKM yang dilakukan secara terintegrasi dari hulu ke hilir dan menyediakan QRIS sebagai kanal pembayaran digital yang cepat, mudah, murah, dan andal bagi UMKM".

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyampaikan, "Kami mendukung program ini berjalan karena sejalan dengan upaya pemerintah pusat dalam meminimalisir kontak pada saat kondisi pandemi COVID-19. Salah satunya yaitu dengan adanya sekat pembatas antara penumpang dan mitra pengemudi Grab, juga ditambah inovasi pembayaran melalui scan bjb DigiCash. Kami juga mengapresiasi upaya digitalisasi UMKM di Purwakarta, dengan adanya sistem pembayaran non-tunai di rumah makan. Kami berharap ini dapat turut mendukung kebangkitan UMKM dan pemulihan ekonomi".

Suartini, Direktur Komersial dan Ritel bank bjb menyampaikan, "Kehadiran bjb DigiCash sebagai alat bayar elektronik ini merupakan inovasi yang dipersembahkan bank bjb kepada masyarakat di Purwakarta. Kami menjamin berbagai kemudahan penggunaan bjb DigiCash sebagai alat transaksi, termasuk dalam hal aksesibilitas dimana bjb DigiCash dapat digunakan di armada GrabProtect di Purwakarta dan juga nantinya bagi masyarakat yang berkunjung langsung di sejumlah merchant GrabFood." (end)

Sumber: IQPLUS

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Price-to-Earnings Ratio (PER)

Apa itu Rasio Price-to-Earnings Ratio (PER)? Price-to-Earnings Ratio (PER atau P/E Ratio) adalah rasio untuk menilai perusahaan yang mengukur harga saham saat ini relatif terhadap earning per share  (EPS). Rasio harga terhadap pendapatan kadang-kadang juga dikenal sebagai kelipatan harga atau kelipatan laba. PER digunakan oleh investor dan analis untuk menentukan nilai relatif saham perusahaan dalam perbandingan apple to apple. Ini juga dapat digunakan untuk membandingkan perusahaan dengan catatan sejarahnya sendiri atau untuk membandingkan pasar agregat satu sama lain atau dari waktu ke waktu. Rumus PER (P/E Ratio) Cara Menghitung Nilai P/E Untuk menentukan nilai PER seseorang harus membagi harga saham saat ini dengan earning per share (EPS) . Harga saham saat ini (P) dapat diperoleh dengan memasukkan simbol ticker saham ke situs web keuangan mana pun, dan meskipun nilai konkret ini mencerminkan apa yang saat ini harus dibayar oleh investor untuk sebuah saham, EP

Analisa Saham SMBR, BRMS, PGAS dan BUMI | 13 Oktober 2021

PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) Saham SMBR pada perdagangan hari Selasa bergerak konsolidasi dan ditransaksikan dengan volume transaksi yang relatif sepi. Namun, nampak volume transaksi menjelang penutupan perdagangan kian meningkat. Indikator stochastic menunjukan adanya golden cross di level 37. Sedangkan pada indikator bollinger band nampak menunjukkan band yang kian melebar yang mengindikasikan volatilitas meningkat. Secara jangka menengah hingga panjang, saat ini SMBR sedang menguji resistant MA50, apabila MA50 tertembus, ada potensi secara jangka panjang SMBR akan melanjutkan trend bullish jangka menengah hingga panjang. Secara jangka pendek SMBR diperkirakan akan bergerak pada support middle band 690 hingga resistant upper band 800.  Rekomendasi: Trading Buy Support: Rp 690 Resistance: Rp 800 Hendri Widiantoro, Erdikha Elit Sekuritas PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) Secara teknikal BRMS saat ini bergerak sideways dengan kecenderungan bergerak menguat. Indikator MACD positif. I

Analisa Saham AGRO, EMTK dan SMGR | 14 Oktober 2021

PT Bank Rakyat Indonesia Agronia Tbk (AGRO) AGRO pada perdagangan hari ini ditutup melemah dan bergerak pada trend bearish continiation. Nampak, AGRO baru saja menembus level MA20-nya sebagai support jangka pendeknya yaitu di level support 1910. Namun, AGRO diperdagangkan dengan volume yang cukup ramai dimana indikator stochastic saat ini berada di areal jenuh jual. Band pada indikator bollinger band kian melebar indikasi volatilitas yang juga meningkat.   Ditengah volatilitas adro yang kian meningkat, nampak saat ini adro masing menguji support selanjutnya di level 1800. Apabila AGRO mampu bertahan di atas support mayor 1.800 dan mengalami teknikal rebound dan ada potensi AGRO akan bergerak kembali diatas MA20nya. Namun apabila gagal, ada potensi melanjutkan pelemahan ke level support selanjutnya yaitu di level 1720. Rekomendasi: Spekulatif buy Support: Rp 1.800 Resistance: Rp 1.910 Hendri Widiantoro, Erdikha Elit Sekuritas. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) Downtrend menuju Rp 1.