Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 25, 2019

Pengertian Gap Dalam Chart Saham

Apa itu Gap?Gap adalah area chart di mana harga saham naik atau turun dari penutupan hari sebelumnya tanpa ada perdagangan di antaranya. Dalam contoh di bawah ini, saham Netflix naik lebih tinggi pada 15 Januari 2019, setelah perusahaan mengumumkan menaikkan biaya berlangganan bulanannya.
Ada empat jenis Gap dalam Saham - Gap Biasa, Breakaway Gap, Runaway Gap, dan Exhaustion Gap. Gap mudah dikenali tetapi menentukan jenis Gap jauh lebih sulit untuk dipecahkan.
Apa Yang Bisa Dipahami dari Gap? Gap biasanya terjadi ketika sepotong berita atau peristiwa menyebabkan banjir pembeli atau penjual ke sebuah saham. Ini menghasilkan pembukaan harga yang secara signifikan lebih tinggi atau lebih rendah dari harga penutupan hari sebelumnya. Tergantung pada jenis Gap, itu bisa menunjukkan awal tren baru atau pembalikan tren sebelumnya. Dalam contoh di bawah ini, celah saham Amazon.com Inc. (AMZN) lebih tinggi pada 27 Oktober 2017, naik tajam dari penutupan hari-hari sebelumnya setelah berbulan-bu…

Saham AKRA | AKR Corporindo Bidik Pertumbuhan Pendapatan 15% di Tahun 2019

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sumber energi bahan bakar minyak (BBM) belum sepenuhnya tergantikan. Permintaan dalam negeri juga masih terus tumbuh. Hal ini yang mendasari PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) menargetkan pertumbuhan tahun ini mencapai dua digit.
"Tahun ini kami targetkan pendapatan naik 15%," ujar Direktur AKRA Suresh Vembu kepada KONTAN belum lama ini. Dengan pendapatan tahun lalu mencapai Rp 23,55 triliun, artinya perusahaan ini mengincar pendapatan Rp 27,08 triliun tahun ini.
Sumber pendapatan tahun ini masih berasal dari permintaan BBM. AKRA optimistis target tercapai lantaran tahun lalu, saat pertumbuhan ekonomi belum mencapai target, perdagangan dan distribusi BBM perusahaan ini naik 42,60% menjadi Rp 17,14 triliun.
Pertumbuhan ekonomi 2019 diprediksi tumbuh baik di kisaran 5%–5,5%. "Sekarang, kami juga bekerjasama dengan British Petroleum untuk ritel, sehingga akan ada peningkatan volume dari ritel," imbuh Suresh.
Kinerja bisnis inti AKRA tahun lalu sejat…

Saham ADRO | Adaro Energy (ADRO) Operasikan PLTU Tanjung Power Pertengahan Tahun Ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Demi memperkuat hilirisasi batubara, PT Adaro Energy Tbk (ADRO) melanjutkan pengembangan proyek setrum. Saat ini mereka sedang mengawal pengerjaan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan proyek listrik energi baru dan terbarukan.
Target terdekat Adaro Energy adalah menyelesaikan konstruksi PLTU Tanjung Power di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan berkapasitas 2x100 megawatt (mw). Akhir tahun lalu, pekerjaan engineering, procurement and construction (EPC) proyek setrum itu mencapai 99%.
Adaro Energy menargetkan, pembangkit unit pertama Tanjung Power mulai beroperasi pada Juli 2019 nanti. Lantas, pada Agustus proyek tersebut siap masuk tahap operasi komersial atau commercial operation date (COD) .
Sekadar mengingatkan, pembangun PLTU Tanjung Power adalah PT Tanjung Power Indonesia. Perusahaan tersebut merupakan hasil patungan antara PT Adaro Power dengan perusahaan asal Korea Selatan, PT East-West Power Indonesia.
Pembangunan pembangkit Tanjung Power menghab…

Saham ISAT | Moody's Pangkas Outlook ISAT Jadi Negatif

KONTAN.CO.ID - KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prospek PT Indosat Tbk (ISAT) sepertinya memang kurang baik. Dua lembaga pemeringkat internasional (rating), yakni Fitch Ratings dan Moodys, telah memangkas peringkat utang dan outlook (prospek) emiten telekomunikasi ini.
Terbaru, Moody's menurunkan outlook peringkat ISAT menjadi negatif dari sebelumnya stabil. Pada saat bersamaan, Moody's menegaskan rating ISAT menjadi Baa3. Nidhi Dhruv, Wakil Presiden dan Analis Senior Moody's, melalui rilis, menyebut, prospek ISAT negatif karena keuangan emiten ini melemah akibat ekspansi layanan 4G.
Selain itu, ISAT juga tertekan karena kebijakan pendaftaran SIM prabayar di Indonesia dan penurunan pendapatan suara dan SMS sepanjang tahun lalu. Akibatnya, pendapatan ISAT turun 23% jadi Rp 23,1 triliun.
Kendati sektor seluler kompetitif, ada kenaikan tipis secara kuartalan untuk pertumbuhan rata-rata pendapatan per pelanggan (ARPU). "Pertumbuhan yang lebih konsisten di pendapatan akan membuat …

Saham CAKK | Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) Jadi Saham Paling Menguntungkan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan harga saham PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) cukup menarik untuk disimak. Sepanjang perdagangan periode 18 Maret-22 Maret 2019, produsen keramik itu berhasil memuncaki daftar top gainers di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Pada periode tersebut, saham CAKK melonjak 106,33% dari Rp 158 per saham menjadi Rp 326 per saham. CAKK mengungguli saham PT Multipolar Technology Tbk (MLPT), PT Sky Energy Indonesia Tbk (JSKY) dan PT Urban Jakarta Propertindo Tbk (URBN).
Kenaikan harga saham yang luar biasa membuat otoritas bursa beberapa kali menyemprit CAKK. Paling anyar, Jumat (22/3) BEI memasukkan saham dan waran CAKK ke daftar unusual market activity (UMA). 
BEI mewanti-wanti investor agar memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa, mencermati kinerja perusahaan tercatat dan menyimak rencana corporate action yang belum mendapatkan persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
CAKK sejatinya belum genap enam bulan melantai di bu…

Saham CLEO | LABA SARIGUNA PRIMATIRTA TUMBUH 26% HINGGA 31 DESEMBER 2018

IQPlus, (25/03) - PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar 26% hingga periode yang berakhir 31 Desember 2018 menjadi Rp63,26 miliar dari laba bersih Rp50,17 miliar di periode sama tahun sebelumnya.
Laporan keuangan perseroan Senin menyebutkan, penjualan bersih naik menjadi Rp831,10 miliar dari penjualan bersih Rp614,67 miliar dan laba bruto naik menjadi Rp268,64 miliar dari laba bruto Rp225,80 miliar tahun sebelumnya.
Sedangkan laba sebelum beban pajak final diraih Rp81,83 miliar naik dari laba sebelum beban pajak final Rp62,66 miliar tahun sebelumnya. Total aset perseroan mencapai Rp833,93 miliar hingga periode 31 Desember 2018 naik dari total aset Rp660,92 miliar hingga 31 Desember 2017. (end)

Bandarmologi Saham CTRA, NFCX, PPRE, MEDC dan HMSP

Monday (25/03/2019) New Early BIRD Technical & Bandarmology Prespectives (Dr Cand. Edwin Sebayang, CSA®., CIB®-MNC Seku ritas)

IDX Composite 6,484- 6,579
SUMMARY: STRONG  BUY

11 TECHNICAL INDICATORS:
RSI (14): BUY
STOCH (9,6): OVERBOUGHT
MACD(12,26): BUY
ATR (14): LESS VOLATILITY
ADX (14): BUY
CCI (14): BUY
HIGHS/LOW (14): BUY
VO: BUY
ROC: BUY
WILLIAMS R: OVERBOUGHT
BULLBEAR (13): BUY

BANDARMOLOGY:
TOP 5 BROKER ACCUMULATED
PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION

NET BUY SELL ASING:
PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION


STOCKS PICK:

CTRA 980 - 1070
TECHNICAL INDICATORS: STRONG BUY

BANDARMOLOGY:
TOP 5 BROKER ACCUMULATED
PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION

NET BUY SELL ASING:
PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION


NFCX 2700 - 2830
TECHNICAL INDICATORS: STRONG BUY

BANDARMOLOGY:
TOP 5 BROKER ACCUMULATED
PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION

NET BUY SELL ASING:
PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION


PPRE 392 - 412
TECHNICAL INDICATORS: STRONG BUY

BANDARMOLOGY:
TOP 5 BROKER ACCUMULATED
PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION

NET BUY…

Analisa Saham AKRA, GGRM dan ELSA

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Technical Insight (Mar 25, 2019) (tasrul@miraeasset.co.id)
IHSG Daily, 6,525.57 (+0.36%), test support at 6,485. Indikator MFI optimized dan indicator W%R optimized masih cenderung naik namun mulai tertahan. Pada periode weekly ,indikator MFI optimized  dan indikator RSI optimized  juga cenderung naik Daily resistance terdekat di 6,529 dan support di 6,485. Cut loss level di 6,464.
AKRA  Weekly, 4,630 (-15.05%),buy on weakness, trading range 4,530 – 5,125. Indikator MFI optimized dan RSI optimized akan menguji support trendline. Weekly support  4,570 dan resistance di 5,125. Cut loss level di 4,520.
GGRM Daily, 85,900 (-2.39%), buy on weakness, 85,500 – 89,150. Indikator MFI optimized dan W%R optimized akan menguji support trend line. Daily support  di 85,000 sementara itu daily resistance  di 89,150. Cut loss level di 83,500.
ELSA Daily, 368 (0.0%), buy on weakness, trading range 360 – 374. Indikator MFI optimized dan indkator W%R optimized akan cende…

IHSG Ditutup Breakout di Akhir Perdagangan, Baik?

WH Project Outlook 25 Maret 2019
IHSG ditutup menguat sebesar 23,49 poin (+0.36%) menuju level 6525.27 pada perdagangan hari Jumat 22 Maret 2019.
PENGUATAN YANG DIPAKSA PADA PENUTUPAN BUKAN HAL YANG BAIK
IHSG berhasil menembus level 6520 pada penutupan perdagangan pekan lalu. Namun hal ini bukan indikasi yang baik karena selama ini penutupan perdagangan yang mengalami gapping up akan bergerak menurun keesokan harinya.
Walaupun asing tercatat melakukan net buy namun secara teknikal IHSG memasuki masa jenuh beli sehingga berisiko melemah terbatas dengan dorongan dari net buy asing. Maka strateginya adalah berfokus pada saham-saham yang tidaak dibeli asing agar terjadi penguatan jangka pendek.

Lalu, bagaimana dengan IHSG hari ini?
Secara teknikal, IHSG berpotensi terkoreksi karena sudah memasuki masa jenuh beli.
IHSG VIEW
IHSG berpotensi bergerak mixed dalam range 6450 s/d 6500.
REKOMENDASI SAHAM
Saham-saham yang dapat diperhatikan untuk trading hari ini: BBRI, BDMN, CTRA, FREN, DEAL.
Su…

IHSG Breakout Channel Downtrend

Index hari ini dibayangi sentiment negative global terkait dengan pelambatan ekonomi Eurozone dipicu oleh rendahnya output manufaktur Jerman dan Prancis. Dua negara ini menjadi penopang utama ekonomi di Euro Union sehingga turunnya aktivitas di dua negara ini berpengaruh pada overall ekonomi EU.  Selain itu melemahnya Wall Street terkait signal resesi akan membuat market lokal mengalami under psikologis di awal awal perdagangan sebelum berangsur pulih. 
Kondisi IHSG yang sudah breakout dari channel downtrend akan diuji  kekuatannya kembali apakah mampu bertahan ke area 6550. Dengan 2 garis moving average telah Golden Cross, Composite akan tetap berpotensi uptrend dalam jangka pendek. Saham saham FINANCE dan MINING dapat jadi perhatian disamping AGRI, PROPERTY BASIC-IND dan INFRASTRUCTURE.
Tone dan Manner perdagangan hari ini  : IHSG Telah Breakout Channel Trend, Kenaikan Dibayangi Psikologi Sentimen Pelambatan Global  Potensi Pergerakan Index : 6470 - 6550
Beberapa saham yang perlu di…

Analisa Saham MEDC | Menguji Resistance

MEDC berkonsolidasi menguji area resisten minornya di 930. Jika level ini dapat dilampaui, terbuka ruang kenaikan bagi MEDC menunju level resisten utama di 1060. Nantinya kemampuan MEDC menembus 1060 akan menentukan arah pergerakan jangka menengah saham ini. Jika berhasil dilampaui, MEDC berpeluang besar bergerak bullish menuju 1335 dengan minor target 1165. MACD yang berpeluang golden cross menunjukkan saham ini bergerak positif.
Rekomendasi: Buy jika break 930. Stoploss level 870.

Disclaimer ON Sumber : GaleriSaham

Analisa Saham HRUM | Di Persimpangan Jalan

HRUM saat ini ada di titik kritis. Antara akan menguat jangka pendek (rebound dalam range konsolidasi), atau bergerak bearish kembali. Namun biasanya, ini yang memacu adrenalin para trader. Bagaimana dengan Anda? Bagaimana potensinya?
Jika saham ini mampu menguat menembus resisten minor di 1495, terbuka ruang bagi saham ini untuk menguat jangka pendek (bukan bullish) menuju 1650 hingga setinggi – tingginya di batas atas konsolidasi major di 1860. 
Namun jika saham ini gagal bertahan di atas support penting 1425 – 1470, saham ini berpeluang besar bergerak bearish dimana target penurunan ada di 1140 dengan minor target 1315.
MACD yang cenderung meningkat mengindikasikan HRUM berpeluang menguat sementara waktu.
Rekomendasi: Speculative Buy jika break 1495. Stoploss level 1470.

Disclaimer ON Sumber : Galeri Saham

Analisa Saham GMFI | Trading Buy

GMFI Daily : Trading Buy, potensi kenaikkan harga saham ini mulai terlihat. Dari sisi demand dengan VAP Maximum di 298-300 serta net avg buy all & dominant broker sekitar 289-294 dan dari sisi supply VAP Maximum sekitar 300-302 serta net avg sell all & dominant broker sekitar 300-302 dan juga volume rata-rata sisi demand > sisi supply, relatif mendukung kenaikkan harga saat ini yg masih di bawah level diatas. Strong support sekitar level 274.


by Tasrul Tanar

Analisa Saham CPIN, ITMG dan ASRI

CPIN (Buy) : Target kenaikan harga pada level 8.150 kemudian 8.400 dengan support di level 7.550, cut loss jika break 7.300.
ITMG (Buy) : Target kenaikan harga pada level 23.825 kemudian 24.250 dengan support di level 22.875, cut loss jika break 22.400.
ASRI (Buy) : Target kenaikan harga pada level 336 kemudian 340 dengan support di level 318, cut loss jika break 310.
Full report bisa diakses di : https://r.ipot.id/?g=r/t/3c7his

Analisa Saham TBIG dan APLN

TBIG – BUY
Harga membentuk candlestick bullish yang signfikan, sehingga aksi beli dapat dilakukan dilevel Rp3,990 dengan target keuntungan dilevel Rp4,170.

APLN – BUY
Harga bergerak diatas garis MA 20-sehingga aksi beli dapat dilakukan dilevel Rp180 dengan target keuntungan dilevel Rp195.

by UOBKH