Langsung ke konten utama

Mau Investasi Saham? Pertimbangkan Hal-hal Berikut Dulu


Kondisi bursa efek mengalami pasang surut setiap waktu yang otomatis mempengaruhi pergerakan harga saham. Dalam beberapa bulan lalu, misalnya, harga saham benar-benar anjlok karena pandemi Covid-19. Kondisi ini membuat para investor mengalami panic selling demi meminimalisir kerugian.

Namun, saat ini bursa efek perlahan-lahan telah mengalami recovery yang dibuktikan dengan harga saham yang perlahan-lahan kembali seperti di awal. Lantas, apakah sekarang adalah saat yang tepat untuk terjun ke dunia investasi? 

Sebelum memutuskannya, berikut beberapa hal yang mesti dipertimbangkan sebelum investasi saham. Yuk, disimak satu per satu saja.

1. Perhatikan perkembangan harga saham di IHSG

ndeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selalu bergerak, terkadang mengalami kenaikan dan terkadang penurunan. Beberapa hari lalu buktinya, IHSG menurun sebesar 3% yang membuat harga saham ikut menurun. Itu sebabnya kenapa kamu wajib memperhatikan perkembangan IHSG setiap harinya.

Tidak perlu setiap menit, yang pasti kamu menyisihkan waktu untuk membaca berita. Sebab, berita atau informasi yang tersebar di media cukup berpengaruh terhadap harga saham. Terlebih lagi kalau informasinya seputar politik dan kebijakan terbaru.

Dengan mengetahui perkembangan harganya, kamu bisa memutuskan apakah tetap hold atau sell saham milikmu.

2. Kurun waktu penggunaan dana

Jika dalam waktu dekat ini kamu harus membayar biaya kontrak rumah, misalnya, lebih baik jangan investasi saham karena terlalu berisiko. Kalau harganya turun, kamu harus menunda membayar kontrakan. Miris, kan?

Lumayan kalau masih punya tabungan untuk mengcover kerugian saham, kalau tidak? Lebih baik investasikan ke instrumen yang risikonya lebih rendah, seperti deposito atau P2P Lending yang tenor penyimpanannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika pemakaian dananya 3,5 bulan lagi, setidaknya kamu masih bisa didepositokan selama 3 bulan. Lumayan, kamu bisa dapat untung.

3. Status pekerjaan masih kontrak

Status kepegawaian juga penting diperhatikan. Sebab, terlalu berisiko kalau kamu mau berinvestasi saham saat status masih karyawan kontrak. Bukannya mengharapkan yang tidak baik, tapi perusahaan bisa memecat mu sewaktu-waktu saat kondisi perekonomian memburuk.

Boleh investasi saham, tapi jangan investasikan semuanya. Seandainya dipecat, kamu masih punya simpanan untuk membiayai hidup sebelum mendapatkan pekerjaan baru.

Di sisi lain, pilihlah saham yang likuiditasnya tinggi, saham-saham terbaik seperti LQ45. Harganya jauh lebih mahal dibandingkan “saham gorengan”, tapi lebih terjamin dan bisa bikin hati tenang.

4. Jumlah penghasilan pas-pasan

Berapapun penghasilanmu, mau itu sebatas UMR atau lebih tinggi sedikit, sebenarnya tetap bisa investasi. Hanya saja, banyak yang harus kamu korbankan agar alokasi dana untuk investasi terpenuhi setiap bulan. Kamu harus cut uang makan, transportasi, listrik, dan lainnya demi investasi.

Memang harus ada yang dikorbankan, tapi apakah kamu sanggup? Jika kamu sudah berusaha hidup hemat, tapi sisa gaji tidak memungkinkan untuk investasi, sebaiknya tunda dulu investasi saham. Alihkan ke investasi lain yang kira-kira sesuai dengan kondisi keuanganmu, seperti obligasi atau reksa dana.

Baik obligasi maupun reksa dana, modal awalnya cukup terjangkau, yaitu Rp 500.000. Tingkat risikonya juga lebih rendah daripada saham, jadi akan lebih menguntungkan untukmu.

5. Produk investasi terlalu berisiko untukmu

Jika kamu tipikal investor konservatif, yang belum siap rugi, sebaiknya jangan investasi saham. Saham terlalu berisiko, harganya juga fluktuatif, bisa dipastikan kamu tidak akan siap menerima segala kemungkinan yang terjadi pada produk investasi yang satu ini. 

Awalnya, kamu mungkin fine-fine saja merugi, tapi 6 bulan berikutnya pasti jadi jera dan ingin menjual semua saham yang sempat dibeli. Sikap seperti ini tentunya menambah jumlah kerugian yang dialami, terutama kalau harga saham belum sempat mengalami kenaikan.

Memang, pasar saham akan mengalami bounce back dalam beberapa waktu ke depan. Tapi, waktunya tidak bisa dipastikan. Apakah kamu sabar menunggu sampai waktu ini datang? 

6. Waktu yang terbatas

Jika kamu adalah salah satu orang sibuk, maka investasi saham bukan produk yang cocok untukmu. Harga saham berubah setiap waktu. Ketika kamu tidak ada waktu untuk mengamati perubahan ini, pengelolaan portofolio investasi sudah pasti tidak maksimal yang mengakibatkan perolehan return menjadi kurang maksimal pula.

Saat harga saham naik, kamu malah tidak menjualnya. Sedangkan saat harga turun, kamu malah menggebu-gebu menjual saham karena takut harganya semakin turun tanpa terlebih dahulu memperhatikan analisis fundamentalnya.

Sebagai gantinya, investasikan uangmu ke deposito, reksa dana, obligasi, emas, maupun P2P Lending. Kamu tidak perlu mengamati fluktuasi harganya setiap hari karena uangmu dikelola oleh perusahaan atau manajer investasi.

Meminimalisir Kerugian dengan Lebih Berhati-hati Investasi Saham

Saham termasuk produk investasi yang bisa membuat investor kaya dan miskin dalam sekejap. Maka dari itu, berhati-hatilah membeli saham suatu perusahaan. Perhatikan laporan keuangan perusahaan terlebih dahulu guna menghindari kerugian di masa yang akan datang. 

sumber : cermati


Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online


Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

LEPAS SAHAM BBYB, YELLOW BRICK KANTONGI DANA Rp641,25 MILIAR.

Yellow Brick Enterprise Ltd telah melepas sebagian saham PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) miliknya. Hal itu terlihat dalam laporan kepemilikan saham BBYB, yang dipublikasikan, Kamis (2/12). Dalam laporan BBYB, disebutkan bahwa Yellow Brick Enterprise Ltd telah melepas total sebanyak 346.621.622 lembar saham BBYB. Penjualan saham tersebut dilakukan secara bertahap atau sebanyak tiga kali tepatnya, mulai tanggal 23 November, 26 November dan 29 November 2021. "Saham BBYB di lepada oleh Yellow Brick Enterprise Ltd di level Rp1.850 per lembar sahamnya,"tulis Manajemen BBYB. Dengan demikian dapat diasumsikan Yellow Brick Enterprise Ltd telah mengantongi dana sekitar Rp641,25 miliar dari penjualan saham BBYB tersebut. Pasca penjualan saham, kepemilikan saham Yellow Brick Enterprise Ltd di BBYB berkurang menjadi sejumlah 485.218.961 lembar saham 6,47%, dari sebanyak 831.840.583 lembar saham atau sekitar 11,1%. (end/as) sumber :  IQPLUS Lebih lengkapnya silahkan klik : Saham Online

Analisa Saham PTBA | 3 Desember 2021

Saham PTBA Setelah berhasil breakout dari resistance pola falling wedge pattern dan mencapai targetnya di 2760, saham PTBA berpeluang melanjutkan reli penguatannya. Indikator teknikal MACD yang telah golden cross dan bersiap cross up ke atas centreline mengindikasikan bahwa saham ini mulai mendapatkan momentum positif, sehingga berpeluang melanjutkan penguatannya menuju target-target selanjutnya. Rekomendasi : Hold & let your profit run. Ikutin terus dan cek update teknikal selanjutnya untuk target berikutnya dan trailing stopnya di member area. Disclaimer ON sumber :  steptrader Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online