google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Saham | BKSL | 16 Juli 2017 Langsung ke konten utama

Analisa Saham | BKSL | 16 Juli 2017

BKSL termasuk yang paling ramai ditanyakan setelah BUMI dan ARTI. Waktu itu saya jawab BKSL akan mempertahankan level 70 sebagai support, di bawah itu kita akui kekalahan dan cut loss. Tapi hari ini, kita menang. Cheers!

Jadi sebenarnya mengapa saya banyak membahas saham ini, sich? Padahal banyak saham properti lain yang lebih bagus seperti BSDE SMRA, dan sisanya Anda isi sendiri. Well, ini berhubungan dengan personal interest dan belief. Saya hanya melihat bagaimana BKSL pernah berada di harga 800 di tahun 2007 dan sekarang menjadi di bawah 100. Simply put, BKSL yang dulu terkenal dengan kerja lambat saja pernah berada di harga atas, hal itu menggambarkan bahwa jika sudah trennya, maka saham apa pun bisa dijadikan “bintang” di pasar, BKSL hanya salah satunya. Mau contoh lain? Oke, saha legendaris saya ASRI pernah berada di harga 50 pada tahun 2008, dan naik sampai 1130 di tahun 2013.

See? Pada saat itu, siapa yang terpikir di masa depan kedua saham contoh ini bisa di harga seperti sekarang?

Nah, kembali ke BKSL. Pada tahun 2015 kita mengalami pelemahan ekonomi global, di saat bersamaan bos BKSL ditangkap karena sebuah kasus. Hal ini memberikan gambaran BKSL seperti habis jatuh tertimpa tangga jatuh ke sumur, dan sampailah harga BKSL di 52 per lembar!

Saat itu, saya pun dengan rendah hati mengakui bahwa saya pikir BKSL sudah selesai di pasar. Tapi saya masih terus mencari berita, berita, dan berita. Sampai akhirnya saya menemukan berita yang menarik dari BKSL yaitu perombakan direksi, LRT, AEON Mall, dan akuisisi lahan.

Mari kita bahas dari beritanya dulu:

Perombakan direksi, secara sederhana bertujuan menarik kembali rasa percaya investor karena direksi yang sebelumnya sudah “mencoreng” nama perusahaan. Dengan digantinya direksi baru, diharapkan kinerjanya lebih baik, dan “corengan” yang ditinggalkan direksi sebelumnya dapat dibersihkan. Direksi baru juga diharapkan dapat memberikan performa yang berbeda karena prinsipnya beda tangan, beda hasil.

LRT, walaupun tidak berpengaruh secara langsung namun karena rencana salah satu stasiun LRT akan ditempatkan di Sentul City maka Sentul City akan memiliki infrastruktur. Wilayah yang dilalui infrastruktur akan meningkatkan harga properti dan tanah di daerah tersebut. Ini yang membuat orang-orang mulai merlihat ada harapan di BKSL.

AEON Mall, mall bernuansa Jepang yang luarrrrr biasa ramainya (di Serpong, dan saya sering berkunjung ke sana hanya untuk makan sushi hehehehe). Karena 2 berita sebelumnya sudah memberikan harapan, maka yang ini menguatkan harapan investor. Katakanlah nanti ternyata infrastruktur tidak berjalan sesuai harapan, namun AEON Mall jadi didirikan di Sentul City (dan kabarnya memang jadi) maka nanti mall ini diharapkan akan ikut ramai mengikuti AEON Mall di Serpong. Jika ramai, secara tidak langsung efeknya akan mirip dengan infrastruktur. Mengapa? Karena jika sebuah tempat ramai dikunjungi, perlahan tapi pasti akan menghasilkan awareness terhadap tempat tersebut dan daerah sekitarnya. Hal ini, jika terjadi juga akan membuat peroperti Sentul City menjadi dilirik oleh investor properti dan perlahan-lahan harganya akan meningkat.

Last but not least, akuisisi lahan. Bagi saya aksi ini masih misteri namun pasti ada tujuannya. Yang jelas lahan akuisisi ini tidak mungkin jadi lahan kosong untuk main bola, sehingga dalam jangka panjang pasti akan pembangunan di lahan-lahan ini. Dengan mengandalkan berita akuisisi lahan saja, kita dapat simpulkan bahwa BKSL lebih pantas dijadikan saham pilihan untuk jangka panjang.

Sekarang kita masuk fundamental BKSL.

Dikarenakan laporan keuangan Q1 kurang bagus, maka Book Value (BV) BKSL menjadi agak rendah sekitar 130 (data RTI Business). Namun harga pasar masih di bawah BV, sehingga saham ini masih termasuk murah.

Price to Book Value (PBV) BKSL menjadi yang paling menarik bagi saya, karena sudah di bawah 1x. Ya, PBV BKSL sekarang berada di 0.4x, so, tetap termasuk murah.

Untuk rasio yang lain saya kurang perhatikan, saya menggunakan metode yang sama di atas dengan yang saya gunakan saat menilai fundamental DOID dan KBLI. Sejauh ini cukup akurat, maka saya pakai 2 ini saja.

Prospek teknikal.

BKSL saat ini sudah menembus 3 resistance, 75, 80, dan 90. Sehingga saat ulasan ini dibuat, BKSL saya analisa sedang mempertahankan 90 sebagai new support. Bagi yang belum beli, ada baiknya Anda tunggu di harga ini, atau tawar lebih murah di 87. Semoga dapat. Bagi yang sudah punya di harga 70-an, you can take profit or let your profit grows a bit more.

Bandarmology.

Loh pak Will bisa bandarmology?”

Bisa donk

Secara bandarmology BKSL sudah ada yang menarik terutama sejak bulan November dan tanggal 11 Juli 2017.

Menarik buat saya, karena investor lokal yang membandari BKSL, bukan asing. Bisa saja investor asing datang belakangan mungkin juga tidak, tergantung minat masing-masing bandar.

Mari kita bahas yang tanggal 11 Juli 2017 saja. Terlihat ada broker FS yang mengumpulkan BKSL sampai dengan 3.2 juta lot! Disusul broker BQ dengan pembelian mencapai 3 juta lot! Sedangkan seller terbesar hanya sampai 2.5 juta lot. Belum sebanding sehingga dengan dominasi dari aksi beli, bisa dikatakan bahwa terdapat akumulasi yang cukup besar di saham BKSL.

Note: Selama akumulasi terus berlanjut, Anda bisa ikuti pergerakan BKSL, namun jika sudah tidak ada akumulasi dan berbalik menjadi distribusi, Anda bisa mulai berhenti mengikuti pergerakan BKSL kecuali Anda bermaksud investasi di saham ini. Karena seperti yang tadi saya bahas di awal, semua yang dilakukan BKSL akan membawa perubahan dalam jangka panjang sehingga efeknya baru terasa setelah beberapa tahun.

Kemarin, di LINE@ ada yang bertanya pada saya, mungkinkah BKSL ke 300? Jawabannya tidak ada yang tidak mungkin. Saham seperti AGRO yang berada di 80-an saja sekarang jadi 700-an, bagi saya BKSL bisa berada di harga berapa saja. Yang penting kita harus tetap disiplin, jangan serakah, dan jangan lupa bersyukur jika sudah untung.

Akhir dari ulasan ini.

Kesimpulan:

Saat ini Anda yang membeli BKSL dan saya sedang sama-sama senang. Namun perlu ingat untuk tetap disiplin, BKSL memasuki uptrend namun pasti akan ada masa koreksi. Perhatikan momen-momen tersebut untuk trading. Silakan hold jika tujuan Anda jangka panjang.Laporan keuangan Q2 BKSL masih belum rilis. Jika hasilnya positif maka akan ada rally lanjutan. Namun tetap ada potensi yang terjadi adalah sebaliknya. Tetap ter-update dengan laporan keuangan dan berita perusahaan.

by William Hartanto

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr