google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Ini Wanita di Balik Sukses Local.id yang Produknya Sering Sold Out Sekejap Langsung ke konten utama

Ini Wanita di Balik Sukses Local.id yang Produknya Sering Sold Out Sekejap


Brand Local.id, tentu sudah tak asing lagi bagi pecinta fashion tanah air. Setiap produk terbaru yang dikeluarkan oleh Local.id selalu ludes dalam hitungan menit.

Local.id tidak hanya menjual hijab, tetapi juga menjual busana, sepatu, tas dan juga fashion items lainnya. Ialah Nadya Rosmalina pendiri brand Local.id, yang menceritakan awal mula terjun ke dunia bisnis sejak masih di bangku kuliah.

"Karena dari kecil keluargaku itu sudah berdagang. Jadi pas aku kuliah mulai coba-coba jualan di Instagram. Dan hasilnya bukan hanya untuk kebutuhan aku saja. Tetapi keinginan juga terpenuhi. Dan akhirnya aku memilih untuk menjadi pengusaha. Dan nggak kepikiran buat mencari kerja lagi," kata Nadya saat webinar bersama Wardah, Special World Hijab Day, yang bertajuk How to Star The Hijab Business, Selasa (2/1/2021).

Mulai bisnis dari apa yang kita suka, itu adalah kunci yang ditanamkan oleh Nadya Rosmalina. Menurutnya dengan melakukan hal itu akan membuat semangat dalam membangun bisnis.

"Kalau aku bagaimana caranya kita melakukannya dengan happy. Apa yang kita suka itu maka kita akan semakin happy menjalaninya,"ujarnya.

Sebelum memulai bisnis Local.id, Nadya sempat berjualan perlengkapan dekorasi pesta bersama dengan suaminya, Dimas Mairyan. Keduanya berjualan melalui Instagram. Dari berjualan perlengkapan pesta itulah dia mendapatkan modal untuk membangun online shop fashion miliknya sekarang.

"Aku jualan balon dan kue. Suami aku jualan giftnya. Kita kumpulin uang sekitar Rp 30 juta. Kita beli bahan, lalu kita bagi dua ada yang buat produksi dan promosi," rincinya.

Awal mula Local.id, Nadya menuturkan jika ia mulai merintis usahanya dari bawah. Ia berusaha mengikuti alur promosi yang sedang happening lewat Instagram Shoutout For Shoutout (SFS), yaitu saling mempromosikan sesama online shop di Instagram.

"Awal berdiri tahun 2014, waktu itu zamannya SFS dan endorse. Jadi aku jalanin aja pakai cara itu, biar orang banyak melihat kenal dan tahu produk kita. Dulu selebgram masih gratis. Sekarang yang masih berjalan endorse selebgram dan ads dari Instagram," jelas ibu dua anak ini.


Suka dan duka membangun bisnis

Pemilik brand yang mempuyai tagline Women's Trully Sweetheart ini pun merasakan jatuh bangun saat memulai bisnis. Mulai dari rugi besar hingga masalah produksi pernah dialaminya.

"Aku selama ini menjalaninya happy-happy aja ya. Mungkin pernah bermasalah rugi besar dalam masalah produksi. Tapi karena memang dari awal, itu bukan masalah besar itu hanyalah bumbu-bubu dalam bisnis. Aku nggak menyebutkannya sebagai duka," tambahnya.

Wanita yang sudah mempunyai pengikut lebih dari 34 ribu di Instagram itu mengatakan selama ini di masyarakat sudah terbentuk paradigma bahwa ketika membangun usaha itu banyak susah dan bisa bangkrut. Namun dia tidak mau teracuni paradigma tersebut.

"Aku nggak jadiin itu sebagai paradigma untuk mindset aku. Pokoknnya kita jalani saja. Kita nggak mesti sama dengan yang bangkrut. Kita ikhtiarkan dan bawa happy aja. Takutnya paradigma itu yang membuat generasi milenial nggak ingin memulai usaha,"tegas Nadya.

Nadya pun mengenang saat dia mulai usaha. Dia sendiri yang membungkus seluruh paket. Saat pesanan mulai banyak, dia memberdayakan tetangganya untuk menjadi karyawan. Hingga karyawannya di Local.id terus bertambah.

Selajutnya, di tengah gempuran bisnis hijab dan fashion muslim yang kian menjamur. Nadya dan didukung oleh suaminya, lantas tak ragu dan terus meneruskan langkahnya untuk membangun Local.id. Nadya pun mengungkapkan perbedaan produk yang ia keluarkan dengan merek lainnya.

"Cara pembedanya itu banyak sadari produk, branding dan komunikasi ke audience. Menurut aku pembeda itu hanya di luar. Pembeda yang kita fokusin itu perlu, aku fokusin ke kualitas produk. Karena dengan itu kita bisa tetap bertahan. Karena orang akan nagih lagi untuk beli. Kita nggak usah sibuk akuisisi Followers baru, tetapi kita aktivasi dengan Followers lama bagaimana mereka akan setia membeli karena kualitas kita," tutur Nadya sambil tersenyum.

Desain produk online shopnya yang kekinian, Nadya megatakan jika ia bekerja sama dengan timnya selalu melihat tren pasar yang sedang berkembang saat ini. Tren tersebut kemudian dikembangkan kembali oleh timnya.

Nadya mengaku selalu melakukan riset apa yang sedang tren dan dibutuhkan oleh wanita muslimah. Dan juga melakukan pengembangan produk, kegunaan dan modifikasi produk secara mendalam. Dia selalu memposisikan dirinya sebagai pelanggan. "Jangan cuma aku suka produknya. Karena fungsinya kurang. Aku nggak bakal produksi produk seperti itu," ujarnya.

aris manis di tengah pandemi

Seluruh sektor usaha mengalami penurunan selama masa pandemi. Itu juga yang dirasakan oleh Nadya. Saat awal pandemi, ia sampai menahan produksi. Akan tetapi ia tetap optimis dan kerja kerasnya pun berbuah manis.

"Kita maju dan analisa data dari yang masuk ke website kok tetap banyak yang membeli. Akhirnya kita melanjutkan produksi. Kita malah mengalami peningkatan selama pandemi. Percaya ngak percaya sih, yang tadinya kita takut akan menurun," pungkas pemilik online shop yang produknya sering sold out dalam lima menit itu.


sumber : wolipop

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Money Flow Index | Penggunaan dan Setting Indikator MFI

Apa itu Money Flow Index (MFI)? Money Flow Index (MFI) adalah osilator teknis yang menggunakan harga dan volume untuk mengidentifikasi kondisi jenuh beli atau jenuh jual dalam aset. Hal ini juga dapat digunakan untuk melihat divergensi yang memperingatkan perubahan tren harga. Osilator bergerak antara 0 dan 100. Tidak seperti osilator konvensional seperti Relative Strength Index (RSI) , Money Flow Index menggabungkan data harga dan volume, sebagai lawan dari harga yang adil. Untuk alasan ini, beberapa analis menyebut MFI sebagai "the volume-weighted RSI". Money Flow Index pada Indonesia Composite Kunci dalam Memahami Indikator MFI Indikator biasanya dihitung menggunakan 14 periode data. Pembacaan MFI di atas 80 dianggap overbought dan pembacaan MFI di bawah 20 dianggap oversold. Overbought dan oversold tidak selalu berarti harga akan berbalik, hanya saja harga mendekati tinggi atau rendah dari kisaran harga terbaru. Pembuat indeks, Gene Quong dan Avru...

Mengenal Indikator ADX | Indikator Kekuatan Trend

Perdagangan pada arah tren yang kuat mengurangi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan. Average Directional Index (ADX) digunakan untuk menentukan kapan harga sedang tren kuat. Dalam banyak kasus, ini adalah indikator tren utama. Bagaimanapun, tren adalah mungkin teman Anda, tentu menyenangkan untuk mengetahui siapa teman Anda. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang ADX sebagai indikator kekuatan tren. Memahami Indikator ADX ADX digunakan untuk mengukur kekuatan tren. Perhitungan ADX didasarkan pada Moving Average dari ekspansi kisaran harga selama periode waktu tertentu. Pengaturan standarnya adalah 14 bar, meskipun periode waktu lain dapat digunakan. ADX dapat digunakan pada kendaraan perdagangan apa saja seperti saham, reksadana, dana yang diperdagangkan di bursa dan futures. ADX diplot sebagai garis tunggal dengan nilai-nilai mulai dari yang rendah dari nol sampai yang tinggi dari 100. ADX adalah non-directional; itu mencatat kekuatan tren apakah harga sedang t...

PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur Tbk (GOLD) Catat Pendapatan Rp35,64 Miliar Hingga September 2022

PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur Tbk (GOLD) mencatat pendapatan Rp35,64 miliar hingga periode 30 September 2022 naik dari pendapatan Rp32,97 miliar di periode yang sama tahun sebelumnya. Laporan keuangan perseroan Rabu menyebutkan, beban pokok pendapatan naik menjadi Rp13,29 miliar dari Rp11,91 miliar dan laba kotor naik menjadi Rp22,34 miliar dari laba kotor Rp21,06 miliar tahun sebelumnya. Beban usaha naik menjadi Rp7,58 miliar dari Rp6,90 miliar membuat laba operasi naik tipis menjadi Rp14,76 miliar dari laba operasi Rp14,16 miliar tahun sebelumnya. Laba sebelum pajak menjadi Rp13,93 miliar naik dari laba sebelum pajak Rp13,17 miliar dan laba bersih yang diatribusikan ke pemilik entitas induk mencapai Rp13,14 miliar naik dari laba bersih Rp12,24 miliar tahun sebelumnya. Jumlah liabilitas mencapai Rp41,41 miliar hingga periode 30 September 2022 naik dari jumlah liabilitas Rp34,44 miliar hingga periode 31 Desember 2021 dan jumlah aset mencapai Rp394,69 miliar hingga periode 30 Se...