Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April 16, 2019

Saham BRIS | PT IKI FOKUS RAMPUNGKAN KAPAL TERAS PESANAN BRI

IQPlus, (16/04) - PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Makassar kini fokus merampungkan kapal teras pesanan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang diharapkan bisa beroperasi mulai Agustus 2019
Direktur Utama PT IKI Edy Widarto di Makassar, Selasa, mengatakan kapal teras BRI ini akan dilengkapi berbagai fasilitas layaknya bank seperti mesin ATM, brankas dan teller juga disiapkan guna melayani masyarakat khususnya di kawasan timur Indonesia (KTI).
"Pengerjaanya sudah kita mulai dan kami targetkan bisa rampung pada Agustus nanti," katanya.
Kapal yang tengah dalam pengerjaan ini sendiri melengkapi dua kapal teras BRI yang lebih dulu beroperasi di Kepulauan Seribu dan Labuan Bajo. Termasuk rencana penambahan satu kapal di Kepulauan Riau.
Ia menjelaskan kapal teras BRI yang merupakan bank terapung atau berjalan ini sengaja dihadirkan untuk menjangkau dan melayani masyarakat yang belum memiliki akses ke perbankan atau di lokasinya belum terdapat bank.
Untuk ukurannya sendiri, kata dia, …

Saham SRTG | SARATOGA INVESTAMA BERNIAT BUYBACK 20 JUTA SAHAM

IQPlus, (16/04) - PT Saratoga Investama Tbk (SRTG) berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham yang akan dikeluarkannya dengan jumlah saham yang akan dibeli sebanyak-banyaknya 0,737% atau 20 juta lembar saham.
Menurut keterangan perseroan Selasa menyebutkan, pembelian kembali saham ini akan dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diadakan pada 22 Mei 2019.
Biaya yag akan dikeluarkan dalam pelaksanaan pembelian kembali saham adalah sebanyak-banyaknya sekitar Rp110 miliar termasuk biaya perantara pedagang efek dan biaya lainnya.
Adapun pertimbangan utama perseroan dalam melakukan pembelian kembali saham adalah sehubungan dengan pelaksanaan Program Insentif Jangka Panjang kepada karyawan perseroan. Selain itu, perseroan memandang bahwa harga saham saat ini belum mencerminkan kinerja perseroan sesungguhnya. 
Pembelian kembali saham dilakukan baik melalui bursa maupun di luar bisa dan perseroan akan menunjuk PT Mahak…

Saham BSDE | PRESKOM BSDE LEPAS SAHAM SENILAI Rp9 MILIAR

IQPlus, (16/04) - Muktar Widjaja, Presiden Komisaris PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) melepas sebagian kepemilikan sahamnya di perusahaan properti tersebut.
Menurut keterangan yang diperoleh Selasa disebutkan, Muktar melepas sebanyak 6.290.700 saham dengan harga Rp1.464 per lembar atau total mencapai senilai Rp9.209.584.800.
Pelepasan dilakukan pada periode 4-5 April 2019 dan 8-9 April 2019 sehingga kepemilikan Muktar Widjaja berkurang dari sebelumnya 67.690.700 saham menjadi 61.400.000 saham. (end)

Saham INCO | PRODUKSI TRIWULAN I INCO 13 RIBU TON

IQPlus, (16/04) - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) melaporkan produksi mencapai 13 ribu metrik ton (t) nikel dalam matte di triwulan pertama tahun 2019.
Menurut keterangan perseroan Selasa disebutkan, produksi triwulan pertama tahun 2019 lebih rendah sekitar 36% dibandingkan produksi triwulan empat 2018 karena disebabkan adanya kombinasi aktivitas pemeliharaan yang telah direncanakan terkait dengan Laoran Canal Relining, shutdown pabrik dan masalah di tanur listrik yang tidak terencana.
Nico Kanter, CEO dan presiden direktur perseroan mengatakan sebagai akibat dari kejadian ini maka perseroan telah merevisi target produksi 2019 ke kisaran 70 ribu-72 ribu ton. (end)

Saham BNGA | RUPST CIMB NIAGA SETUJUI RENCANA SHARE BUYBACK

IQPlus, (16/04) - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) atau CIMB Niaga menyetujui rencana pembelian kembali saham CIMBA Niaga atau share buyback dari pemegang saham publik. Pembelian itu sebanyak-banyaknya 20 juta saham dengan biaya sebesar-besarnya Rp25 miliar. 
"Hasil pembelian kembali saham akan digunakan untuk memenuhi ketentuan POJK No. 45/POJK.03/2015, yaitu guna pemberian remunerasi yang bersifat variabel kepada pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai Material Risk Taker (MRT)," kata Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan, Selasa.
Selain keputusan tersebut, dalam RUPST juga dilaporkan mengenai rencana aksi keuangan berkelanjutan di 2019-2023 yang telah disampaikan kepada OJK sesuai POJK No. 51/POJK.03/2017. Rencana itu adalah rencana kegiatan jangka pendek satu tahun dan jangka panjang lima tahun yang menjadi prioritas dalam rangka menerapkan keuangan berkelanjutan. 
"Rencana tersebut disusun dengan tetap memperhatikan…

Saham TBIG | Tower Bersama (TBIG) Bersiap Merilis Surat Utang Global US$ 850 Juta

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) kembali berencana mencari pendanaan. Perusahaan ini berniat merilis surat utang global atau notes sebanyak-banyaknya US$ 850 juta.
Notes bakal diterbitkan melalui anak usahanya, TBG Global Pte Ltd. Rencananya, TBIG akan menggunakan notes setara sekitar Rp 12 triliun ini untuk pelunasan utang. Notes ini memiliki kupon 8% per tahun dan memiliki tenor hingga 2029.
Per 31 Desember 2018, TBIG memiliki pinjaman total senilai Rp 23 triliun. Nilai ini terdiri dari sejumlah pinjaman, salah satunya pinjaman senilai US$ 1 miliar dari ANZ Bank dan sejumlah lembaga keuangan lainnya. Pinjaman ini diperoleh pada November 2014 dan telah diperbarui dan dinyatakan ulang pada 6 november 2015.
Direktur Keuangan TBIG Helmy Yusman Santoso mengatakan, pihaknya belum memiliki jadwal yang pasti kapan notes tersebut bakal diterbitkan. Adapun keterbukaan informasi terkait notes tersebut hanya untuk mempermudah proses jika notes diterbitkan nant…

Saham AALI | Astra Agro Kerek Kapasitas Produksi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Agro Lestari Tbk melanjutkan ekspansi bisnisnya pada tahun ini. Anak usaha Grup Astra itu mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun 2019 di kisaran Rp 1,6 triliun hingga Rp 1,7 triliun.
Dana belanja modal tersebut tak jauh berbeda daripada alokasi 2018. "Belanja Astra Agro tidak menurun drastis," ujar Direktur Utama PT Astra Agro Lestari Tbk, Santosa.
Manajemen Astra Agro berencana menggunakan sebagian besar dana belanja modal digunakan untuk mendukung program pemeliharaan tanaman yang belum menghasilkan. Hingga saat ini, tercatat ada 17.000 hingga 20.000 hektare (ha) tanaman yang perlu dikelola oleh Astra Agro.
Selain pemeliharaan tanaman, emiten berkode saham AALI di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu akan memanfaatkan dana belanja modal untuk memperkuat infrastruktur seperti jalan, jembatan dan peralatan operasional.
"Tentu sumber belanja modal kami yang paling utama adalah internal cash flow," terang Santo…

Saham MASA | Multisrada (MASA) Akan Gelar Tender Offer Rp 843 per Saham

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selangkah lagi, Compagnie Gnrale Des Etablissements Michelin akan menjadi pengendali penuh atas saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA). Produsen ban asal Prancis ini harus menggelar tender offer wajib atas sisa saham MASA yang diakuisisi.
Berdasarkan prospektus ringkas yang diperoleh KONTAN (15/4), Michelin bakal membeli 1,14 miliar saham MASA atau setara 12,41% atas modal ditempatkan dan disetor penuh. Tender offer ini untuk melengkapi jumlah 87,59% saham yang telah digenggam pada 6 Maret lalu senilai Rp 6,78 triliun.
Harga tender offer ini sebesar Rp 843 per saham, sehingga total nilai pembeliannya Rp 961,04 miliar. Periode penawarannya akan berlangsung dari 15 April 2019 hingga 15 Mei 2019.
Michelin membeli saham MASA dari Pieter Tanuri dan PT Central Sole Agency yang sebelumnya merupakan pengendali MASA. Sebagian juga dibeli dari pemegang saham utama lainnya, yakni Windsor Investment Fund Ltd. Harga akuisisi sama seperti tender offer, Rp 843 per saham…

Saham PTRO | PTRO Optimistis Pertumbuhan Bisnis Terus Berlanjut

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manajemen PT Petrosea Tbk mengharapkan mampu melanjutkan tren kinerja positif pada tahun ini. Anak usaha PT Indika Energy Tbk (INDY) yang bergerak di bidang jasa pertambangan ini berhasil membukukan laba bersih sebesar US$ 22,96 juta pada tahun lalu. Jumlah ini melonjak 97,42% ketimbang tahun sebelumnya sebesar US$ 11,63 juta.
Head of Corporate Communication PT Indika Energy Tbk, Leonardus Herwindo mengatakan, melesatnya laba bersih emiten berkode saham PTRO ini lantaran mereka mengantongi pendapatan usaha yang juga tumbuh 48,57% dari US$ 313,48 juta pada 2017 menjadi US$ 465,74 juta di sepanjang 2018.
"Pencapaian ini di antaranya berasal dari kontribusi lini bisnis kontrak pertambangan yang meningkat 54,45% dari US$ 171,27 juta pada 2017 menjadi US$ 264,52 juta di tahun 2018," ungkap dia, Senin (15/4).
Leonardus mengaku, peningkatan kinerja keuangan tersebut sejalan dengan meningkatnya kinerja operasional. Sepanjang tahun lalu, volume pemindahan lap…

Saham JSMR | Jasa Marga Terbitkan KIK-Dinfra, Simak Prospeknya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) resmi mencatatkan instrumen investasi anyar bertajuk dana investasi infrastruktur berbentuk kontrak kolektif atau istilah kerennya KIK-Dinfra, Senin (15/4). Perusahaan milik negara ini menggandeng PT Mandiri Manajemen Investasi (MMI) untuk menerbitkan produk bertajuk KIK Dinfra MJPT-001.
Ini menjadi pencatatan perdana instrumen Kik-Dinfra di Bursa Efek Indonesia (BEI). Target dana yang ditetapkan MJPT-001 sebanyak Rp 1 triliun. Hingga kini, dana yang sudah terhimpun Rp 423 miliar. Dari total dana tersebut, mayoritas atau sekitar 60% merupakan investor ritel.
Direktur Utama PT Mandiri Manajemen Investasi (MMI) Alvin Pattisahusiwa mengatakan, dana yang terkumpul akan gunakan untuk berinvestasi pada aset infrastuktur, yaitu membeli saham PT Jasamarga Pandaan Tol yang memiliki ruas jalan tol Gempol-Pandaan. Ini merupakan salah satu anak perusahaan JSMR.
Karena itu, underlying asset dari MJPT-001 ini akan terbagi dua. Yakni sekitar 51% beru…

Analisa Saham CTRA, WTON dan INTP

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Technical Insight (Apr 16, 2019) (tasrul@miraeasset.co.id)
IHSG Daily, 6,435.15 (+0.46%), consolidation. Trading  range 6,401 – 6,459. indikator MFI optimized dan indicator RSI optimized akan masih cenderung naik. Pada periode weekly ,indikator MFI optimized  dan indikator RSI optimized mulai bergerak naik . Daily resistance terdekat di 6,459 dan support di 6,401. Cut loss level di 6,393.
CTRA Daily, 1,135 (+1.5 %),trading buy, trading range 1,110 – 1,160. indikator MFI optimized dan RSI optimized masih cenderung naik. Daily support 1,110 dan resistance di 1,160. Cut loss level di 1,080.

WTON Daily, 625 (+3.31%), trading buy, 605 –630. indikator MFI optimized dan W%R optimized masih cenderung naik. Daily support  605 dan resistance di 630. Cut loss level di 550.

INTP Daily, 20,975 (-0.59%), trading buy, trading range 20,526– 21,300. Indikator MFI optimized  dan indkator RSI optimized akan menguji support trendline. Dengan demikian diperkirakan potensi …

Analisa Saham JPFA | Rebound?

Analisa Saham JPFA Koreksi saham JPFA mulai tertahan di area support level 1685. Terbuka peluang bagi saham ini untuk mengalami reversal dengan membentuk pola double bottom, apabila mampu melewati resistance 1870. Indikator teknikal MACD bergerak mendatar dan telah golden cross, mengindikasikan bahwa saham ini mulai mengalami reversal. Apabila dapat melewati 1870, terbuka peluang bagi JPFA untuk rebound menuju target dikisaran 2055 hingga 2140.
Rekomendasi: Spekulasi Buy. Batasi resiko jika kembali turun dan gagal bertahan di 1685.

by StepTrader

Analisa Saham SGRO | Following the pattern

SGRO: Following the pattern Sejalan dengan penurunan harga CPO global, harga jual rata-rata CPO SGRO juga mencatatkan penurunan sebesar 11,7% YoY di 2018. DItengah penurunan harga jual, volume penjualan hanya mencatatkan pertumbuhan sebesar 7% YoY dan membawa pendapatan di 2018 tercatat turun sebesar 11,3% YoY. Berdasarkan kinerja di 2018, kami merevisi turun outlook kinerja SGRO dimana pendapatan dan laba bersih direvisi turun sebesar 7,4% dan 82,5% di 2019. Kami memperkirakan kinerja SGRO akan bertumbuh terbatas disebabkan oleh 1) harga jual CPO yang masih cenderung turun sampai 1Q19, dan 2) beban keuangan yang tinggi seiring kenaikan net gearing ratio. Meski demikian, faktor lain seperti 1) potensi perbaikan harga CPO global di 2H19 dan 2) realisasi persediaan di 2019 yang lebih baik akan mampu menjadi katalis positif bagi kinerja SGRO kedepannya. Sejalan dengan hal ini, kami mempertahankan rekomendasi HOLD untuk SGRO namun menurunkan target harga ke Rp2.100 (implied PB 1,01x di 2…

Analisa Saham ACES | Buy On Weakness

ACES Daily : Buy on Weakness
Dari hasil optimasi pada indikator RSI Optimized terlihat potensi koreksi masih terlihat namun mulai terbatas. Sementara indikator MFI Optimized masih cenderung naik. Support berikutnya sekitar level 1,705-1,710 dengan resistance terdekat di 1,780


by Tasrul Tanar

Analisa Saham BBTN dan INCO

BBTN– BUY Harga membentuk candlestick bullish sehingga aksi beli dapat dilakukan di level Rp2,400 dengan target keuntungan di level Rp2,530.
INCO – BUY Harga diperkirakan dapat melakukan penguatan pada hari ini sehingga aksi beli dapat dilakukan di level Rp3,350 dengan target keuntungan di level Rp3,590.


by UOBKH

Analisa Saham ISAT, HMSP dan PWON

ISAT (Buy) : Target kenaikan harga pada level 2.900 kemudian 3.070 dengan support di level 2.560, cut loss jika break 2.390.

HMSP (Buy) : Target kenaikan harga pada level 3.690 kemudian 3.730 dengan support di level 3.560, cut loss jika break 3.470.

PWON (Buy) : Target kenaikan harga pada  level 760 kemudian 790 dengan support di level 700, cut loss jika break 670.

Full report bisa diakses di : IPOT