Langsung ke konten utama

Transformasi Telkom untuk Digitalisasi Indonesia


Sudah 56 tahun PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM). hadir di Indonesia. Sejak kelahirannya pada 6 Juli 1965 silam, berbagai perubahan terus dialami dan dilakukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini. Adaptasi serta transformasi tak henti-henti dilakukan demi menjaga profitabilitas serta pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan tuntutan zaman ini, Telkom bertransformasi menjadi digital telco dengan membawa tiga misi utama. Pertama, Telkom berkomitmen mengambil peran dalam pembangunan infrastruktur dan platform digital yang berkelanjutan dan terjangkau oleh seluruh orang.

Kedua, Telkom berupaya terus memelihara dan mengembangkan talenta-talenta digital terbaik untuk mempercepat proses digitalisasi masyarakat. Terakhir, Telkom memiliki misi menjadi aktor utama penyedia ekosistem digital yang memberikan layanan serta pengalaman terbaik untuk masyarakat.

Demi mewujudkan visi dan misi tersebut, ada tiga bidang yang menjadi fokus kerja Telkom saat ini. Ketiganya yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services. Operasional dan bisnis perusahaan di tiga bidang tersebut berjalan dengan tujuan utama untuk memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan.

Pada bidang digital connectivity, Telkom hadir melalui pembangunan berbagai infrastruktur utama penunjang kebutuhan digital masyarakat seperti 167.935 kilometer fiber optic backbone, 35.822 lebih tower komunikasi di berbagai daerah, 234 ribu lebih Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Selain itu Telkom juga mengimplementasi jaringan 5G. Telkom dan layanan internet broadband IndiHome yang hingga kuartal I-2021 jumlah pelanggannya telah mencapai 8,15 juta orang. Pada segmen mobile data, Telkom hadir melalui anak usaha Telkomsel yang telah melayani 164,69 juta orang hingga Maret 2021.

Kontribusi Telkom untuk digitalisasi Indonesia tak berhenti di sana. Perusahaan juga konsisten menyiapkan banyak digital platform untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus bertambah, seperti data Center, komputasi awan (cloud), Internet of Things (IoT), Big Data/AI, Cyber security, serta produk Payment/Blockchain. Kontribusi itu belum termasuk banyaknya smart platform yang disediakan dan dibuat Telkom untuk menjadi solusi atas berbagai kebutuhan masyarakat.

Pada bidang terakhir, Telkom membuktikan kapasitasnya sebagai digital telco terdepan dengan penyediaan berbagai digital services yang dilakukan secara selektif. Pengembangan dan penyediaan digital services dilakukan Telkom melalui aksi akuisisi atau kemitraan, dengan sinergi digital platform dan digital connectivity yang telah dibangun sehingga menghadirkan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Kontribusi Telkom di tiga bidang tersebut hadir demi mempercepat hadirnya ekosistem digital terintegrasi di Indonesia. Keberadaan ekosistem tersebut penting adanya, agar proses transformasi digital di Indonesia bisa berjalan cepat dan merata di segala sektor. Karena itu, selain fokus berkontribusi di tiga bidang yang sudah disebutkan, Telkom juga konsisten mengambil peran dalam hal pengembangan platform digital di berbagai sektor seperti UMKM, pertanian & perikanan, pendidikan, pariwisata, kesehatan, serta logistik.

Melalui fokus kerja di digital connectivity, digital platform, dan digital services, pengembangan platform, serta investasi yang terus dilakukan Telkom, transformasi digital masyarakat Indonesia akan segera terwujud. Perubahan pola hidup menjadi lebih digital ini diyakini akan membuat bangsa dan negara ini bisa melakukan lompatan, agar sejajar bahkan unggul dari negara-negara lain di dunia.

Sumber: CNBCINDONESIA

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

LEPAS SAHAM BBYB, YELLOW BRICK KANTONGI DANA Rp641,25 MILIAR.

Yellow Brick Enterprise Ltd telah melepas sebagian saham PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) miliknya. Hal itu terlihat dalam laporan kepemilikan saham BBYB, yang dipublikasikan, Kamis (2/12). Dalam laporan BBYB, disebutkan bahwa Yellow Brick Enterprise Ltd telah melepas total sebanyak 346.621.622 lembar saham BBYB. Penjualan saham tersebut dilakukan secara bertahap atau sebanyak tiga kali tepatnya, mulai tanggal 23 November, 26 November dan 29 November 2021. "Saham BBYB di lepada oleh Yellow Brick Enterprise Ltd di level Rp1.850 per lembar sahamnya,"tulis Manajemen BBYB. Dengan demikian dapat diasumsikan Yellow Brick Enterprise Ltd telah mengantongi dana sekitar Rp641,25 miliar dari penjualan saham BBYB tersebut. Pasca penjualan saham, kepemilikan saham Yellow Brick Enterprise Ltd di BBYB berkurang menjadi sejumlah 485.218.961 lembar saham 6,47%, dari sebanyak 831.840.583 lembar saham atau sekitar 11,1%. (end/as) sumber :  IQPLUS Lebih lengkapnya silahkan klik : Saham Online

Analisa Saham PTBA | 3 Desember 2021

Saham PTBA Setelah berhasil breakout dari resistance pola falling wedge pattern dan mencapai targetnya di 2760, saham PTBA berpeluang melanjutkan reli penguatannya. Indikator teknikal MACD yang telah golden cross dan bersiap cross up ke atas centreline mengindikasikan bahwa saham ini mulai mendapatkan momentum positif, sehingga berpeluang melanjutkan penguatannya menuju target-target selanjutnya. Rekomendasi : Hold & let your profit run. Ikutin terus dan cek update teknikal selanjutnya untuk target berikutnya dan trailing stopnya di member area. Disclaimer ON sumber :  steptrader Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online