Langsung ke konten utama

Investasi UMKM: Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya


Investasi UMKM adalah alternatif investasi yang saat ini banyak dimanfaatkan. Semakin banyak UMKM yang bisa berdiri di Indonesia berkat investasi yang dilakukan oleh para investor. Hal itu karena potensi UMKM yang memang besar.

Anda yang tertarik untuk berinvestasi di bisnis UMKM perlu mengetahui apa sebenarnya investasi UMKM, jenis, kelebihan, dan hal yang harus diperhatikan sebelum memulai.


Apa itu Investasi UMKM?

Investasi UMKM adalah investasi yang dilakukan dengan meminjamkan modal pada suatu UMKM agar bisa berkembang dan investor mendapatkan keuntungan dari hasil usahanya. Investasi ini bisa dimanfaatkan untuk jangka menengah dan jangka panjang.

Pembagian keuntungannya diawali dengan membuat perjanjian tertentu yang nantinya disepakati oleh pelaku UMKM dan para investor.

Investasi di UMKM semakin diminati karena potensi UMKM yang besar, salah satunya adalah menjadi alasan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun ini.


Jenis Investasi UMKM

Investasi pada UMKM mempunyai jenis yang perlu Anda pahami. Ini dia penjelasannya.

1. Investasi pinjaman

Investasi UMKM ini dilakukan dengan cara meminjamkan sejumlah pada pelaku UMKM yang memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis.

Ada perjanjian yang akan disepakati seperti berapa pinjaman yang disetorkan dan berapa imbal hasil yang akan diraih oleh investor.

Investasi UMKM dengan pinjaman ini risikonya termasuk tinggi untuk kedua belah pihak. Ketika pelaku usaha mengalami bangkrut, investor akan memiliki kuasa untuk menyita aset yang dimiliki pelaku usaha sebagai pengganti modal yang tidak kembali padanya.


2. Investasi equity 

Investasi jenis ini juga bisa dilakukan pada UMKM. Sistemnya sedikit berbeda dengan investasi berupa pinjaman modal secara langsung.

Di sini pelaku UMKM menyalurkan sebagian modal miliknya ke instrumen lain, misalnya di pasar modal. Dari sana pelaku UMKM memperoleh keuntungan dan hasilnya digunakan untuk pengembangan usaha. Investasi ini kepemilikannya ada pada pelaku usaha mikro.

Investasi ini bisa juga berasal dari investor lain yang menyalurkan modal pada pihak UMKM. Investor kemudian memperoleh hasil laba sesuai dengan jumlah modal yang diberikan ditambah dengan keuntungan lain. Biasanya pihak pebisnis UMKM membagikan surat berharga pada investor sebagai tanda kepemilikan.


Kelebihan Investasi UMKM

Investasi di UMKM punya berbagai kelebihan yang membuatnya menarik untuk dipilih. Ini kelebihannya.

1. Potensi UMKM yang besar di Indonesia

UMKM adalah usaha paling dekat dengan masyarakat. Produk-produk UMKM tidak jauh dari kehidupan masyarakat, sehingga masyarakat pun akan terus mendatanginya. Terlebih UMKM lahir dari masyarakat itu sendiri.

Pemerintah juga sangat memperhatikan perkembangan UMKM. Hal itu karena UMKM menjadi salah satu tombak pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diharapkan akan selalu naik. Pemerintah pun sering memberikan bantuan pada UMKM agar bisa terus berjalan sesuai dengan zamannya.

Inilah yang membuat UMKM akan terus hadir di Indonesia, bahkan bisa bertambah jumlahnya di masa depan.


2. Keuntungan UMKM juga besar

UMKM punya potensi mendatangkan keuntungan besar. Hal itu karena produk-produk yang ditawarkan dekat dengan masyarakat dan beragam. Anda bisa memilih produk penjualan yang punya berbagai kelebihan dan bisa bertahan lama di antara persaingan yang ketat.


3. Tersedia platform legal untuk terhubung dengan UMKM

Untuk bisa terhubung dengan UMKM terpercaya sekarang itu mudah. Anda bisa mencarinya melalui P2P lending legal yang menjadi platform penyedia pinjaman untuk pelaku UMKM. Anda dapat menjadi salah satu pendana.

Anda yang ingin meraih keuntungan menjanjikan, bisa memilih Modal Rakyat sebagai platform untuk pendanaan UMKM. Anda dapat memilih UMKM mana yang ingin dipinjamkan dana sesuai dengan keunggulan yang dimilikinya. Modal yang dipinjamkan dimulai dari Rp25.000 dan imbal hasil yang Anda peroleh bisa hingga 18% per tahun. Modal Rakyat merupakan P2P lending legal yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga dijamin aman. Jangan lupa manfaatkan BLOG25 ketika akan isi saldo supaya Anda memperoleh saldo tambahan Rp25.000.


Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi UMKM

Sebelum memulai investasi di UMKM, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar sukses melakukannya.

1. Perhatikan tingkat laba

Penerimaan laba menandakan bahwa UMKM sukses dalam menjalankan usahanya. Anda bisa memperhatikannya dari laporan keuangan yang disediakan apakah laba berhasil rutin didapatkan atau sebaliknya.

Apabila laba yang diterima UMKM selalu naik dari periode ke periode lainnya, UMKM tersebut bertumbuh dengan baik, dan layak untuk dipilih.

Hati-hati ketika Anda memilih UMKM yang mengalami kerugian dalam beberapa waktu belakangan. Walaupun menjanjikan pengembalian yang bagus untuk Anda, tapi UMKM tersebut masih berusaha untuk bangkit dari keterpurukan.


2. Pilih UMKM yang kreatif dalam melakukan pemasaran

UMKM juga membutuhkan pemasaran yang jor-joran. Anda bisa memperhatikan bagaimana pemilik UMKM melakukan pemasaran terhadap produk yang dimilikinya. 

Pemasaran membuat UMKM semakin dikenal oleh calon pembeli. Terlebih mereka bersaing dengan usaha-usaha besar yang tidak ragu menggelontorkan banyak uang untuk pemasaran di bermacam media.

Pemasaran yang kreatif dan berhasil mencapai target bagus untuk dipilih. Hal itu berarti mereka berusaha sekuat tenaga agar usahanya dikenal oleh masyarakat. Anda jangan sampai melewatkan penilaian ini untuk mendapatkan UMKM yang terbaik.


3. Perhatikan dinamika sektor UMKM

Pastikan sektor UMKM yang Anda pilih bisa bertahan lama, bukan usaha yang hanya ada musiman, misalnya hanya ada di waktu Lebaran karena konsumsi masyarakat yang meningkat. Hal itu bisa Anda ketahui dari produk–produk yang ditawarkannya hanya tersedia ketika hari-hari tertentu tiba.

Perhatikan jumlah penjualannya, apakah mengalami kenaikan secara perlahan atau tidak. Jumlah penjualan yang cenderung naik menandakan bahwa usaha itu berkembang.

Perhatikan juga apakah usaha itu tahan banting terhadap krisis atau tidak. Pasar memang selalu naik-turun, bergantung pada keadaan ekonomi yang berlaku pada saat itu. UMKM terbaik adalah yang mampu bertahan di tengah guncangan. 


Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai investasi pada UMKM yang bisa jadi alternatif berinvestasi untuk Anda yang mengincar profit. Jangan lupa pelajari potensi UMKM yang Anda pilih terlebih dulu dan ketahui risiko bisnisnya agar Anda memperoleh keuntungan yang diimpikan.


Pertanyaan Umum

1. Apa itu investasi crowdfunding?

Merupakan investasi untuk UMKM dari para investor yang melakukan patungan dana untuk meminjamkan modal pada pelaku UMKM yang membutuhkannya. Disebut juga sebagai sistem investasi urun dana.

2. Apa itu pendanaan P2P Lending?

Merupakan kegiatan mendanai UMKM lewat P2P lending yang telah terdaftar legal. Pendana bisa memilih sendiri UMKM mana yang akan dipinjamkan modal dan memperoleh keuntungan sesuai dengan ketentuan dari P2P lending pilihan.


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi saham BBRI, BMRI, PNBS dan TLKM oleh Indopremier | 27 September 2022

Indopremier 27 September 2022 IHSG (7.080 – 7.180) :  Indeks diprediksi akan bergerak bervariasi cenderung menguat. Target kenaikan indeks pada level 7.180 kemudian 7.230 dengan support di level 7.080 kemudian 7.030. BBRI (Buy) : Target kenaikan harga pada level 4.600 kemudian 4.660 dengan support di level 4.480 cut loss jika break 4.420. BMRI (Buy) : Target kenaikan harga pada level 9.375 kemudian 9.450 dengan support di level 9.125 cut loss jika break 9.000. PNBS (Buy) : Target kenaikan harga pada level 90 kemudian 93 dengan support di level 84 cut loss jika break 81. TLKM (Buy) : Target kenaikan harga pada level 4.520 kemudian 4.580 dengan support di level 4.400 cut loss jika break 4.340. XISC (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 740 dengan resist di level 752 kemudian 757. XMTS (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 503 dengan resist di level 511 kemudian 515. XPLC (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 534 dengan resist di level 544 kemudian 549.

Rekomendasi Saham ERAA dan HRUM oleh NH Korindo | 28 September 2022

NH Korindo 28 September 2022 Saham ERAA Tepat di Support jk.menengah. RSI positive divergence. Candle : long-leg Hammer (bullish reversal). Speculative Buy . Entry Level: 440. Average Up >448 Target: 456 / 462-464 / 480-482. Stoploss: 434. Saham HRUM Tepat di Support lower channel (green). Speculative Buy. Entry Level: 1840. Average Up >1855. Target: 1905 / 2000 / 2050 / 2100. Stoploss: 1790. - Informasi lengkap pasar saham ada di  Website Saham Online.    Materi belajar trading dan investasi saham ada di   Channel Youtube Saham Online. 

Rekomendasi Saham ADMR, SMDM, ANTM dan BBCA oleh Indopremier Sekuritas | 28 September 2022

Indopremier Sekuritas 28 September 2022 IHSG (7.080 – 7.140) :  Indeks diprediksi akan bergerak menguat. Target kenaikan indeks pada level 7.140 kemudian 7.170 dengan support di level 7.080 kemudian 7.050. ADMR (Buy) : Target kenaikan harga pada level 1.860 kemudian 1.895 dengan support di level 1.790 cut loss jika break 1.755. SMDM (Buy) : Target kenaikan harga pada level 422 kemudian 432 dengan support di level 402 cut loss jika break 392. ANTM (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 1.935 dengan resist di level 2.010 kemudian 2.060. BBCA (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 8.250 dengan resist di level 8.400 kemudian 8.500. R-LQ45X (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 1.104 dengan resist di level 1.115 kemudian 1.125. XCLQ (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 106 dengan resist di level 109 kemudian 110. XIID (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 564 dengan resist di level 572 kemudian 577. Full report bisa diakses di : https: