Langsung ke konten utama

5 Motivasi untuk Melakukan Investasi yang Membantu Anda


Bisa dikatakan, hal yang paling sulit untuk investasi dan menabung adalah saat memulai. Baru berniat, namun sudah ragu takut gagal. Salah satu hal baru yang sulit dicoba adalah kebiasaan menabung serta menyisihkan uang. 

Baru berniat memulai, godaan sudah datang, seperti makanan siap antar, belanja online, membeli barang kekinian, maupun liburan. Biasanya jika tidak dimulai dengan niat yang sungguh-sungguh, Anda akan menunda investasi. Apalagi godaan belanja sekarang sangat mudah, yaitu tinggal klik saja. 

Padahal di masa depan, Anda akan memerlukan banyak kebutuhan dengan budget yang besar. Belum lagi ada kebutuhan-kebutuhan lain di masa depan yang mungkin Anda tidak duga sebelumnya. Jadi apakah saat ini kondisi keuangan Anda sudah baik? Sudahkah Anda mempunyai dana darurat yang cukup? 

Bila Anda sadar bahwa belum memiliki kondisi keuangan yang baik, sudah saatnya memulai untuk berubah. Tidak ada istilah terlambat untuk menata keuangan. Berikut ini motivasi yang bisa Anda ingat supaya bijak mengelola uang dan investasi.


Antisipasi Hal yang Tidak Diduga 

Siapa yang menginginkan kejadian tidak terduga seperti kecelakaan, sakit, atau PHK? Namun, bukan tidak mungkin bagi Anda untuk mengalaminya di masa yang akan datang. Datangnya musibah tentu tidak ada seorangpun yang tahu. 

Namun, bila hal buruk tersebut terjadi pada Anda di suatu waktu tertentu, pastikan Anda memiliki dana yang cukup sebagai antisipasi. Di saat musibah dan kejadian yang tidak terduga, biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit. 

Paling tidak Anda harus bisa bertahan hidup dengan uang yang dimiliki sambil bangkit dan mencari peluang baru. Miliki dana darurat serta investasi sebagai antisipasi di masa datang sangat penting. Kumpulkan uang dari gaji, jatah jajan konsumtif, dan belanja kebutuhan kurang penting untuk dana darurat, asuransi dan menanam modal.


Roda Kehidupan Selalu Berputar

Mungkin saat ini Anda dapat hidup dengan nyaman, misalnya memiliki gaji yang cukup, badan yang sehat, posisi pekerjaan yang tinggi, dan dapat membeli barang apa pun. Namun, tentu tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada Anda di masa mendatang. 

Bisa jadi Anda dipecat dan bisa jadi Anda tidak memiliki gaji yang sebesar itu di masa datang sehingga mempertimbangkan investasi cukup penting. Jika roda kehidupan Anda di bawah saat ini, jangan berputus asa untuk selalu berusaha. Namun, ada saatnya kehidupan tidak berlangsung seperti yang Anda harapkan. 

Bisa jadi suatu saat dari posisi kehidupan di atas lalu berputar ke bawah. Tanyakan kepada diri Anda sendiri, apakah siap menjalani kehidupan bila penghasilan berkurang dan tidak bisa memenuhi kebutuhan? Maka penting membangun kebiasaan menabung serta investasi. 

Mulailah dari hal yang kecil terlebih dahulu. Lakukan budgeting keuangan Anda tiap bulan setelah menerima gaji dan berikan porsi khusus untuk menabung serta menanamkan modal. Jangan menyisihkan uang untuk menabung saat di akhir bulan, bisa jadi uang Anda habis dahulu dan gagal menabung.


Persiapkan Kebutuhan di Masa Tua

Di saat Anda masih muda mungkin masih bisa bekerja dengan kuat. Namun, ketika nanti sudah memasuki usia tua, kesehatan Anda mungkin tidak seperti kondisi saat ini. Mulai dari sekarang, Anda bisa menargetkan ingin menjalani masa pensiun dalam kondisi seperti apa. 

Tentu akan lebih baik menjalani masa pensiun dengan sejahtera tanpa bergantung siapa pun. Persiapkan masa pensiun mulai dari sekarang. Mulailah melakukan hal ini untuk tujuan jangka panjang. 

Akan lebih nyaman bila Anda memiliki dana cukup untuk menjalani kehidupan di masa pensiun. Anda bisa mempertimbangkan investasi yang sesuai dengan profil risiko pribadi. Yang paling penting adalah mulai disiplin menyediakan uang untuk menanam modal ini serta mau terus belajar ilmu yang benar


Kembangkan Uang Melalui Investasi

Sudah bekerja keras dan menabung, uang Anda akan sayang bila disimpan begitu saja tanpa berniat menanam modal. Harga uang Anda akan tergerus oleh inflasi tiap tahun. Lain halnya bila Anda menyimpan uang di dalam instrumen investasi yang tepat. 

Bahkan bila Anda mengerti ilmu yang benar, dapat memperoleh return yang tidak sedikit dan melebihi nilai inflasi per tahunnya. Ada beragam tokoh investor yang sukses berkat hal ini misalnya Lo Kheng Hong. Anda bisa belajar jenis-jenis instrumen penanaman modal, memahami ilmunya, dan risikonya. 

Tentu melakukan hal ini tidak langsung membuat Anda menjadi kaya. Ada ilmu yang harus dipelajari betul-betul serta memerlukan waktu. Jadi hati-hati jangan mudah percaya bila ditawari modus penipuan investasi dengan return besar dan singkat. Melakukan hal ini tidak melulu soal uang. 

Selain menanam modal melalui uang yang dimiliki, akan lebih penting untuk melakukannya untuk diri Anda sendiri. Belajarlah mengenai banyak hal dan kembangkan skill yang Anda miliki. Investasi terhadap diri sendiri akan bernilai, apalagi bila Anda masih muda karena jalan yang Anda lalui masih panjang dan berpotensi untuk menjadi lebih sukses.


Rencanakan Tujuan yang Akan Dicapai

Menabung dan investasi akan lebih bersemangat bila Anda memiliki target tertentu. Selain itu, dengan adanya target maka akan lebih mudah tercapai karena bisa Anda ukur seberapa besar harus menabung per bulannya. 

Tentukan tujuan Anda menabung, misalnya untuk membeli kendaraan, DP rumah, mengumpulkan modal usaha, ibadah haji, atau sekadar traveling. Anda harus yakin dengan tujuan yang ingin diraih. Selain yakin, penting juga membuat target realistis. 

Perencanaan yang terukur akan lebih mudah dicapai. Anda juga lebih mudah menyisihkan uang secara teratur untuk mencapai impian yang direncanakan. Dengan begitu Anda dapat membuka rekening serta memilih investasi yang tepat sesuai kebutuhan. 

Anda juga bisa mempercayakan dana untuk menanam modal pada P2P lending Modal Rakyat. Sebagai pilihan pengelola dana, Anda dapat menanam modal bersama kami. Tidak ada kata terlambat untuk memulai dan ingatlah beberapa motivasi yang bisa Anda pakai supaya semangat memulai investasi. 


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Analisa Saham PTBA | 27 Juni 2022

Kenaikan PTBA saat ini tertahan area gap di 4130 – 4540 (box hijau) dimana area ini menjadi penahan kenaikan PTBA . Kedepan harga sahamnya berpeluang mengalami konsolidasi terlebih dahulu di area 3900 (MA50) – 4540 (area gap, box hijau). Jika area gap (box hijau) berhasil dilampaui dan bertahan di atasnya, maka terbuka ruang kenaikan baru yang lebih tinggi. Namun, hati-hati jika ternyata saham ini tidak mampu bertahan di atas area support 3730 (garis hitam), maka harga sahamnya cenderung melemah menuju 3090 dengan minor target 3460. Trading plan : Bagi yang sudah membeli ketika break 3910, bisa taking profit di area gap 4130 – 4630. Stoploss level 3680. Disclaimer ON sumber :  galerisaham Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online

Rekomendasi Saham ASSA, DOID, UNTR dan WOOD oleh MNC SEKURITAS | 29 Juni 2022

MNCS Daily Scope Wave  29 Juni 2022 Menutup perdagangan kemarin (28/6), IHSG ditutup terkoreksi 0,28% ke level 6,996. Dapat dicermati level resistance terdekat di 7,070 dan 7,138, selama belum mampu break level-level tersebut maka pergerakan IHSG masih rawan koreksi untuk membentuk wave [b] label hitam ke rentang 6,786-6,850. Namun, apabila IHSG mampu break 7,138 maka IHSG akan membentuk wave [b] label merah ke arah 7,172. Support: 6,850, 6,800 Resistance: 7,070, 7,138 ASSA - Buy on Weakness ASSA ditutup flat di level 1,910 pada perdagangan kemarin (28/6). Selama tidak terkoreksi ke bawah 1,740 sebagai supportnya, maka posisi ASSA saat ini sedang berada di awal wave (B) sehingga ASSA berpeluang untuk kembali menguat. Buy on Weakness: 1,820-1,900 Target Price: 2,070, 2,330 Stoploss: below 1,740 DOID - Spec Buy Kemarin (28/6), DOID ditutup terkoreksi tipis ke level 380, pergerakan DOID pun masih cenderung sideways. Kami perkirakan, selama DOID masih mampu bergerak di atas 356 sebagai su

Rekomendasi Saham MEDC, ENRG dan BRMS oleh MIRAE ASSET | 27 Juni 2022

MIRAE ASSET SEKURITAS 27 JUNI 2022 IHSG Daily , 7.042,94 (+0,64%), menguji resistensi pada 7.099, rentang perdagangan 6.983–7.099. Indikator MFI-optimized sudah di support trendline dengan kecenderungan menguat. Indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized akan coba bergerak naik lebih lanjut.  Pada periode mingguan indikator MFI-optimized menguji support trendline, sementara RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized cenderung naik. Support harian di 6.983 dan resistensi harian di 7.099. Cut loss level di 6.970. MEDC Daily, Rp645 (-0,77%), trading buy, rentang perdagangan Rp630–660. Indikator MFI-optimized, indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized cenderung naik lebih lanjut. Support harian di Rp630 dan resistensi harian di Rp660. Cut loss level di Rp620.  ENRG Daily, Rp252 (+2,44%), trading buy, rentang perdagangan Rp240–260. Indikator MFI-optimized sudah berada di area oversold, sementara indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimiz