google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo ELNUSA PETROFIN TERAPKAN BERAGAM INOVASI DALAM HAL KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA. Langsung ke konten utama

ELNUSA PETROFIN TERAPKAN BERAGAM INOVASI DALAM HAL KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA.


Faktor keamanan dan keselamatan kerja atau Health, Safety, Security, & Environment (HSSE) menjadi bagian atau elemen yang sangat penting dan tidak terpisahkan bagi seluruh pelaku industri khususnya yang bergerak di Industri Migas, Termasuk PT Elnusa Petrofin (EPN). Dalam menjalankan bisnis dan Operasional, EPN memiliki sederet inovasi baik dari segi teknologi maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang mendukung penguatan HSSE.

Salah satu tugas yang dijalankan oleh Elnusa Petrofin yaitu menghantarkan energi berupa Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina di sejumlah besar wilayah Indonesia. Dalam pendistribusian ini tentu terdapat risiko yang dapat terjadi khususnya pada saat berkendara di jalan raya.

Dari itu, EPN telah menerapkan beberapa macam teknologi mulai dari GPS full fitur yang berisi monitoring over speed, idle, harsh break, harsh corner, harsh acceleration, Buzzer Over Speed, Dashcam, dan Theft Warning System di mobil tangki.

Teknologi Buzzer Over Speed, Dashcam serta GPS menjadi salah satu kontrol utama bagi Mobil Tangki (MT) saat mendistribusikan BBM. Dimana teknologi ini memonitoring seluruh pergerakan serta titik henti MT, memberikan peringatan atau alert langsung jika MT melebihi kecepatan, melakukan kontrol sekitar MT serta tim control pusat dapat berkomunikasi langsung dengan para awak atau supir Mobil Tangki. Sedangkan dari segi pencegahan illegal BBM, Theft Warning System berfungsi untuk memberikan peringatan jika bottom loader atau corong BBM terbuka bukan pada titik tujuan.

Direktur Ops & Marketing PT Elnusa Petrofin Bapak Nur Kholis menjelaskan bahwa "Seluruh teknologi kita aplikasikan di Mobil Tangki dan terhubung dengan Pusat Kontrol Distribusi Area (PKDA) di setiap wilayah dari sabang sampai merauke. Sampai saat ini, teknologi GPS, Dashcam maupun Buzzer Overspeed telah terpasang 100% di 1719 unit Mobil Tangki baik asset maupun yang dikelola oleh PT Elnusa Petrofin," ujar Nur Kholis.

Dari segi Sumber Daya Manusia, Elnusa Petrofin secara berkala lakukan Defensive Driver Training (DDT) atau pelatihan keselamatan dalam berkendara bagi Awak Mobil Tangki. Sampai pada akhir Q3, Elnusa Petrofin telah menjalankan 91% pelatihan DDT dan diselesaikan pada Q4 2021 di 62 lokasi Fuel maupun Integrated Terminal di seluruh Indonesia.

Elnusa Petrofin juga telah mengimplementasikan penerapan 12 jam kerja maksimal bagi Awak Mobil Tangki (AMT) di sebagian besar untuk meningkatkan faktor keselamatan berkendara. Mengingat Kelelahan menjadi salah satu factor resiko kecelakaan di jalan Raya. Di tambah dengan pemberian reward bagi Awak Mobil Tangki yang berprestasi, baik berupa perjalanan ibadah maupun pemberian beasiswa bagi keluarga khususnya anak Awak Mobil Tangki.

Nur Kholis Menambahkan .Dari keseluruhan implementasi HSSE baik dari segi teknologi maupun SDM, di Q2 Tahun 2021 merujuk pada Customer Satisfaction Index (CSI) atau Survey Kepuasan Pelanggan Alhamdulillah Elnusa Petrofin meraih Index 4,65 dengan Skala 1 - 5.

Sehingga bisa dikatakan kinerja PT Elnusa Petrofin untuk menjalankan tugas serta penerapan HSSE sangat baik. Dan ini pun menjadi komitmen Bersama untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kesadaran akan pentingnya HSSE dalam kegiatan operasional.

Selain itu, tentunya kita juga terus melakukan perbaikan maupun penyempurnaan. Mengingat adanya dinamika serta tuntutan di lapangan,"tambah Nur Kholis.

Sedangkan Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin mengatakan bahwa HSSE merupakan salah satu prioritas utama Elnusa Petrofin dalam menjalankan seluruh kegiatan operasionalnya.

"Kami berkomitmen dan serius untuk selalu meningkatkan performa HSSE kami dan menjadikan hal ini sebagai bagian dari Culture perusahaan" tutup Haris.(end)

Sumber: IQPLUS

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan Elliott Wave

Mengenal Elliott Wave Teori Elliott Wave dikembangkan oleh R.N. Elliott dan dipopulerkan oleh Robert Prechter . Teori ini menegaskan bahwa perilaku orang banyak surut dan mengalir dalam tren yang jelas. Berdasarkan pasang surut ini, Elliott mengidentifikasi struktur tertentu untuk pergerakan harga di pasar keuangan. Artikel ini adalah sebuah pengantar dasar untuk teori Elliott Wave. Suatu urutan dasar impuls 5-gelombang dan urutan korektif 3-gelombang dijelaskan. Saat teori Elliott Wave menjadi jauh lebih rumit daripada kombinasi 5-3 ini, artikel ini hanya akan fokus pada dasar-dasarnya. RN Elliott Derajat Gelombang dalam Elliott Wave elliott wave degree Konvensi pelabelan yang ditunjukkan di atas adalah yang ditunjukkan dalam buku Elliott Wave. Dalam Elliott-speak, konvensi pelabelan ini digunakan untuk mengidentifikasi tingkat atau tingkat gelombang, yang mewakili ukuran tren yang mendasarinya. Angka Romawi huruf besar mewakili gelombang derajat besar, angka sederha...

Mengenal Indikator Saham OBV | On-Balance Volume

Apa itu On-Balance Volume (OBV)? On-balance volume (OBV) adalah indikator momentum perdagangan teknis yang menggunakan aliran volume untuk memprediksi perubahan harga saham. Joseph Granville pertama kali mengembangkan metrik OBV dalam buku 1963, "Granville's New Key to Stock Market Profits." Granville percaya bahwa volume adalah kekuatan utama di balik pasar dan dirancang OBV untuk diproyeksikan ketika gerakan besar di pasar akan terjadi berdasarkan perubahan volume. Dalam bukunya, ia menggambarkan prediksi yang dihasilkan oleh OBV sebagai "a spring being wound tightly." Dia percaya bahwa ketika volume meningkat tajam tanpa perubahan signifikan dalam harga saham, harga akhirnya akan melonjak ke atas atau jatuh ke bawah. indikator obv saham Intisari Penggunaan Indikator OBV On-balance volume (OBV) adalah indikator teknis momentum, menggunakan perubahan volume untuk membuat prediksi harga. OBV menunjukkan sentimen kerumunan yang dapat mempredi...

Money Flow Index | Penggunaan dan Setting Indikator MFI

Apa itu Money Flow Index (MFI)? Money Flow Index (MFI) adalah osilator teknis yang menggunakan harga dan volume untuk mengidentifikasi kondisi jenuh beli atau jenuh jual dalam aset. Hal ini juga dapat digunakan untuk melihat divergensi yang memperingatkan perubahan tren harga. Osilator bergerak antara 0 dan 100. Tidak seperti osilator konvensional seperti Relative Strength Index (RSI) , Money Flow Index menggabungkan data harga dan volume, sebagai lawan dari harga yang adil. Untuk alasan ini, beberapa analis menyebut MFI sebagai "the volume-weighted RSI". Money Flow Index pada Indonesia Composite Kunci dalam Memahami Indikator MFI Indikator biasanya dihitung menggunakan 14 periode data. Pembacaan MFI di atas 80 dianggap overbought dan pembacaan MFI di bawah 20 dianggap oversold. Overbought dan oversold tidak selalu berarti harga akan berbalik, hanya saja harga mendekati tinggi atau rendah dari kisaran harga terbaru. Pembuat indeks, Gene Quong dan Avru...