Langsung ke konten utama

15 Cara Mendapatkan Passive Income untuk Kebebasan Finansial


Passive income adalah pemasukan yang didapatkan tanpa melakukan kerja yang aktif. Memiliki passive income atau pendapatan pasif adalah keinginan banyak orang. Namun, tentu harus ada yang diusahakan terlebih dulu dengan melancarkan cara mendapatkan passive income.


Cara mendapatkan passive income itu beragam dan bisa Anda ketahui di sini. Yuk, disimak pembahasannya.

Cara Mendapatkan Passive Income, Mudah dan Banyak Penghasilan

Cara mendapatkan passive income sekarang beragam berkat kehadiran teknologi yang memudahkannya. Anda pun bisa memilih passive income terbaik yang bisa dilakukan dalam jangka panjang. Ini dia pilihan sumber passive income yang bisa dicoba.


1. Menerbitkan buku fisik

Contoh passive income satu ini cocok dipilih Anda yang senang menulis buku. Anda bisa menulis buku tentang apa saja mulai dari buku motivasi, kisah cinta, dan lainnya.

Coba Anda tawarkan naskahnya ke penerbit yang ada di Indonesia. Ketika lolos, penerbit akan menerbitkannya dan dijual di toko-toko besar di seluruh Indonesia.

Setiap 6 bulan sekali Anda akan memperoleh royalti. Jika penjualan terus bagus selama bertahun-tahun, Anda pasti akan tetap memperoleh royalti.


2. Membuat ebook

Berbeda dengan buku fisik, ebook adalah buku yang bisa dibaca secara online. Anda tidak menerbitkan buku fisik, tapi menjual buku yang hanya terbit online.

Anda boleh menulis apa saja yang Anda kuasai. Misalnya, Anda ingin memberikan tips menyusun laporan keuangan pada UMKM, Anda bisa menuliskannya dalam bentuk buku, dan dijual online.

Tidak perlu lewat jalur penerbit, Anda bisa menerbitkan ebook sendiri lewat Google Play. Uang penjualan langsung masuk ke rekening Anda. Semakin banyak yang beli, semakin besar pula bayaran yang Anda dapatkan.


3. Menyewakan properti

Sewa properti sejak dulu menjadi cara mendapatkan passive income yang efektif. Apalagi semakin banyak orang yang memerlukan rumah.

Anda perlu menyediakan kos-kosan, rumah atau apartemen untuk disewakan. Tentu membutuhkan uang yang banyak untuk menyediakannya.

Namun, setelah membeli, Anda bisa memperoleh pemasukan dari uang sewa bulanan atau tahunan.


4. Ikut bisnis afiliasi

Passive income tanpa modal ini patut dicoba Anda yang baru belajar mencari uang. Bisnis afiliasi tidak perlu syarat yang berat, Anda juga tidak diharuskan punya banyak pengikut di media sosial.

Tugas Anda hanya menaruh link suatu produk di berbagai platform. Ketika ada orang yang memesan barang dari tautan itu, Anda pun akan memperoleh bonus. 

Lalu, dari mana passive income bisa didapatkan? Jika tautan masih ada, dan terjadi transaksi pembelian, Anda akan terus memperoleh pemasukan tanpa melakukan apapun. 


5. Membuat karya seni

Anda yang senang memproduksi film atau membuat lagu, bisa menjualnya agar mendapatkan royalti. Royalti musik yang contohnya cukup luas, Anda bisa memperoleh pemasukan dari video yang ditayangkan di Youtube, aplikasi musik, radio, dan televisi.

Namun, tentunya Anda harus menghasilkan lagu yang enak didengar dan abadi sampai masa nanti.


6. Menjual foto karya sendiri

Cara mendapatkan passive income ini cocok dilakukan Anda yang hobi memotret. Unggah hasil di situs web khusus penjualan foto. 

Anda akan mendapatkan pembayaran ketika ada yang mengunduh foto dan membayar pada. Jika foto Anda berada di situs web itu dalam waktu lama, peluang Anda menerima royalti terus-menerus pun jadi bertambah.


7. Investasi saham

Anda juga bisa memperoleh pendapatan pasif dari investasi saham yang dilakukan dalam jangka panjang.

Penghasilan dari saham tersebut adalah dividen yang akan diberikan setahun sekali ketika perusahaan memperoleh laba. 

Namun, investasi saham ini termasuk berisiko tinggi, jadi pastikan pilih saham terbaik yang bagus untuk jangka panjang.


8. Membuat video Youtube

Anda berpotensi mendapatkan penghasilan rutin dari konten Youtube. Terlebih ketika video Anda  ditonton sampai jutaan.

Video tersebut akan tetap tayang di Youtube, dan masih bisa menghasilkan cuan ke depannya. Untuk itu Anda harus kreatif menghadirkan konten-konten Youtube yang disukai penonton Indonesia.


9. Membuat iklan di blog

Anda punya blog dan memiliki banyak pengunjung? Coba jadikan blog Anda bisa menghasilkan dengan mengajukan AdSense. Ketika AdSense disetujui, iklan akan muncul di blog itu. 

Setiap ada yang klik banner iklan, Anda akan memperoleh pemasukan. Kuncinya adalah sering mempublikasikan tulisan Anda yang asli, kemudian banyak orang yang membaca tulisan itu. Anda pasti akan memperoleh pemasukan yang melimpah.


10. Menjual video belajar

Cara lainnya untuk memperoleh penghasilan pasif adalah dengan jualan video belajar. Misalnya, Anda jago bahasa Inggris dan membuat video belajar khusus persiapan TOEFL.

Anda jual video tersebut di situs web khusus belajar. Pemasukan pun akan Anda peroleh ketika ada orang yang membeli. Dengan sekali rekaman saja, Anda bisa mendulang uang dalam jangka panjang.


11. Menjadi dropshipper

Menjalankan bisnis dropship juga bisa mendatangkan penghasilan pasif. Anda mencari supplier barang yang mereknya cukup terkenal, kemudian membantu supplier itu mempromosikan barang dagangannya di berbagai platform seperti blog atau media sosial.

Anda tidak perlu menyediakan barang dan tidak harus mengirimkan produk karena hal itu dilakukan sepenuhnya oleh supplier.

Hasil promosi akan Anda peroleh ketika ada pelanggan yang menghubungi Anda untuk melakukan pembelian.


12. Mendanai di Modal Rakyat

Modal Rakyat merupakan platform bertemunya pendana dan peminjam. Anda yang ingin meraih keuntungan menjadi pendana yang akan mendanai UMKM.

Besaran keuntungan yang bisa didapatkan hingga 18% per tahun. Angka ini tentu cukup besar. Anda pun bisa sekalian membantu UMKM Indonesia berkembang.

Lalu, kenapa di Modal Rakyat? Alasannya karena Modal Rakyat sudah berizin legal OJK, sehingga aman sebagai P2P lending. Yuk, lakukan pendanaan mudah sekarang.


13. Membuat podcast

Anda juga bisa meraih penghasilan dari podcast yang dipublikasikan di Youtube atau di aplikasi mendengarkan musik. 

Podcast yang Anda bawakan bisa bertema apa saja. Tema yang sudah sering hadir adalah kehidupan sehari-hari, edukasi tentang finansial, edukasi tentang pendidikan, dan lainnya. Atau Anda juga bisa membuat cerita bersambung berbentuk suara.

Hampir sama seperti Youtube, Anda akan memperoleh pemasukan dari banyaknya orang yang mengakses podcast Anda. Untuk memperoleh lebih banyak pendengar, Anda perlu menayangkan podcast yang seru.


14. Membangun aplikasi

Anda yang punya keahlian membangun aplikasi untuk kepentingan masyarakat juga bisa mendapatkan penghasilan pasif. Untuk membuatnya mungkin membutuhkan waktu, tapi ketika sudah jadi, Anda bisa mempromosikannya sehingga banyak diunduh.

Contoh aplikasi yang banyak diunduh adalah aplikasi belajar bahasa Inggris. Anda membuat aplikasi tentang penjelasan grammar bahasa Inggris bersama dengan contoh soal. Pengguna bisa melakukan pembayaran untuk bisa mengakses soal secara penuh.

Buat aplikasi yang sederhana, tapi yang mudah tidak mudah crash. Anda juga perlu melakukan pembaruan untuk menyesuaikan konten dengan kebutuhan pengguna. Artinya, saran dari pengguna juga dibutuhkan.


15. Menyewakan peralatan bayi

Passive income juga dapat diperoleh ketika Anda membuka usaha sewa bayi. Usaha jenis ini sekarang banyak diincar, terutama oleh mereka yang baru memiliki bayi.

Anda bisa menyiapkan peralatan bayi seperti freezer untuk ASI, stroller, tempat tidur, bak mandi, baby walker, dan lainnya. 

Nanti pembayarannya disesuaikan dengan lamanya waktu sewa. Anda hanya perlu menyediakan beberapa barang saja, nanti pemasukan Anda raih setiap kali ada orang yang menyewa.

Coba buat situs web untuk memudahkan para orang tua menyewa peralatan yang dibutuhkannya. Pesanan pun bisa langsung masuk.


Kesimpulan

Itu dia cara mendapatkan passive income yang bisa Anda coba. Passive income sangat mungkin untuk didapatkan. Jika Anda berhasil melakukannya secara konsisten, bahkan bisa mendatangkan kebebasan finansial. Yuk, diusahakan!


Pertanyaan Umum

1. Apa itu passive income?

Passive income adalah pemasukan yang didapatkan tanpa melakukan kerja yang aktif. Hal itu karena Anda melakukan pekerjaan, penyimpanan aset, atau usaha yang memungkinkan untuk mendapatkan uang terus tanpa Anda harus susah payah bekerja

2. Apa bedanya passive income dengan active income?

Passive income adalah pemasukan yang diperoleh tanpa melakukan usaha atau pekerjaan yang aktif. Sedangkan, active income merupakan pemasukan yang didapatkan dengan berusaha atau bekerja secara aktif.

3. Apakah YouTube bisa menjadi passive income?

Membuat konten video di Youtube bisa menghasilkan penghasilan pasif atau passive income. Video yang Anda unggah di Youtube mendapatkan penonton setiap hari dan hal itu pun akan menghasilkan pemasukan rutin. Namun, Anda harus mengaktifkan AdSense dulu agar ada iklan yang masuk ke video.


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham SMGR, PTPP, INDF dan ITMG oleh INDOPREMIER | 30 Juni 2022

INDOPREMIER 30 JUNI 2022 IHSG IHSG (6.900 – 6.980) : Indeks diprediksi akan bergerak bervariasi cenderung melemah. Target pelemahan indeks pada level 6.900 kemudian 6.860 dengan resist di level 6.980 kemudian 7.020. Saham SMGR SMGR (Buy) : Target kenaikan harga pada level 7.450 kemudian 7.600 dengan support di level 7.150 cut loss jika break 7.000. Saham PTPP PTPP (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 950 dengan resist di level 975 kemudian 995. Saham INDF INDF (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 7.050 dengan resist di level 7.200 kemudian 7.300. Saham ITMG ITMG (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 31.200 dengan resist di level 31.950 kemudian 32.400. Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online

Rekomendasi Saham EXCL, ICBP, TINS dan BBCA oleh MNC SEKURITAS | 30 Juni 2022

MNCS Daily Scope Wave  30 Juni 2022 IHSG kembali ditutup terkoreksi, kali ini terkoreksi 0,8% ke level 6,942 dan masih didominasi oleh tekanan jual. Apabila IHSG break dari level support terdekatnya di 6,920, maka IHSG akan menguji rentang area 6,786-6,860 untuk membentuk wave [b] pada label hitam. Namun, apabila IHSG masih mampu bergerak di atas 6,860 maka IHSG masih berpeluang menguat kembali untuk menguji area 7,070-7,172 membentuk label merah. Support: 6,860, 6,800 Resistance: 7,070, 7,138 EXCL - Buy on Weakness Pada perdagangan kemarin (29/6), EXCL ditutup terkoreksi 3% ke level 2,550, koreksi EXCL pun tertahan oleh level MA20-nya. Kami memperkirakan, selama EXCL masih mampu bergerak di atas 2,230 sebagai supportnya, maka posisi EXCL saat ini sedang membentuk akhir dari wave [b]. Hal tersebut berarti, koreksi dari EXCL dapat dimanfaatkan untuk BoW. Buy on Weakness: 1,820-1,900 Target Price: 2,720, 2,940 Stoploss: below 2,230 ICBP - Buy on Weakness ICBP ditutup terkoreksi 0,5% ke

Analisa Saham ADRO | 30 Juni 2022

ADRO bergerak sideways dalam range 2860-3090 dalam beberapa hari terakhir ini. Jika ADRO berhasil menguat menembus resisten 3090, ADRO berpeluang melanjutkan uptrendnya menuju target 3250-3400. Rekomendasi: Trading buy kalau naik di atas 3090 1. Target 3250-3400 sumber :  doktermarket Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online