Langsung ke konten utama

10 Cara Punya Passive Income, Anda Tidak Perlu Bekerja!


Passive income adalah jenis penghasilan yang memungkinkan Anda mendapatkan pemasukan tanpa Anda bekerja sama sekali, jadi uang yang menghampiri Anda sendiri. Namun, cara punya passive income harus diusahakan terlebih dulu.

Anda yang mau mendapatkan penghasilan pasif yang menguntungkan, ini dia cara mendapatkan passive income untuk Anda coba.

Cara Punya Passive Income yang Menguntungkan

Memiliki passive income atau penghasilan pasif itu menguntungkan. Anda pun jadi tidak perlu bekerja, bahkan ketika Anda tidur uang datang dengan sendirinya.

Namun, untuk menghasilkan uang pasif Anda harus mengusahakannya dalam beberapa waktu. Ini dia ide passive income yang bisa Anda jalankan dari sekarang.

1. Program afiliasi

Memiliki passive income bisa dilakukan dengan ikut bisnis afiliasi yang ditawarkan toko online atau marketplace. Pendaftarannya cenderung mudah dan syaratnya tidak ribet.

Anda nanti akan ditugaskan menyebarkan link produk di media sosial atau di platform lainnya. Ketika ada orang yang membeli barang dari tautan itu, pihak toko akan memberikan komisi.

Semakin banyak barang yang berhasil terjual dari link itu, Anda pun akan semakin mendapatkan keuntungan. Selama link tidak dihapus, orang lain bisa memanfaatkan link itu buat belanja. Anda tidak melakukan apapun, uang akan masuk ke rekening Anda.

Bisnis afiliasi juga bisa menjadi sumber passive income mahasiswa yang ingin punya penghasilan selama menempuh pendidikan.

2. Menyewakan properti

Ide passive income terbaik jatuh pada menyewakan properti. Kebutuhan masyarakat Indonesia akan properti itu termasuk besar. Anda pun bisa menyewakannya untuk raih penghasilan pasif.

Misalnya, Anda punya kos-kosan di Jakarta. Di dalam kosan itu ada 10 kamar. Untuk sewa per bulannya dibanderol dengan harga Rp2 juta sesuai dengan fasilitasnya yang bagus. Anda pun bisa memperoleh pemasukan Rp20 juta per bulan. Ini tentu saja menjadi pemasukan yang besar tanpa harus bekerja.

3. Menjual foto sistem royalti

Contoh passive income modal kecil adalah Anda berjualan konten foto dengan sistem royalti di situs web khusus foto.

Anda akan memperoleh pemasukan setiap ada orang yang mengunduh foto Anda. Bayangkan saja dalam sehari ada sepuluh orang yang mengunduh. Kalau setiap harinya ada saja yang mengunduh, uang akan sendirinya masuk ke rekening Anda.

Pertama-tama, Anda perlu mengunggah foto yang bagus di situs web tersebut. Coba sebar link penjualan foto di media sosial Anda agar lebih banyak orang yang mau membelinya.

4. Menulis buku dan menerbitkannya.

Cara punya passive income yang layak dicoba adalah menulis buku dan menerbitkannya. Anda hanya perlu mengirimkan tulisan ke penerbit. Apabila sesuai dengan standar mereka, buku Anda akan di jual di toko buku.

Hasilnya didapatkan sesuai royalti. Semakin banyak buku yang terjual, Anda pun akan meraih penghasilan yang berlimpah.

Sistem royalti buku ini akan terus berjalan selama penjualan bisa dilakukan. Lihat saja novel Harry Potter yang terbit di tahun 90-an lalu masih bisa menghasilkan hingga sekarang. 

5. Membuat konten Youtube

Membuat konten Youtube adalah salah satu cara punya passive income. Apalagi konten Youtube termasuk jejak digital yang mudah untuk dicari. Selama ada yang menonton, Anda akan meraih pemasukan setiap bulan.

Namun, Anda tetap disarankan untuk membuat konten Youtube sesering mungkin. Semakin banyak video yang Anda unggah, tentunya akan mendatangkan penghasilan yang semakin tinggi dan menguntungkan.

Anda harus memacu kreativitas untuk bisa menayangkan konten Youtube yang menarik ditonton. Penonton pun jadi menantikan konten Youtube Anda terus.

6. Investasi saham jangka panjang

Salah satu investasi passive income yang bagus adalah saham untuk jangka panjang. Anda bisa memperoleh dividen dari saham. Jumlah dividen akan disesuaikan dengan berapa banyaknya laba dan lembar saham yang Anda miliki.

Dividen biasanya dibagikan setahun sekali dan akan terus dibagikan selama Anda menyimpan saham itu.

Ketika harga saham yang Anda pilih ada kenaikan, tentunya dividen yang Anda raih pun akan semakin meningkat. Kuncinya adalah Anda harus memilih saham terbaik.

7. Menjual karya seni

Karya seni juga bisa mendatangkan passive income. Anda yang senang berkarya seni bisa mengandalkan hal ini untuk raih penghasilan yang abadi.

Contohnya adalah menyanyikan lagu. Sifat lagu yang bisa didengar dalam waktu puluhan tahun bisa membuat Anda tetap mendapatkan royalti selama itu.

Namun, tentunya Anda perlu menciptakan lagu yang didengar oleh banyak orang dan tidak terpengaruh oleh zaman.

8. Membuat aplikasi ponsel pintar

Anda yang punya keahlian membangun aplikasi bisa membuatnya untuk raih passive income. Penghasilan Anda raih ketika ada orang yang menggunakan aplikasi Anda dan melakukan pembayaran untuk layanan premium.

Apalagi jika aplikasinya diunduh sampai jutaan dan pengguna akan terus bertambah ke depannya. Anda pun perlu memperbarui aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan pengguna, tapi jadi tidak perlu membangun dari awal.

9. Memiliki blog pribadi

Cara punya passive income yang lainnya adalah dengan memiliki blog pribadi. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang diklik di halaman blog Anda. Semakin sering ada yang klik, semakin besar pula pemasukannya.

Agar iklan bisa tayang di blog, Anda harus mengajukan Google AdSense terlebih dulu. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti membuat tulisan yang orisinil dan banyak yang berkunjung atau membaca blog Anda.

10. Menjual video tutorial atau belajar

Anda juga bisa raih penghasilan pasif dengan membuat video tutorial, kemudian dijual. Misalnya, Anda ingin menyediakan konten belajar bahasa Jepang. Anda melakukan rekaman dulu sampai 5 tahapan video. Kemudian menjualnya per paket.

Dari rekaman yang hanya dilakukan satu kali itu, Anda bisa menjual rekaman video dengan jumlah yang tidak terhingga. Inilah yang membuatnya bisa jadi penghasilan pasif untuk Anda.

Kesimpulan

Cara punya passive income di atas bisa Anda pilih sesuai minat. Ada yang membutuhkan modal besar, ada juga yang tidak perlu modal sama sekali. Namun, Anda tetap harus berusaha yang maksimal agar bisa memperoleh yang diinginkan.

Pertanyaan Umum

1. Apa itu passive income?

Passive income adalah pemasukan yang Anda peroleh tanpa harus bekerja terlebih dulu. Uang bisa Anda terima tanpa bekerja dari cara-cara tertentu yang memungkinkan Anda untuk mendapatkannya.

2. Apa perbedaan passive income dan active income?

Passive income adalah penghasilan yang didapatkan tanpa bekerja atau berusaha dengan memanfaatkan cara tertentu. Sedangkan active income adalah penghasilan yang diperoleh dengan cara bekerja atau mendirikan usaha.

3. Mengapa perlu memiliki passive income?

Passive income bisa menghasilkan penghasilan tambahan untuk Anda tanpa Anda bekerja terlebih dulu. Pendapatan pasif ini juga bisa bermanfaat ketika Anda sudah tidak produktif lagi. Anda bisa tetap memperoleh penghasilan dengan mudah.


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Analisa Saham PTBA | 27 Juni 2022

Kenaikan PTBA saat ini tertahan area gap di 4130 – 4540 (box hijau) dimana area ini menjadi penahan kenaikan PTBA . Kedepan harga sahamnya berpeluang mengalami konsolidasi terlebih dahulu di area 3900 (MA50) – 4540 (area gap, box hijau). Jika area gap (box hijau) berhasil dilampaui dan bertahan di atasnya, maka terbuka ruang kenaikan baru yang lebih tinggi. Namun, hati-hati jika ternyata saham ini tidak mampu bertahan di atas area support 3730 (garis hitam), maka harga sahamnya cenderung melemah menuju 3090 dengan minor target 3460. Trading plan : Bagi yang sudah membeli ketika break 3910, bisa taking profit di area gap 4130 – 4630. Stoploss level 3680. Disclaimer ON sumber :  galerisaham Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online

Rekomendasi Saham ASSA, DOID, UNTR dan WOOD oleh MNC SEKURITAS | 29 Juni 2022

MNCS Daily Scope Wave  29 Juni 2022 Menutup perdagangan kemarin (28/6), IHSG ditutup terkoreksi 0,28% ke level 6,996. Dapat dicermati level resistance terdekat di 7,070 dan 7,138, selama belum mampu break level-level tersebut maka pergerakan IHSG masih rawan koreksi untuk membentuk wave [b] label hitam ke rentang 6,786-6,850. Namun, apabila IHSG mampu break 7,138 maka IHSG akan membentuk wave [b] label merah ke arah 7,172. Support: 6,850, 6,800 Resistance: 7,070, 7,138 ASSA - Buy on Weakness ASSA ditutup flat di level 1,910 pada perdagangan kemarin (28/6). Selama tidak terkoreksi ke bawah 1,740 sebagai supportnya, maka posisi ASSA saat ini sedang berada di awal wave (B) sehingga ASSA berpeluang untuk kembali menguat. Buy on Weakness: 1,820-1,900 Target Price: 2,070, 2,330 Stoploss: below 1,740 DOID - Spec Buy Kemarin (28/6), DOID ditutup terkoreksi tipis ke level 380, pergerakan DOID pun masih cenderung sideways. Kami perkirakan, selama DOID masih mampu bergerak di atas 356 sebagai su

Rekomendasi Saham MEDC, ENRG dan BRMS oleh MIRAE ASSET | 27 Juni 2022

MIRAE ASSET SEKURITAS 27 JUNI 2022 IHSG Daily , 7.042,94 (+0,64%), menguji resistensi pada 7.099, rentang perdagangan 6.983–7.099. Indikator MFI-optimized sudah di support trendline dengan kecenderungan menguat. Indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized akan coba bergerak naik lebih lanjut.  Pada periode mingguan indikator MFI-optimized menguji support trendline, sementara RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized cenderung naik. Support harian di 6.983 dan resistensi harian di 7.099. Cut loss level di 6.970. MEDC Daily, Rp645 (-0,77%), trading buy, rentang perdagangan Rp630–660. Indikator MFI-optimized, indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimized cenderung naik lebih lanjut. Support harian di Rp630 dan resistensi harian di Rp660. Cut loss level di Rp620.  ENRG Daily, Rp252 (+2,44%), trading buy, rentang perdagangan Rp240–260. Indikator MFI-optimized sudah berada di area oversold, sementara indikator RSI-optimized dan indikator Williams%R-optimiz