google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo 5 Motivasi untuk Melakukan Investasi yang Membantu Anda Langsung ke konten utama

5 Motivasi untuk Melakukan Investasi yang Membantu Anda


Bisa dikatakan, hal yang paling sulit untuk investasi dan menabung adalah saat memulai. Baru berniat, namun sudah ragu takut gagal. Salah satu hal baru yang sulit dicoba adalah kebiasaan menabung serta menyisihkan uang. 

Baru berniat memulai, godaan sudah datang, seperti makanan siap antar, belanja online, membeli barang kekinian, maupun liburan. Biasanya jika tidak dimulai dengan niat yang sungguh-sungguh, Anda akan menunda investasi. Apalagi godaan belanja sekarang sangat mudah, yaitu tinggal klik saja. 

Padahal di masa depan, Anda akan memerlukan banyak kebutuhan dengan budget yang besar. Belum lagi ada kebutuhan-kebutuhan lain di masa depan yang mungkin Anda tidak duga sebelumnya. Jadi apakah saat ini kondisi keuangan Anda sudah baik? Sudahkah Anda mempunyai dana darurat yang cukup? 

Bila Anda sadar bahwa belum memiliki kondisi keuangan yang baik, sudah saatnya memulai untuk berubah. Tidak ada istilah terlambat untuk menata keuangan. Berikut ini motivasi yang bisa Anda ingat supaya bijak mengelola uang dan investasi.


Antisipasi Hal yang Tidak Diduga 

Siapa yang menginginkan kejadian tidak terduga seperti kecelakaan, sakit, atau PHK? Namun, bukan tidak mungkin bagi Anda untuk mengalaminya di masa yang akan datang. Datangnya musibah tentu tidak ada seorangpun yang tahu. 

Namun, bila hal buruk tersebut terjadi pada Anda di suatu waktu tertentu, pastikan Anda memiliki dana yang cukup sebagai antisipasi. Di saat musibah dan kejadian yang tidak terduga, biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit. 

Paling tidak Anda harus bisa bertahan hidup dengan uang yang dimiliki sambil bangkit dan mencari peluang baru. Miliki dana darurat serta investasi sebagai antisipasi di masa datang sangat penting. Kumpulkan uang dari gaji, jatah jajan konsumtif, dan belanja kebutuhan kurang penting untuk dana darurat, asuransi dan menanam modal.


Roda Kehidupan Selalu Berputar

Mungkin saat ini Anda dapat hidup dengan nyaman, misalnya memiliki gaji yang cukup, badan yang sehat, posisi pekerjaan yang tinggi, dan dapat membeli barang apa pun. Namun, tentu tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada Anda di masa mendatang. 

Bisa jadi Anda dipecat dan bisa jadi Anda tidak memiliki gaji yang sebesar itu di masa datang sehingga mempertimbangkan investasi cukup penting. Jika roda kehidupan Anda di bawah saat ini, jangan berputus asa untuk selalu berusaha. Namun, ada saatnya kehidupan tidak berlangsung seperti yang Anda harapkan. 

Bisa jadi suatu saat dari posisi kehidupan di atas lalu berputar ke bawah. Tanyakan kepada diri Anda sendiri, apakah siap menjalani kehidupan bila penghasilan berkurang dan tidak bisa memenuhi kebutuhan? Maka penting membangun kebiasaan menabung serta investasi. 

Mulailah dari hal yang kecil terlebih dahulu. Lakukan budgeting keuangan Anda tiap bulan setelah menerima gaji dan berikan porsi khusus untuk menabung serta menanamkan modal. Jangan menyisihkan uang untuk menabung saat di akhir bulan, bisa jadi uang Anda habis dahulu dan gagal menabung.


Persiapkan Kebutuhan di Masa Tua

Di saat Anda masih muda mungkin masih bisa bekerja dengan kuat. Namun, ketika nanti sudah memasuki usia tua, kesehatan Anda mungkin tidak seperti kondisi saat ini. Mulai dari sekarang, Anda bisa menargetkan ingin menjalani masa pensiun dalam kondisi seperti apa. 

Tentu akan lebih baik menjalani masa pensiun dengan sejahtera tanpa bergantung siapa pun. Persiapkan masa pensiun mulai dari sekarang. Mulailah melakukan hal ini untuk tujuan jangka panjang. 

Akan lebih nyaman bila Anda memiliki dana cukup untuk menjalani kehidupan di masa pensiun. Anda bisa mempertimbangkan investasi yang sesuai dengan profil risiko pribadi. Yang paling penting adalah mulai disiplin menyediakan uang untuk menanam modal ini serta mau terus belajar ilmu yang benar


Kembangkan Uang Melalui Investasi

Sudah bekerja keras dan menabung, uang Anda akan sayang bila disimpan begitu saja tanpa berniat menanam modal. Harga uang Anda akan tergerus oleh inflasi tiap tahun. Lain halnya bila Anda menyimpan uang di dalam instrumen investasi yang tepat. 

Bahkan bila Anda mengerti ilmu yang benar, dapat memperoleh return yang tidak sedikit dan melebihi nilai inflasi per tahunnya. Ada beragam tokoh investor yang sukses berkat hal ini misalnya Lo Kheng Hong. Anda bisa belajar jenis-jenis instrumen penanaman modal, memahami ilmunya, dan risikonya. 

Tentu melakukan hal ini tidak langsung membuat Anda menjadi kaya. Ada ilmu yang harus dipelajari betul-betul serta memerlukan waktu. Jadi hati-hati jangan mudah percaya bila ditawari modus penipuan investasi dengan return besar dan singkat. Melakukan hal ini tidak melulu soal uang. 

Selain menanam modal melalui uang yang dimiliki, akan lebih penting untuk melakukannya untuk diri Anda sendiri. Belajarlah mengenai banyak hal dan kembangkan skill yang Anda miliki. Investasi terhadap diri sendiri akan bernilai, apalagi bila Anda masih muda karena jalan yang Anda lalui masih panjang dan berpotensi untuk menjadi lebih sukses.


Rencanakan Tujuan yang Akan Dicapai

Menabung dan investasi akan lebih bersemangat bila Anda memiliki target tertentu. Selain itu, dengan adanya target maka akan lebih mudah tercapai karena bisa Anda ukur seberapa besar harus menabung per bulannya. 

Tentukan tujuan Anda menabung, misalnya untuk membeli kendaraan, DP rumah, mengumpulkan modal usaha, ibadah haji, atau sekadar traveling. Anda harus yakin dengan tujuan yang ingin diraih. Selain yakin, penting juga membuat target realistis. 

Perencanaan yang terukur akan lebih mudah dicapai. Anda juga lebih mudah menyisihkan uang secara teratur untuk mencapai impian yang direncanakan. Dengan begitu Anda dapat membuka rekening serta memilih investasi yang tepat sesuai kebutuhan. 

Anda juga bisa mempercayakan dana untuk menanam modal pada P2P lending Modal Rakyat. Sebagai pilihan pengelola dana, Anda dapat menanam modal bersama kami. Tidak ada kata terlambat untuk memulai dan ingatlah beberapa motivasi yang bisa Anda pakai supaya semangat memulai investasi. 


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan