Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Juni 4, 2020

10 Cara Bermain Saham Untuk Pemula Yang Aman dan Bikin Cuan

Investor pemula atau mereka yang baru mau terjun ke investasi saham, wajib tahu soal cara bermain saham yang aman. Hal itu bertujuan agar investasi yang tinggi risiko ini bisa menghasilkan cuan alias keuntungan di masa depan.
Bukan apa-apa, tanpa pemahaman yang matang, investasi yang satu ini bisa membuatmu buntung.
Saham disebut tinggi risiko karena di satu sisi, investor bisa mengalami kerugian berbentuk capital loss. Tapi di sisi lain, investor juga bisa meraup keuntungan hingga 20 persen atau lebih selama satu tahun berkat saham.
Wuih, kalau keuntungan bermain saham 20 persen, makin tergoda gak buat investasi saham?
Buat kamu yang tertarik mencoba, yuk pahami dulu cara bermain saham yang aman buat pemula. Dijamin deh, kamu bakal untung dalam waktu cepat dan ini juga merupakan metode belajar saham yang baik tentunya.
Baca juga: Cara Membaca Indikator Stochastic Oscillator dengan 3 Metode
1. Pilih Sekuritas dengan Biaya Transaksi Kecil Sebelum kita membahas seputar cara bermain saham secar…

BI BERI BUNGA 1,5 PERSEN UNTUK PENEMPATAN GWM OLEH PERBANKAN

IQPlus, (04/06) - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan bank sentral memberikan bunga 1,5 persen untuk jasa giro bagi penempatan Giro Wajib Minimum (GWM) perbankan.
Perry Warjiyo, usai telekonferensi rapat terbatas dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, mengatakan pemberian bunga jasa kepada bank itu sebagai bentuk berbagi beban atau sharing the pain kepada pelaku ekonomi lainnya di tengah situasi pandemi COVID-19.
Tercatat sejak Juli 2018, perbankan sudah tidak mendapatkan jasa giro atas GWM yang ditempatkan perbankan di BI. Dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 20/3/PBI/2018 tentang Giro Wajib Minimum, jasa giro masih ditetapkan dengan tingkat bunga sebesar nol persen.
"Yang sebelumnya tidak ada suku bunga, terhadap GWM bank-bank di BI, kami akan berikan 1,5 persen atas jasa GWM-nya, kami berlakukan bagi semua bank," kata Perry.
Dia mengharapkan dukungan jasa giro tersebut dapat melengkapi stimulus pelonggaran likuiditas yang telah ditebar BI sebelumnya kepada industri …

MENKO PEREKONOMIAN DIHARAPKAN CABUT REGULASI PAJAK HASIL PERTANIAN

IQPlus, (04/06) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berharap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mencabut regulasi pajak hasil pertanian yang mengenakan PPN terhadap komoditi pertanian yang baru dipanen.
"Bulan depan akan ada panen raya cengkeh di Sulut, hal ini menjadi dilema. Dulu ketika masih menjadi pimpinan Komisi XI, tidak ada PPN hasil pertanian, tapi sekarang hasil pertanian dikenakan PPN sebesar 10 persen," sebut Gubernur Olly di Manado, Rabu.
Di sisi lain, saat ini, komoditi kopra dan cengkeh yang notabene 80 persen produk Sulut, harganya lagi turun.
Menurut gubernur, produksi kelapa dan cengkeh masih tergolong 'row material', belum barang jadi sehingga akan terjadi pungutan ganda PPN.
"Semoga harapan ini bisa menjadi kenyataan sehingga saya bisa sampaikan kepada masyarakat petani,. tutup Olly.
Produksi hasil-hasil pertanian dan perkebunan yang ada di wilayah timur memiliki rantai pemasaran panjang.
.Pemprov Sulut sudah bekerja sama juga d…

DOLAR AS ALAMI PENURUNAN TERHADAP BEBERAPA MATA UANG PENTING

IQPlus, (04/06) - Dolar AS jatuh ke level terendah 11-minggu terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB) di tengah optimisme bahwa penurunan ekonomi terburuk akibat penyebaran global Virus Corona sudah berakhir.
Wall Street melonjak dalam reli yang luas pada Rabu (3/6/2020), mengakhiri titik tertinggi sepanjang masa karena tanda-tanda pemulihan dari penutupan ekonomi untuk menahan penyebaran virus membantu investor mengabaikan kerusuhan sosial yang sedang berlangsung dan kesengsaraan pandemi.
Minat terhadap aset-aset berisiko yang meningkat telah mengurangi permintaan untuk greenback, yang diuntungkan dari pembelian safe haven ketika pasar bergejolak dan investor enggan untuk mengambil risiko.
.Momentum sepertinya sedang membaik sekarang. Kami pikir kemunduran luas dalam dolar AS menyajikan peluang pembelian yang menarik, tetapi mengakui mungkin masih ada ruang untuk pelemahan tambahan dalam waktu dekat," kata analis di Wells Fargo dalam…

RUGI KURS BUAT KERUGIAN FREN MENINGKAT HINGGA MARET 2020 | SAHAM FREN

IQPlus, (04/06) - PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) mencatat rugi bersih Rp1,78 triliun hingga periode 31 Maret 2020 meningkat jauh dibandingkan rugi bersih Rp424,66 miliar di periode sama tahun sebelumnya.
Laporan keuangan perseroan Kamis menyebutkan, pendapatan usaha naik menjadi Rp1,99 triliun dari Rp1,41 triliun namun beban usaha juga naik menjadi Rp2,43 triliun dibandingkan beban usaha Rp2,12 triliun tahun sebelumnya.
Rugi usaha turun menadi Rp432,17 miliar dibandingkan rugi usaha Rp714,09 miliar tahun sebelumnya. Namun beban lain-lain bersih meningkat tajam menjadi Rp1,54 trilin dibandingkan pendapatan lain-lain bersih tahun sebelumnya Rp64,67 miliar terutama karena rugi kurs mata uang asing yang Rp1,27 triliun dibandingkan laba kurs tahun sebelumnya Rp201,97 miliar.
Rugi sebelum pajak melonjak menjadi Rp1,98 triliun dibandingkan rugi sebelum pajak Rp649,42 miliar. Jumlah aset perseroan mencapai Rp33,07 triliun hingga periode 31 Maret 2020 naik dari jumlah aset Rp27,65 triliun hingga…

PGN TANDATANGANI KESEPAKATAN TAHAP KEDUA IMPLEMENTASI KEPMEN ESDM | SAHAM PGAS

IQPlus. (04/06) - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menandatangani Letter of Agreement (LoA) tahap kedua dalam upaya implementasi atas Kepmen ESDM 89/2020 tentang Pengguna dan Harga Gas Bumi di Bidang Industri dan Kepmen ESDM 91.K/2020 tentang Harga Gas Bumi di Pembangkit Tenaga Listrik (Plant Gate).
Dalam agenda ini, turut menyaksikan Menteri ESDM Arifin Tasrif, Kepala SKK Migas, perwakilan KKKS, dan perwakilan Pembeli, berdasarkan informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.
"Kami menyakini dengan harga jual ke pengguna gas industri yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya akan berdampak positif pada peningkatan daya saing bagi industri nasional,. ungkap Direktur Utama PGN, Suko Hartono, sebagai perwakilan pembeli.
PGN Grup termasuk Pertamina Gas (.Pertagas.) dan Pertagas Niaga (.PTGN.) yang merupakan afiliasi sub holding gas sebagai salah satu pembeli menandatangani LoA dengan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang berlaku sebagai penjual pada 4 kontrak.
Pertama, LOA d…

GMF TUNJUK I WAYAN SUSENA JADI DIREKTUR UTAMA | SAHAM GMFI

IQPlus, (04/06) - PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (.GMF., Kode emiten: .GMFI.) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) menunjuk I Wayan Susena sebagai direktur utama yang baru menggantikan Tazar Marta Kurniawan yang diberhentikan secara hormat.
Sebelum ditunjuk menjadi Direktur Utama, Wayan menjabat sebagai Direktur Bisnis dan Base Operation di GMF sejak Agustus 2019.
Atas amanah barunya, Wayan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemegang saham atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.
"Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Tidak lupa saya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya pada pengurus Perseroan yang lama dan akan melanjutkan apa yang sudah berjalan dengan baik serta berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Perseroan," ujarnya.
Ia menambahkan bahwa dirinya akan menyiapkan strategi untuk menghadapi normal baru dengan memaksimalkan pemulihan bisnis inti aviasi serta terus melakukan penetrasi bisni…

Analisa Saham ADRO | 4 Juni 2020

ADRO IJ – Final dividend payment revised to c.4% yield (FY19 total yield: 8.3%)Andrey WIJAYA, Fauzan DJAMAL, Ryan SANTOSO - RHB Sekuritas 

♦️ Adaro Energy is to distribute its FY19’s final dividend at IDR44 per share (based on IDR14,097/USD; 3 June 2020), bringing its FY19 DPS at IDR109 with payout ratio at c.61% (FY18: 49%; above its 10-years average at 45%). The total DPS declared is mixed in expectation, below our estimate, but above street expectation.
♦️ The final dividend amount was cut from c.IDR110 per share previously planned in May (-60% revision; c.9.5% potential yield). Cum date is 3 June with payment date on 19 June. 
♦️ Based on ADRO’s last close price (per 3 June 2020: IDR1,165), the final dividend will translate to c.3.8% yield. Combined with the interim dividend (IDR65 per share; 4.5% yield) that was distributed in Jan-20, ADRO’s FY19 total dividend yield at c.8.3% (FY18: 7.2%) – higher than 10-years average at 4.4%. 
♦️ ADRO booked 1Q20 revenue of USD750m (-7% QoQ, -11% …

Rekomendasi Saham Mirae Asset Sekuritas | DOID, ESSA, DMAS

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Technical Insight June 04, 2020 (tasrul@miraeasset.co.id)
IHSG Daily, 4,941.01 (+1.93%), test resistance at 4,966,trading range 4,901-4,966. Indikator MFI optimized dan indikator W%R optimized masih cenderung naik namun mulai terbatas. Pada periode weekly  indikator MFI optimized  dan indikator W%R optimized masih bergerak naik namun juga mulai terbatas. Daily support di 4,901 dan daily resistance di 4,996. Cut loss level di 4,850.
DOID Daily, 135 (3.85%), trading buy, trading range 129 – 142. Indikator MFI optimized dan indikator W%R optimized masih cenderung naik. Daily support  di 129 sementara itu daily resistance di 142. Cut loss level di 128.
ESSA Daily, 155 (+4.03%), trading buy, trading range 149 – 160. indikator MFI optimized dan indikator W%R optimized masih cenderung naik. Daily support  di 149 sementara itu daily resistance  di 160 Cut loss level  di  146.
DMAS Daily 155 (+6.90%), trading buy, trading range 150 – 158. Indikator MFI optimized dan i…

Analisa Saham INCO | 4 Juni 2020

Saham INCO pada tanggal 3 Juni 2020 ditutup melemah pada harga 2880, turun -1,70%. Hal ini disertai dengan kenaikan volume, yaitu 130% dari hari sebelumnya. Berdasarkan indikator Stochastics Slow, saham ini berada pada area pertengahan bawah ke arah atas. Indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD) terlihat berada di atas garis 0 dengan kecenderungan mendatar.
Rekomendasi : Beli jika di atas 3020 Jika naik di atas 3020 maka berpeluang ke 3080-3190 Jika turun di bawah 2840 maka berpeluang ke 2740
Disclaimer ON
Silahkan simak materi saham online dan follow Channel Youtube di bawah ini:
Pola Chart Pattern Lengkap https://www.youtube.com/playlist?list=PL-pvOxrNM_xgO96xQInO2Pvx4OWkNuibc Pola Candlestick Saham Lengkap https://www.youtube.com/playlist?list=PL-pvOxrNM_xgHx2GEv_69YpGsg7TIgRsB Indikator Saham Lengkap https://www.youtube.com/playlist?list=PL-pvOxrNM_xgZZ6iDXeTZQiBZJxW1jsMk Dasar-dasar Investasi Saham : https://www.youtube.com/playlist?list=PL-pvOxrNM_xjIEXYMlU_5iB69MK04svld

Update Harga Komoditas dan Indeks | 4 Juni 2020

Stock futures slip as S&P 500 looks to extend longest winning streak since February
Futures contracts tied to the major U.S. stock indexes slipped at the start of the overnight session Wednesday evening on the heels of yet another robust day on Wall Street and amid one the market’s strongest rebounds on record.
Dow.......26270     +527.2     +2.05% Nasdaq..9683       +74.5       +0.78% S&P 500..3123      +42.1       +1.36% FTSE.......6382       +162.3     +2.61% Dax.........12487     +466.1     +3.88% CAC.........5022      +163.4     +3.36%
Nikkei....22614     +288.2       +1.29% HSI........24326     +329.7       +1.37% Shanghai.2923     +1.97         +0.07% ST Times.2700     +88.8         +3.40%
IDX........4841.01  +93.50      +1.93% LQ45......770.66    +21.15      +2.82% Indo10Yr....7.3158   -0.1745    -2.33% ICBI..........284.7962 +3.0578  +1.09% US10Yr.......0.7610 +0.0810  +11.91% VIX...............25.66    -1.18        -4.40% USDIndx .....97.2760  -0.3930   -0.40% Como Indx...135.01   +0.8…

Rekomendasi Saham MNC Sekuritas | TBIG, INCO, UNVR, WIKA

MNC Daily Scope Wave4 Juni 2020
Pada perdagangan kemarin (3/6), IHSG kembali ditutup menguat 1,9% ke level 4,941. Selama IHSG belum mampu menembus resistance di 4,975, maka kami memperkirakan pergerakan IHSG saat ini sudah berada di akhir wave [c] dari wave 2 atau wave [b] pada skenario merah. Hal ini berarti penguatan IHSG sudah cenderung terbatas dan rawan untuk terkoreksi. Kami perkirakan koreksi IHSG akan berada pada area 4,770-4,850. Support: 4,780, 4,600 Resistance: 4,975, 5,050
TBIG - Buy (1,090)Pada perdagangan kemarin (3/6), TBIG menguat 3,3% diikuti dengan tekanan beli yang cukup besar. Selama tidak terkoreksi kembali dan menembus 1,000, maka kami memperkirakan posisi TBIG saat ini sedang berada di awal wave [iii] dari wave C. Hal ini berarti, TBIG masih berpeluang melanjutkan penguatannya. Buy: 1,060-1,090 Target Price: 1,140, 1,235 Stoploss: below 1,000
INCO - Buy on Weakness (2,880)Kemarin (3/6), INCO terkoreksi 1,7% dengan tekanan jual yang cukup besar namun tertahan oleh MA5 da…

Saham Online di Facebook