Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 1, 2018

Saham WEGE | PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk Setor Modal ke Wika Bitumen

PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) melakukan setoran modal ke anak usahanya Wika Bitumen.

Menurut keterangan perseroan disebutkan bahwa setoran modal dilakukan sebesar Rp637 juta dimana setoran modal tambahan tersebut akan digunakan WIKA Bitumen dalam rangka menunjang kinerja usahanya.

Wika Bitumen adalah anak usaha WEGE yang bergerak pada lini bisnis penyediaan aspal. Perseroan memiliki dua lini bisnis utama yaitu pertambangan dan industri.

Wika Bitumen memiliki dua izin usaha pertambangan (IUP) yaitu di Kabungka dan Lawele, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. (end)
http://www.iqplus.info/news/stock_news/wege-wika-gedung-setor-modal-tambahan-ke-wika-bitumen,73080718.html

Saham ICBP | PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Akuisisi 50% Saham NICI

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) pada 27 September 2018 telah menandatangani perjanjian jual beli (CSPA) dengan Nestle S.A. untuk membeli seluruh saham PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia (NICI).

Menurut keterangan perseroan disebutkan, saham yang dibeli sebanyak 100.000 lembar saham atau 50% dari total saham yang diterbitkan NICI dengan nilai transaksi Rp314 miliar.

Akuisisi ini didanai oleh dana internal perseroan dan diperkirakan transaksi ini dapat diselesaikan pada akhir bulan Oktober 2018 setelah terpenuhinya selruuh kondisi yang dipersyaratkan dalam CSPA.

Setelah penyelesaian, NICI akan menjadi anak perusahaan ICBP dengan kepemilikan 99,99% dimana perseroan percaya bahwa ke depannya prospek usaha produk kuliner di Indonesia tetap menjanjikan. (end)
http://www.iqplus.info/news/stock_news/icbp-akuisisi-50--saham--nici-jadi-anak-usaha-icbp,73080257.html

Saham BEKS | Kerugian PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk Meroket

PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS) mencatat rugi bersih sebesar Rp68,84 miliar hingga periode 30 Juni 2018 naik dibandingkan rugi bersih Rp42,26 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Laporan keuangan perseroan Senin menyebutkan, pendapatan bunga bersih turun menjadi Rp79,07 miliar dari pendapatan bunga bersih Rp105,54 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Rugi sebelum pajak penghasilan naik menjadi Rp88,62 miliar dari rugi sebelum pajak penghasilan Rp55,62 miliar di periode sama tahun sebelumnya. Total aset perseroan mencapai Rp8,31 triliun hingga 30 Juni 2018 naik dari total aset Rp7,65 triliun hingga 31 Desember 2017. (end)
http://www.iqplus.info/news/stock_news/beks-bank-pembangunan-daerah-banten-rugi-rp68-84-miliar-hingga-juni,73074658.html

Saham GPRA | PT Perdana Gapura Prima Tbk Hadirkan Hunian di Bukit Cimanggu City

PT Perdana Gapura Prima Tbk, (GPRA) anak usaha Gapura Prima Group kembali menghadirkan hunian di Bukit Cimanggu City untuk mengantisipasi tingginya permintaan masyarakat untuk tinggal di kawasan Bogor, Jawa Barat.

"Kami menghadirkan klaster hunian baru serta rumah toko yang nantinya akan terintegrasi langsung dengan area hotel, perkantoran, dan apartemen Bogor Icon," kata General Manager Bukit Cimanggu City, Kris Banarto di Bogor, Minggu.

Kris mengatakan untuk membangun produk hunian dan komersial ini membutuhkan total investasi Rp235 miliar serta rencananya baru akan dipasarkan pada 2019 mendatang, namun karena peminatnya tinggi maka pemasaran dilaksanakan lebih awal.

Menurut Kris, selain kebutuhan, tingginya permintaan pasar hunian di kawasan Bukit Cimanggu City tersebut seiring beroperasinya tol lingkar luar Bogor untuk Seksi II B Kedung Badak-Simpang Yasmin yang membuat kawasan perumahan ini menjadi menarik.. . Bukit Cimanggu City sendiri saat ini merupakan salah satu k…

Saham EXCL | XL Axiata PAstikan Jaringan di Sulawesi Tengah Tetap Bekerja

Operator XL Axiata memastikan jaringan telekomunikasi dan data di Sulawesi Tengah tetap bisa digunakan pascagempa bumi 7,4 Skala Richter yang disusul dengan tsunami.

"Kami memastikan bahwa masyarakat yang menggunakan nomor XL Axiata tetap bisa berkomunikasi ke luar wilayah, terutama layanan voice dan SMS. Tim teknis XL Axiata langsung meluncur ke lokasi-lokasi infrastruktur jaringan untuk memastikan jaringan tetap bisa dipertahankan operasionalnya," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dikatakan, hingga saat ini layanan XL Axiata tetap bisa beroperasi, termasuk di Kota Palu dan Donggala yang paling kuat mendapatkan guncangan. Dengan demikian, masyarakat yang menggunakan nomor XL dan AXIS tetap bisa berkomunikasi atau dihubungi selama ponsel aktif.

Perusahaan, katanya, akan segera menyediakan fasilitas telepon gratis agar masyarakat bisa melakukan komunikasi ke luar wilayah bencana.

Pihaknya juga akan…

Saham BBNI | PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk PErcepat Pemulihan di Palu

Untuk meringankan beban korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) mempercepat pemulihan layanan di kantor-kantor cabang yang terkena dampak bencana. Untuk tahap awal, BNI telah berhasil mengoperasikan kembali 12 mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Palu dan sekitarnya yang sebelumnya terganggu akibat terkena dampak bencana gempa bumi dan tsunami.

Corporate Secretary BNI Kiryanto mengungkapkan hal tersebut di Jakarta, Minggu (30 September 2018). Kiryanto menuturkan, paska bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan sekitarnya, beberapa kantor cabang dan ATM BNI turut terkena dampaknya. Namun, BNI segera memulihkan pelayanan di kantor-kantor cabang dan ATM tersebut sesegera mungkin, sehingga hingga pukul 14.00 WIB, Minggu (30 September 2018) sebanyak 12 ATM telah dapat beroperasi kembali.

"Kami pun tengah menyiapkan kembali beberapa kantor cabang agar beroperasi lagi besok (Senin, 1 Oktober 2018), yaitu Kantor Cabang Ut…

Saham SMGR | PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Raih Penghargaan

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pabrik Tuban berhasil meraih penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung sub kategori inovasi khusus (special submission) dari Kementerian ESDM.

Penghargan diserahkan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar kepada Direktur Utama Semen Indonesia, Hendi Prio Santoso di XXI Ballroom - Djakarta Theater.

Penghargaan Subroto merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian ESDM kepada para stakeholders serta mempromosikan keberhasilan penerapan efisiensi dan konservasi energi yang dimulai sejak tahun 2012.

Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso mengatakan bahwa keberhasilan Semen Indonesia meraih penghargaan Subroto merupakan bukti nyata perusahaan yang telah melakukan berbagai inovasi di bidang konservasi dan efisiensi energi khususnya di Pabrik Tuban.

Lebih lanjut Hendi Prio Santoso mengatakan inovasi bidang konservasi dan efisiensi energi yang telah d…

Analisa Saham BBCA, INCO dan CPIN | 1 Oktober 2018

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Technical Insight
Okt 1, 2018
(tasrul@miraeasset.co.id)

IHSG Daily, 5,967.55 (+0.8% ) test resistance at 5,989. trading range hari ini 5,931 – 5,989. Indikator MFI optimized relatif flat namun indikator RSI optimized cenderung naik. Pada periode weekly ,indikator MFI optimized dan RSI  optimized  dan indikator Stochastic % D masih naik. Daily resistance terdekat di 5,989 dan support di 5,931.Cut loss level di 5,765.

BBCA Daily , 24,150 (+0.63%), trading buy, trading range 22,800 – 24,300. Indikator MFI  optimized cenderung naik dan indikator Will%D  cenderung naik.  Daily support di 22,800 dan resistance di 24,300. Cut loss level di 23,475.

INCO Weekly, 3,710 (+6.0%), trading buy,  3,500 – 3,850. Indikator MFI optimized , indikator W%R optimized dan indikator Stochastic%D cenderung menguat. Daily dan Weekly resistance di 3,750 dan 3,850. Sementara itu daily dan weekly support di 3,600 dan 3,500. Cut loss level di 3,125.

CPIN Daily, 5,075 (+1.50%), trad…

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 1 Oktober 2018

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (1 Oktober, 2018)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Christine Natasya (natasya@miraeasset.co.id)
Selamat hari senin! Hari ini adalah hari pertama kuartal ke-4! Pekan lalu, Bank Indonesia telah melakukan upaya lain untuk membatasi aksi jual lebih lanjut dalam rupiah, sejalan dengan ekspektasi market. Meskipun demikian, kami masih berpikir bahwa mata uang akan tetap di bawah tekanan dalam beberapa bulan mendatang. Jumat lalu adalah hari terakhir kuartal ketiga, yang menciptakan window dressing untuk company. Beberapa big capitalization seperti bank, dan TLKM membukukan wilayah positif. Harga minyak mentah global ditutup pada USD82/barel, tertinggi dalam dua tahun. Hari ini, kami pikir market akan bergerak sideways. Pada hari Jumat (28/09), gempa bumi yang kemudian diikuti tsunami melanda Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah. Menurut beberapa berita, jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 832 pada hari Minggu sore…

Watchlist Saham TetraXChange | 1 Oktober 2018

IDX DIRECTION 1 Oktober 2018

Tone dan Manner perdagangan hari ini  : Setelah Break 5975, Index Potensi Lanjutkan Minor Uptrend

Beberapa saham yang perlu diperhatikan hari ini :

Swing Trade : ADHI APLN BBNI ENRG HRUM POOL SMRA SSMS TOWR UNTR  (cross over MA20 kemarin)
Fast Trade : CTTH  SMRA INDR SSMS SMGR ULTJ PTBA TARA ADHI PNBN LCGP ROTI INDY TLKM   (hanya berlaku hari ini)

Swing Trade  saham saham yang mengalami cross over MA20
Fast Trade saham yang mengalami lonjakan volume dan big white candle
Detail lengkap dan chart analisa pada tautan berikut
http://temantrader.com/2018/10/1-okt-2018/

Terima kasih

TETRA X CHANGE

Watchlist Saham PacificTrader | 1 Oktober 2018

Selamat pagi
Rekomendasi 1/10/2018

Highlight hari ini yang bisa di perhatikan
- IHSG closing menguat ke level 5976, volume pada IHSG terus meningkat IHSG potensi menguji resistance di level 6086. MACD on good position potensi break level 0

Watchlist for today:
CTRA
BSDE
MEDC
INCO
PTBA
ERAA

silahkan share dan invite teman2nya kalau sudah cuan, rekomendasi setiap hari gratistis.

Rekomendasi Saham William Hartanto | 1 Oktober 2018

WH Project Outlook 1 Oktober 2018

IHSG ditutup menguat 47,34 poin (+0.80%) menuju level 5976,55 pada perdagangan hari Jumat 28 September 2018.

TIME FOR LONG UPTREND?

Jika Anda berpikir bahwa trade war akan membawa kehancuran ekonomi, itu benar. Namun salah besar jika Anda mengukurnya dengan IHSG. Seperti yang sering kami katakan, saham dengan pasar sektor riil dunianya beda. Maka di saat banyaknya ketidakpastian, IHSG masih diyakini akan menguat. Bulan ini, Anda akan melihat portofolio yang merah, akan berkurang merahnya bahkan menghijau.

Tidak ada sentimen baru dalam negeri saat ini, yang ada dan masih berlangsung saat ini hanya window dressing sampai akhir pekan pertama bulan Oktober.


Lalu, bagaimana dengan IHSG hari ini?

IHSG VIEW

IHSG berpotensi lanjut menguat dalam range 5900 s/d 6050. Buy saham blue chips.

REKOMENDASI SAHAM

Saham-saham yang dapat diperhatikan untuk trading hari ini: BBCA, BBRI, BBTN, AKRA, BMRI, UNTR, UNVR, KLBF, PGAS.

Trading Plan Saham ENRG, ERAA, ELSA dan HRUM | 1 Oktober 2018

Selamat Pagi Sahabat Stock Preneur
Berikut beberapa saham pilihan hari ini 01 OKTOBER 2018 (DAILY 0R SWING)

1. (ENRG) Hari ini akan uji Resisten terdekat di 133 Kalau berhasil break. Target selanjutnya di 137 dan 143,147 Stop Loss jika turun dibawah 125. Range Buy hari ini di 130-134.
2. (ERAA) Hari ini akan uji resisten terdekat di 2420 Kalau berhasil break. Target selanjutnya di 2480 dan 2570 Stop loss jika turun dibawah 2280. Range Buy hari ini di 2350 –2410 .
3. (ELSA) Hari ini akan uji resisten terdekat di 378 Kalau berhasil break. Target selanjutnya di 382 dan 388 Stop loss jika turun dibawah 364. Range Buy hari ini di 370-378
4. (HRUM) Hari ini akan uji resisten terdekat di 2430 Kalau berhasil break. Target selanjutnya di 2470 dan 2550 STOP  loss jika turun dibawah 2330. Range Buy hari ini di 2370 - 2410.

SAHAM FAST TRADE (TRADING CEPAT)

1.MITI  Range BUY 81-84 Target di 85-96. Stoploss Jika turun dibawah 78 ( PASTIKAN DIBUKA HIJAU DAN ERTAHAN DIATAS HARGA 80) HIGH RISK HANYA …

Analisa Saham BBNI dan BBTN | 1 Oktober 2018

HP Key Calls

BBNI
BBNI pada jangka pendek bergerak naik dalam pola Parallel Channel (hijau) . Saat ini berada pada area Support lower channel serta MA10 & 20, Speculative Buy patut dicoba dengan Average Up ketika sudah mampu melewati MA50 / 7525, tuk tujuan target upper channel.

Rekomendasi
Speculative Buy
Entry Level: 7400
Target: 7850
Stoploss : 7300

BBTN
BBTN saat ini bergerak Sideways dengan beralaskan Support MA10 & 20. Jika BBTN mampu mengakhiri konsolidasinya dan naik ke atas Resistance minor 2750,, maka BBTN berpotensi menuju target 2830 utk tutup gap, atau bahkan menguji titik previous High 2920.

Rekomendasi
Speculative Buy
Entry Level: 2630-2610
Target: 2830-2920
Stoploss : 2570

LQ45
LQ45 dalam perjalanan naiknya menuju target upper channel (pink) di angka 957. Saat ini tengah berhadapan dengan Resistance dari titik previous High 947. Jika pullback wajar terjadi maka Support terdekat adalah  935-932 (MA50 & garis Support uptrend). 

Rekomendasi
Hold
Support: 932-…

Update Harga Penting Saham | 1 Oktober 2018

S&P 500 posts best quarter since 2013
For the quarter, the S&P 500 rose 7.2 percent, its best quarterly gain since the fourth of quarter 2013.
Equities rose broadly as investors cheered stronger-than-expected quarterly results.
The major indexes closed little changed on Friday, however, amid lingering trade fears.

Dow.......26458    +18.4    +0.07%
Nasdaq...8046     +4.4      +0.05%
S&P 500..2914     -0.02     -0.00%

FTSE........7510     -35.2     -0.47%
Dax........12247     -188.9   -1.52%
CAC.........5494     -46.9      -0.85%

Nikkei.....24120  +323.3    +1.36%
HSI..........27789 +72.9       +0.26%
Shanghai..2822  +29.6       +1.06%
ST Times..3257  +20.8       +0.64%

Indo10Yr..8.3103      -0.0464     -0.55%
INDOBex233.6328   +0.6451    +0.28%
US10Yr.......3.056      unch          +0%
VIX..............12.12      -0.29          -2.34%

USDIndx ....95.1320 +0.138     +0.15%
Como Indx195.16     +0.o9       +0.51%
(Core Commodity CRB)
DJUSCL......61.71    -9.60         -13.46…

Trading Plan Saham ADRO, BMRI dan CPIN | 1 Oktober 2018

IHSG (5.925-6.020) : indeks harga saham gabungan diprediksi bergerak menguat. Target kenaikan indeks pada level 6.020 kemudian 6.060 dengan support di level 5.925, cut loss jika break 5.885.

ADRO (Buy) : Target kenaikan harga pada level 1.860 kemudian 1.880 dengan support di level 1.810, cut loss jika break 1.785.

BMRI (Buy) : Target kenaikan harga pada level 6.850 kemudian 7.000 dengan support di level 6.600, cut loss jika break 6.450.

CPIN (Buy) : Target kenaikan harga pada level 5.150 kemudian 5.225 dengan support di 5.000, cut loss jika break 4.920.

Full report bisa di akses di : https://r.ipot.id/?g=r/t/3c5hlm

Analisa Saham INDR, CPIN, MYOR, MEDC dan TRAM [Quick Review] | 1 Oktober 2018

INDR
Pergerakan saham ini terakhir sudah mulai rebound dari trend penurunanya dannada potensi menguat kembali. Namun waspadai mengingat bid offer yang tipis jadi saham ini geraknya cukup volatil. Untuk perdagangan besok akan uji resisten di 5500 dan support di 5200.

CPIN
Pergerakan saham ini masih dalam trend kenaikanya dan masih ada potensi untuk melanjutkan kenaikanya dan akan uji resisten di 5175 support di 4970.

MYOR
Pergerakan saham ini terakhir masih tertahan di MA20nya dan akan uji support di 2680, kalau tdak berhasil tembus support ada potensi rebound kembali. Trendya masih downtrend.

MEDC
Pergerakan saham ini sudah berhasil break downtrendlinya, selama diatas harga 960 potensi untuk terus melanjutkan kenaikanya. Seiring naiknya harga minyak pergerakan saham ini juga mengalami kenaikan. Resisten di 1040,1060 support di 955.

TRAM
Pergerakan saham ini masih berusaha rebound dari trend penurunan jangka pendeknya, pergerakan terakhir masih berusaha menmbus MA20 nya dilevel 230. S…

Analisa Saham HOKI | 1 Oktober 2018

Prospek kinerja emiten PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) di akhir tahun nanti akan terus mengalami pertumbuhan.

Hal ini turut diungkapkan oleh analis Phintraco Sekuritas Rendy Wijaya. Ia mengatakan, penambahan produk baru dan peningkatan kapasitas produksi dapat menjadi stimulus bagi peningkatan kinerja HOKI sampai akhir tahun 2018 dan 2019 nanti.

"Sebab, peningkatan kapasitas produksinya untuk memenuhi kebutuhan pasar dan seiring dengan proyeksi pertumbuhan konsumsi masyarakat yang terus bertumbuh, diperkirakan akan berdampak positif terhadap kinerja HOKI," terangnya, awal pekan ini.

Rendy melanjutkan, berdasarkan laporan keuangan perusahaan, sepanjang semester I-2018, profitabilitas juga meningkat ditunjukkan oleh return on equity (ROE) tercatat sebesar 18,98%. "Dengan begitu, target peningkatan penjualan perusahaan sebesar 10%-15% year on year masih dapat tercapai," tambahnya.

Namun, Rendy bilang peraturan baru terkait dengan harga eceran tertinggi (HET) bagi…

Analisa Saham UNTR | 1 Oktober 2018

BUY UNTR

Harga Newcastle coal untuk pengiriman October 2018 hari ini berada pada harga USD 114.7 (+0.48%), dalam 1 minggu ini harga Newcastle coal sudah naik sebesar 2.68%.

Pertumbuhan data 8M18 UNTR:
Penjualan Komatsu Agust 18 sebanyak 345 unit (-28% MoM; -1% YoY). Total penjualan Komatsu 8M18 sebanyak 3,221 unit (+34% YoY).
Volume Overburdeen Agust 18 sebesar 89.9mn bcm (+1% MoM; +19% YoY). Total Volume OB 8M18 sebesar 726 mn bcm (+42% YoY).
Volume penjualan batubara Agust 18 sebesar 475k mton (-31% MoM; -7% YoY). Total Volume Penjualan batubara 8M18 sebesar 5,577k mton (+20% YoY).

Menurut perusahaan, penurunan volume penjualan HE pada Agustus 18 (-28% MoM) dikarena adanya penyesuaian harga jual dan renegosiasi dengan pelanggan untuk memperhitungkan depresiasi IDR (USDIDR +4% QTD).

Berdasarkan channel check dengan Asosiasi Multi-finance, Harga HE secara umum telah meningkat 20% yoy, dan diperkirakan harga jual Komatsu juga akan ikut mengalami kenaikan. (Volume penjualan bertumbuh +…

Analisa Saham SMRA | 1 Oktober 2018

Setelah terus tertekan dan bergerak turun, koreksi saham SMRA mulai tertahan di area support 590. Tanda-tanda rebound saham ini mulai terlihat setelah SMRA berhasil melewati minor resistance di level 635 dengan disertai volume transaksi yang meningkat tajam. Indikator teknikal Stochastic dan MACD telah berhasil golden cross, megindikasikan peluang terjadinya reversal pada saham ini. Terbuka peluang bagi SMRA kembali menuju area resistance 690-700. Apabila nantinya rebound saham ini kuat dan dapat berlanjut dengan menerobos resistance 700, maka SMRA akan mengkonfimasi pola double bottom reversal dengan target menuju 800-810, dan minor target di 765.

Rekomendasi: Hold bagi yang telah membeli di harga 625-630. Batasi resiko apabila kembali turun dan gagal bertahan di 590.
http://step-trader.com/2018/09/30/a-short-term-rebound-for-smra/

Analisa Saham BNGA | 1 Oktober 2018

BNGA bergerak dalam range konsolidasi, namun dengan area yang semakin menyempit. Ini sering disebut dengan Descending Wedges. Jika sebuah saham yang membentuk pergerakan ini mampu menguat menembus resistennya, dalam hal ini di kisaran 930 – 970, terbuka peluang untuk mengakhiri penurunan dan potensi penguatan terbuka menuju 1150 yang merupakan resisten sangat kuat BNGA dengan minor target 1055. Kenaikan BNGA belum menjadikan saham ini bergerak dalam tren naik jangka menengah selama belum mampu melampaui level 1150. MACD yang meningkat menjukkan saham ini bergerak positif.

Rekomendasi: Speculative Buy jika break 930. Stoploss level 905.
https://galerisaham.com/akhir-konsolidasi-bnga-2/

Analisa Saham TKIM | 1 Oktober 2018

TKIM  Daily  : Trading Buy

Berdasarkan  Peak & Trough Analysis ,

Demand side :
1. Support : 13,625, 13,175
2.Net Avg Buy : 13,186
3 Net Avg Buy (broker dominant) : 13,627.8
4.Volume transaksi terbanyak sisi demand(VAP Demand) :  14,600 -14,725

Supply  side :
5. Resistance: 13,900, 14,300, 14,400
6. Net Avg Sell : 14,302.9
7 Net Avg Sell (broker dominant) : 14,392.6
8.Volume transaksi terbanyak sisi supply (VAP Supply)  : 14,600 -14,775

Harga saat ini secara umum berada diatas support atau diatas point 1, 2 dan 3 namun masih di bawah point 4 disisi demand. Sementara itu masih di bawah point 5,6,7 dan 8 dari sisi supply dengan demikian harga cenderung naik dari support ke kesistance diatas dan baru konfirm naik lebih lanjut jika level  13,900 dapat ditembus, namun diperkirakan kenaikkan masiih sebatas technical rebound karena volume rata-rata sisi demand  < sisi supply . Sampai saat ini tape reading masih relative bagus.

by Tasrul Tanar