google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Laba Semester I Tergerus, Catur Sentosa (CSAP) Tetap Lakukan Ekspansi Toko Mitra10 Langsung ke konten utama

Laba Semester I Tergerus, Catur Sentosa (CSAP) Tetap Lakukan Ekspansi Toko Mitra10


PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP)
membukukan laba bersih di semester I-2023 hanya sebesar Rp91,51 miliar atau turun dibandingkan periode sama tahun 2022 yang tercatat senilai Rp112,62 miliar.

Total pendapatan CSAP sebesar Rp 7,8 triliun atau tumbuh 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adapun total penghasilan komprehensif tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Rp 91,5 miliar, sedikit terkoreksi dibandingkan semester I tahun lalu yang sebesar Rp 112 miliar.

Segmen ritel berhasil mencetak pendapatan sebesar Rp 2,9 triliun pada semester I-2023 atau tumbuh 7,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Angka tersebut setara kontribusi sebesar 34% terhadap total pendapatan konsolidasi perseroan.

Selain segmen ritel modern, CSAP memiliki segmen distribusi yang membukukan pendapatan sebesar Rp 4,9 triliun, setara berkontribusi 62% terhadap total pendapatan konsolidasi yang mencapai Rp 7,4 triliun pada semester I-2023. Pencapaian tersebut setara pertumbuhan 3,6% ( year on year /yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Saat ini, CSAP memiliki 46 cabang distribusi bahan bangunan di berbagai kota besar, 5 cabang distribusi kimia, 57 area distribusi FMCG , 46 toko Mitra10, dan 20  s  howroom  Atria.

Namun penurunan laba rupanya tak mempengaruhi tekat CSAP untuk melanjutkan ekspansi Mitra10 dan Atria pada 2023. Ekspansi pertama Mitra10, yang merupakan pelopor ritel modern bahan bangunan, beserta Atria tahun ini dilakukan di Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (21/9/2023).

Kedua toko ritel tersebut menempati lahan seluas 14 ribu m2 di jalan utama Boulevard Bintaro Jaya, yang dikelilingi kawasan hunian dan komersial. Kedua toko ritel modern ini berada di satu lokasi yang sangat potensial dan memiliki target trafik sebanyak 30 ribu pengunjung per bulan.
 
Mitra10 Bintaro Jaya menyediakan lebih dari 65.000 SKU ( Stock Keeping Unit ), dengan  selling   space  seluas 6.000 m2 beserta area gudang toko seluas 4.000 m2. Sedangkan  selling   space  Atria seluas 1.500 m2 beserta gudang tokonya seluas 45 m2, dengan menyediakan lebih dari 13 ribu SKU.

Jika Mitra10 Bintaro Jaya merupakan toko ke-46, maka Atria Bintaro Jaya merupakan toko ritel modern furniture ke-20 di Indonesia.

GM  Marketing  dan Komunikasi Mitra10, Erick Koswara mengatakan, Mitra10 merupakan pelopor ritel modern bahan bangunan yang menerapkan konsep belanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah dalam satu atap. "Produk-produk bahan bangunan dan  home   improvement  tersebut merupakan 80% buatan dalam negeri," kata dia dalam keterangannya, Kamis (21/9/2023).

Promotion & Advertising Manager  Mitra10, Medya Ika Ayu menambahkan, para pelanggan dapat menikmati berbagai promo menarik saat  grand opening , seperti ' Crazy Price ' dengan garansi harga termurah khusus 21-24 September 2023. "Hanya dengan menjadi sahabat Mitra10 dengan mengisi registrasi keanggotaan, pelanggan dapat menikmati  special deals ,  point rewards ,  merchant benefit , serta diskon khusus bank tertentu, bahkan cicilan 0% hingga 12 bulan," tuturnya.

Sementara itu,  Corporate Secretary  Catur Sentosa Adiprana (CSAP), Idrus Widjajakusuma mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk melanjutkan ekspansi berkelanjutan  Superstore  Mitra10 dalam tiga bulan terakhir tahun ini.

Menurut dia, strategi ekspansi ritel berkontribusi positif terhadap kinerja perusahaan selama ini. Terbukti, dari pertumbuhan pendapatan dan margin. Mitra10 telah tumbuh 8,7 kali lipat sejak tahun 2009 dan sekarang menawarkan lebih dari 65 ribu SKU, yang menjadikan Mitra10 sebagai jaringan ritel modern terbesar untuk bahan bangunan dan  home improvement  di Indonesia.
Author: Rizki
Sumber: emitennews-
Materi video tutorial belajar trading dan investasi saham ada di Channel Youtube Saham Online. 

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida