Langsung ke konten utama

Rekomendasi Saham Mirae Asset Sekuritas | AKRA, LSIP, PGAS


Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (7 Januari, 2020)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Hariyanto Wijaya, CFA, CPA (Aust), CMT (hariyanto.wijaya@miraeasset.co.id)
IHSG turun -1.04% pada hari Senin didukung oleh mode risk-off investor domestik seiring dengan meningkatnya ketegangan AS-Iran. Investor asing tampaknya tidak panik terlihat dari penjualan bersih asing yang hanya sebesar IDR48miliar kemarin. Kami berharap IHSG akan diperdagangkan naik hari ini karena menurutnya kekhawatiran akan ketegangan Timur Tengah dan kami memperkirakan fenomena January effect akan terjadi.

Indeks AS rebound di sesi perdagangan sore seiring dengan memudarnya suasana risk-off yang dipicu oleh ketegangan geopolitik di Timur Tengah. IHS Markit PMI menunjukkan bahwa sektor jasa AS berkembang pada kecepatan yang lebih cepat dari yang diperkirakan pada bulan Desember. Para pejabat tinggi China berencana untuk mengunjungi Washington untuk menandatangani perjanjian "fase satu" pada 15 Januari. Harga emas COMEX naik 1% menjadi USD1,568.20/ons, mencapai yang tertinggi enam tahun.


Market Indicator
JCI: 6,257.40 (-1.04%)
EIDO: 25.62 (+0.16%)
DJIA: 28,703.38 (+0.24%)
FTSE100: 7,575.34 (-0.62%)
USD/IDR: 13,944 (+0.10%)
10yr GB yield: 7.10% (7bps)
Oil Price: 63.27 (+0.35%)
Foreign net purchase: -IDR48.4bn 

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141) 
TOP BUY: TBIG, MDKA, BMRI, BNLI, ANTM
TOP SELL: BBCA, LPPF, ASII, PWON, WIKA

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102) 
BMRI, BBRI, MDKA, BBCA, TLKM


Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers 
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

Actual   Forecast  Previous
Markit Composite PMI (Dec) US 52.7 52.2 52.0 
Services PMI (Dec) US 52.8 52.2 51.6

*CCSI +0.7%. PT Communication Cable Systems Indonesia Tbk (CCSI) berencana memulai pengerjaan proyek fiber optic  submarine clable  (Proyek FO Submarine) tahun ini. 
*JPFA +2.2%.Japfa Ltd, salah satu pengendali saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), segera menggalang dana melalui penawaran umum terbatas atau non-underwritten rights issue dengan target hingga Sin$ 93,5 juta atau sekitar Rp 962 miliar. Aksi ini dipercaya meningkatkan fleksibilitas keuangan perseroan secara grup demi peluang pertumbuhan bisnis yang potensial. 
*TINS +1.2%. PT Timah Tbk sedang melakukan proses assessment alias penilaian wilayah soal penjajakan kerjasama dengan perusahaan tambang asal Tanzania, State Mining Corporation (Stamico). 
*ANTM +4.1%. Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau emas Antam kembali melonjak Rp 9.000 menjadi Rp 783 ribu per gram, pada perdagangan Senin (6/1/2020). Sebelumnya, harga emas Antam dipatok Rp 774 ribu per gram. 
*ELSA +4.4%, PTRO +1.8%. Harga minyak masih melanjutkan kenaikan 1.6% menjadi USD64.08
*SMKL -4.8%. SMKL memperkirakan penurunan penjualan sebesar 4% dibanding tahun sebelumnya. Salah satu sentimen negatif yang menyeret kinerja SMKL adalah adanya agenda pemilihan umum (pemilu) yang berlangsung di paruh pertama tahun 2019 lalu.


Technical Insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG Daily, 6,257.4 (-1.04%), consolidation, trading range 6,245 – 6,292. indikator MFI optimized ,indikator RSI optimized dan indikator W%R optimized masih cenderung turun .Sementara itu pada periode weekly indikator MFI optimized ,indikator W%R optimized dan indikator RSI optimized juga masih bergerak turun. Daily support di 6,245 dan daily resistance di 6,292. Cut loss level di 6,240.

*AKRA Daily, 3,640 (-3.96%) buy on weakness, trading range 3,560 – 3,740. Indikator MFI optimized, indikator W%R optimized, indikator RSI optimized masih bergerak turun namun sudah berada di oversold area. Daily support  di 3,560 sementara itu daily resistance 3,740. Cut loss level  di 3,630.

*LSIP Daily, 1,370(-4.53%), buy on weakness,trading range 1,350 1,420. indikator MFI optimized  , indikator W%R optimized dan RSI optimized masih cenderung bergerak turun. Daily support  di 1,350 sementara itu daily resistance  di 1,420. Cut loss level  di 1,320.

*PGAS Daily, 2,150(-0.46%) trading buy, trading range 2,130 –  2,190. Indikator MFI optimized,, indikator W%R optimized masih cenderung bergerak naik dan indikator RSI optimized akan menguji support trend line. Perkiraan daily support di 2,130 dan daily resistance di 2,190.Cut loss level di 2,080.


Daily write up
Weekly commodity alerts - An auspicious start of the year by Andy Wibowo Gunawan (andy.wibowo@miraeasset.co.id) 

- Kami memperkirakan bahwa harga minyak WTI akan terus menguat karen perkiraan permintaan minyak AS yang lebih tinggi untuk minggu ini. Kami juga optimis bahwa harga batubara global akan menguat perkiraan naiknya penggunaan batubara di 6 PLTU utama di China.

- Kami memperkirakan bahwa harga nikel global akan diperdagangkan mix mengingat katalis dua sisi di pasar nikel global. Sementara itu, kami optimis bahwa harga timah global menguat karena CPI YoY Desember China yang lebih tinggi dan juga perkiraan pasokan timah LME yang lebih rendah untuk minggu ini.

- Kami mencatat bahwa harga emas global melonjak hingga USD1.552,2/troy karena meningkatnya ketegangan geopolitik antara AS dan Iran. Ketegangan ini dimulai pekan lalu setelah AS membunuh jenderal militer Iran (Qasem Soleimani) di Baghdad. AS mengklaim bahwa Soelaimi bertanggung jawab atas kematian jutaan orang. Kami percaya bahwa konflik AS-Iran akan menjadi risiko kenaikan terhadap harga emas global di tengah perkiraan mix untuk rilis data AS untuk minggu ini.

- Kami mencatat bahwa Malaysia akan merilis data produksi, ekspor, dan pasokan CPO untuk bulan Desember minggu ini. Kami berharap bahwa produksi CPO Malaysia bulan Desember akan lebih rendah dari bulan sebelumnya, mungkin menimbulkan risiko kenaikan harga CPO global untuk minggu ini.

(See full report: http://bit.ly/36uui5b )

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX
Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri.

Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut:
Tanaman Pangan BISI International Tbk

Perkebunan Astra Agro Lestari TbkBW Plantation TbkGozco Plantations TbkJaya Agra Wattie TbkMulti Agro Gemilang Plantation TbkProvident Agro TbkPP London Sumatra TbkSalim Ivomas Pratama TbkSampoerna Agro TbkSMART TbkTunas Baru Lampung TbkBakrie Sumatra Plantations Tbk

Peternakan Cipendawa Tbk…

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik GarisBar Chart/Grafik BatangCandlestick Chart/Grafik Lilin Grafik Line Chart hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara Bar Chart dan Candlestick Chart hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya pribadi selalu menggunakan candlestick chart di platform trading yang sa…

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham. 
Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah.
Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham
Buyer Versus Seller
Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontrol, dan pihak m…