google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Cara Bermain Saham Agar Untung Langsung ke konten utama

Cara Bermain Saham Agar Untung

Pada kesempatan kali ini kita membahas tentang cara bermain saham agar untung. Di dalam artikel ini kami mencoba menyampaikan informasi lengkap tentang cara bermain saham agar untung. Kami telah menyusun artikel kali ini dengan seksama. Harapannya melalui artikel ini mampu memahamkan kita semua tentang cara bermain saham agar untung dengan baik.

Cara Bermain Saham Agar Untung

cara bermain saham agar untung
Perlakukanlah saham itu seperti halnya manusia, jangan memahaminya sebatas teori buku saja. Perhatikan sumber daya manusia yang selama ini mengelolanya. Siapa sebenarnya aktor di belakangnya (market maker, player, follower) dan perhatikan karakternya masing-masing, lalu setelah itu mulai lakukan analisis dan gunakan tools yang diperlukan.

Jangan terlalu percaya dengan yang disebut dengan data-data finansial, apalagi jika laporan data itu belum diaudit dan/atau belum disahkan oleh Bapepam. Indonesia merupakan sebuah example dari emerging market, dan karakter inti dari pasar yang semacam ini adalah data yang seringkali tidak bisa dipercaya. Ada baiknya anda tetap konservatif dan hati-hati.

Lumayan baik, jika memiliki atau membeli saham-saham blue chip yang sedang mengalami penurunan harga karena sentimen right issue. Berdasarkan pengalaman, ini tidak akan menjadi masalah penurunannya. Biasanya harga saham terkait akan segera terkoreksi dan mulai menanjak naik. Return saham-saham blue chip pada umumnya tidak terlalu volatile, tapi layak jika anda berencana pegang dalam jangka waktu lama.

Perhatikanlah aksi bandar. Anda bisa mengikuti arus permainannya. Bermainlah saham online sedikit saja dengan membeli saham gorengan. Pada dasarnya, saham-saham semacam ini tidak terlalu banyak beredar sehingga gampang diangkat dan dimainkan harganya. Karakter khas saham gorengan adalah volume transaksi jenis saham ini besar dan nilainya turun tapi lalu akan perlahan-lahan naik. Perlu anda ketahui, bahwa saham gorengan adalah yang volatilitas tinggi, jika anda berani berharap reward yang tinggi, perhatikan juga resiko yang cukup tinggi juga. Jika tidak berani, hindari.

Disiplin dalam segala hal. Anda harus tetapkan batas atas dan batas bawah. Sebagai contoh, 35% di atas dan 6% di bawah. Kemudian cobalah untuk taati aturan itu dengan displin. Jangan pernah sekalipun mengikuti hawa nafsu ketamakan dan emosi sesaat anda.
Tekuni dengan serius. Anda harus melakukan sendiri analisis dan mengulas portofolio anda secara periodik. Kami menyarankan agar anda menabung saham tidak lebih dari 5 jenis saham saja. Cobalah untuk fokus pada sebanyak-banyaknya 3 saham dan keep 1-2 saham untuk invest secara long term atau satu tahun.

Mempelajari kondisi fundamental ekonomi global dan emiten saham tertentu merupakan suatu yang wajib untuk dilakukan. Anda harus rajin mengikuti berita-berita nasional dan mencermati hubungannya dengan pergerakan di bursa.

Perhatikan dengan jeli karakter bursa. Sebagai contonya begini, pada umumnya terdapat kecenderungan harga naik pada April-Mei. Ini karenaantisipasi dari publikasi laporan finansial dan pembagian dividen (sell). Pada sisi lain, pada September-Oktober, pada umumnya harga akan cenderung turun karena sepi. Sedangkan pada akhir tahun akan terdapat kecenderungan harga naik lagi, sebagai antisipasi dari aktifitas window dressing dan menyambut january effect (sell). Pada Februari-Maret, pada umumnya akan terjadi koreksi secara umum pasca window dressing dan january effect (buy).

Bersikaplah kekeluargaan kepada broker anda. Ajak mereka untuk lakukan makan siang dan kemudian bersahabatlah dengannya. Ini harus anda lakukan dengan tulus. Jangan berharap apapun. Pokoknya berteman saja. Jangan macam-macam pokoknya. Having fun saja. Berteman akan menambah kualitas psikologi trading anda, percaya atau tidak.

Last but not least, berdoalah. Semua yang terjadi ini adalah atas sesuatu yang sudah diatur. Beberapa investor kelas kakap ternyata justru rata-rata orang yang zuhud, tawadhu', sederhana dan biasa-biasa saja.

Demikian tadi adalah artikel tentang cara bermain saham agar untung. Kami berharap yang sedikit ini mampu menambah wawasan kita semua. Juga semoga artikel tentang cara bermain saham agar untung ini memberi manfaat untuk kita semua. Silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain jika menurut anda artikel ini akan berguna bagi orang lain juga. Anda juga bisa berlangganan di blog kami melalui email jika anda berkenan. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.

Komentar

  1. Terima kasih infonya, senang bisa baca tulisannya. Acep Saepulloh newbie di Cicurug Sukabumi, Jabar

    BalasHapus

Posting Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr