Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Mei 18, 2020

18 Istilah Pasar Saham yang Harus Dipahami oleh Investor Pemula

Buat investor pemula, mungkin akan ada bingung dengan beberapa istilah pasar saham yang sering kebaca ya?
No worries, kali ini kita akan bahas beberapa di antaranya yang paling sering disebutkan. Nggak bakalan bisa semua dibahas sih, karena keterbatasan ruang. Ntar panjangnya ngalah-ngalahin Kamus Besar Bahasa Indonesia, kan ya bikin mabok yang baca. Malah semakin pusing ntar. Jadi kita batasi pada 18 istilah pasar saham yang paling sering disebut.
Kita mulai aja ya.
18 Istilah Pasar Saham yang Mesti Dipahami Artinya
1. SekuritasPerusahaan sekuritas sering juga disebut dengan ‘broker’, adalah pihak yang menjadi perantara antara investor dan pasar modal sebagai pelaku transaksi efek.
Sebagai investor pemula, kalau mau mulai berinvestasi saham, maka kamu harus mencari perusahaan sekuritas yang bisa menjadi perantaramu untuk membeli saham. Kamu enggak bisa beli saham sendiri kayak beli cabai ke pedagang di pasar. Kamu harus membelinya melalui perantara sekuritas.
2. IPOIPO atau Initial Public …

KEMENPERIN DORONG PENGEMBANGAN GASIFIKASI BATU BARA DI INDONESIA.

IQPlus, (18/05) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong realisasi proyek-proyek gasifikasi batu bara di Tanah Air, termasuk rencana pembangunan coal to methanol (batu bara menjadi metanol) di Batuta Coal Industrial Park (BCIP), Kutai Timur, Kalimantan Timur.
Pembangunan proyek pabrik metanol dari batu bara dengan proses gasifikasi tersebut merupakan upaya peningkatan kapasitas industri metanol di Indonesia yang kebutuhannya terus meningkat.
"Kebutuhan metanol di Indonesia telah mencapai 1,1 juta ton pada tahun 2019. Sementara itu, Indonesia hanya memiliki satu produsen metanol yaitu PT Kaltim Methanol Industri di Bontang dengan kapasitas sebesar 660 ribu ton per tahun," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Minggu.
Menperin menuturkan rencana pembangunan proyek batu bara menjadi metanol di BCIP di Kutai Timur bernilai investasi dua miliar dolar AS. Proyek konsorsium antara PT Bakrie Capital Indonesia dengan P…

KETUA FED: PENGANGGURAN AS BISA 30% TAPI TAK ADA DEPRESI

IQPlus, (18/05) - Tingkat pengangguran AS bisa di atas 30% namun ekonomi masih bisa terhindari dari depresi kejatuhan ekonomi, demikian kata ketua Fed Jerome Powell dalam sebuah wawancara Minggu waktu AS.
Ketua bank sentral menyimpulkan bahwa jumlah pengangguran sepertinya akan lebih banyak dari depresi besar di tahun 1930 ketika jumlahnya mencapai 25%.
Meski demikian tekanan yang terjadi saat ini dengan dinamisme AS dan kekuatan sistem keuangan bisa menemukan jalan untuk kembali rebound.
Diantara faktor yang membedekan era depresi besar dan saat ini adanya tindakan Fed dan kongres yang sudah meloloskan anggaran penyelamatan 3 triliun dolar AS dan mempertimbangkan kebijakan lainnya.
Juga, penyebab penurunan ini bukan gelembung aset atau alasan lain yang lebih mendasar terkait melainkan pembekuan ekonomi yang disebabkan oleh diri sendiri yang dilakukan oleh upaya untuk memerangi virus corona.
Tindakan ini telah membuat 36,5 juta orang amerika melakukan klaim pengangguran dalam dua bulan dan…

BANK DUNIA SETUJUI PENDANAAN 700 JUTA DOLAR UNTUK ATASI COVID-19 DI RI.

IQPlus, (18/05) - Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui pendanaan senilai 700 juta dolar AS untuk meningkatkan sistem perlindungan sosial maupun memperkuat sektor keuangan dalam mengatasi dampak COVID-19 di Indonesia.
Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen dalam pernyataan di Jakarta, Sabtu, mengatakan bantuan ini dibutuhkan karena sifat dan jangkauan COVID-19 belum pernah terjadi sebelumnya.
"Untuk Indonesia, kami mendukung pemerintah terus fokus pada perlindungan penduduk yang paling rentan dan berisiko tinggi serta meningkatkan kesiapsiagaan darurat untuk sektor-sektor prioritas,. katanya.
Dalam jangka panjang, menurut dia, kesiapan dan kemampuan untuk meminimalisasi dampak tersebut sangat penting bagi upaya berkelanjutan untuk mengurangi kemiskinan dan melindungi sumber daya manusia.
Proyek pertama yang disetujui untuk pendanaan ini adalah pembiayaan tambahan untuk asistensi program reformasi sosial senilai 400 juta dolar AS.
Proyek awa…

PENDAPATAN DAN LABA ERAJAYA SWASEMBADA MENINGKAT HINGGA MARET 2020 | SAHAM ERAA

IQPlus, (18/05) - PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) meraih penjualan neto Rp7,81 triliun hingga periode 31 Maret 2020 meningkat dari penjualan neto Rp7,12 triliun di periode sama tahun sebelumnya.
Laporan keuangan perseroan Senin menyebutkan, laba bruto meningkat menjadi Rp778,06 miliar dibandingkan laba bruto Rp646,96 miliar tahun sebelumnya. Sementara laba usaha diraih sebesar Rp210,62 miliar naik dari laba usaha Rp174,06 miliar.
Laba sebelum pajak mencapai Rp160,44 miliar naik tajam dari laba sebelum pajak tahun sebelumnya Rp77,78 miliar salah satunya berkat turunnya biaya keuangan menjadi Rp53,67 miliar dari Rp10,44 miliar.
Laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk naik menjadi Rp102,70 miliar dari laba Rp47,38 miliar tahun sebelumnya. Total aset mencapai Rp9,94 triliun hingga 31 Maret 2020 naik dari total aset Rp9,75 triliun yang tercatat hingga 31 Desember 2019. (end)

TELKOM SIAP JALANKAN SKENARION "THE NEW NORMAL" SETELAH LEBARAN | SAHAM TLKM

IQPlus, (18/05) -  PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk siap mengimplementasikan skenario .The New Normal. BUMN di lingkungan kerja perusahaan dalam mendukung program pemerintah menangani pandemi COVID-19 di Indonesia.
TelkomGroup telah membentuk Satgas Internal Khusus Penanganan COVID-19 yang melibatkan seluruh unit fungsional maupun regional serta seluruh anak perusahaan secara terpusat di bawah komando Direktur Human Capital Management Telkom.
"Telkom mendukung upaya Kementerian BUMN maupun Pemerintah menanggulangi dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19, dan termasuk arahan Menteri BUMN Erick Thohir mengantisipasi The New Normal BUMN," kata Direktur Utama PT Telkom Ririek Adriansyah dalam keterangannya, di Jakarta, Minggu.
Telkom juga proaktif melakukan berbagai kegiatan preventif bagi karyawan di lingkungan kerja, baik yang bekerja di kantor maupun yang bekerja dari rumah yang diawasi secara berlanjut melalui satuan tugas yang dibentuk untuk penanganan pandemi ini.
Sejak w…

GARUDA RUMAHKAN SEMENTARA KARYAWAN BERSTATUS KONTRAK | SAHAM GIAA

IQPlus, (18/05) -  Maskapai nasional Garuda Indonesia merumahkan sementara waktu sekitar 800 karyawan dengan status tenaga kerja kontrak atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) selama tiga bulan terhitung sejak tanggal 14 Mei 2020 lalu.
"Kebijakan merumahkan karyawan dengan status PKWT tersebut merupakan upaya lanjutan yang perlu kami tempuh disamping upaya-upaya strategis lain yang telah kami lakukan untuk memastikan keberlangsungan perusahaan tetap terjaga di tengah kondisi operasional penerbangan yang belum kembali normal sebagai dampak pandemi COVID-19," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.
Irfan menuturkan kebijakan tersebut dilakukan dengan pertimbangan yang matang dengan memperhatikan kepentingan karyawan maupun perusahaan dan dilakukan dalam rangka menghindari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
Di samping itu, lanjut dia, implementasi kebijakan ini juga telah melalui kesepakatan dan diskusi dua arah antara karyaw…

PTBA TUNGGU PUTUSAN PEMERINTAH BERLAKUKAN MASUK KERJA DI KANTOR | SAHAM PTBA

IQPlus, (18/05) -  PT Bukit Asam (PTBA) menunggu keputusan pemerintah untuk mulai memberlakukan aturan baru berupa masuk kerja di kantor bagi karyawannya.
Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin, Minggu, mengatakan perusahaan sudah menerima Surat Menteri nomor S-336/MBU/05/2020 pada tanggal 15 Mei 2020 yang meminta BUMN untuk merespon skrenario The New Normal di lingkungan BUMN.
"Sambil menunggu kapan akan dimulai, kami menyiapkan protokol COVID-19 untuk menerapkan skenario The New Normal di BUMN ini," kata dia.
Ia mengatakan protocol COVID-19 itu disiapkan Tim Task Force PT Bukit Asam yang sudah terbentuk.
Tim ini juga akan menganalisa dan menyusun batas waktu pelaksanaan skenario The New Normal, dengan tentunya berpedoman pada kebijakan Kementerian BUMN dan kementerian/lembaga terkait yakni khususnya BNPB dan Kementerian Kesehatan.
Arviyan menambahkan skenario ini juga akan disesuaikan dengan keunikan yang dimiliki perusahaan, seperti lokasi usaha, jenis usaha dan lain-…

PGN RAIH PENGHARGAAN KEHUMASAN DI TENGAH COVID-19 | SAHAM PGAS

IQPlus, (18/05) - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) meraih penghargaan kehumasan di tengah pandemi COVID-19.
Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat malam, PGN meraih Indonesian Corporate Branding PR Awards yang diselenggarakan Iconomics.
PGN memenuhi penilaian dari sisi pengelolaan brand dan public relation (PR) di aspek komersial, organisasi dan sosial pada kategori perusahaan minyak dan gas.
Selain itu, PGN juga mendapat penghargaan "Popular Energy Company for Covid-19 Handling Social Responsibility Activity Strategy" dalam ajang Indonesia Public Relation Award (IPRA) 2020.
Ajang itu bermaksud memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran dan fungsi Public Relation dalam menopang sebuah perusahaan untuk mewujudkan kinerja yang maksimal.
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyampaikan, peran public relation harus membuat citra Indonesia positif, melalui informasi yang objektif dan membawa semangat positif.
"Kepada para insan-insan kehumasan…

Rekomendasi Saham Panin Sekuritas | 18 Mei 2020

Daily Technical 18 Mei 2020
Selamat pagi! Berikut adalah rekomendasi Daily Technical untuk hari ini, Senin 18 Mei 2020.
IHSG ditutup menurun sebesar -6,22 poin (-0.14%) menuju level 4.507,60 pada perdagangan hari Jumat 16 Mei 2020 kemarin. 149 saham menguat, 221 saham menurun, dan 167 saham ditutup tidak mengalami perubahan. IHSG masih mengalami sentimen yang sama, yakni tekanan jual investor asing dan indikator MACD dan MA yang sama-sama membentuk dead cross, sehingga hal ini memberikan ruang penurunan lanjutan bagi IHSG. Hari ini IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung menurun dalam range 4.474 s/d 4.565.
[GGRM] Testing Resistance: Menguji resistance pada 50000, yang mana dapat melanjutkan penguatan jika mampu breakout. Rekomendasi: Hold, TP 50000 s/d 52000. Support: 48000. Resistance: 50000.
[HMSP] Technical Indicator: Membentuk pola inverted head and shoulders yang menguji konfirmasi apabila breakout resistance pada 1855. Rekomendasi: Buy on breakout 1855, TP 2000, stop loss <1700. Suppor…

Rekomendasi Saham Mirae Asset | ELSA, ITMG, MNCN

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Technical Insight (Mei 18, 2020) (tasrul@miraeasset.co.id)
IHSG Daily, 4,507 (-0.14%), test resistance at 4,538,trading range 4,458-4,538. Indikator MFI optimized sudah berada di oversold area dan indikator W%R optimized cenderung naik. Pada periode weekly  indikator MFI optimized  dan indikator W%R optimized akan menguji support trendline. Daily support di 4,458 dan daily resistance di 4,538. Cut loss level di 4,441.
ELSA Daily, 200  (+0.5%), trading buy, trading range 197– 209. Indikator MFI optimized dan indikator indikator W%R optimized cenderung turun namun sudah terbatas Daily support  di 197 sementara itu daily resistance di 209. Cut loss level di 194.
ITMG Daily, 7,400 (-1.66%), trading buy, trading range 7,325 – 7,600. indikator MFI optimized indikator W%R optimized masih bergerak turun menguji support trendline. Daily support  di 7,325 sementara itu daily resistance  di 7,600. Cut loss level  di 6,750.
MNCN Daily ,940 (+5.03%), trading buy, trading …

Ulasan Pasar Global | 18 Mei 2020

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Global Market (Mei 18, 2020) Investment Information Team (angga.choirunnisa@miraeasset.co.id)
U.S
Wall Street berakhir naik setelah ayunan pada harapan pembukaan  lockdown, data yang lemah, serta kesengsaraan perdagangan
Tiga indeks utama Wall Street ditutup lebih tinggi setelah berayun antara keuntungan dan kerugian pada hari Jumat karena investor menimbang kekhawatiran tentang hubungan perdagangan China-AS dan data ekonomi AS yang lebih lemah dari yang diperkirakan terhadap optimisme yang tumbuh bahwa pelonggaran pembatasan coronavirus akan meningkatkan aktivitas bulan ini.
Dow Jones naik 60,08 poin atau 0,25% menjadi 23.685,42. S&P 500 naik 11,2 poin atau 0,39% menjadi 2.863,7. Nasdaq menambahkan 70,84 poin atau 0,79% menjadi 9.014,56.
Data ekonomi melukis gambaran suram pada hari Jumat karena penjualan ritel AS dan output manufaktur menunjukkan penurunan rekor pada bulan April karena virus selama “stay at home”. Data tersebut muncul setelah Presiden AS …

Bandarmologi Saham UNVR, BRPT, EXCL, MDKA, CPIN

Monday (18/05/2020) New Early BIRD Technical & Bandarmology Prespectives (Dr Cand., Edwin Sebayang, MBA, CSA®., CIB®-MNC Sekuritas) 

IDX Composite 4,465- 4,545 SUMMARY: STRONG SELL
11 TECHNICAL INDICATORS: RSI (14): SELL STOCH (9,6): SELL MACD(12,26): SELL ATR (14): LESS VOLATILE ADX (14): WEAK TREND SELL CCI (14): SELL HIGHS/LOW (14): SELL VO: SELL ROC: SELL WILLIAMS R: OVERSOLD BULLBEAR (13): SELL
BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER  ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION
NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION

STOCKS PICK:
UNVR 8,275 - 8,775 TECHNICAL INDICATORS: BUY 8,500 TARGET PRICE: 8,775 STOP-LOSS: 8,250
BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION
NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION

BRPT 1,140 - 1,295 TECHNICAL  INDICATORS: BUY 1,220 TARGET PRICE: 1,295 STOP-LOSS: 1,135
BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION
NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION

EXCL 2,360 - 2,540 TECHNICAL INDICATORS: BUY 2,440 TARGET PRICE: 2,540 STO…

Rekomendasi Saham IPOT | TBIG, ASII, EXCL

IHSG (4.450-4.560) : indeks harga saham gabungan diprediksi akan bergerak bervariasi cenderung menguat. Target kenaikan indeks pada level 4.560 kemudian 4.610 dengan support di level 4.450 dan 4.395.
TBIG (Buy) : Target kenaikan harga pada level 1.165 kemudian 1.200 dengan support di level 1.080, cut loss jika break 1.040.
ASII (Buy) : Target kenaikan harga pada level 3.810 kemudian 3.930 dengan support di level 3.560, cut loss jika break 3.460.
EXCL (Buy) : Target kenaikan harga pada level 2.540 kemudian 2.620 dengan support di level 2.360, cut loss jika break 2.300.
XBNI (SELL) : Target pelemahan harga pada level 734 kemudian 724 dengan resist di level 756 dan 766.
XPFT (SELL) : Target pelemahan harga pada level 364 kemudian 359 dengan resist di level 378 dan 384.
XIHD (SELL) : Target pelemahan harga pada level 324 kemudian 320 dengan resist di level 335 dan 341.
full report bisa di akses di : https://r.ipot.id/?g=r/t/3c9o70

Rekomendasi Saham MNC Sekuritas | BBCA, MEDC, UNVR, AKRA

MNC Daily Scope Wave 18 Mei 2020
Menutup pekan kemarin (15/5), IHSG kembali terkoreksi sebesar 0,1% di level 4,507. Kami memperkirakan saat ini IHSG sedang berada di wave 3 dari wave [C], sehingga IHSG masih rawan melanjutkan koreksinya dengan target 4,150-4,300, terlebih jika menembus support 4,393-4,441. Namun apabila ternyata IHSG menguat ke atas 4,660, maka kami perkirakan IHSG saat ini sudah berada di akhir wave (b) dari wave [b] (skenario merah), sehingga IHSG berpeluang menguat untuk menuju area 4,720-4,780. Support: 4,441, 4,393 Resistance: 4,660, 4,726
BBCA - Buy on Weakness (23,925) Emiten-emiten perbankan tertekan pada akhir pekan kemarin (15/5) termasuk BBCA, yang terkoreksi 2,7% diiringi dengan volume penjualan yang besar. Dengan tertembusnya support pada 24,000, maka kami memperkirakan posisi BBCA saat ini sedang berada di wave [c] dari wave 2, dimana BBCA masih berpeluang terkoreksi kembali dengan level koreksi terdekat di 23,000 dan terburuknya berada di area 22,000. Buy on W…

Saham Online di Facebook