Langsung ke konten utama

Cara Memutar Uang 50 Juta, Cek Dulu Keuangan Anda!


Anda baru saja mendapatkan uang Rp50 juta? Anda tentu senang bukan main. Namun, jangan langsung menggunakan uang tersebut untuk keperluan konsumtif. Sebaiknya Anda mengikuti cara memutar uang 50 juta di bawah ini agar jumlah uang bisa bertambah. 

Ada berbagai cara memutar uang 50 juta yang bisa Anda coba sesuai dengan keinginan. Ini dia cara memutar uang dengan keuntungan yang nyata.


Apa yang Dimaksud Memutar Uang?

Memutar uang adalah kegiatan menggunakan uang yang dimiliki untuk kegiatan produktif yang bisa menambah hasil uang.

Kegiatan produktif ini bukan kegiatan konsumtif. Kegiatan konsumtif itu membeli barang atau jasa untuk kepuasan sesaat, sehingga uang yang dimiliki habis begitu saja atau tidak akan kembali.

Lain halnya dengan kegiatan produktif yang bisa membuat Anda memiliki penghasilan ditambah dengan keuntungan. Uang tersebut akan kembali pada Anda. Hal itu karena modal digunakan untuk kegiatan yang menghasilkan uang, sehingga uang pun tidak habis begitu saja.

Ada dua jenis cara mengembangkan uang 50 juta yang bisa Anda pilih, yaitu dengan berinvestasi dan berbisnis. Nanti akan dijelaskan masing-masing di bawah.


Bagaimana Cara Memutar Uang 50 Juta dengan Investasi?

Cara memutar uang 50 juta coba Anda lakukan dengan berinvestasi di instrumen tertentu. Ini dia berbagai instrumen investasi yang dapat Anda pilih.

1. Kembangkan dana di P2P Lending

Uang Rp50 juta yang Anda punya bisa digunakan dalam pendanaan di P2P lending. P2P lending merupakan fintech yang menjadi tempat pinjam-meminjam dan meraih keuntungan.

Pendanaan aman yang sudah berizin legal OJK salah satunya tersedia di Modal Rakyat. Anda bisa ikut pendanaan UMKM di Modal Rakyat yang praktis karena prosesnya dilakukan online.

Modal yang Anda pinjamkan itu nantinya akan mendatangkan keuntungan hingga 18% per tahun. Yuk, tunggu apa lagi! Raih keuntungannya secara langsung dengan bergabung sebagai pendana di Modal Rakyat.

2. Investasikan dalam saham

Cara lain untuk memutar uang 50 juta adalah berinvestasi saham. Saham merupakan surat berharga yang ditawarkan pada publik. Anda bisa investasi saham dengan melakukan pembelian dalam jumlah tertentu.

Pembelian saham harus dilakukan di aplikasi saham legal yang jauh lebih aman dan bertanggung jawab. Jangan sampai memilih aplikasi ilegal ya agar Anda tidak kena tipu dan masalah lainnya.

Setelah membeli saham, Anda tunggu beberapa waktu sampai harganya naik, baru kemudian menjualnya dan akhirnya memperoleh profit.

Atau bisa menyimpan saham itu dalam beberapa tahun ke depan untuk mendapatkan dividen setiap tahun. 

3. Membeli emas

Emas adalah instrumen investasi yang menguntungkan dan mudah didapatkan. Instrumen ini memiliki harga yang stabil dan diakui sebagai alat bayar di seluruh dunia. Anda pun bisa menukarnya di negara mana pun.

Instrumen emas juga tahan banting ketika dihadapkan pada krisis ekonomi. Biasanya harga tetap stabil, bahkan naik ketika banyak orang yang melakukan transaksi.

Investasi emas dengan modal Rp50 juta akan menghasilkan jumlah emas yang cukup banyak. Anda perlu menyediakan tempat khusus untuk menyimpan emas itu agar tidak diambil oleh orang lain.


Apa Bisnis yang Cocok untuk Memutar Uang 50 Juta?

Cara memutar uang 50 juta lainnya adalah dengan membuka bisnis. Anda jadi tidak perlu mengambil pinjaman lagi, yang penting melakukan perencanaan bisnis yang matang seperti berikut ini.

1. Bisnis reseller

Bisnis pertama sebagai cara memutar uang 50 juta adalah bisnis reseller produk ternama. Bisnis ini tidak mewajibkan Anda menyediakan barang sendiri. Barang jualan bisa Anda beli dari toko lain. 

Mengapa sebaiknya pilih produk ternama? Hal itu supaya Anda mudah untuk mempromosikannya. Anda pun bisa menjadi reseller terpercaya dari toko tersebut dan pelanggan menyerbu lapak Anda.

Saat ini berbagai toko memberikan kesempatan pada orang lain untuk menjual produknya. Mereka senang menjual barang ke reseller karena jadi cepat laku

Modal 50 juta itu bisa Anda gunakan untuk membeli produk dan untuk mempromosikan barang dagangan. Biasanya pihak toko akan memberikan potongan harga pada reseller. Anda pun bisa menjual barang dengan harga yang tidak jauh berbeda dari toko yang asli. 

2. Bisnis toko kelontong

Ada lagi bisnis toko kelontong yang bisa dilakukan dengan modal 50 juta. Toko kelontong menjual barang kebutuhan pokok yang lengkap mulai dari sembako sampai sabun dan shampoo.

Anda perlu mencari supplier toko kelontong yang terpercaya, juga menyewa tempat untuk berjualan. Tempatnya boleh tidak begitu luas, asalkan bisa menampung banyak produk jualan.

Kebutuhan ini akan diincar terus oleh masyarakat, jadi Anda tidak akan merasakan toko sepi. Namun, Anda perlu mengelola toko dengan baik agar memancing pelanggan karena toko sejenis sudah banyak didirikan.

Misalnya, coba mendirikan toko kelontong di mana pembeli bisa memilih sendiri produknya. Jangan lupa memasang CCTV atau alat sensor yang nanti berbunyi ketika ada barang yang diambil tapi belum dibayar.

3. Bisnis minuman kekinian

Jenis usaha lainnya dengan uang 50 juta adalah minuman kekinian. Anda bisa menjual minuman segar yang terdiri dari berbagai macam rasa. Jenis minuman ini disukai oleh segala usia jadi bisa laku keras.

Anda boleh meracik sendiri resep minuman yang lezat. Pertama-tama coba lihat minuman yang sering dijual di kedai lainnya. Dari sana Anda akan memperoleh inspirasi.

Uang yang tersedia juga perlu digunakan untuk membeli gerobak atau kedai. Anda pun jadi bisa berjualan di lokasi yang ramai. Contohnya adalah di kawasan kampus, dekat mall, dekat stasiun, terminal, dan lainnya. 

Berjualan minuman kekinian sebaiknya di tempat ramai karena Anda akan mudah menemukan pelanggan. Promosikan usaha Anda itu agar lebih banyak orang yang mengenalnya


Cek Keuangan Anda Terlebih Dahulu Sebelum Memutar Uang

Sebelum benar-benar memutar uang, ada baiknya Anda menyelesaikan urusan penting terlebih dulu. Ini dia hal yang perlu dipastikan sebelum memutar uang yang Anda dapatkan.

1. Pastikan sudah tidak memiliki utang konsumtif

Anda harus memastikan tidak punya utang yang sifatnya konsumtif. Utang konsumtif biasanya harus dibayar dalam waktu cepat. Ketika Anda memperoleh uang Rp50 juta, gunakan uang itu untuk membayar utang sampai lunas.

Jangan sampai Anda memutar uang, dan melupakan utang hingga lewat waktu pembayaran. Anda bisa kerepotan membayarnya karena tidak lagi memiliki dana yang cukup. Intinya ketika mendapatkan uang yang jumlahnya lumayan, prioritaskan dulu untuk bayar utang.

2. Penuhi kebutuhan dana darurat

Sebaiknya Anda menyimpan uang yang ada untuk dana darurat. Dana jenis ini penting lho untuk kebutuhan harian Anda. Fungsinya digunakan ketika Anda mengalami hal yang darurat dan harus diselesaikan. 


Apabila dana darurat Anda belum tersedia, biasanya Anda terpaksa menggunakan uang kebutuhan yang akhirnya dikurangi. Hal ini tentu saja tidak baik jika terus terjadi, Anda akan kerepotan ke depannya.

Besaran dana darurat biasanya disesuaikan dengan pengeluaran Anda. Biasanya ditentukan dari 6 kali hingga 12 kali pengeluaran per bulannya. Kehadiran dana darurat pun jadi bisa menyelamatkan dana tabungan yang digunakan untuk keperluan lain.


Kesimpulan

Ada banyak pilihan untuk cara memutar uang 50 juta. Anda bisa memilih investasi atau bisnis, yang penting merencanakannya dengan rapi, hingga akhirnya mampu mencapai tujuan. Siapa tahu uang 50 juta yang berhasil diputar menghasilkan keuntungan yang besar.


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Analisa Saham ERAA | 3 Februari 2023

Analisa Saham ERAA ERAA berhasil mencapai target kenaikan pola bullish broadening triangle di 480-490. Selama ERAA mampu bertahan di atas MA200-nya di 458, ERAA berpeluang terus menguat menuju target kedua di 550. Jika level 550 juga terlewati, target ketiga ERAA berada di 675. Rekomendasi : Hold. Tunggu pembalikan arah untuk take profit. Target kedua di 550 dan target ketiga di 675. Disclaimer ON Sumber: doktermarket - Informasi lengkap pasar saham ada di  Website Saham Online.    Materi belajar trading dan investasi saham ada di   Channel Youtube Saham Online. 

Rekomendasi Saham ADHI, BRIS, ACES, JPFA dan TLKM oleh NH Korindo Sekuritas | 6 Februari 2023

NH Korindo Sekuritas Indonesia 6 Februari 2023 IHSG BULLISH - Uji Resistance (mid-term) krusial 6955-6965. Support : 6890 / 6870-6830 / 6780 Resistance : 6955-6965 / 7000 / 7100-7130. ADVISE : Hold ; or Average Up accordingly. ADHI Pattern : sudah break Parallel Channel – downtrend. Uptrend jk.pendek mulai, MA10 & MA20 goldencross. Advise Buy Entry Level: 498. Average Up >500-505 Target: 520 / 555. Stoploss: 470. BRIS Pattern (medium) : (suspected) bullish reversal Inverted Head & Shoulders. Pattern (minor) : Parallel Channel – uptrend. Advise Speculative Buy Entry Level: 1360-1350 Average Up >1370 Target: 1425-1440 / 1470 / 1500. Stoploss: 1325. ACES Pattern : Flag. Uptrend jk.pendek bisa dimulai, MA10 & MA20 goldencross. Advise Buy On Weakness. Entry Level: 492-480. Average Up >500. Target: 520-525 / 550-560 / 590-600 / 650. Stoploss: 460. JPFA On the way to TARGET pattern Parallel Channel. Advise Speculative Buy Entry Level: 1365-1355. Average Up >1385-1400

Analisa Saham UNTR | 2 Februari 2023

Analisa Saham UNTR Saham UNTR terus bergerak turun menuju area support swing low-nya di level 23625 (box biru). Sesuai dengan prinsip support kuat, jika UNTR turun mencapai area ini, maka ada peluang untuk kembali technical rebound dengan target kenaikan di 27000. Bagi Anda yang ingin buy on weakness untuk segera sell on strength, bisa cermati area support swing low-nya di Profit Trader Module Anda. Namun, pembelian ini tidak disarankan bagi yang ingin buy & hold. Trading plan : Speculative buy on weakness di area 23625 – 23950. Sell on strength di area 27000. Cutloss jika dalam beberapa hari terakhir saham ini tidak mampu kembali ke atas area support swing low. Strategi: Swing Trading. Disclaimer ON Sumber: galerisaham - Informasi lengkap pasar saham ada di  Website Saham Online.    Materi belajar trading dan investasi saham ada di   Channel Youtube Saham Online.