google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo BNI XPORA DORONG MAKANAN INDONESIA TEMBUS PASAR MALAYSIA. Langsung ke konten utama

BNI XPORA DORONG MAKANAN INDONESIA TEMBUS PASAR MALAYSIA.


PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melalui program BNI Xpora mendorong pelaku UMKM untuk mengekspor produk makanan dan minuman ke pasar Malaysia lewat forum Business Meeting di gelaran Indonesian Food and Baverage Virtual Exhibition.

"BNI bertugas membantu pebisnis Indonesia dapat menembus pasar global. Kami harap bisnis meeting ini berakhir dengan kesepakatan bisnis yang bernilai besar," kata Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal di Jakarta, Senin.

BNI dalam hal ini bekerja sama dengan platform digital B2B e-commerce MadeinIndonesia.com, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Sabah dan Dinas Perindustrian Jawa Barat.

Kinerja perdagangan internasional Indonesia-Malaysia berada dalam kondisi sangat baik yakni tercermin dari total perdagangan antar kedua negara ini mencapai 15,05 miliar dolar AS periode Januari sampai September 2021.

Angka tersebut naik 46,4 persen (yoy) yang berarti mulai mendekati tren sebelum masa pandemi yaitu sekitar 17 miliar dolar AS.

Iqbal menuturkan pertemuan bisnis produk ekspor food and beverage ke Malaysia ini pun merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja perdagangan luar negeri Indonesia-Malaysia.

Iqbal menjelaskan banyak fasilitas yang disiapkan BNI Xpora dalam perdagangan global seperti trade finance berupa advisory Letter of Credit (L/C) ekspor yang diterbitkan oleh pihak buyer atas beberapa pengiriman produk food and beverage.

Layanan ini diberikan kepada pembeli asal Malaysia untuk jenis produk food and beverage maupun pembeli produk-produk ekspor Indonesia lainnya.

Menurutnya, BNI Xpora akan mendukung UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi serta edukasi penyusunan laporan keuangan. Termasuk juga memberi dukungan berupa akses pemasaran produk ke luar negeri melalui business matchmaking dengan buyer di pasar global.

"BNI Xpora turut menyediakan fitur-fitur digital berupa pembiayaan Fast Trex dengan agunan dan biaya yang lebih rendah khusus untuk para pelaku ekspor," ujarnya.

Atase Perdagangan RI di Malaysia Deden Muhammad Fajar Shiddiq mengatakan eksibisi seperti Indonesian Food and Baverage Virtual Exhibition ini sangat membantu UMKM untuk menembus pasar baru di luar negeri termasuk UMKM binaan BNI.

Deden mengatakan upaya menembus pasar Malaysia akan semakin memperkuat neraca perdagangan dan ekspor Indonesia ke negeri tetangga tersebut yang saat ini sudah sangat baik.

Ia menambahkan produk makanan dan minuman Indonesia memiliki potensi cukup kuat untuk meningkatkan penetrasinya di Malaysia karena faktor geografi yang sangat dekat sehingga membuat beban logistik lebih rendah dibanding negara mitra dagang lain.

Selain itu, faktor demografi juga menyebabkan banyak kesamaan kultur dan budaya serta jenis makanan kesukaan sekaligus Indonesia yang turut memiliki diaspora besar dan kuat di Malaysia sehingga sudah memiliki pasar tersendiri di Malaysia.

Sementara dari sisi regulasi, Malaysia tergolong longgar dalam mengatur importasi makanan dan minuman dan tidak seketat negara-negara di Eropa, Amerika, dan Asia Timur.(end/ant)

sumber : IQPLUS


Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan