Mengenal Indikator Chaikin Money Flow (CMF)

Sponsored Links:
Chaikin Money Flow adalah indikator volume yang dikembangkan oleh Marc Chaikin. Chaikin Money Flow mengukur jumlah Volume Aliran Uang selama periode tertentu. Volume Aliran Uang membentuk dasar untuk Jalur Distribusi Akumulasi. Alih-alih total kumulatif Volume Aliran Uang, Chaikin Money Flow hanya menjumlahkan Volume Aliran Uang untuk periode sebelumnya tertentu, biasanya 20 atau 21 hari. Indikator yang dihasilkan berfluktuasi di atas / di bawah garis nol seperti halnya osilator. Chartis menimbang keseimbangan tekanan beli atau jual dengan tingkat absolut Chaikin Money Flow. Chartis juga dapat mencari persilangan di atas atau di bawah garis nol untuk mengidentifikasi perubahan pada aliran uang.

Perhitungan Indikator CMF

Ada empat langkah untuk menghitung Chaikin Money Flow (CMF). Contoh di bawah ini didasarkan pada 20 periode. Pertama, hitung Pengganda (Multiplier) Aliran Uang untuk setiap periode. Kedua, kalikan nilai ini dengan volume periode untuk menemukan Volume Aliran Uang. Ketiga, jumlah Volume Aliran Uang untuk 20 periode dan dibagi dengan jumlah volume 20-periode.

1. Pengganda Aliran Uang = [(Tutup - Rendah) - (Tinggi - Tutup)] / (Tinggi - Rendah)
2. Volume Aliran Uang = Pengganda Aliran Uang x Volume untuk Periode tersebut
3. 20-periode CMF = 20-periode Jumlah Volume Aliran Uang / 20 periode Jumlah Volume
Volume Aliran Uang setiap periode tergantung pada Pengganda Aliran Uang. Pengganda ini positif ketika penutupan berada di bagian atas setengah dari rentang tinggi-rendah periode dan negatif ketika penutupan di bagian bawah. Pengganda sama dengan 1 ketika tutup sama dengan tinggi dan -1 ketika tutup sama dengan rendah. Dengan cara ini, pengali menyesuaikan jumlah volume yang berakhir di Volume Aliran Uang. Volume berlaku berkurang kecuali Pengganda Aliran Uang berada pada titik ekstremnya (+1 atau -1).

contoh chaikin money flow
contoh chaikin money flow

Tabel di atas menunjukkan beberapa contoh menggunakan data harian untuk saham Research in Motion (RIMM). Perhatikan bagaimana pengali berada di dekat +1 pada 5-Jan ketika saham ditutup di dekat level tertinggi. Pengganda turun ke -.97 pada 18 Januari ketika saham ditutup di dekat level terendahnya. Pengganda selesai mendekati nol (-,07) ketika saham ditutup di dekat titik tengah kisaran tinggi-rendahnya pada 29 Desember.

Cara Membaca Indikator CMF (Chaikin Money Flow)

Chaikin Money Flow (CMF) adalah osilator yang berfluktuasi antara -1 dan +1. Jarang, jika pernah, indikator akan mencapai ekstrem ini. Dibutuhkan 20 penutupan berturut-turut pada level tinggi (rendah) untuk Aliran Uang Chaikin 20 hari untuk mencapai +1 (-1). Biasanya, osilator ini berfluktuasi antara -0,50 dan +0,50 dengan nol sebagai garis tengah.


Chaikin Money Flow mengukur tekanan jual dan beli untuk periode waktu tertentu. Perpindahan ke wilayah positif menunjukkan tekanan beli, sementara pindah ke wilayah negatif menunjukkan tekanan jual. Chartis dapat menggunakan nilai absolut Chaikin Money Flow untuk mengkonfirmasi atau mempertanyakan tindakan harga yang mendasarinya. CMF positif akan mengkonfirmasi tren naik, tetapi CMF negatif akan mempertanyakan kekuatan di balik tren naik. Kebalikannya berlaku untuk tren turun.

Tekanan Beli / Jual

Chaikin Money Flow dapat digunakan untuk menentukan bias pembelian atau penjualan secara umum hanya dengan nilai positif atau negatif. Indikator berosilasi di atas / di bawah garis nol. Secara umum, tekanan beli lebih kuat ketika indikator positif dan tekanan jual lebih kuat ketika indikator negatif.

Meskipun garis silang nol ini tampaknya cukup sederhana, kenyataannya jauh lebih OK. Chaikin Money Flow kadang-kadang hanya secara singkat melewati garis nol dengan gerakan yang mengubah indikator nyaris positif atau negatif. Tidak ada tindak lanjut dan garis silang nol ini akhirnya menjadi whipsaw (sinyal buruk). Chartis dapat menyaring sinyal-sinyal ini dengan buffer dengan menetapkan ambang bullish sedikit di atas nol (+0.05) dan ambang bearish sedikit di bawah nol (-0.05). Ambang batas ini tidak akan sepenuhnya menghilangkan sinyal buruk, tetapi dapat membantu mengurangi tipuan dan menyaring sinyal yang lebih lemah.

CMF pada saham FCX

Grafik di atas menunjukkan Freeport McMoran (FCX) dengan Aliran Uang Chaikin 20 hari di jendela indikator. Lebih dari 10 angka nol di Februari dan Desember 2010. Menggunakan buffer kecil sangat mengurangi jumlah sinyal bullish dan bearish. Pergerakan di atas +0,05 dianggap bullish, sementara pergerakan di bawah -0,05 dianggap bearish. Hanya ada tiga sinyal. Meskipun sinyal-sinyal ini akan sedikit berkurang, mungkin layak untuk mengurangi whipsaw.


Grafik untuk Harley Davidson (HOG) menunjukkan beberapa sinyal bagus dan whipsaw dengan pantulan bulan Mei. CMF bergerak di atas +0,05 selama beberapa hari, tetapi gerakan ini gagal bertahan dan indikator kembali turun di bawah -0,05 pada awal Juni. Whipsaw akan terjadi, terutama selama periode volatil atau ketika tren mendatar. CMF berubah bullish pada bulan Juli dan tetap bullish sepanjang tahun. Perhatikan bahwa HOG membentuk falling wedge yang menelusuri kembali lebih dari 62% pada bulan Agustus, ketika CMF masih dalam mode bull. Pullback ini menawarkan kesempatan kedua untuk mengambil bagian dalam sinyal CMF.


Chaikin Money Flow tidak cocok untuk semua efek. Grafik di atas menunjukkan P.F. Chang (PFCB) dengan sekitar 18 persilangan di atas +0.05 atau di bawah -0.05. Mendasarkan sinyal CMF pada persilangan ini menghasilkan whipsaw. Penting untuk menganalisis tren harga dasar dan karakteristik indikator dengan efek tertentu. PFCB menunjukkan beberapa tren, tetapi pergerakan harga dalam tren ini berombak dan aliran uang tidak dapat mempertahankan bias positif atau negatif. Akan lebih baik untuk menemukan indikator yang berbeda untuk saham ini untuk mendukung.

KESIMPULAN

Chaikin Money Flow adalah osilator yang mengukur tekanan jual dan beli selama periode waktu tertentu. Pada dasarnya, aliran uang menandakan bullish ketika CMF positif dan bearish ketika negatif. Chartis yang mencari pergeseran aliran uang yang lebih cepat dapat mencari divergensi bullish dan bearish. Berhati-hatilah. Tekanan jual masih memiliki tepi di wilayah negatif, bahkan ketika ada divergensi bullish. Divergensi bullish ini hanya menunjukkan sedikit tekanan jual. Dibutuhkan pergerakan ke wilayah positif untuk menunjukkan tekanan pembelian aktual. Sebagai osilator aliran uang, CMF dapat digunakan bersama dengan osilator harga murni, seperti MACD atau RSI. Seperti halnya semua indikator, Chaikin Money Flow tidak boleh digunakan sebagai indikator yang berdiri sendiri. Marc Chaikin juga mengembangkan Accumulation Distribution Line dan the Chaikin Oscillator.


Komentar