google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Kisah Robin Zeng, Bos Baterai Mobil Listrik yang Jadi Orang Terkaya China Langsung ke konten utama

Kisah Robin Zeng, Bos Baterai Mobil Listrik yang Jadi Orang Terkaya China

 


Contemporary Amperex Technology (CATL) berhasil menjadi salah satu pemasok baterai kendaraan listrik terbesar di dunia. Adalah Robin Zeng sosok di balik berdirinya perusahaan asal China itu.

Mengutip Forbes, Jumat (21/1/2022), karier pria 53 tahun yang memegang gelar Doktor dari Chinese Academy of Social Sciences, itu dimulai pada 1999 dengan menjadi produsen baterai lithium-ion bernama Amperex Technology Limited (ATL).

Perusahaan tersebut mengkhususkan diri dalam membuat baterai isi ulang untuk elektronik seperti ponsel dan laptop. Perusahaan tersebut dilaporkan memasok baterai ke iPod, iPad, dan MacBook Apple.

Kemudian Zeng mendirikan CATL pada 2011 sebagai spin-off dari ATL untuk fokus pada baterai otomotif. Dia sukses membangun kemitraan antara CATL dengan BMW, Volkswagen, dan Geely.

Gayung bersambut, China semakin agresif untuk mengembangkan industri energi bersih. Bisnisnya pun menikmati uluran tangan dari pemerintah Negeri Tirai Bambu.

Mulai tahun 2015, pemerintah China mengumumkan daftar pemasok baterai yang direkomendasikan, yang mencakup lebih dari 50 perusahaan domestik. Pembuat mobil yang menggunakan pemasok baterai yang direkomendasikan untuk kendaraan listrik mereka maka memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi pemerintah. Hal itu membuka jalan kebangkitan perusahaan seperti CATL.

Daftar itu kemudian dihapus pada 2019, setahun setelah Zeng menghantarkan CATL memulai debutnya di Bursa Efek Shenzhen. Zeng secara agresif memperluas kemampuan manufaktur dan penelitian serta pengembangan di CATL.

Pada tahun 2018, dari semua kendaraan listrik penumpang baru yang dijual di seluruh dunia, 13% dari total kapasitas baterai dipasok oleh CATL. Hal itu menurut firma riset dan penasihat Adamas Intelligence.

Pada 2020, CATL menguasai 22% pasar karena total kapasitas baterai terpasang empat kali lipat di mobil listrik baru. Kesuksesan CATL menghantarkan Zeng menjadi orang terkaya ketiga di China dengan mengantongi harta US$ 51,4 miliar, setara Rp 735 triliun (kurs Rp 13.400)


sumber : detik.finance

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan