google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Caplok 2 Entitas Usaha Adaro, Cita Mineral (CITA) Rogoh Rp674,18 Miliar Langsung ke konten utama

Caplok 2 Entitas Usaha Adaro, Cita Mineral (CITA) Rogoh Rp674,18 Miliar


PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) semakin memperkuat cakarnya di industri tamabang mineral melalui skema pengambilalihan saham bersyarat 2 perusahaan entitas usaha dari PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO).

Ya, hal ini bisa dilihat dari keterangan resmi CITA yang dimuat pada laman BEI, dan di kutip pada Jumat (23/12/2022). Perseroan menyebutkan pada 20 Desember 2022 telah terjadi Perjanjian Pengambilan Saham Bersyarat PT Kalimantan Aluminium Industry (KAI) dan PT Kaltara Power Indonesia (KPI).

Secara detail Yusak Lumba Pardede Direktur CITA menyebutkan, Pada tanggal 20 Desember 2022, Perseroan bersama dengan KAI, Aumay Mining Pte. Ltd. (Aumay), dan PT Adaro Indo Aluminium (AIA) yang seluruhnya merupakan pihak ketiga dari Perseroan, telah menandatangani Perjanjian Pengambilan Saham Bersyarat dimana Perseroan dan Aumay akan melakukan pengambilan saham baru yang diterbitkan oleh KAI.

"KAI akan menerbitkan 925.748 saham baru yang mana sebanyak 330.624 saham baru akan diambil bagian oleh Perseroan," kata Yusak.

Dana yang diperoleh dari penerbitan Saham Baru tersebut akan digunakan oleh KAI untuk perancangan, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan pabrik pengolahan aluminium (aluminium smelter plant) dengan kapasitas hingga 2 MTPA (juta ton per tahun) milik KAI yang akan berlokasi di Kalimantan Industrial Park Indonesia, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Indonesia.

Pada kesempatan yang sama perseroan juga meneken Perjanjian Pengambilan Saham Bersyarat KPI.  Perseroan bersama dengan KPI dan PT Adaro Power (AP) yang seluruhnya merupakan pihak ketiga dari Perseroan, telah menandatangani Perjanjian Pengambilan Saham Bersyarat dimana Perseroan akan melakukan pengambilan saham baru yang diterbitkan oleh KPI.

KPI akan menerbitkan 23.694 saham baru yang akan diambil bagian seluruhnya oleh Perseroan.

Dana yang diperoleh dari penerbitan Saham Baru tersebut akan digunakan oleh KPI untuk perancangan, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan unit pembangkit listrik milik KPI yang akan digunakan untuk menunjang kebutuhan listrik proyek smelter aluminium milik KAI, yang akan berlokasi di Kalimantan Industrial Park Indonesia, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Indonesia.

Penyertaan Saham Perseroan akan dilaksanakan dengan pembayaran oleh Perseroan kepada KAI dengan nominal Rp1 juta per lembar Saham Baru dengan total jumlah pembayaran Penyertaan Saham CITA sebesar Rp330,624 miliar atau setara USD21,306 juta.

Penyertaan Saham Perseroan akan dilaksanakan dengan pembayaran oleh Perseroan kepada KPI dengan nilai nominal USD 1.000 atau setara dengan Rp14.500.000 per lembar Saham Baru dengan total jumlah pembayaran penyertaan saham CITA sebesar USD 23.694.000 atau setara dengan Rp343.563.000.000. 

Jumlah pembayaran oleh Perseroan sehubungan dengan Perjanjian Pengambilan Saham Bersyarat KAI dan KPI, yaitu sebesar Rp674.187.000.000, tidak melebihi batasan material Perseroan sebagaimana dimaksud oleh POJK No.17/POJK.04/2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha (POJK 17). 

Penyertaan saham pada KAI dan KPI ini secara langsung merupakan upaya Perseroan untuk merealisasikan rencana peningkatan nilai tambah mineral sebagaimana diwajibkan oleh Pasal 102 Undang-Undang No. 3 tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, dan Pasal 167 Peraturan Pemerintah No. 96 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pertambangan Mineral dan Batubara.
Author: Rizki
Sumber: emitennews-
Informasi lengkap pasar saham ada di Website Saham Online.  
Materi belajar trading dan investasi saham ada di Channel Youtube Saham Online. 

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan

Rekomendasi Saham BBRI, GGRM, DRMA dan ACST oleh RHB Sekuritas Indonesia | 26 Oktober 2023

RHB Sekuritas Indonesia 26 Oktober 2023 Muhammad Wafi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Bank Rakyat Indonesia terlihat kembali melakukan rebound disertai volume dan menguji resistance garis MA20 sekaligus resistance bearish channel-nya. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal reversal dari fase bearish untuk menguji resistance garis MA50. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 5.125 dengan target jual di Rp 5.325 hingga Rp 5.575. Cut loss di Rp 5.000. PT Gudang Garam Tbk (GGRM) Gudang Garam terlihat melakukan rebound dan breakout resistance garis MA50 disertai volume dan menguji resistance garis MA20. Jika mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi sinyal breakout menuju fase bullish dan menguji level tertingginya di bulan Oktober 2023. Rekomendasi: Buy area disekitar Rp 24.800 dengan target jual di Rp 25.375 hingga Rp 26.650. Cut loss di Rp 24.525. PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) Dharma Polimetal terlihat melakukan rebound d