google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo SAHAM LAPORAN KEUANGAN BAGUS, TETAPI HARGA TURUN : BAGAIMANA? Langsung ke konten utama

SAHAM LAPORAN KEUANGAN BAGUS, TETAPI HARGA TURUN : BAGAIMANA?

SAHAM LAPORAN KEUANGAN BAGUS, TETAPI HARGA TURUN

Pada akhir Juli ini musimnya laporan keuangan triwulan kedua tahun ini dikeluarkan oleh semua emiten saham. Dan harga saham dari emiten tersebut bereaksi terhadap laporan keuangan triwulan tersebut.


Ada yang pergerakkan sahamnya bergerak dan ada yang tidak bergerak. Dan yang menjadi hal yang sangat membingungkan adalah, KENAPA SAHAM LAPORANNYA BAGUS, AKAN TETAPI HARGA TIDAK NAIK?



Sebelum menjelaskan alasan tersebut, mari kita lihat apa saja yang dilihat dari sebuah laporan keuangan.

Bagian paling penting dari sebuah laporan keuangan adalah perkembangan SALES REVENUE, NET INCOME, EQUITY, ROE, dan DEBT. Bagian-bagian penting inilah yang dirasa bisa memberikan katalis pergerakkan harga jika semakin meningkat dibandingkan dari tahun lalu di periode yang sama.

SALES REVENUE ini indikator utama untuk mengetahui apakah emiten tersebut mendapatkan source of incomenya semakin meningkat? Jika meningkat, maka ini sebagai indikator awal bahwa emiten tersebut berkembang. SALES REVENUE ini dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama dan perbedaannya biasanya dalam bentuk persentase.

NET INCOME ini adalah indikator yang SANGAT PENTING, dimana kita dapat melihat keefektifan management emiten tersebut untuk mendapatkan keuntungan dari sales yang didapatkan. NET INCOME dibandingkan tahun lalu di periode yang sama dimana JIKA lebih tinggi maka kita menjadi lebih yakin bahwa emiten tersebut bisnis nya sedang berkembang dan semakin menguntungkan.

EQUITY ini adalah indkator yang tidak kalah penting juga karena kita bisa melihat equitas atau nilai dari perusahaan tersebut berdasarkan asset-asset yang dimilikinya. EQUITY ini dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama juga. JIKA lebih tinggi maka kita bisa menjadi lebih yakin lagi bahwa emiten ini semakin berkembang.

ROE (Return On Equity) ini adalah indikator utama dimana kita bisa melihat tingkat keefisensian dari management emiten tersebut mengelola asset dan liabilitiesnya untuk mendapatkan profit. Paling bagus ROE ini berkembang juga atau paling tidak tetap. karena jika lebih besar dari tahun lalu, maka bisa disimpulkan management lebih efisien mengelola asset dan liabilitiesnya.

DEBT atau hutang adalah indikator penunjang untuk dasar justifikasi kita menilai apakah emiten ini dalam mendapatkan sales revenue dari hutang atau asset yang dimiliki. Jika memang dari hutang, apakah setara dengan profit yang didapatkan? kemudian apakah hutangnya terlalu besar?

Inilah parameter-parameter penting yang perlu dilihat untuk melihat pertumbhuan bisnis dari suatu emiten. Semakin berkembang, harga saham dari emiten tersebut juga biasanya bereaksi.

Namun, ada hal yang membingungkan yakni ketika harga saham tersebut stagnan atau stabil akan tetapi Laporan Keuangannya yang dikeluarkan bagus. Apa yang terjadi?

Inilah yang yang membingungkan dimana biasanya ada saham yang memiliki LK terbarunya bagus atau semakin membaik, akan tetapi tidak diikuti oleh pergerakkan harganya.

Lho? memang ada? Yeap… kita menemukan beberapa saham memiliki kondisi seperti ini. Apa saja? ini dia…

Saham ADHI

LK terbarunya memiliki  
Sales Revenue: First Half 2017 = 5.185 T Rupiah vs First Half 2016 = 3.131 T Rupiah
Net Income: First Half 2017 = 131 Milyar Rupiah vs Firsth Half 2016 = 105 Milyar Rupiah
Equity: First Half 2017 = 5474 Milyar Rupiah vs 5184 Milyar Rupiah
ROE (Sampai dengan first half saja) : First Half 2017 = 2.3% vs First Half 2016 = 2.1%
DER (Debt to equity ratio) : First Half 2017 = 3.2x vs First Half 2016 = 2.56x

Secara overall, Fundamental Saham ADHI bagus dan terlihat menjanjikan dari sisi business performancenya
Bagaimanakah yang bisa kita lihat dari pergerakkan harganya?
Harga sedang berkonsolidasi dan tidak menunjukkan kecenderungan bergerak saat ini. Kemudian dari volume transaksi tidak terlihat adanya kenaikkan yang significant.Momentum pergerakkan harga cenderung stagnan dan sedikit menunjukkan penguatan.  Jadi saat ini belum terlihat ada yang “menggerakkan” harga.
Yang didapatkan dari saham ADHI ini, walaupun laporan keuangan membaik, akan tetapi belum terlihat adanya kehadiran pihak yang bisa menggerakkan pasar dimana hal ini terlihat dari volume transaksi belum ada peningkatan yang berarti.

Saham BNLI

LK terbarunya memiliki  
Sales Revenue: First Half 2017 = 6512 Milyar Rupiah vs First Half 2016 = 8082 Milyar Rupiah
Net Income: First Half 2017 = 621 Milyar Rupiah vs Firsth Half 2016 = -857 Milyar Rupiah
Equity: First Half 2017 = 21428 Milyar Rupiah vs 23058 Milyar Rupiah
ROE (Sampai dengan first half saja) : First Half 2017 = 2.9% vs First Half 2016 = -3.7%
DER (Debt to equity ratio) : Untuk Bank tidak bisa dilihat.

Secara overall, Fundamental Saham BNLI menunjukkan perkembangan yang baik terlihat dari keberhasilan dari management Bank Permata untuk mengefisiensikan kegiatan operationalnya sehingga menghasilkan net income yang naik significant di tahun 2017 dimana pada tahun 2016 pihak Bank Permata justru mencetak kerugian.
Bagaimana dengan pergerakkan harganya?
Harga cenderung bergerak didalam area konsolidasi atau sideways yang panjang. kemudian telrihat dari volume transaksi juga masih belum ada peningkatan dan justru malah mengecil. Hal ini mengindikasikan belum adanya kehadiran penggerak harga untuk saham ini.

Yang didapatkan dari saham BNLI ini adalah, walaupun fundamental bisnis dari Bank Permata ini membaik (berhasil mengefisiensikan operasional perusahaan), ternyata masih belum dianggap sangat baik oleh para pelaku pasar sampai dengan saat ini, karena jika dilihat lebih lanjut, pihak-pihak yang bisa “menggerakkan” harga saat ini belum hadir dimana hal ini terlihat dari volume transaksi belum ada peningkatan.

Saham PNBS 

LK terbarunya memiliki  
Sales Revenue: First Half 2017 = 400 Milyar Rupiah vs First Half 2016 = 343 Milyar Rupiah
Net Income: First Half 2017 = 15 Milyar Rupiah vs Firsth Half 2016 = 10 Milyar Rupiah
Equity: First Half 2017 = 1235 Milyar Rupiah vs 1167 Milyar Rupiah
ROE (Sampai dengan first half saja) : First Half 2017 = 1.2% vs First Half 2016 = 0.9%
DER (Debt to equity ratio) : Untuk Bank tidak bisa dilihat.

Secara overall, Fundamental Saham PNBS menunjukkan perkembangan yang baik terlihat dari keberhasilan dari management Bank Permata untuk meningkatkan net income sebesar 50% dari 2016 di periode yang sama. Kemudian timbal balik bisnis yang dilihat dari ROE menunjukkan peningkatan di periode yang sama.
Bagaimana dengan pergerakkan harganya?
Harga bergerak melemah dengan Volume yang sangat tinggi di beberapa hari terakhir ketika harga jatuh sangat dalam, kemudian terlihat juga momentum yang semakin menguat untuk membantu harga bergerak melemah lebih dalam lagi.

Yang didapatkan dari saham PNBS ini adalah, walaupun fundamental bisnis dari Bank Panin Syariah ini pada umumnya membaik dan bahkan berhasil mencetak kenaikkan laba 50% dibandingkan tahun lalu di periode yang sama, ternyata masih belum dianggap baik oleh para pelaku pasar dan justru pelaku pasar “menggerakkan” harga lebih dalam lagi. Hal ini terlihat dari volume transaksi yang terbentuk ketika harga jatuh sangat dalam ini.

KESIMPULAN


Apa yang bisa diambil dari ketiga contoh diatas?

Kita bisa melihat bahwa apapun yang terjadi pada underlying business dari suatu emiten   belum tentu ada yang meresponse positif jika laporan keuangan dari suatu emiten tersebut baik. Begitu juga dengan sebaliknya.

Semua ini sebenarnya ketergantungan dengan si “penggerak” harga sangat besar dengan alasan si “penggerak” harga ini memiliki informasi yang lebih baik dan lebih banyak yang tidak semua investor atau pelaku pasar miliki.

Sehingga dari contoh sample ini bisa dibuktikan bahwa harga suatu saham bisa bergerak dikarenakan adanya penggerak harga. Yaitu dengan melihat volume transaksi yang terjadi terutama pada saat harga bergerak. Jika ada volume transaksi yang eksplosif, maka disitulah si penggerak ini hadir diantara para investor lainnya dengan maksud untuk menggerakkan harga saham.

Aryo Moerdo Setioputro | TemanTrader

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit