Langsung ke konten utama

Investasi UMKM: Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya


Investasi UMKM adalah alternatif investasi yang saat ini banyak dimanfaatkan. Semakin banyak UMKM yang bisa berdiri di Indonesia berkat investasi yang dilakukan oleh para investor. Hal itu karena potensi UMKM yang memang besar.

Anda yang tertarik untuk berinvestasi di bisnis UMKM perlu mengetahui apa sebenarnya investasi UMKM, jenis, kelebihan, dan hal yang harus diperhatikan sebelum memulai.


Apa itu Investasi UMKM?

Investasi UMKM adalah investasi yang dilakukan dengan meminjamkan modal pada suatu UMKM agar bisa berkembang dan investor mendapatkan keuntungan dari hasil usahanya. Investasi ini bisa dimanfaatkan untuk jangka menengah dan jangka panjang.

Pembagian keuntungannya diawali dengan membuat perjanjian tertentu yang nantinya disepakati oleh pelaku UMKM dan para investor.

Investasi di UMKM semakin diminati karena potensi UMKM yang besar, salah satunya adalah menjadi alasan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun ini.


Jenis Investasi UMKM

Investasi pada UMKM mempunyai jenis yang perlu Anda pahami. Ini dia penjelasannya.

1. Investasi pinjaman

Investasi UMKM ini dilakukan dengan cara meminjamkan sejumlah pada pelaku UMKM yang memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis.

Ada perjanjian yang akan disepakati seperti berapa pinjaman yang disetorkan dan berapa imbal hasil yang akan diraih oleh investor.

Investasi UMKM dengan pinjaman ini risikonya termasuk tinggi untuk kedua belah pihak. Ketika pelaku usaha mengalami bangkrut, investor akan memiliki kuasa untuk menyita aset yang dimiliki pelaku usaha sebagai pengganti modal yang tidak kembali padanya.


2. Investasi equity 

Investasi jenis ini juga bisa dilakukan pada UMKM. Sistemnya sedikit berbeda dengan investasi berupa pinjaman modal secara langsung.

Di sini pelaku UMKM menyalurkan sebagian modal miliknya ke instrumen lain, misalnya di pasar modal. Dari sana pelaku UMKM memperoleh keuntungan dan hasilnya digunakan untuk pengembangan usaha. Investasi ini kepemilikannya ada pada pelaku usaha mikro.

Investasi ini bisa juga berasal dari investor lain yang menyalurkan modal pada pihak UMKM. Investor kemudian memperoleh hasil laba sesuai dengan jumlah modal yang diberikan ditambah dengan keuntungan lain. Biasanya pihak pebisnis UMKM membagikan surat berharga pada investor sebagai tanda kepemilikan.


Kelebihan Investasi UMKM

Investasi di UMKM punya berbagai kelebihan yang membuatnya menarik untuk dipilih. Ini kelebihannya.

1. Potensi UMKM yang besar di Indonesia

UMKM adalah usaha paling dekat dengan masyarakat. Produk-produk UMKM tidak jauh dari kehidupan masyarakat, sehingga masyarakat pun akan terus mendatanginya. Terlebih UMKM lahir dari masyarakat itu sendiri.

Pemerintah juga sangat memperhatikan perkembangan UMKM. Hal itu karena UMKM menjadi salah satu tombak pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diharapkan akan selalu naik. Pemerintah pun sering memberikan bantuan pada UMKM agar bisa terus berjalan sesuai dengan zamannya.

Inilah yang membuat UMKM akan terus hadir di Indonesia, bahkan bisa bertambah jumlahnya di masa depan.


2. Keuntungan UMKM juga besar

UMKM punya potensi mendatangkan keuntungan besar. Hal itu karena produk-produk yang ditawarkan dekat dengan masyarakat dan beragam. Anda bisa memilih produk penjualan yang punya berbagai kelebihan dan bisa bertahan lama di antara persaingan yang ketat.


3. Tersedia platform legal untuk terhubung dengan UMKM

Untuk bisa terhubung dengan UMKM terpercaya sekarang itu mudah. Anda bisa mencarinya melalui P2P lending legal yang menjadi platform penyedia pinjaman untuk pelaku UMKM. Anda dapat menjadi salah satu pendana.

Anda yang ingin meraih keuntungan menjanjikan, bisa memilih Modal Rakyat sebagai platform untuk pendanaan UMKM. Anda dapat memilih UMKM mana yang ingin dipinjamkan dana sesuai dengan keunggulan yang dimilikinya. Modal yang dipinjamkan dimulai dari Rp25.000 dan imbal hasil yang Anda peroleh bisa hingga 18% per tahun. Modal Rakyat merupakan P2P lending legal yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga dijamin aman. Jangan lupa manfaatkan BLOG25 ketika akan isi saldo supaya Anda memperoleh saldo tambahan Rp25.000.


Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi UMKM

Sebelum memulai investasi di UMKM, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar sukses melakukannya.

1. Perhatikan tingkat laba

Penerimaan laba menandakan bahwa UMKM sukses dalam menjalankan usahanya. Anda bisa memperhatikannya dari laporan keuangan yang disediakan apakah laba berhasil rutin didapatkan atau sebaliknya.

Apabila laba yang diterima UMKM selalu naik dari periode ke periode lainnya, UMKM tersebut bertumbuh dengan baik, dan layak untuk dipilih.

Hati-hati ketika Anda memilih UMKM yang mengalami kerugian dalam beberapa waktu belakangan. Walaupun menjanjikan pengembalian yang bagus untuk Anda, tapi UMKM tersebut masih berusaha untuk bangkit dari keterpurukan.


2. Pilih UMKM yang kreatif dalam melakukan pemasaran

UMKM juga membutuhkan pemasaran yang jor-joran. Anda bisa memperhatikan bagaimana pemilik UMKM melakukan pemasaran terhadap produk yang dimilikinya. 

Pemasaran membuat UMKM semakin dikenal oleh calon pembeli. Terlebih mereka bersaing dengan usaha-usaha besar yang tidak ragu menggelontorkan banyak uang untuk pemasaran di bermacam media.

Pemasaran yang kreatif dan berhasil mencapai target bagus untuk dipilih. Hal itu berarti mereka berusaha sekuat tenaga agar usahanya dikenal oleh masyarakat. Anda jangan sampai melewatkan penilaian ini untuk mendapatkan UMKM yang terbaik.


3. Perhatikan dinamika sektor UMKM

Pastikan sektor UMKM yang Anda pilih bisa bertahan lama, bukan usaha yang hanya ada musiman, misalnya hanya ada di waktu Lebaran karena konsumsi masyarakat yang meningkat. Hal itu bisa Anda ketahui dari produk–produk yang ditawarkannya hanya tersedia ketika hari-hari tertentu tiba.

Perhatikan jumlah penjualannya, apakah mengalami kenaikan secara perlahan atau tidak. Jumlah penjualan yang cenderung naik menandakan bahwa usaha itu berkembang.

Perhatikan juga apakah usaha itu tahan banting terhadap krisis atau tidak. Pasar memang selalu naik-turun, bergantung pada keadaan ekonomi yang berlaku pada saat itu. UMKM terbaik adalah yang mampu bertahan di tengah guncangan. 


Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai investasi pada UMKM yang bisa jadi alternatif berinvestasi untuk Anda yang mengincar profit. Jangan lupa pelajari potensi UMKM yang Anda pilih terlebih dulu dan ketahui risiko bisnisnya agar Anda memperoleh keuntungan yang diimpikan.


Pertanyaan Umum

1. Apa itu investasi crowdfunding?

Merupakan investasi untuk UMKM dari para investor yang melakukan patungan dana untuk meminjamkan modal pada pelaku UMKM yang membutuhkannya. Disebut juga sebagai sistem investasi urun dana.

2. Apa itu pendanaan P2P Lending?

Merupakan kegiatan mendanai UMKM lewat P2P lending yang telah terdaftar legal. Pendana bisa memilih sendiri UMKM mana yang akan dipinjamkan modal dan memperoleh keuntungan sesuai dengan ketentuan dari P2P lending pilihan.


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham BUMI, TAPG, SMDR dan BBYB oleh SAMUEL SEKURITAS | 10 Mei 2022

INVESTASI KONTAN 10 MEI 2022 Samuel Sekuritas memprediksi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kini uji uptrend line dan berpotensi rebound. Pada perdagangan Senin (9/5), IHSG anjlok 4,42% ke level 6.909,75. "IHSG (6.909) gap down dan membentuk bearish marubozu pasca libur panjang. Kini uji uptrend line dan potensial rebound," kata Analis Teknikal Samuel Sekuritas William Mamudi dalam risetnya, Selasa (10/5). Untuk hari ini, William menyukai saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG), dan PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) dengan rekomendasi trading buy, serta PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) dengan rekomendasi trading sell.  1. BUMI BUMI rebound dari uptrend line dan kini uji resistance minor Rp 64. Antisipasi breakout dengan resistance berikut bisa ke Rp 73.  Rekomendasi buy dengan target harga Rp 70 dan cut loss Rp 54. BUMI pada Senin (9/5) ditutup di level Rp 61 per saham. 2. TAPG TAPG breakout flip level Rp 690 dengan hammer. Antisipasi lanjut ra

Analisa Saham DOID | 12 Mei 2022

DOID berpeluang untuk melanjutkan uptrendnya dengan membuat pola bullish double bottoms kecil. Pola ini menandakan bahwa jika DOID berhasil menguat menembus  resisten 575, DOID berpeluang melanjutkan uptrendnya menuju 640-650. Rekomendasi: Trading buy kalau naik  di atas 575 target 640-650 sumber :  doktermarket Lebih lengkapnya silahkan klik :   Saham Online

Rekomendasi Saham ADRO, ITMG, BTPS dan MTEL oleh INDOPREMIER | 13 Mei 2022

INVESTASI KONTAN  13 MEI 2022 IHSG IHSG (6.500 – 6.700) : IHSG diprediksi akan bergerak melemah. Target pelemahan indeks pada level 6.500 kemudian 6.400 dengan resist di level 6.700 kemudian 6.800. Saham ADRO ADRO (Buy) : Target kenaikan harga pada level 3.220 kemudian 3.290 dengan support di level 3.080 cut loss jika break 3.010. Saham ITMG ITMG (Buy) : Target kenaikan harga pada level 30.100 kemudian 30.700 dengan support di level 28.900 cut loss jika break 28.300. Saham BTPS BTPS (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 3.130 dengan resist di level 3.230 kemudian 3.290. Saham MTEL MTEL (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 740 dengan resist di level 765 kemudian 780. Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online