Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 16, 2020

Bursa Australia Turun Terparah Sejak 1987

IQPlus, (16/03) - Indeks saham acuan Australia mengalami penurunan terbesar sejak 1987 pada hari Senin karena investor khawatir bahwa serangkaian langkah-langkah stimulus, termasuk tindakan kebijakan Federal Reserve AS, akan gagal dalam membendung dampak ekonomi dari virus Corona.

Indeks patokan S&P/ASX 200 ditutup turun 9,7 persen atau 537 poin ke level 5.002 ketika aksi jual memburuk di akhir perdagangan.

"Gabungan dari langkah darurat The Fed sekali lagi memicu kekhawatiran baru dan kekhawatiran bahwa dukungan bank sentral mungkin tidak cukup untuk meredam dampaknya sehingga pelepasan di pasar terjadi pada awal minggu, "kata Pan Jingyi.

Indeks keuangan di bursa Australia turun 11,1 persen dimana empat saham bank besar Australia turun lebih dari 10 persen ketika prospek pemangkasan suku bunga lebih jauh menaikkan kekhawatiran akan marjin.(end)

Bank Indonesia Kemungkinan Akan Pangkas Suku Bunga Lagi

IQPlus, (16/03) - Bank Indonesia diperkirakan akan kembali memangkas suku bunga pada keputusan pekan ini, demikian perkiraan sebagian besar analis ketika para pembuat kebijakan global melakukannya guna mendorong ekonomi dan menahan gejolak pasar akibat virus Corona.

12 dari 21 analis memperkirakan Bank Indonesia akan memangkas suku bunga 25 basis poin menjadi 4,50% atau level terendah sejak April 2018. Jika terjadi ini merupakan pemangkasan kedua tahun ini.

Salah satu analis bahkan memperkirakan pemangkasan suku bunga sebesar 50 basis poin. Sementara delapan lainnya memperkirakan BI akan mempertahankan suku bunga karena kekhawatiran aliran modal keluar. (end)

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Siapkan 1,8T Buy Back Saham

IQPlus, (16/03) - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) akan melakukan pembelian kembali sahamnya dalam kondisi pasar yang berfluktuasi secara signifikan.

Menurut keterangan perseroan, jumlah dana yang disiapkan sebanyak-banyaknya Rp1,8 triliun dimana jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak melebihi 20% dari modal disetor dan ditempatkan.

Perseroan akan melakukan pembelian kembali secara bertahap untuk periode tiga bulan terhitung sejak 16 Maret 2020 sampai 15 Juni 2020. Biaya pembelian kembali saham berasal dari kas internal perseroan. (end)

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menerima pembayaran proyek Jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II

IQplus, (16/03) - PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah menerima pembayaran atas proyek Jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) sebesar Rp6,2 triliun dari PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek.
"Pembayaran sebesar Rp6,2 triliun telah kami terima. Pembayaran tersebut merupakan 51 persen dari total pembayaran Rp12,3 triliun disesuaikan dengan porsi atas kerja sama operasi dengan PT Acset Indonusa Tbk," kata Director of Finance PT Waskita Karya (Persero) Tbk Haris Gunawan dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.
Ia mengemukakan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) sepanjang 38 KM ini merupakan hasil kolaborasi antara BUMN dan Swasta, yaitu PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Acset Indonusa Tbk.
Pengerjaan proyek tol yang termasuk dalam kategori Proyek Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia itu, lanjut dia, telah dimulai sejak tahun 2017 dan telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 12 Desember 2019 dan sudah dioperasionalkan ke pengguna jala…

PT Tridomain Performance Materials Tbk (TDPM) Gelar Penawaran Umum Obligasi III Tahun 2020

IQPlus, (16/03) - PT Tridomain Performance Materials Tbk (TDPM) akan melakukan Penawaran Umum Obligasi III Tahun 2020 dengan tingkat bunga tetap dengan jumlah pokok sebanyak-banyaknya Rp400 miliar.

Menurut prospektus perseroan Senin disebutkan, obligasi ini berjangka waktu 3 tahun dengan tingkat suku bunga yang ditentukan kemudian.

Pefindo memberikan peringkat idA- untuk obligasi ini dimana penjamin pelaksana emisi PT DBS Vickers Sekruritas Indonesia dan wali amanat Bank Permata. Masa penawaran awal 16-20 Maret 2020 dan perkiraan penawaran umum 31 Maret-2 April 2020 dan perkiraan pencatatan di BEI 8 April 2020. (end)

PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) Alami Penurunan Pendapatan

IQPlus, (16/03) - PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) alami penurunan pendapatan neto menjadi Rp529,32 miliar hingga periode 31 Desember 2019 dari pendapatan neto Rp952,08 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Laporan keuangan perseroan Senin menyebutkan, laba bruto turun menjadi Rp212,48 miliar dari laba bruto Rp425,05 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Beban usaha turun menjadi Rp207,07 miliar dari beban usaha Rp249,41 miliar dan laba usaha anjlok menjadi Rp5,41 miliar dibandingkan laba usaha Rp175,64 miliar. Beban lain-lain naik menjadi Rp145,68 miliar dari beban lain -lain Rp93,94 miliar dan rugi neto yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk diderita Rp114,38 miliar dari laba Rp58,88 miliar tahun sebelumnya.

Total aset perseroan menjadi Rp2,23 triliun hingga 31 Desember 2019 turun dari total aset Rp2,53 triliun hingga periode 31 Desember 2018. (end)

PT Medco International Tbk (MEDC) Buy Back Saham Hari ini

IQPlus, (16/03) - PT Medco International  Tbk (MEDC) berniat melakukan pembelian kembali saham (buyback) perseroan dalam kodisi pasar yang berfluktuasi secara signifikan.

Menurut keterangan perseroan disebutkan, perseroan akan melaksanakan pembelian kembali paling banyak 1,00% dari jumlah saham perseroan dan mencadangkan dana sebesar paling banyak US$3 juta.

Pembelian kembali saham akan dilakukan mulai 16 Maret 2020 hingga 16 Juni 2020.Biaya pembelian kembali saham perseroan akan berasal dari saldo laba. Saham yang telah dibeli kembali akan dibukukan sebagai saham tresuri. (end)

MAPI, BLTZ, MPPA, ACES, RALS Melawan Corona

Bisnis.com, JAKARTA - Instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menghindari tempat-tempat keramaian pasca penyebaran Covid-19 atau virus corona langsung direspons oleh warga. Sejumlah emiten juga bersiaga mengantisipasi kesepian pengunjung.
Lidya contohnya, ia bercerita bagaimana suasana mal Kota Kasablanka yang selalu ramai di akhir pekan pada Sabtu (14/3/2020) terlihat tak seperti biasanya. 
"Nggak biasanya mal sejuta umat, kayak Kokas sepi pas weekend. Cepet banget dapat parkiran mobil. Kejadian yang langka, nih," ujar wanita berusia 26 tahun yang berdomisili di Bekasi, Jawa Barat tersebut. 
Dia menjelaskan, betapa kikuk dirinya saat memasuki sebuah gerai pakaian di pusat perbelanjaan itu karena hanya dia yang berseliweran di toko tersebut. Padahal, pada pekan sebelumnya toko tersebut selalu ramai dikunjungi. 
Sepinya tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan sejatinya sudah diantisipasi oleh gerai ritel pakaian, aksesoris serta makanan yang tergabung dalam PT Mi…

The Federal Reserve (The Fed) pangkas suku bunga ke kisaran 0% hingga 0,25%

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Langkah The Federal Reserve (The Fed) yang secara mengejutkan memangkas suku bunga ke kisaran target di 0% hingga 0,25% dan memperlebar neraca setidaknya US$ 700 miliar dalam beberapa minggu ke depan membuat dolar Amerika Serikat (AS) terpuruk di awal pekan ini.
Senin (16/3) pukul 05.45 WIB, the greenback tersungkur di hadapan mata uang lainnya. Lihat saja, posisi dolar AS turun 1% menjadi 107,00 yen. Ini merupakan reaksi terhadap langkah The Fed yang diumumkan pada Minggu (15/3) malam waktu AS.
Di hadapan poundsterling pun, dolar AS harus melemah hingga 1% menjadi US$ 1,2418 per poundsterling. Dolar AS juga tak bertenaga saat berhadapan dengan euro, setelah turun 0,7% menjadi US$ 1,1200 per euro. 
Seperti di ketahui, sebelum The Fed memangkas suku bunga, sudah ada lima bank sentral yang melakukan pelonggaran moneter. 
Lima bank sentral lain juga memangkas harga pada jalur swap mereka untuk memudahkan menyediakan dolar AS kepada lembaga keuangan yang menghadapi …

PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) Ekspansi Lagi Buka Gerai

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ace Hardware Indonesia Tbk gencar ekspansi dengan membuka gerai baru. Perusahaan dengan kode emiten ACES itu telah membuka gerai ke empatnya sepanjang tahun ini pada Jumat (13/3). 
"Gerai berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur dengan luasan sekitar 2.300 meter," kata Sekretaris Perusahaan PT Ace Hardware Indonesia Tbk Helen Tanzil dalam keterbukaan informasi , Jumat (13/3). 
Dengan dibukanya gerai baru ini, maka saat ini ACES telah memiliki 201 gerai. Sebelumnya, ACES telah membuka gerai di Makassar, Gorontalo, dan Bogor sepanjang tahun ini.
Berdasar data yang dihimpun Kontan, tahun ini perusahaan ritel itu berencana membuka 15 gerai baru. Jumlah tersebut lebih sedikit jika dibandingkan dengan sepanjang tahun 2019 yang mencapai  23 gerai baru.
Untuk melancarkan rencananya, ACES telah mengalokasikan belanja modal hingga Rp 250 miliar. Gencarnya ekspansi ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pendapatan dan laba bersih ACES hingga 8%. 
Berdasar lapo…

PT Bank Panin Tbk (PNBN) BuyBack Saham

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menindaklanjuti volatilitas pasar saham sekaligus ketentuan anyar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Bank Panin Tbk (PNBN) bakal mulai menggelar aksi pembelian kembali saham (buyback) mulai Senin (16/3) hingga 15 Juni 2020 mendatang.
Dana maksimum Rp 480 miliar telah disiapkan perseroan untuk menggelar aksi ini. Sementara minimum 400 juta saham dan maksimum 685 juta saham akan dibeli kembali oleh perseroan.
Dalam pengumumannya di Bursa Efek Indonesia, Jumat (13/3) lalu, perseroan menyatakan aksi ini tidak akan material terhadap neraca keuangan perseroan.
“Kami meyakini dana Rp 480 miliar atau setara 0,08% dari nilai aset perseroan tak memberikan dampak material terhadap kegiatan usaha, mengingat perseroan memiliki modal kerja dan arus kas yang cukup untuk melaksanakan transaksi dan kegiatan usahanya,” tulis Bank Panin.
Adapun harga buyback saham ditentukan perseroan akan berkisar dari Rp 700 per lembar hingga Rp 1.200 per lembar. Ini setara 0,5%-0,8% kali nilai …

Rekomendasi Saham Mirae Asset | INDF, KLBF, TLKM

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Technical Insight March 16, 2019 (tasrul@miraeasset.co.id)
IHSG Daily, 4,907.57 (+0.24%), test resistance at 5,030, trading range 4,848-5,030. Indikator MFI optimize sudah berada di oversold area dengn kecenderungan menguat, indikator indikator W%R optimized dan indikator Stochastic%D optimized cenderung naik. Pada periode weekly indikator MFI optimized, indikator W%R optimized dan indikator Stochastic% konsolidasi di oversold area . Daily support di 4,848 dan daily resistance di 5,030. Cut loss level di 4,779.
INDF Monthly , 6,900 (+6.15%), sell on strength, trading range 6,300 – 7,375. Indikator MFI optimized  dan indikator Stochastic%D optimized cenderung konsolidasi, sementara itu  indikator W%R optimized konsolidasi mulai bergerak naik. Monthly support  di 6 ,300 sementara itu monthly resistance di  7,375. Cut loss level  6,175.
KLBF Monthly  , 1,040(-14.75%), buy on weakness, trading range 970 – 1,220. Indikator MFI optimized,, indikator indikato…

Ulasan Pasar Global | 16 Maret 2020

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Global Market
(Mar 16, 2020)
Investment Information Team
(angga.choirunnisa@miraeasset.co.id)

U.S

Saham-saham AS rally akhir setelah darurat nasional diumumkan

Wall Street melancarkan reli besar pada saat-saat memudarnya sesi pada hari Jumat setelah Presiden AS Donald Trump menyatakan darurat nasional untuk memerangi virus corona yang menyebar dengan cepat, meskipun rata-rata utama masih menderita kerugian tajam selama seminggu.

Dow Jones naik 1.985 poin atau 9,36% menjadi 23.185,62. S&P 500 naik 230,38 poin atau 9,29% menjadi 2.711,02. Nasdaq Composite menambahkan 673,07 poin atau 9,35% menjadi 7.874,88.

Dalam sesi yang tidak stabil, ketiga indeks utama melonjak lebih dari 6% di awal perdagangan sebelum memotong ke keuntungan hanya 0,55% pada S&P 500 .SPX sebelum reli menjelang penutupan saat Trump membuat pengumuman dengan para pemimpin industri sekitar $50 miliar bantuan federal untuk memerangi penyakit ini.

"Pengambilan awal, dia mulai …

Agenda Ekonomi dan Emiten 16 Maret 2020

AGENDA 16 MARET 2020

Agenda Emiten
• Rups/Pubex : TOPS

• Cum Dividen Tunai :  MEGA Rp 143,79413, PT Reksa Dana Premier ETF Indonesia Sovereign Bonds (XISB) Rp 1,16

• Estimasi Rilis Laporan Keuangan FY2019 :
~ Bisnis Indonesia : PPRE, KDSI, PANS

• Harga Diluar Kebiasaan (Unusual Market Activity/UMA) : ASPI

• Penghentian Sementara Perdagangan Saham (Suspend) : IIKP, LCGP, MYRX, TRAM, SMRU, AISA, GOLL, SUGI, ENVY, CKRA, NIPS, GREN, HOME, NASA, RIMO, MABA, MTRA, KBRI, BTEL, ARMY, HDTX, SKYB, ARTI, DPUM, SIMA, TRIL, NIPS, MABA, AIMS‼

• Pembukaan Kembali Perdagangan Saham (UnSuspend) : -

• Periode Pembelian Kembali Saham (Buyback) :
~ JRPT (3 Bulan Setelah Pengumuman 3 Maret 2020 / Rp 100M)
~ PPRE (6 Februari 2020 - 30 Juli 2021)
~ ROTI (12 Maret 2020 - 11 Juni 2020)
~ WSKT (12 Maret 2020 - 12 Juni 2020 / Rp 300M)
~ ACES (Mulai 13 Maret 2020)
~ BBRI (13 Maret 2020 - 12 Juni 2020 / Rp3T)‼
~ PTPP (13 Maret 2020 - 12 Juni 2020 / Rp 250M)
~ JSMR (13 Maret 2020 - 12 Juni 2020 / Rp 500M)
~ ADHI (…

Rekomendasi Saham IPOT | TOWR, BBRI, ICBP

IHSG (4.800 - 5.000) : Indeks harga saham gabungan diprediksi akan bergerak melemah.  Target pelemahan indeks pada level 4.800 kemudian 4.700 dengan resist di level 5.000 dan 5.100.

ICBP (Buy) : Target kenaikan harga pada level 11.425 kemudian 11.875 dengan support di level 10.525, cut loss jika break 10.075.

TOWR (Buy) : Target kenaikan harga pada level 830 kemudian 895 dengan support di level 700, cut loss jika break 635.

BBRI (Buy) : Target kenaikan harga pada level 3.830 kemudian 3.940 dengan support di level 3.610, cut loss jika break 3.500.

XIIF (Buy) : Target kenaikan harga pada level 500 kemudian 524 dengan support di level 438, cut loss jika break 410.

R-LQ45X (Buy) : Target kenaikan harga pada level 826 kemudian 843 dengan support di level 808, cut loss jika break 795.

XIIT (Buy) : Target kenaikan harga pada level 450 kemudian 458 dengan support di level 440, cut loss jika break 435.

Full report bisa diakses di : https://r.ipot.id/?g=r/t/3c9mmw

Analisa Saham SMRA | 16 Maret 2020

Saham SMRA pada tanggal 13 Maret 2020 ditutup menguat dengan pola formasi candlesticks bullish engulfing pada harga 650, naik 11,11%. Hal ini disertai dengan kenaikan volume, yaitu 159% dari hari sebelumnya. Berdasarkan indikator Stochastics Slow, saham ini berada pada area oversold ke arah atas dan baru saja mengalami golden cross. Indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD) terlihat berada di bawah garis 0 dengan kecenderungan turun.
Rekomendasi : Spec Buy Jika naik di atas 745 maka berpeluang ke 875 Jika turun di bawah 545 maka berpeluang ke semakin bearish
www.sahamonline.id Disclaimer ON

Simak juga: Ichimoku Kinko Hyo Lengkap dengan Penjelasan Strategi Trading https://youtu.be/Zfm8ndsZfsQ
Jangan lupa like, subscribe dan share channel youtube : Saham Online https://www.youtube.com/channel/UCXM_s4ZsWIL835TdMZwPxXQ

Jadwal Buyback Saham 2020

Periode Pembelian Kembali Saham (Buyback) :

~ JRPT (3 Bulan Setelah Pengumuman 3 Maret 2020 / Rp 100M)
~ PPRE (6 Februari 2020 - 30 Juli 2021)
~ ROTI (12 Maret 2020 - 11 Juni 2020)
~ WSKT (12 Maret 2020 - 12 Juni 2020 / Rp 300M)
~ ACES (Mulai 13 Maret 2020)
~ BBRI (13 Maret 2020 - 12 Juni 2020 / Rp3T):bangbang:
~ PTPP (13 Maret 2020 - 12 Juni 2020 / Rp 250M)
~ JSMR (13 Maret 2020 - 12 Juni 2020 / Rp 500M)
~ ADHI (13 Maret 2020 - 13 Juni 2020 / Rp 100M)
~ BRPT (13 Maret 2020 - 13 Juni 2020 / Rp 1T)
~ WIKA (13 Maret 2020 - 13 Juni 2020 / Rp 300M)
~ AKRA (16 Maret 2020 - 12 Juni 2020 / Rp 500M)
~ BBNI (16 Maret 2020 - 15 Juni 2020 / Rp 1,8T):bangbang:
~ PNBN (16 Maret 2020 - 15 Juni 2020 / Rp 480M, Harga Buyback Rp 700 - Rp 1200)
~ KLBF (16 Maret 2020 - 15 Juni 2020 / Max Harga Rp 1.500)
~ SSIA (16 Maret 2020 - 15 Juni 2020 / Max Harga Rp 800)
~ POWR (16 Maret 2020 - 15 Juni 2020)
~ NISP (Mulai 2 April 2020)
~ RAJA (21 April 2020 - 21 Oktober 2021)

Prospek Saham PTPP, WIKA, WSKT dan ADHI Pasca Corona

Bisnis.com, JAKARTA – Kehadiran virus corona sebagai pandemi global dan merosotnya harga minyak dunia akan menjadi beban bagi pertumbuhan ekonomi, termasuk bagi sektor konstruksi dalam negeri.
Kepala Riset Praus Capital Alfred Nainggolan mengatakan dua hal ini akan menjadi tantangan bagi emiten badan usaha milik negara (BUMN) karya untuk mencatatkan kontrak baru. Pemberi proyek akan cenderung menahan diri dan menghitung kembali kemampuan belanja modal mereka.
“Kontrak dari swasta ataupun BUMN, kebanyakan kan mereka susun RKAP akhir 2019, dengan kondisi seperti ini ada kemungkinan untuk penundaan, cukup besar juga kemungkinannya. Bisa jadi bahwa beberapa proyek mengalami penundaan,” ujarnya kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.
Dia mengatakan potensi kontrak yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) masih berpotensi untuk dilanjutkan. Namun, khusus untuk proyek dengan skema turnkey, emiten harus bisa mengamankan arus kas dengan mencari pendanaan baru guna mendanai …

Rekomendasi Saham MNC Sekuritas | INKP, CTRA, ANTM, ADRO

MNC Daily Scope Wave 16 Maret 2020
Menutup pekan lalu (13/3), IHSG ditutup menguat tipis 0,2% ke level 4,907, meskipun sempat terkoreksi cukup dalam dan dilakukan penghentian sementara. Untuk hari ini, kami memperkirakan IHSG akan cenderung menguat ke arah 4,960 hingga 5,150 untuk membentuk wave [iv]. Tetap waspadai potensi koreksi apabila pergerakan IHSG menembus level 4,635. Support: 4,820, 4,720 Resistance: 5,020, 5,120
INKP - Buy on Weakness (4,870) Saat ini posisi INKP kami perkirakan sudah berada di akhir wave (c) dari wave [iii], dimana koreksi INKP akan cenderung terbatas. Selanjutnya, INKP berpotensi menguat untuk membentuk wave [iv] dari wave C. Buy on Weakness: 4,700-4,850 Target Price: 5,400, 5,975 Stoploss: below 4,500
CTRA - Buy on Weakness (710) Kami memperkirakan CTRA saat ini sedang berada di akhir wave [v] dari wave C, dimana CTRA akan berpotensi untuk menguat dalam jangka pendek terlebih dahulu. Buy on Weakness: 660-700 Target Price: 750, 800 Stoploss: below 600
AN…

Update Indeks dan Komoditas | 16 Maret 2020

Stocks post biggest rally since 2008, clawing back some of their coronavirus collapse


Stocks soared Friday as Wall Street rebounded from the sharp losses suffered in the previous session — the worst since the “Black Monday” market crash in 1987.

Dow......23186    +1985       +9.36%
Nasdaq...7875    +673.1      +9.35%
S&P 500..2711    +230.4      +9.29%

FTSE.......5366       +128.6      +2.46%
Dax..........9242       +70.95     +12.24%
CAC.........4118       +74.1        +1.83%

Nikkei....17431      -1128.6    -6.08%
HSI.........24033     -276.2      -1.14%
Shanghai.2887      -36.06      -1.23%
ST Times.2634      -44.6         -1.67%

IDX.........4908    +11.8        +0.24%
LQ45.......777.3  +7.63        +0.99%

Indo10Yr....7.5405        +0.1882   +2.56%
ICBI............ 276.6309   -2.7725    -0.99%
US10Yr.... .0.9510       +1.0200   +12.01%
VIX............57.83          -17.64      -23.37%

USDIndx .....97.8080   +0.340      +0.35%
Como Indx....140.84    -1.10          -0.78%
(Core Co…