Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus 8, 2019

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham. 
Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah.
Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham
Buyer Versus Seller
Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontrol, dan pihak m…

GIAA | GARUDA SELESAIKAN KEBERANGKATAN HAJI DENGAN BAIK

IQPlus, (07/08) - Maskapai nasional Garuda Indonesia pada hari Senin (5/8) kemarin, telah berhasil menyelesaikan phase keberangkatan penerbangan haji dengan menerbangkan sebanyak 110.247 jemaah calon haji dengan ketepatan waktu (on time performance/OTP) sebesar 91,20 persen. Total jemaah 110.247 calon haji tersebut diterbangkan dari sembilan embarkasi yang terbagi dalam 284 kelompok terbang (kloter).

Adapun jumlah jemaah dari sembilan embarkasi yang telah diterbangkan tersebut terdiri dari embarkasi Banjarmasin (6.112 jemaah), embarkasi Balikpapan (6.777 jemaah), embarkasi Banda Aceh (4.666 jemaah), embarkasi Jakarta (19.415 jemaah), embarkasi Lombok (4.947 jemaah), embarkasi Medan (8.525 jemaah), embarkasi Padang (6.999jemaah), embarkasi Solo (34.697 jemaah) dan embarkasi Makassar (18.109 jemaah).

Direktur Operasi Garuda Indonesia, Bambang Adisurya Angkasa mengatakan bahwa selesainya phase I penerbangan Haji 2019 tersebut ditandai dengan telah diberangkatkannya kloter 97 embarkasi S…

PGAS | PGN-PHRI SEPAKATI KERJA SAMA PENGEMBANGAN JARINGAN GAS

IQPlus, (08/08) - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) hari ini menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang Kerja Sama Pemanfaatan Gas Bumi dan Penyediaan Information and Communication Technology.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Strategi Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar dan Ketua Umum PHRI Hariyadi Budi Santoso Sukamdani serta disaksikan oleh Direktur Utama PGN Gigih Prakoso, dan perwakilan PHRI di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Rabu.

Direktur Strategi Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar mengatakan, sesuai MOU dalam jangka waktu setahun kedepan akan dijalankan aktivitas agar pemanfaatan gas bumi bagi para anggota PHRI dapat terwujud.

"Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi, PGN memiliki komitmen untuk terus meningkatkan pemanfaatan energi baik gas bumi di dalam negeri. Kami berharap kerja sama PGN dengan PHRI dapat memberi…

WIKA | WIKA ANGGARKAN CAPEX SEBESAR Rp18,1 TRILIUN

IQPlus, (08/08) - BUMN Karya, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp18,1 triliun untuk tahun ini.

"Penggunaan masih di bawah 10 persen dari capex sebesar Rp18 triliun itu," ujar Sekertaris Perusahaan WIKA Mahendra Vijaya di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, belum maksimalnya penggunaan dana capex itu dikarenakan kebutuhan perseroan yang relatif masih rendah.

"Kami masih banyak meng-utilize uang dari operasional perusahaan," katanya.

Ia menambahkan pihaknya akan menggenjot serapan belanja modal pada semester kedua 2019 seiring cukup banyaknya proyek yang ditawarkan kepada perusahaan.

Selain itu, lanjutnya, banyak proyek investasi yang didapatkan akhir 2018. Dengan demikian, saat ini masih dilakukan proses desain.

Sementara itu, emiten berkode saham WIKA tersebut optimistis dapat meraih target kontrak baru tahun 2019 yang mencapai sebesar Rp61 triliun.

Tumiyana mengemukakan hingga akhir semester pertama 2019…

BBRI | BRISAT JAGA LAYANAN BRI TETAP LANCAR

IQPlus, (08/08) - Keberadaan satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, BRIsat, kian dirasakan manfaatnya pada saat terjadi gangguan listrik pada akhir pekan lalu, kata Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank BRI Indra Utoyo di Jakarta, Rabu,

Dengan dukungan BRIsat, Bank BRI mampu menjaga layanan operasional perbankan berjalan dengan lancar.

Indra mengungkapkan, BRIsat berperan vital dalam memastikan setiap jaringan kantor dan ATM BRI tetap terhubung ke data center BRI.

"Dengan jaringan komunikasi yang tidak terputus, maka BRI tidak terganggu dalam memberikan layanan kepada para nasabahnya,"Kata Indra.

Menurut Indra, untuk mitigasi risiko di sisi jaringan komunikasi secara jangka panjang, Bank BRI akan melakukan diversity untuk BRIsat yang akan dilaksanakan pada 2020 bersama dengan operator satelit dan telekomunikasi lainnya.

BRIsat diluncurkan pada 18 Juni 2016 di Guyana Perancis dan menjadikan Bank BRI sebagai bank pertama dan satu satunya di dunia yang m…

BMRI | MANDIRI DORONG NASABAH MIGRASI KE INVESTASI LOKAL

IQPlus, (08/08) - PT Bank Mandiri (persero) Tbk mendorong para nasabahnya untuk migrasi ke investasi lokal sebagai upaya mendorong laju pertumbuhan ekonomi nasional.

"Peran bank yang mengelola Wealth Management Banking ini memang harus memberikan edukasi kepada nasabah-nasabah untuk mulai berani mengalihkan depositonya ke investasi," kata Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi dalam acara temu nasabah bertema Beyond Wealth 2019 di Jakarta, Rabu.

Hery menjelaskan bahwa produk investasi lokal saat ini cukup beragam mulai dari surat berharga negara (SBN), obligasi negara retail (ORI), sukuk retail hingga reksa dana.

Investasi lokal dinilai lebih efektif dan produktif dalam pembiayaan pembangunan nasional, selain itu dikatakan lebih menguntungkan untuk jangka panjang.

"Investasi bermacam-macam ada yang risiko tinggi, risiko sedang, dan risiko rendah. Ini memberikan peluang yang lebih baik ketimbang dana, kalau suku bunga deposito atau tabungan terbatas,&quo…

POSA | BEI SUSPENSI SAHAM DAN WARAN SERI I POSA

IQPlus, (08/08) - Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham dan waran Seri I PT Bliss Properti Tbk (POSA dan POSA-W) karena telah mengalami penurunan harga kumulatif yang signifikan.

Menurut keterangan BEI disebutkan, karena hal tersebut BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham dan waran POSA di pasar reguler dan pasar tunai sampai dengan pengumuman lebih lanjut.

Seperti diketahui harga saham POSA masih berada di level Rp336 pada 27 Juli 2019 dan ditutup turun ke level Rp112 pada perdagangan Rabu kemarin. Sementara waran Seri I POSA sempat berada di level Rp392 pada 14 Mei lalu dan ditutup di level Rp10 pada perdagangan Rabu kemarin. (end)

Analisa Saham SMRA, PWON dan CTRA

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Technical Insight
Aug 8, 2019
(tasrul@miraeasset.co.id)

IHSG Daily, 6,204.4(+1.38%), consolidation, trading range 6,163 – 6,221. Indikator MFI optimized dan indikator W%R  optimized masih cenderung naik. Sementara pada periode weekly indikator MFI optimized  dan indikator RSI optimized masih akan menguji support trendline. Dailysupport di 6,163 dan resistance di 6,221. Cut loss level di 6,160.

SMRA Daily, 1,245 (-2.81%), trading buy, trading range 1,180 – 1,245. indikator MFI optimized dan indikator W%R optimized masih cenderung naik secara umum. Daily support  1,180 dan resistance di 1,245. Cut loss level  di  1,180.

PWON Weekly, 700(+0.0%), trading buy, trading range 680– 710. Indikator MFI optimized dan W%R optimized masih cenderung bergerak naik. Weekly  support  di  680 sementara itu weekly resistance  di 710. Cut loss level  di  650.

CTRA Daily , 1,180 (-3.67%), trading buy, trading range 1,170 – 1,230. Indikator MFI indkator masih cenderung naik…

Analisa Saham UNTR dan WEGE

1. PT United Tractors Tbk (UNTR)
Daily (Rp22.800) (RoE: 18,32%; PER: 7,67x; EPS: 3013,58; PBV: 1,42x; Beta: 0,86). Terlihat  bullish homing pigeon candlestick pattern  yang mengindikasikan adanya potensi stimulus beli pada pergerakan harga saham. "Akumulasi Beli" pada kisaran Rp22.700-22.900, dengan target harga secara bertahap di level Rp23.875 dan 24.575. Support: Rp22.000.

2. PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE)
Daily (Rp328) (RoE: 13,65%; EPS: 32,32; PER: 10,09x; PBV: 1,37x; Beta: N/A). Pergerakan harga masih bertahan di atas garis bawah  bollinger  dan terlihat pola  upward bar  yang mengindikasikan adanya potensi stimulus beli. "Akumulasi Beli" pada kisaran Rp322-328, dengan target harga secara bertahap di level Rp338 dan 350. Support: Rp314 dan 304.

PT Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama

Analisa Saham UNVR dan CAMP

1. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

Pada perdagangan Rabu (7/8) ditutup pada level Rp 44.825 atau menguat Rp 500. Secara teknikal, candle terbentuk two white soldiers mengindikasikan bullish. Indikator stochastic uptrend dan volume menunjukkan tren pembelian meningkat.

Rekomendasi: Buy dengan target harga Rp 45.850 dan stoploss kurang dari Rp 44.500.

2. PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP)

Pada perdagangan Rabu (7/8) ditutup pada level Rp 575 atau menguat Rp 25. Secara teknikal, candle terbentuk two white soldiers mengindikasikan bullish. Indikator stochastic downtrend dan volume menunjukkan tren pembelian meningkat.

Rekomendasi: Buy dengan target harga Rp 635 dan stoploss kurang dari Rp 560.

Analis Profindo Sekuritas Indonesia Dimas W. P. Pratama

Analisa Saham PPRO dan PTPP

1. PT PP Properti Tbk (PPRO)
Daily (Rp106) (RoE: 5,31%; PER: 20,62x; EPS: 5,14; PBV: 1,10x; Beta: 2,1). Terlihat pola  upward bar  yang mengindikasikan adanya potensi stimulus beli pada pergerakan harga saham. "Akumulasi Beli" pada kisaran Rp104-107, dengan target harga secara bertahap secara bertahap di level Rp115, 122, 148, 174 dan 200. Support: Rp95.

2. PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP)
Daily (Rp1.860) (RoE: 4,38%; PER: 15,87x; EPS: 117,22; PBV: 0,70x; Beta: 1,74). Terlihat pola  upward bar  yang mengindikasikan adanya potensi stimulus beli pada pergerakan harga saham. "Akumulasi Beli" pada kisaran Rp1.790-1.870, dengan target harga secara bertahap di level Rp1.920, 2.080, 2.290, 2.770 dan 3.250. Support: Rp1.700.

PT Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama

Rekomendasi Saham Tetra | 8 Agustus 2019

Secara teknikal kemarin index tertahan di key support 6114 dan ditutup di area 6119.  Potensi penguatan hari ini bisa terjadi namun perlu dicermati bahwa upper shadow yang terbentuk kemarin di area 6157-6119 (sekitar 38 point) menjadi semacam signal masih adanya tekanan jual dari bear. Bila kemarin candle berbentuk  WHITE/GREEN HAMMER maka peluang technical rebound akan semakin tinggi.

3 sektor yang kemarin mengamali rejection support dan bentuk bull candle dapat diperhatikan hari ini : INFRASTRUCTURE, PROPERTY (nyaris bentuk hammer sempurna) dan BASIC IND (spinning top dengan mereject area MA50).

Selain itu MINING dapat diperhatikan karena walaupun sudah dibawah key trend tapi candlenya membentuk WHITE HAMMER. Khusus untuk FINANCE karene membentuk DOJI candle tanda keraguan mutlak dapat wait and see terlebih dahulu, terlebih kemarin asing banyak lakukan penjualan massif.

Tone dan Manner perdagangan hari ini  :  Tertahan Area Support 6114, IHSG Potensi Rebound dengan 4 Sektor Bentuk …

Analisa Saham EXCL dan BBRI

1. PT XL Axiata Tbk (EXCL)

Pada perdagangan Rabu (7/8) ditutup pada level Rp 3.300 atau menguat Rp 160. Secara teknikal, candle terbentuk three inside up mengindikasikan rebound. Indikator stochastic bersiap golden cross dan volume menunjukkan tren pembelian meningkat.

Rekomendasi: Sell on strength pada level Rp 3.380.

2. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)

Pada perdagangan Rabu (7/8) ditutup pada level Rp 4.250 atau menguat Rp 150. Secara teknikal, candle terbentuk morning doji star mengindikasikan rebound. Indikator stochastic bersiap golden cross dan volume menunjukkan tren pembelian meningkat.

Rekomendasi: Buy dengan target harga Rp 4.450 dan stoploss kurang dari Rp 4.200

Profindo Sekuritas Indonesia Dimas W. P. Pratama

Analisa Saham SMRA, UNVR dan INDF

SMRA (Buy) : Target kenaikan harga pada level 1.290 kemudian 1.325 dengan support di level 1.200, cut loss jika break 1.150.
UNVR (Buy) : Target kenaikan harga pada level 44.950 kemudian 45.600 dengan support di level 43.750, cut loss jika break 43.200.
INDF (Buy) : Target kenaikan harga pada level 7.125 kemudian 7.200 dengan support di level 6.975, cut loss jika break 6.900.

Full report bisa diakses di : https://r.ipot.id/?g=r/t/3c7l9i

Analisa Saham ASII dan HMSP

1. PT Astra International Tbk (ASII)
Daily (Rp6.725) (RoE: 10,78%; PER: 14,05x; EPS: 484,10; PBV: 1,51x; Beta: 1,54). Terlihat pola  bullish inverted hammer candle  yang mengindikasikan adanya potensi stimulus beli pada pergerakan harga saham. "Akumulasi Beli" pada kisaran Rp6.700-6.750, dengan target harga secara bertahap di level Rp6.900, 7.000 dan 7.600. Support: Rp6.600 dan 6.500.

2. PT HM Sampoerna Tbk (HMSP),
Daily (Rp2.900) (RoE: 42,49%; PER: 24,91x; EPS: 116,42; PBV: 10,58x; Beta: 0,85). Pergerakan harga masih bertahan di atas garis bawah  bollinger  dan terlihat  morning star candlestick pattern  yang mengindikasikan adanya potensi stimulus beli. "Akumulasi Beli" pada kisaran Rp2.850-2.910, dengan target harga secara bertahap di level Rp3.000 dan 3.160. Support: Rp2.750.

PT Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama

Analisa Saham MTDL dan ICBP

1. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL)

Pada perdagangan Rabu (7/8) ditutup pada level Rp 1.265 atau menguat Rp 90. Secara teknikal, candle terbentuk morning star mengindikasikan bullish. Indikator stochastic golden cross dan volume menunjukkan tren pembelian meningkat.

Rekomendasi: Sell on strength pada level Rp 1.310.

2. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)

Pada perdagangan Rabu (7/8) ditutup pada level Rp 11.225 atau menguat Rp 450. Secara teknikal, pola terbentuk break out triangle mengindikasikan bullish. Indikator stochastic netral di area upper dan volume menunjukkan tren pembelian meningkat.

Rekomendasi: Buy dengan target harga Rp 12.850 dan stoploss kurang dari Rp 11.000.

Profindo Sekuritas Indonesia Dimas W. P. Pratama

Rekomendasi Saham Reliance Sekuritas | 8 Agustus 2019

Ipotnews - Pada perdagangan hari ini, laju Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) diperkirakan mengalami kontinuasi kenaikan, setelah kemarin mampu bergerak rebound dan berakhir menguat sebesar 1,38 persen ke level 6.204.
Menurut analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk, Lanjar Nafi, secara teknikal, laju IHSG mampu berbalik ke level psikologis 6.200 dan kembali menguji level Moving Average 200-Day (MA-200). Indikator Stochastic dan RSI berada di area jenuh jual yang berpotensi ke level resistance MA-200 hingga MA-50.
"Saat ini pergerakan IHSG seakan menutup gap yang terbentuk pada Selasa (6/8). Sehingga, kami memproyeksikan laju IHSG akan melanjutkan penguatan dengan rentang pergerakan di level 6.155 dan 6.250," kata Lanjar, di Jakarta, Kamis (8/8).
Dia menyebutkan, pada perdagangan kemarin bursa saham di Asia bergerak variatif, dengan penurunan indeks Nikkei (-0,33 persen) dan Shanghai (-0,41 persen), sedangkan penguatan terjadi pada indeks Topix (+0,05 persen) dan Hang S…