Langsung ke konten utama

Inklusi Keuangan adalah: Tujuan, Manfaat, dan Penerapannya


Inklusi keuangan adalah istilah yang mungkin belum Anda pahami, tapi pasti pernah Anda manfaatkan di keseharian Anda. Berkat adanya teknologi, inklusi keuangan pun bisa dilakukan dan semakin banyak lapisan masyarakat yang memiliki akses keuangan. Sudah seharusnya semua masyarakat Indonesia mendapatkan akses itu untuk memudahkannya.

Supaya Anda lebih memahami inklusi keuangan di Indonesia, di sini akan dijelaskan mengenai inklusi keuangan adalah, tujuan, manfaat, usaha apa saja yang dilakukan pemerintah untuk membuat masyarakat bisa mendapatkan inklusi keuangan, dan peran Modal Rakyat dalam inklusi keuangan.

Inklusi Keuangan adalah

Inklusi keuangan adalah akses yang bisa diperoleh oleh seluruh masyarakat dalam menggunakan produk dan layanan jasa bidang keuangan yang tersedia.

Inklusi keuangan membuat masyarakat bisa menggunakan layanan keuangan yang dibutuhkannya. Hal ini didorong oleh berbagai macam platform keuangan yang tersedia dan program terkait keuangan yang digalakkan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Inklusi keuangan ini sudah terjadi di sekitar kita berkat kemajuan teknologi yang mendukungnya. Sebut saja, sekarang Anda mudah membayar tagihan tanpa harus datang ke kantor layanan. Anda tinggal memanfaatkan layanan dompet digital atau transfer bank untuk melunasi tagihan Anda per bulannya. Ini tentu saja lebih efisien.

Sudah sepatutnya seluruh masyarakat bisa menggunakan produk keuangan tanpa terkecuali. Dengan begitu, hidupnya pun akan lebih berkualitas.

Tujuan Inklusi Keuangan adalah

Diringkas dari peraturan OJK Nomor 76/POJK.07/tahun 2016, ada 4 tujuan dari inklusi keuangan yang diharapkan bermanfaat untuk masyarakat. Ini penjelasannya.

  1. Memudahkan akses layanan keuangan untuk masyarakat.
  2. Menghasilkan produk atau jasa keuangan yang lebih beragam,
  3. Menambah produk atau jasa keuangan yang kehadirannya disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masyarakat luas.
  4. Meningkatkan kualitas produk dan layanan keuangan yang tentunya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dari tujuan ini kita dapat ambil kesimpulan bahwa sudah sepatutnya layanan keuangan bisa diakses oleh masyarakat, termasuk mereka yang berasal dari golongan menengah ke bawah. Kehadiran akses ini bisa menghilangkan ketimpangan yang terjadi di sekitar kita.

Ketika masyarakat kecil bisa memperoleh akses yang baik di bidang keuangan, itu artinya negara kita satu kali lebih maju untuk meraih kesejahteraan dalam perekonomian.

 

Manfaat Inklusi Keuangan adalah

Inklusi keuangan adalah bagian yang sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari kita. Manfaatnya bisa kita rasakan. Ini yang akan Anda dapatkan saat berhasil meraih aksesnya.


1. Pemerataan ekonomi

Indonesia sejak dulu memiliki asas ekonomi kerakyatan yang berpihak pada segala lapisan masyarakat. Salah satunya adalah dengan melakukan pemerataan ekonomi dengan tidak hanya bergantung pada pusat atau pada orang-orang berduit saja.

Inklusi keuangan adalah wujud dari pemerataan ekonomi tersebut yang membuat masyarakat mana saja memanfaatkan produk keuangan untuk mengeluarkannya dari himpitan masalah ekonomi.


2. Mengedukasi masyarakat

Inklusi keuangan adalah akses yang membuat masyarakat lebih paham dalam mengelola keuangannya dengan baik. Misalnya, ketika masyarakat memanfaatkan aplikasi untuk menyusun anggaran kesehariannya, masyarakat itu akan lebih konsisten dalam membelanjakan pendapatannya secara bijak.

Dengan begitu, masyarakat pun jadi lebih memahami tentang mengeluarkan uang secukupnya untuk kebutuhan, baru setelah itu bisa memenuhi keinginan.

3. Masyarakat merencanakan keuangan secara baik

Masalah serius yang dialami orang-orang terdekat kita adalah sandwich generation, yaitu para orang muda yang harus memenuhi kebutuhan keluarga dan kebutuhan orang tuanya. Ini yang membuat mereka rentan mengalami stres dan mudah lelah.

Namun, dengan adanya inklusi keuangan kita jadi dapat memutus rantai sandwich generation. Masyarakat jadi mengerti pentingnya menabung dan berinvestasi untuk masa depan. Sehingga, ketika sudah tidak bekerja lagi nanti, mereka bisa memanfaatkan hasil tabungan dan investasi untuk hidup setelah pensiun.

4. Pertumbuhan ekonomi meningkat

Kehadiran inklusi keuangan bisa membuat masyarakat kebutuhannya terpenuhi. Masyarakat pun kehidupannya jadi lebih sejahtera. Hal itu pun membuat ekonomi Indonesia jadi bertumbuh.

Jadi, bisa disimpulkan inklusi keuangan adalah hal yang bisa membuat perekonomian jadi lebih baik dari yang sebelumnya.


Usaha Pemerintah dalam Mendorong Inklusi Keuangan

Inklusi keuangan adalah hal yang bisa hadir di sekitar kita karena kreativitas manusia, kebutuhan, dan usaha pemerintah. Campur tangan pemerintah hadir untuk melahirkan inklusi keuangan yang sehat.

Walaupun tujuan inklusi keuangan baik, tapi bukan tidak mungkin ada orang-orang yang memanfaatkan inklusi keuangan demi kepentingannya sendiri. Inilah usaha pemerintah untuk mewujudkan inklusi keuangan yang merata dan aman untuk masyarakat.


1. Edukasi keuangan

Usaha pertama yang dilakukan pemerintah adalah memberikan edukasi tentang keuangan, termasuk di dalamnya literasi keuangan. Edukasinya bisa diwujudkan dalam bentuk seminar atau berbagai program lain yang membuat pemerintah berhadapan langsung dengan masyarakat.

Edukasinya membahas keuntungan hingga risiko saat menggunakan suatu produk keuangan.


2. Perlindungan konsumen

Pemerintah memberikan perlindungan kepada masyarakat dengan regulasi ketat. Misalnya, tidak sembarangan fintech yang bisa beroperasi di Indonesia. Semua fintech harus mendapatkan izin legal dari pemerintah. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi masyarakat yang menggunakan fintech dalam kesehariannya.

Dengan begitu, masyarakat akan merasa selalu aman ketika menggunakan fintech. Ketika terjadi masalah, pemerintah juga siap untuk dihubungi buat menyelesaikan masalah.


3. Pemanfaatan teknologi keuangan

Teknologi dalam keuangan saat ini bukan menjadi hal yang aneh lagi. Pemerintah berusaha agar penggunaannya bisa meningkat di kalangan masyarakat supaya lebih banyak yang bisa memanfaatkannya. Misalnya, memanfaatkan P2P Lending untuk usaha kecil yang membutuhkan modal.


4. Meningkatkan kerja sama antara lembaga keuangan

Pemerintah memfasilitasi kerja sama yang terjadi antara berbagai perusahaan keuangan. Perusahaan keuangan ini saling bersinergi untuk menciptakan kemudahan akses keuangan masyarakat. Seperti kerja sama antara fintech dan bank konvensional untuk menghasilkan produk keuangan yang dibutuhkan masyarakat.


5. Menyediakan lebih banyak fasilitas keuangan

Usaha pemerintah berikutnya untuk inklusi keuangan adalah menambah fasilitas keuangan publik. Tidak hanya tersedia di bagian pusat, tapi juga tersedia di wilayah yang terpencil. Misalnya, tersedia bank-bank resmi pemerintah yang menyediakan pinjaman untuk masyarakat kecil.


6. Mendukung inklusi keuangan

Pemerintah sangat menyetujui inklusi keuangan melalui Strategi Nasional Keuangan Inklusif. Pemerintah tidak melarang tersedianya platform keuangan di tengah masyarakat, selama sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pemerintah juga tidak sembarangan memilih produk keuangan untuk dihadirkan di Indonesia. Dengan kajian secara menyeluruh, pemerintah menjamin hak-hak masyarakat yang berkaitan dengan keuangan terpenuhi.



sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online


Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Menakar Saham-Saham yang Punya Kaitan dengan GoTo Gojek Tokopedia (GOTO)

[Saham GOTO] Setelah ambles dalam, saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berangsur bangkit. Bahkan saham GOTO menjadi penggerak utama Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang pekan lalu. Selama pekan lalu, saham GOTO melambung 56,70% ke Rp 304 per saham. Emiten yang berkaitan dengan GoTo, baik sebagai pemegang saham, sebagian sahamnya dimiliki GoTo maupun emiten yang bekerja sama dengan GoTo terpantau belum mengikuti jejak emiten teknologi ini dalam sepekan terakhir. Adapun GoTo tercatat memiliki investasi di PT Bank Jago Tbk (ARTO), PT Blue Bird Tbk (BIRD), PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) dan PT Multipolar Tbk (MLPL). Sementara, PT Astra International Tbk (ASII) dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) tercatat sebagai pemegang saham GOTO. Kemudian, PT Adi Sarana Armada TBk (ASSA) yang terlibat kongsi dengan GOTO di AnterAja. Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya mencermati, meski saham GOTO menguat, respons saham-saham yang berkaitan dengannya memiliki r

Analisa Saham ICBP | 25 Mei 2022

ICBP pada perdagangan kemarin (23/05) di tutup melemah 0.93% ke level 7975. Pelemahan ini berkolerasi terhadap indikator volume yang rendah yang juga berkolerasi terhadap indikator RSI yang sideways; Di sisi lain indikator OBV cenderung sideways di tengah pelemahan kemarin. Melihat hal tersebut kami merekomendasikan untuk spekulasi beli pada area 7950-7975 dengan target 8075-8200 dan cut loss <7800. sumber :  CGSCIMB Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Analisa Saham ELSA | 24 Mei 2022

ELSA berpeluang mengakhiri sidewaysnya dan memasuki fase uptrend dengan membentuk pola bullish double bottoms. Pola ini menandakan bahwa jika ELSA berhasil menguat menembus resisten 320, ELSA akan membuka peluang kenaikan lanjutan menuju target 350-360. Indicator teknikal MACD yang sudah lebih dahulu golden cross, mendukung prediksi kenaikan ELSA. Rekomendasi: Trading buy kalau naik di atas 320. Target 350-360. sumber :  doktermarket Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online