Pengertian Gap Dalam Chart Saham

Sponsored Links:

Apa itu Gap?

Gap adalah area chart di mana harga saham naik atau turun dari penutupan hari sebelumnya tanpa ada perdagangan di antaranya. Dalam contoh di bawah ini, saham Netflix naik lebih tinggi pada 15 Januari 2019, setelah perusahaan mengumumkan menaikkan biaya berlangganan bulanannya.

contoh gap up
contoh gap up
Ada empat jenis Gap dalam Saham - Gap Biasa, Breakaway Gap, Runaway Gap, dan Exhaustion Gap. Gap mudah dikenali tetapi menentukan jenis Gap jauh lebih sulit untuk dipecahkan.

Apa Yang Bisa Dipahami dari Gap?

Gap biasanya terjadi ketika sepotong berita atau peristiwa menyebabkan banjir pembeli atau penjual ke sebuah saham. Ini menghasilkan pembukaan harga yang secara signifikan lebih tinggi atau lebih rendah dari harga penutupan hari sebelumnya. Tergantung pada jenis Gap, itu bisa menunjukkan awal tren baru atau pembalikan tren sebelumnya. Dalam contoh di bawah ini, celah saham Amazon.com Inc. (AMZN) lebih tinggi pada 27 Oktober 2017, naik tajam dari penutupan hari-hari sebelumnya setelah berbulan-bulan konsolidasi. Penguatan saham disertai dengan peningkatan volume besar-besaran, mengkonfirmasi celah yang memisahkan diri. Ini adalah awal dari tren baru yang lebih tinggi di saham Amazon, yang kemudian naik dari $ 985 menjadi $ 2.050 pada September 2018.


Dalam contoh berikut, chart Alphabet Inc. (GOOGL) menunjukkan Runaway Gap. Saham Alphabet sudah meningkat pada bulan April 2017 ketika itu naik tajam lebih tinggi, melanjutkan uptrend sebelumnya.


Perbedaan Antara Berbagai Jenis Gap

Ada beberapa perbedaan mendasar antara berbagai jenis Gap. Sebagai contoh, pembalikan atau breakaway gap biasanya disertai dengan kenaikan tajam dalam volume perdagangan, sedangkan gap umum dan runaway tidak. Selain itu, sebagian besar Gap terjadi karena berita, atau peristiwa seperti penghasilan atau peningkatan / penurunan peringkat analis. Gap umum terjadi lebih teratur dan tidak selalu perlu alasan untuk terjadi. Juga, gap umum cenderung terisi, sedangkan dua gap lainnya mungkin menandakan pembalikan atau kelanjutan tren.

Keterbatasan Penggunaan Gap

Ada batasan meskipun gap mudah dikenali. Kelemahan mencolok adalah kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi berbagai jenis Gap yang terjadi. Jika Gap disalahtafsirkan, itu bisa menjadi kesalahan besar yang menyebabkan seseorang kehilangan kesempatan untuk membeli atau menjual saham, yang bisa sangat membebani untung dan rugi seseorang.

Komentar