Langsung ke konten utama

Strategi Trading Jesse Livermore


Cara Trading Cuan Ala Jesse Livermore

Jesse Livermore, salah satu trader terhebat di abad ke-20, telah meninggalkan kutipan-kutipan berharga  yang terus bertahan hingga saat ini.

Pada usia 15, ia melakukan perjalanan ke Boston dan mulai bekerja di kantor broker Boston Paine Webber. Tugasnya adalah memposting harga saham dan komoditas pada papan harga (price quotations chalk board). Dia mempelajari pergerakan harga dan mulai memperdagangkan fluktuasi harga mereka.

Tidak ada yang pernah menghasilkan lebih banyak uang di pasar atau kembali lebih kuat dari kebangkrutan lebih banyak daripada Livermore. Dia berhasil melalui kejatuhan pasar (market crash) pada  tahun 1907 dan Great Depression dengan membukukan beberapa kemenangan trading terbesar dalam sejarah. Dikatakan bahwa kehancuran pasar saham 1929 adalah puncak dari karirnya, ketika ia menjual saham dan menghasilkan lebih dari $ 100 juta.

Pelajaran 1

“Do not anticipate and move without market confirmation – being a little late in your trade is your insurance that you are right or wrong.”

Anda harus menunggu aksi harga dari market  untuk mengonfirmasi prognosis Anda. Tetapi, beberapa trader biasanya tidak sabar dan serakah.

Jika Anda berpikir pasar akan reli, maka tunggu sampai naik sedikit, dan kemudian Anda bisa masuk. Jika Anda berpikir pasar akan jatuh, tunggu juga sinyal terlebih dahulu. Menjadi sedikit terlambat akan rugi  beberapa poin tambahan, tetapi itu tidak terlalu rugi jika Anda dapat menangkap tren yang jauh lebih besar. Ini akan mencegah Anda dari berdagang di market yang bergelombang (choppy), atau naik turun seperti gergaji (whipsaw).

Mereka melihat bahwa pasar naik tipis ke titik breakout dan mereka meyakinkan diri sendiri bahwa pasar begitu kuat sehingga akan menerobos dengan mudah. Mereka kemudian berpikir bahwa itu akan menjadi ide yang baik untuk membeli sebelum breakout. Dengan begitu mereka akan masuk ke tren beberapa poin lebih awal dan itu akan menambah profit.

Lebih sering daripada tidak, pasar akan bergerak sampai ke titik breakout dan kemudian jatuh kembali. Ini adalah resisten pertama yang baru dibuat oleh pasar. Sabar menunggu aksi harga untuk mengkonfirmasi perdagangan akan mengarahkan Anda pada tren yang benar dan mendapatkan keuntungan terbesar.

Pelajaran 2

“It is foolhardy to make a second trade, if your first trade shows you a loss. Never average losses. Let that thought be written forever upon your mind.”

Averaging berarti menambah kerugian perdagangan.

Trader yang gagal berusaha mengembalikan kerugiannya dengan melakukan pembelian lebih banyak, sambil berharap harga kembali dan mencapai titik impas.

Yakinlah, ini adalah cara untuk menambah dan menumpuk kerugian.

Pelajaran 3

“It takes a man a long time to learn all the lessons of all his mistakes.”

Dibutuhkan banyak pembelajaran untuk menjadi trader yang sukses - baik itu belajar teoretis atau belajar dengan membuat kesalahan. Namun kesalahan membutuhkan uang. Namun, ada cara lain. Anda dapat menggunakan demo akun gratis di mana trader dapat menguji strategi mereka menggunakan uang virtual.

Setelah perdagangan yang sukses di akun demo, akan menjadi lebih mudah untuk menghasilkan uang nyata. Katakanlah Anda menghasilkan 10% dari $ 1.000. Itu untung $ 100.

Sedikit? Tinggal tambahkan modal Anda. Misal modal $10.000, dan menghasilkan profit 10%, itu untung $1.000. Ini setara dengan 10 kali lipat lebih banyak meskipun sama-sama profit yang dibuat 10%.

Pelajaran 4

“If you can’t sleep at night because of your stock market position, then you have gone too far.”

Jika Anda tidak bisa tidur di malam hari karena posisi pasar saham Anda, maka Anda sudah terlalu jauh.

Ini terjadi dengan trader yang selalu menggunakan leverage berlebihan. Trading bukanlah skema untuk kaya dalam semalam. Ada pepatah trader lama untuk selalu "menjual ke titik tidur," dan logika yang sama berlaku untuk semua trader.

Pelajaran 5

“The desire for constant action irrespective of underlying conditions is responsible for many losses on Wall Street even among the professionals, who feel that they must take home some money every day, as though they were working for regular wages.”

Banyak trader berpikir harus membawa pulang uang (keuntungan) setiap hari,  seperti mereka itu wajib dibayar secara teratur setiap hari.

Ketidaksabaran menyebabkan banyak trader kehilangan uang. Jangan bertransaksi sampai ada peluang yang tepat dan jangan pula bertransaksi di mana peluang yang Anda ambil lebih kecil dari potensi keuntungan. Anda harus memiliki aturan dan strategi perdagangan yang harus diambil untuk menghindari jebakan transaksi yang berlebihan. Anda juga perlu menggunakan cara Anda, sehingga Anda tidak perlu mengambil terlalu banyak.

Pelajaran 6

“After spending many years in Wall Street and after making and losing millions of dollars I want to tell you this: It never was my thinking that made the big money for me. It always was my sitting. Got that? My sitting tight!”

Livermore pernah berkata, “Mereka mengatakan kamu tidak pernah bangkrut untuk mengambil keuntungan. Tidak, kamu tidak. Tetapi kamu juga tidak menjadi kaya dengan mengambil keuntungan empat poin di pasar bullish. ”

Namun, itu adalah biaya dari penjualan yang terlalu awal untuk mendapatkan keuntungan, sementara Anda melewatkan sebuah tren yang potensial.

He further remarked, “I did precisely the wrong thing. The cotton showed me a loss and I kept it. The wheat showed me a profit and I sold it out. Of all the speculative blunders there are few greater than trying to average a losing game. Always sell what shows you a loss and keep what shows you a profit.”

Dia lebih lanjut berkomentar, “Saya melakukan hal yang salah. Kapas menunjukkan saya kerugian dan saya menyimpannya. Gandum itu menunjukkan saya untung dan saya menjual semuanya. Dari semua kesalahan spekulatif itu, ada beberapa potensial keuntungan yang lebih besar daripada averaging kerugian.

Selalu menjual apabila kerugian ditunjukkan kepada Anda dan simpan yang menunjukkan keuntungan kepada Anda. "

Pelajaran 7

“I believe that having the discipline to follow your rules is essential.”

Tanpa aturan spesifik, jelas, dan teruji, trader tidak memiliki peluang nyata untuk berhasil. Mengapa? Karena trader tanpa rencana seperti jenderal tanpa strategi, dan karenanya tidak ada tindakan yang pasti.

Trader tanpa rencana yang jelas hanya dapat bertindak dan bereaksi terhadap sling dan panah dari serangan market, sampai mereka dikalahkan.

Pelajaran 8

“When you make a trade, you should have a clear target where to sell if the market moves against you. And you must obey your rules! Never sustain a loss of more than 10% of your capital. Losses are twice as expensive to make up. I always established a stop before making a trade.”

Aturan pertama yang dikatakan seorang trader berpengalaman adalah untuk selalu melindungi modal Anda, dan begitu Anda bisa melakukannya, Anda tidak perlu lagi mendanai akun Anda seumur hidup Anda lagi. Ini sama pentingnya dengan menetapkan stop loss karena Anda tidak pernah bisa memprediksi kapan flash crash bisa terjadi. Flash crash terbaru terjadi pada 2 Januari 2019 ketika Yen naik 4%. Pada saat itu, USD / JPY turun 4.000 pip dalam 7 menit.

Pelajaran 9

“Trade along the path of least resistance.”

Jika setelah kenaikan stabil yang lama, sebuah saham berubah dan secara bertahap mulai turun, dengan hanya aksi kenaikan kecil sesekali, jelas bahwa garis resistensi paling sedikit telah berubah dari atas ke bawah.

Karena itu, mengapa ada orang yang meminta penjelasan? Ada banyak kemungkinan alasan yang sangat bagus mengapa harus turun.

Pelajaran 10

"A prudent speculator never argues with the tape. Markets are never wrong, opinions often are.”

Sebelum semua teknologi canggih datang untuk memungkinkan kita membaca grafik di mana pun internet tersedia, harga saham ditransmisikan melalui garis telegraf pada pita ticker yang termasuk simbol ticker, harga dan volume.

Ada banyak trader yang mengambil kerugian dan emosi negatif mereka di market itu sendiri, yang, ketika kami melihatnya secara objektif, konyol. Pedagang memperlakukan market seolah-olah manusia yang memiliki kepribadian. Tapi tentu saja tidak.

Jika Anda menutup transaksi dan menunjukkan kerugian, atau jika pasar tidak bertindak seperti yang Anda harapkan, itu bukan kesalahan pasar. Pasar tidak salah. Pasar tidak pernah salah, hanya pendapat yang bisa salah.

Beberapa trader mungkin berpikir bahwa kami telah mencapai puncak jangka pendek di pasar saham, beberapa mungkin berpikir bahwa minyak terlalu rendah pada harga ini. Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa emas membentuk dasar dan akan segera naik ke tertinggi baru.

Tetapi kenyataannya adalah bahwa market akan pergi ke mana harus pergi. Hanya market yang dapat membuktikan siapa yang benar dan siapa yang salah.

Jika Anda mengikuti tren, lupakan tentang membuat prediksi, dan ikuti saja harga, Anda bisa mengikuti arus pasar. Anda akan berhenti marah pada perdagangan yang terlewat dan Anda akan berdagang dengan cara yang jauh lebih santai dan efektif.

Sumber: SUHUTRADING

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Mengetahui Saham Akan Naik atau Turun

Inti dari trading saham adalah bahwa kita harus tahu ciri-ciri apakah saham akan naik atau turun. Bagaimana cara mengetahui saham akan naik atau turun? Pada kesempatan ini kami akan berbagi tentang hal tersebut. buy , sell atau hold ? Tanda Saham Anda Akan Naik Sebenarnya ada banyak formasi yang terdapat dalam candlestick, namun kali ini kita akan membahas pola dalam candlestick yang menunjukan jika saham anda akan naik. so happy reading ,. Bullish Engulfing Bullish Engulfing berasal dari bahasa Inggris yang berarti memeluk, pola ini biasanya diidentifikasikan sebagai pola pembalikan atau reversal dari down trend dengan dua warna  yang berbeda pada body candlelistiknya yang solit. Contonya seperti di bawah ini : Dalam menentukan pola bullish engulfing, Kita harus memperhatikan sebuah pola  kecenderungan untuk down trend yang sedang berlangsung. Biasanya pada dasar pola tersebut terdapat candle merah yang terbentuk terlebih dahulu, Namun kemudian keesokan ha

Rekomendasi Saham EMTK, PNBS dan TINS oleh Mirae Asset Sekuritas | 2 Agustus 2021

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Technical Insight Agustus 2, 2021 (tasrul@miraeasset.co.id) IHSG Daily, 6,070.04(-0.83%), consolidation. Trading range 6,054 – 6,129. indikator MFI optimized masih cenderung bergerak naik. dan indikator RSI optimized akan menguji support trendline. Pada periode weekly terlihat indikator MFI optimized naik terbatas. dan indikator RSI optimized akan menguji support trend line. Daily support di 6,054 dan daily resistance di 6,129. Cut loss level di 6,020. EMTK Daily, 2,750 (+1.85%), sell on strength,  trading range 2,680 – 2,800. Indikator MFI optimized dan indikator RSI optimized cenderung naik lebih lanjut namun mulai terbatas. Daily support di 2,680 dan daily resistance di 2,800. Cut loss level di 2,670. PNBS Daily, 148 (+2.07%), sell on strength, trading range 144 – 154. Indikator MFI optimized dan indikator RSI optimized masih cenderung menguat namun mulai terbatas. Daily support di 144 dan daily resistance di  154. Cut loss level di 140. TINS Dail