Langsung ke konten utama

3 Strategi Belajar Investasi untuk Pemula, Dijamin Paham!


Sebelum memulai investasi, Anda perlu memiliki pengetahuan luas tentang investasi itu sendiri. Untuk itu Anda perlu strategi belajar investasi untuk pemula.

Ada 3 cara belajar yang bisa pilih sebagai permulaan sebelum berinvestasi, yaitu belajar melalui buku, melalui channel Youtube, dan podcast. Ini dia penjelasannya.


3 Buku Belajar Investasi untuk Pemula

Untuk mengenal lebih produk investasi yang hadir di luaran sana, Anda perlu membaca seluk-beluk investasi dari buku-buku menarik di bawah ini.

Di buku-buku ini Anda akan lebih memahami cara kerja bermacam instrumen investasi. Ini dia bacaan investasi yang cocok untuk investor yang masih pemula.  


1. The Essays of Warren Buffett: Lessons for Corporate America

Warren Buffett dikenal sebagai investor sukses Amerika Serikat. Ia bahkan bisa menjadi salah satu orang paling kaya sedunia dari berbagai investasi.

Buku ini berisi kumpulan esai Warren Buffett yang membahas mengenai pendapatnya tentang kinerja perusahaan Amerika Serikat, pemegang saham, dan pasar saham di Amerika Serikat yang dinamis.

Melalui buku ini, Anda bisa memahami lebih jauh mengenai investasi saham dan bagaimana proses manajemen investasi yang sebaiknya dilakukan oleh pemilik saham.

Untuk Anda yang ingin memahami investasi jangka panjang di pasar modal, wajib membaca buku ini.


2. The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham

Buku ini cocok menjadi bahan belajar investasi untuk pemula. Buku satu ini diterbitkan pada tahun 1949 untuk pertama kalinua. Hingga sekarang masih dijual karena menjadi referensi untuk Anda yang ingin tahu cara investasi yang benar.

Investor pemula wajib membaca buku ini untuk mendapatkan berbagai macam pengetahuan dasar mengenai investasi saham di pasar modal.

Buku ini menyarankan Anda untuk membeli saham ketika harga saham itu diketahui lebih rendah daripada nilai intrinsiknya.

Untuk mendapat keuntungan maksimal dan mampu menghadapi risiko sesuai dengan profil risiko yang dimiliki. 


3. Rich Dad, Poor Dad punya Robert Kiyosaki

Untuk membuat investasi Anda berhasil, Anda bisa membaca buku ini yang ditulis oleh pebisnis ternama asal Amerika Serikat.

Buku ini berisi tentang pengetahuan finansial yang akan membantu jalan Anda saat berinvestasi. 

Dengan membaca buku ini, Anda akan menyadari bahwa siapa saja punya kesempatan untuk sukses di bidang finansial selama mereka mengusahakannya.

Untuk membuat Anda lebih bersemangat dalam mengincar imbal hasil di investasi, buku ini bisa jadi list bacaaan Anda selanjutnya.


3 Channel Youtube Belajar Investasi untuk Pemula

Selain membaca buku, belajar investasi untuk pemula juga bisa memanfaatkan channel Youtube. 

Cara ini mudah dilakukan, bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Anda tinggal mengatur waktu kapan yang tepat untuk menonton berbagai macam insight investasi yang Anda inginkan.


Ini dia channel Youtube yang membantu Anda lebih memahami investasi.

1. Diskusi Investasi

Di channel Youtube ini, Anda bisa tahu lebih banyak mengenai berbagai instrumen investasi yang sekarang menarik perhatian masyarakat Indonesia seperti mata uang kripto, saham, deposito, dan lainnya.

Bahasa yang digunakan oleh host kekinian, jadi mudah dipahami pemula terutama anak muda yang tertarik memulai investasi.

Channel ini dipegang oleh mereka yang sudah berpengalaman di investasi. Anda pun bisa melayangkan pertanyaan apa saja yang ada hubungannya dengan investasi.

Mereka menyediakan video khusus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan melalui akun Instagram resmi Diskusi Investasi.


2. Timothy Ronald

Channel ini dimiliki oleh investor muda bernama Timothy Ronald yang berhasil meraih Rp100 juta pertama di umurnya yang baru menginjak 19 tahun.

Sejak SMP ia sudah mulai berbisnis sampai kuliah. Uang hasil berbisnisnya itu lalu ia jadikan modal untuk investasi saham dan cryptocurrency.

Keberhasilannya mengelola modal dan menghasilkan keuntungan di usia begitu muda, ia bagikan di channel Youtube pribadinya. Anda bisa mengikuti channel Youtube miliknya untuk mengetahui lebih banyak investasi di masa muda.


3. Felicia Putri Tjiasaka 

Felicia adalah sosok wanita muda yang sering membahas investasi dari saham, reksa dana, P2P lending, pasar uang, dan jenis lainnya.

Pembahasan investasi yang disuguhkan menggunakan kalimat sederhana. Anda jadi tidak bosan menonton video Felicia sampai akhir karena memahaminya.

Selain itu, di channel ini Anda juga akan menemukan berbagai tips finansial penting lainnya seperti asuransi yang bagus untuk persiapan jangka panjang, cara meraih 100 juta pertama di usia muda, dan lainnya.


3 Podcast Belajar Investasi untuk Pemula

Podcast juga bisa dijadikan sebagai media belajar investasi untuk pemula. Anda dapat mendengarkan podcast sembari melakukan hal lain. Podcast juga dapat didengarkan gratis melalui Youtube atau aplikasi lainnya seperti Spotify. Ini dia podcast belajar investasi untuk pemula yang bisa didengar kapan saja.

1. Diskartes

Belajar investasi untuk pemula bisa dimulai dari podcast yang diproduksi oleh Diskartes. Podcast ini dimiliki oleh investor dan praktisi keuangan yang telah merintis karir sejak kuliah. Di sini Anda akan tahu lebih banyak mengenai trading saham karena pemiliknya memang sudah malang melintang di dunia trading yang dinamis. Anda akan tahu banyak istilah yang berkaitan dengan trading. Istilah-istilah itu akan memudahkan Anda ketika mulai terjun di dunia trading.

Selain itu, ada pembahasan lain mengenai asuransi dan bisnis. Anda akan jadi lebih melek finansial di sini.


2. Fintalk

Podcast ini dimiliki oleh Finansialku, situs web yang berisi konten keuangan. Hadir juga dalam bentuk podcast yang membahas berbagai macam pengetahuan bidang finansial seperti investasi, asuransi, bisnis, ekonomi, dan lainnya.

Seluruh obrolan yang hadir di Fintalk diisi oleh para pakar yang keahliannya sudah tidak diragukan. 

Gaya bahasa yang digunakan juga menggunakan bahasa sehari-hari, jadi Anda akan mudah akrab dengan pembahasannya.

Masing-masing podcast rata-rata berdurasi 20 hingga 30 menit. Anda pasti banyak menarik ilmu dari sini.


3. Halofina

Merupakan podcast yang membahas tentang investasi, dan tema keuangan lainnya yang Anda butuhkan. Dipandu oleh mereka yang memang pakar ekonomi dan finansial di bidangnya. 

Materi finansial di podcast ini hadir di waktu yang cukup singkat, yaitu maksimal 20 menit. Anda yang mendengarnya pasti tidak sadar, tahu-tahu sudah selesai.

Jumlah materi yang tersedianya juga banyak, sampai ratusan. Anda bisa memilih topik investasi yang Anda perlukan.

Kesimpulan

Itulah strategi belajar investasi untuk pemula yang bisa membuat Anda lebih memahami investasi. Ada banyak cara untuk belajar berinvestasi, yang Anda lakukan tinggal memperkuat niat mempelajarinya.


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham BUMI, TAPG, SMDR dan BBYB oleh SAMUEL SEKURITAS | 10 Mei 2022

INVESTASI KONTAN 10 MEI 2022 Samuel Sekuritas memprediksi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kini uji uptrend line dan berpotensi rebound. Pada perdagangan Senin (9/5), IHSG anjlok 4,42% ke level 6.909,75. "IHSG (6.909) gap down dan membentuk bearish marubozu pasca libur panjang. Kini uji uptrend line dan potensial rebound," kata Analis Teknikal Samuel Sekuritas William Mamudi dalam risetnya, Selasa (10/5). Untuk hari ini, William menyukai saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG), dan PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) dengan rekomendasi trading buy, serta PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) dengan rekomendasi trading sell.  1. BUMI BUMI rebound dari uptrend line dan kini uji resistance minor Rp 64. Antisipasi breakout dengan resistance berikut bisa ke Rp 73.  Rekomendasi buy dengan target harga Rp 70 dan cut loss Rp 54. BUMI pada Senin (9/5) ditutup di level Rp 61 per saham. 2. TAPG TAPG breakout flip level Rp 690 dengan hammer. Antisipasi lanjut ra

Analisa Saham DOID | 12 Mei 2022

DOID berpeluang untuk melanjutkan uptrendnya dengan membuat pola bullish double bottoms kecil. Pola ini menandakan bahwa jika DOID berhasil menguat menembus  resisten 575, DOID berpeluang melanjutkan uptrendnya menuju 640-650. Rekomendasi: Trading buy kalau naik  di atas 575 target 640-650 sumber :  doktermarket Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online

Rekomendasi Saham ADRO, ITMG, BTPS dan MTEL oleh INDOPREMIER | 13 Mei 2022

INVESTASI KONTAN  13 MEI 2022 IHSG IHSG (6.500 – 6.700) : IHSG diprediksi akan bergerak melemah. Target pelemahan indeks pada level 6.500 kemudian 6.400 dengan resist di level 6.700 kemudian 6.800. Saham ADRO ADRO (Buy) : Target kenaikan harga pada level 3.220 kemudian 3.290 dengan support di level 3.080 cut loss jika break 3.010. Saham ITMG ITMG (Buy) : Target kenaikan harga pada level 30.100 kemudian 30.700 dengan support di level 28.900 cut loss jika break 28.300. Saham BTPS BTPS (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 3.130 dengan resist di level 3.230 kemudian 3.290. Saham MTEL MTEL (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 740 dengan resist di level 765 kemudian 780. Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online