Langsung ke konten utama

[ANTM] PT Aneka Tambang (Persero) Tbk Siap Taati Aturan Tarif Royalti Komoditas Emas


Pemerintah akan mengatur kenaikan tarif royalti komoditas emas untuk harga di atas US$1.700 per ounces (oz).

Terkait dengan rencana pemerintah tersebut, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. menyatakan siap mematuhi ketentuan pemerintah.

"Pada prinsipnya Antam akan mengikuti sesuai dengan ketentuan yang akan berlaku. Perusahaan akan senantiasa memaksimalkan kegiatan operasional dan berupaya memberikan kontribusi secara positif bagi negara," ujar SVP Corporate Secretary Antam Kunto Hendrapawoko kepada Bisnis, baru-baru ini.

Dia menambahkan bahwa Antam akan tetap berfokus untuk mengembangkan pasar emas di dalam negeri. Hal itu selaras dengan tingginya minat masyarakat Indonesia dalam investasi emas.

Antam melihat prospek bisnis emas yang sangat baik di masa yang akan datang, mengingat konsumen melihat komoditas emas sebagai instrumen investasi sekaligus alat lindung nilai atau safe haven.

Sepanjang kuartal IV/2020, Antam membukukan tingkat penjualan emas unaudited sebesar 6.921 kg (222.515 troy oz). Sedangkan tingkat produksi emas unaudited Antam pada kuartal IV/2020 dari tambang Pongkor dan Cibaliung mencapai 388 kg (12.474 troy oz).

Secara akumulatif, realisasi produksi emas Antam sepanjang 2020 tercatat sebesar 1.672 kg (53.756 troy oz) dan realisasi penjualannya mencapai 1.797 kg (700.789 troy oz).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa dalam rangka optimalisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP), pemerintah tengah memproses penyesuaian tarif royalti untuk harga emas di atas US$1.700 per oz.

"Harga emas sedang baik. Kami sedang berusaha agar dengan meningkatnya harga emas ini, penerimaan negara dari logam mulia ini juga meningkat," kata Ridwan dalam konferensi pers secara daring, Jumat (15/1/2021).

Di sisi lain, pemerintah juga sedang mengatur untuk mengenakan PPN 0 persen untuk emas granule sebagai upaya mengamankan rantai pasok emas dalam negeri, serta meningkatkan daya saing industri perhiasan emas.

"Sehingga masyarakat atau pelaku usaha kegiatan yang memanfaatkan emas granule akan dapatkan harga lebih murah sehingga industri yang lebih hilir dapat tumbuh dengan biaya yang lebih kompetitif," kata Ridwan.

Selama ini, emas granule dikenakan pajak sehingga membuat emas granule tidak kompetitif untuk industri perhiasan emas atau para pengrajin emas.

Sementara itu, Kementerian ESDM mencatat PNBP subsektor minerba sepanjang 2020 dapat melampaui target yang ditetapkan, yakni mencapai Rp34,6 triliun atau 110,15 persen dari target Rp31,41 triliun.

Untuk tahun ini, Kementerian ESDM menargetkan PNBP meningkat menjadi Rp39,1 triliun.


Sumber: BISNIS

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri. Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut: Tanaman Pangan BISI International Tbk Perkebunan Astra Agro Lestari Tbk BW Plantation Tbk Gozco Plantations Tbk Jaya Agra Wattie Tbk Multi Agro Gemilang Plantation Tbk Provident Agro Tbk PP London Sumatra Tbk Salim Ivomas Pratama Tbk Sampoerna Agro Tbk SMART Tbk Tunas Baru Lampung Tb

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Mengetahui Saham Akan Naik atau Turun

Inti dari trading saham adalah bahwa kita harus tahu ciri-ciri apakah saham akan naik atau turun. Bagaimana cara mengetahui saham akan naik atau turun? Pada kesempatan ini kami akan berbagi tentang hal tersebut. buy , sell atau hold ? Tanda Saham Anda Akan Naik Sebenarnya ada banyak formasi yang terdapat dalam candlestick, namun kali ini kita akan membahas pola dalam candlestick yang menunjukan jika saham anda akan naik. so happy reading ,. Bullish Engulfing Bullish Engulfing berasal dari bahasa Inggris yang berarti memeluk, pola ini biasanya diidentifikasikan sebagai pola pembalikan atau reversal dari down trend dengan dua warna  yang berbeda pada body candlelistiknya yang solit. Contonya seperti di bawah ini : Dalam menentukan pola bullish engulfing, Kita harus memperhatikan sebuah pola  kecenderungan untuk down trend yang sedang berlangsung. Biasanya pada dasar pola tersebut terdapat candle merah yang terbentuk terlebih dahulu, Namun kemudian keesokan ha