Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Mei 29, 2019

Pengertian Short Selling dalam Pasar Saham

Apa itu Short Selling? (Baca juga : Bull, Bear dan Sentimen Pasar)
Short selling adalah strategi investasi atau perdagangan yang berspekulasi pada penurunan harga saham atau efek lainnya. Ini adalah strategi lanjutan yang seharusnya hanya dilakukan oleh pedagang dan investor berpengalaman.
Pedagang dapat menggunakan short selling sebagai spekulasi, dan investor atau manajer portofolio dapat menggunakannya sebagai lindung nilai terhadap risiko downside dari posisi buy dalam sekuritas yang sama atau yang terkait. Spekulasi membawa kemungkinan risiko substansial dan merupakan metode perdagangan advanced.
Dalam short selling, suatu posisi dibuka dengan meminjam saham suatu saham atau aset lain yang diyakini investor akan mengalami penurunan nilainya pada tanggal yang akan datang — tanggal kedaluwarsa. Investor kemudian menjual saham yang dipinjam ini kepada pembeli yang bersedia membayar harga pasar. Sebelum saham yang dipinjam harus dikembalikan, pedagang bertaruh bahwa harga akan terus …

Saham BRPT | Diborong Fund Manager, Ini Prospek Saham Barito Pacific (BRPT)

(Baca juga : Perbedaan Saham dan Obligasi)
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemarin, nilai transaksi saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT) di bursa tercatat jumbo. Nilainya mencapai Rp 1,25 triliun dan melibatkan sekitar 329,2 juta unit saham.

Kabar yang beredar, lonjakan nilai transaksi itu tak lepas dari masuknya BRPT dalam anggota MSCI. Faktor ini memicu sejumlah pengelola dana besar memborong saham ini.

Di sisi lain, sentimen masuknya MSCI ini masih harus diuji. Sebab, fluktuasi harga minyak menjadi pengganjal saham ini.

Selasa (28/5) per pukul 16.15 WIB, harga minyak dunia jenis West Texas Intermediate (WTI) kontrak pengiriman Juli di New York Metal Exchange melonjak 29,73% (ytd) jadi US$ 58,91 per barel. Kenaikan harga minyak berdampak negatif bagi kinerja keuangan BRPT.

Pasalnya, anak usaha Barito, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) sangat bergantung pada minyak mentah. "Minyak mentah merupakan bahan baku produk petrokimia," ujar Kepala Riset Narada Aset Manajemen Kiswoyo …

Saham ADRO | Adaro Ingin diperlakukan Seperti Freeport

(Baca juga : Pengertian Dividen Saham)
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adaro Energy Tbk (ADRO) berharap Presiden Joko Widodo segera menerbitkan aturan tentang kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara. Beleid yang merupakan revisi keenam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) ini penting bagi kelangsungan bisnis pertambangan minerba.

Adaro Energy meyakini aturan yang berisi antara lain tentang pengajuan perpanjangan izin usaha itu merupakan bentuk kepastian dalam berinvestasi. Bahkan manajemen ADRO mengharapkan isi peraturan yang nanti terbit setidaknya sama dengan aturan untuk PT Freeport Indonesia (PTFI) yang ramah akan investasi. Aturan yang diinginkan antara lain terkait waktu perpanjangan operasi yang sudah disetujui sebelum kontrak berakhir serta perpajakan yang tidak memberatkan.

Kontrak tambang Perjanjian Karya Pengusahaan Batubara (PKP2B) emiten anggota indeks Kompas100 ini, akan berakhir…

Saham MARK | AS Perang Dagang Dengan China, MARK Ketiban Berkah

(Baca juga: Cara Memulai Investasi Saham)
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen cetakan sarung tangan, PT Mark Dynamics Indonesia Tbk (MARK) berpeluang meningkatkan pasokan produknya ke pasar global. Ekspansi tersebut menyusul kebijakan Amerika Serikat (AS) yang menaikkan tarif impor produk asal China dari 10% menjadi 25%.

Kenaikan tarif impor AS berpotensi menggeser pasar sarung tangan vynil dan nitrile produksi China yang saat ini menguasai 44% impor sarung tangan ke AS.

Presiden Direktur PT Mark Dynamics Indonesia Tbk, Ridwan Goh, menyebutkan perang dagang antara AS dan China akan menggeser peta pasar sarung tangan di Negeri Paman Sam. "Pemasok utama sarung tangan akan bergeser dari China ke Malaysia sebagai produsen sarung tangan karet terbesar dunia," ungkap dia ke KONTAN.

Secara tidak langsung, kata Ridwan, kondisi tersebut menjadi sinyal positif bagi kinerja MARK. Sebab, sebagai pemasok utama cetakan sarung tangan karet dunia, mereka akan memperoleh dampak turunan dari po…

Saham LSIP | LONSUM BAGI DIVIDEN Rp19 PER SAHAM KE PEMEGANG SAHAM

(Baca juga: Memahami Technical Correction Saham)
IQPlus, (29/05) - PT PP London Sumatera Tbk (LSIP) akan membagikan dividen tunai kepada para pemegang sahamnya untuk tahun buku 31 Desember 2018 sebesar Rp19 per saham pada 27 Juni 2019.

Menurut keterangan perseroan Rabu disebutkan, cum dan ex dividen di pasar reguler/negosiasi pada 13 dan 14 Juni 2019 sedangkan di pasar tunai pada 17 dan 18 Juni 2019 dengan DPS hingga 17 Juni 2019.

Pembagian dividen tunai ini berdasarkan hasil RUPS Tahunan Perseroan Selasa kemarin (28/05) dimana dari laba 2018 yang mencapai Rp331.364.000.000 ditetapkan untuk dividen sebesar Rp129.579.000.000 sedangkan Rp5.000.000.000 sebagai dana cadangan seta sisanya sebagai saldo laba. (end)

Saham JTPE | JASUINDO BAGI DIVIDEN FINAL Rp30 PER SAHAM PADA 27 JUNI

(Baca juga: Tujuan IPO)
IQPlus, (29/05) - PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE) akan membagikan dividen tunai kepada pemegang sahamnya sebesar Rp30 per saham pada 27 Juni 2019.

Menurut keterangan perseroan Rabu, cum dan ex dividen di pasar reguler/negosiasi pada 12 dan 13 Juni 2019 sedangkan di pasar tunai 14 dan 17 Juni 2019 dengan DPS hingga 14 Juni 2019.

Pembagian dividen tunai tersebut berdasarkan hasil keputusan RUPS Tahunan perseroan pada 27 Mei 2019 lalu dimana dari laba 2018 sebesar Rp112.250.156.669 dibagikan sebagai dividen tunai sebesar Rp77.085.562.500 yang terdiri dari dividen interim yang sudah dibagikan pada 8 Januari 2019 lalu sebesar Rp25.695.187.500 dan dividen final Rp51.390.375.000 serta sisa laba 2018 sebesar Rp35.164.594.169 sebagai saldo laba ditahan. (end)

Saham INTP | INDOCEMENT GELAR MUDIK GRATIS, MESKI PEMINATNYA TURUN

(Baca juga: Memahami Technical Correction)
IQPlus, (29/05) - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk kembali menggelar mudik gratis untuk para karyawannya beserta keluarga, meski jumlah pesertanya kian tahun terus menurun.

"Peminatnya semakin tahun semakin sedikit, mereka lebih banyak menggunakan kendaraan sendiri. Tapi, kami senang karena ada peningkatan secara kondisi perekonomian," ujar Direktur PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk, Antonius Marcos pada kegiatan buka puasa bersama di kantornya, Jakarta, Selasa.

Menurutnya, PT Indocement akan terus mempertahankan program mudik gratis ini selama peminatnya masih ada. Karena, menurutnya program ini memiliki tujuan mulia di setiap bulan Ramadhan. "Tahun jni kita sediakan lima bus sama seperti tahun lalu. Ini akan kita pertahankan karena ini tradisi yang baik," terangnya.

Ia menyebutkan, kegiatan mudik bersama ini merupakan program Serikat Pekerja Indocement yang selalu didukung
manajemen.

Menurut dia, inti dari kegiatan mu…

Saham EXCL | XL AXIATA-KEMENHUB LUNCURKAN APLIKASI DIGITAL PERJALANAN MUDIK

(Baca juga: Strategi Trading Menggunakan Gap UP)
IQPlus, (29/05) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) meluncurkan aplikasi navigasi digital .Peta Jelajah Nusantara..

Aplikasi ini dibangun sebagai sarana pemandu bagi masyarakat yang melakukan perjalanan darat di wilayah Indonesia dengan sejumlah fitur yang memudahkan pengguna menemukan rute perjalanan dan berbagai informasi yang paling dibutuhkan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Chief Human Capital XL Axiata, Rudy Afandi menandai peluncuran ini di Jakarta, Selasa

Menhub Budi Karya mengatakan, peta navigasi digital sudah menjadi kebutuhan masyarakat pengguna jalan secara umum.

Peta dalam lembaran tercetak sudah mulai ditinggalkan karena peta digital memang lebih fleksibel dalam penggunaannya, berbagai informasi juga bisa dimasukkan tanpa khawatir dengan ruang yang tersedia.

Kementerian Perhubungan mengapresiasi kerjasama dengan XL Axiata dan instansi pemerint…

Saham JSMR | JASA MARGA ANTISIPASI PREMANISME DI REST AREA

(baca juga : memahami Pola Head and Shoulders Saham)
IQPlus, (29/05) -  PT Jasa Marga Cabang Palikanci, Cirebon, Jawa Barat mengantisipasi premanisme terhadap pemudik di tempat peristirahatan (rest area) ruas tol di wilayah ini.

Deputi General Manager PT Jasa Marga Cabang Palikanci Zakaria saat menerima rombongan press tour di Kantor PT Jasa Marga Cabang Palilanci, Cirebon, Jawa Barat, Selasa, mengatakan premanisme kepada pemudik menjadi salah satu perhatian serius.

Premanisme terhadap pemudik itu umummya berupa pemalakan, misalnya pemudik yang melaksanakan ibadah, lalu sandal atau sepatunya dipindah ke penitipan. Setelah beribadah, pemudik mengambil sandal atau sepatunya dengan mengeluarkan uang. Biasanya mereka (pelaku) berkelompok.

Mereka bergantian dan setiap kelompok rata-rata bisa dapat sejuta rupiah dalam sehari. Kalau dibagi anggota kelompok bisa dapat Rp150 ribu hingga Rp200 ribu sehari.

Menurut dia, pihaknya sudah membahas persoalan itu dengan berbagai pihak, termasuk yang …

Analisa Saham PTBA, INTP, BBCA, WSKT, WIKA dan KAEF

(Baca juga: Bagaimana Saham Diperdagangkan)
Prediksi IHSG :
Setelah pasar saham Indonesia pada Selasa terjadi aksi ambil untung, satu sisi jelang libur panjang Idul Fitri diperkirakan pasar cenderung bergerak melambat. Karena investor akan mengambil sikap untuk meyelamatkan portofolio yang dimiliki guna untuk mengantisipasi ketidakpastian yang mungkin muncul terutama dari pasar global.

Perspektif tenikal
Support Level :    6005/5976/5919
Resistance Level :   6090/6147/6176
Major Trend : Up
Minor Trend : Down
Pattern : Up to down

TRADING IDEAS :
These recommendations based on technical and only intended for one day trading

PTBA: Trading Buy
• Close 3000, TP 3050
• Boleh buy di level 2920-3000
• Resistance di 3050 & support di 2920
• Waspadai jika tembus di 2920
• Batasi resiko di 2900

INTP: Trading Buy
• Close 20325, TP 20450
• Boleh buy di level  20100-20325
• Resistance di 20450 & support di 20100
• Waspadai jika tembus di 20100
• Batasi resiko di 20000

BBCA : Trading Buy
• …

Reminder Corporate Action | 29 Mei 2019

(Baca juga: Bull, Bear dan Sentimen Pasar)
Mirae Asset Sekuritas Indonesia
Reminder Corporate Action

Rabu, 29 Mei 2019
1.Public Expose: ADES, KINO, MDIA, NASA, RBMS, VIVA
2.RUPS: ADES, AKSI, ICBP, IKAI, INDF, INRU, KINO, MDIA, MEDC, NASA, RBMS, SPMA, VIVA
3.Cum Date Cash Dividen: INTP Rp. 550, MOLI Rp. 12.1, PYFA Rp. 4, TPMA Rp. 26.6, UNVR Rp. 775, WIIM Rp. 2.5, TBIG (Rasio pada recording date: 10 Juni 2019)
4.Recording Date Cash Dividen: 1.BBTN Rp. 53.029671, EPMT Rp. 90, IDPR Rp. 10, MTLA Rp. 9.4
5.Payment Date Cash Dividen: MLPT Rp. 42.50, LPPF Rp. 333.19733, LINK Rp. 232.40, BJTM Rp. 45.61, PTPP Rp. 48.452, PTBA Rp. 339.631, MYOH Rp. 123.31, INDY Rp. 108.663941, BEST Rp. 8.75, MKPI Rp. 369, HMSP Rp. 117.2, TOTL Rp. 40, SCCO Rp. 350
6.Tander Offer: DWGL Rp. 99.05. (Offering End Date: 20 Juni 2019)
7.IPO Offering Period: PT Hotel Fitra International Tbk

Jumat, 31 Mei 2019
1.Public Expose: DEFI, JRPT, STAR
2.RUPS: AGRS, DEFI, JRPT, NAGA, STAR
3.Cum Date Cash Dividen: ABDA Rp. 190, A…

Global Market | 29 Mei 2019

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Global Market
(May 29, 2019)
Investment Information Team
(angga.choirunnisa@miraeasset.co.id)

(Baca juga: Macam-macam Cara Analisa Saham)
U.S

Wall St. kehilangan keuntungan awal karena kekhawatiran perdagangan lagi

Saham AS ditutup lebih rendah pada hari Selasa, dengan keuntungan awal sesi memberikan jalan untuk menurun karena kemungkinan perang perdagangan yang berkepanjangan antara Amerika Serikat dan China sekali lagi menjaga selera risiko tetap terkendali.

Dow Jones turun 237,32 poin atau 0,93% menjadi 25.348,37. S&P 500 kehilangan 23,91 poin atau 0,85% menjadi 2.802.15. Nasdaq turun 29,66 poin atau 0,39% menjadi 7.607,35.

Presiden A.S. Donald Trump pada hari Senin mengatakan dia "belum siap" untuk membuat perjanjian dengan China, meskipun dia berharap suatu saat bisa tercapai di masa depan. Pertempuran tarif yang meningkat antara kedua belah pihak telah menimbulkan kekhawatiran perang perdagangan yang akan menyebabkan perlambatan ekon…

Analisa Saham UNVR, TBIG, PTBA dan PGAS

(Baca juga: Memahami Pola Double Top Saham)
MNC Daily Scope Wave
29 Mei 2019

IHSG ditutup terkoreksi cukup agresif sebesar 1,1% ke level 6,033. Kami perkirakan IHSG sedang berada pada awal wave (v) korektif, dimana IHSG minimal akan terkoreksi ke area 5,900 dan diperkirakan dapat menuju area 5,700.
Support: 5,950, 5,750
Resistance: 6,150, 6,200

UNVR - Buy on Weakness (42,500)
Posisi UNVR diperkirakan sedang membentuk wave (ii) dari wave C, dimana UNVR masih berpotensi terkoreksi terlebih dahulu. Selanjutnya, apabila wave (ii) sudah terkonfirmasi selesai, maka UNVR berpeluang menguat kembali untuk membentuk wave (iii).
Buy on Weakness: 42,000-42,450
Target Price: 44,500, 46,000
Stoploss: below 41,500

TBIG - Buy on Weakness (3,350)
Kami perkirakan TBIG sedang membentuk awal wave C, dan saat ini diperkirakan TBIG sudah berada pada akhir wave (i). TBIG berpotensi terkoreksi untuk membentuk wave (ii) ke area 3,100-3,150.
Buy on Weakness: 3,150-3,250
Target Price: 3,600, 3,870
Stoploss: be…

Analisa Saham ADHI | Hindari Dulu, Kenapa?

(Baca juga: Memahami strategi Buy on Breakout)
Saham ADHI gagal rebound menembus keatas resistance neckline di level 1500. Selama masih berada di bawah resistance tersebut, ADHI cenderung masih akan mengalami penurunannya membentuk pola bearish double top dengan target di 1160 dan minor target di 1285. Indikator teknikal Stochastic kembali death cross, sedangkan MACD slips tidak jadi golden cross. Dari kondisi teknikal tersebut, mengindikasikan bahwa saham ADHI masih cenderung tertekan.

Rekomendasi: Trading Sell atau hindarin bagi yang belum punya.

by StepTrader

Analisa Saham BBRI, KBLI, TRAM dan VIVA

Analisa Saham BBRI, KBLI, TRAM dan VIVA (Baca juga: Memahami Strategi Sell on Strength)
BBRI menuju penutupan gap pada level 4100. Namun hari ini diperkirakan pergerakan akan sedikit mendatar karena terhadang resistance psikologis 4000.
Rekomendasi: buy 3900 s/d 3920, TP 4000 s/d 4100, stop loss <3750 .="" p="">
KBLI mencoba kembali uptrend dengan membentuk support pada 500. Lakukan pembelian selama support ini tidak ditembus turun.
Rekomendasi: buy and hold >500, TP 550 s/d 600, stop loss <450 .="" p="">
TRAM menguji resistance MA60 dengan membentuk pola bullish engulfing. Jika MA60 ini berhasil ditembus maka penguatan akan berlanjut.
Rekomendasi: buy on breakout 130, TP 150, stop loss <110 .="" p="">
VIVA menguat menguji resistance EMA26 dengan pola bullish engulfing. Jika pola ini terkonfirmasi maka penguatan akan berlanjut.
Rekomendasi: buy on breakout 132, TP 150, stop loss <120 .="" p=…

Analisa Saham INDF, INTP dan PWON

Analisa Saham INDF, INTP dan PWON (baca juga: Stop Loss dalam Saham)
INDF (Buy) : Target kenaikan harga pada level 6.700 kemudian 6.875 dengan support di level 6.350, cut loss jika break 6.175.

INTP (Buy) : Target kenaikan harga pada level 20.525 kemudian 21.075 dengan support di level 19.425, cut loss jika break 18.875.

PWON (Buy) : Target kenaikan harga pada level 690 kemudian 710 dengan support di level 650, cut loss jika break 630.

Full report bisa diakses di : ipot

Saham Online di Facebook