google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 12 Desember 2017 Langsung ke konten utama

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 12 Desember 2017

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (Des 12, 2017)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Darmawan Halim (darmawan.halim@miraeasset.co.id)
Pasar saham AS terus menunjukkan kekuatannya karena investor menaruh harapan tinggi pada kenaikan suku bunga Fed minggu ini dan juga rekonsiliasi reformasi pajak sebelum Natal,  pasar modal bahkan malah mengabaikan ledakan di New York. Harga minyak Brent naik menjadi hampir USD65/bbl, tertinggi sejak Jun-15 karena penutupan pipa milik Forties di Inggris. Sementara itu, pasar domestik masih berfluktuasi mencari arah mengingat kurangnya katalis.

Market Indicator
JCI: 6,026.63 (-0.07%)
EIDO: 27.11 (+0.07%)
DJIA: 24,386.03 (+0.23%)
FTSE100: 7,453.48 (+0.80%)
USD/IDR: 13,552 (+0.01%)
10yr GB yield: 6.53% (-3bps)
Oil Price: 57.99 (+1.10%)
Foreign net purchase: -IDR300.4bn

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141)
TOP BUY: BBRI, BBNI, INDY, MAPI, HMSP
TOP SELL: LPKR, UNTR, TLKM, BDMN, MNCN

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102)
BUMI, BBRI, TLKM, LPKR, BBNI

Technical insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG Daily, 6,055(-0.072%), test resistance at 6,055, trading range hari ini  6,012 – 6,055.  IHSG masih coba  naik lebih lanjut mendekati center line namun rawan koreksi .  Hal ini mengingat indikator MFI optimized naik terbatas, indikator RSI optimized dan indikator Stochastic %D optimized cenderung turun. Pada Bollinger Band optimized harga akan coba bertahan sekitar center line.  Sementara itu pada Figure 3 pada periode weekly ,indikator MFI optimized masih cenderung naik, indikator RSI optimized dan indikator stochastic %D optimized  relative flat.  Daily resistance di 6,055 dan daily support di 6,012. Cut loss level di 5,987.
*MEDC Daily, 855 (+2.38%),trading buy, trading range 840 – 875 indikator MFI optimized, indikator RSI  optimized dan indikator Stochastic % akan akan menguji support trend line dengan kecenderungan menguat. Sementara itu harga pada indikator Bollinger Band optimized akan coba bertahan diatas center line. Pada pergerakkan daily harga saat ini naik ke level +0.588 % , normal kenaikkan +2.38 %. Sementara itu pada pergerakkan weekly harga naik ke level +0.588%, normal kenaikkan sekitar +7.29 %. Dengan demikian potensi koreksi relatif terbatas dengan kecenderungan menguat. Daily dan weekly support di 840 dan 800. Cut loss level di 810.
*INDS Weekly, 1,255 (-3.831%), trading buy, trading range 1,220 -1,360. Indikator MFI optimized, indikator W%R optimized dan indikator Stochastic %D optimized sudah berada sekitar support trend line. Disisi lain pada indikator Bollinger Band optimized  harga akan coba bertahan dan tembus center line. Lebih lanjut potensi koreksi normal harga pada pergerakkan daily sekitar -1.95%, saat ini di level -3.83 %. Sementara itu pada pergerakkan weekly koreksi normal sekitar -3.10 % saat ini harga di level -3,831%. Dengan demikian potensi koreksi mulai tertahan. Weekly resistance di 1,360 dengan catatan daily resistance 1,320 dapat ditembus. Sementara itu daily dan weekly support di 1,230 dan 1,220. Cut loss level di 1,220.
*JSMR Weekly, 6,400 (-0.389%), trading buy, trading range 6,225 – 6,550. indikator MFI optimized dan indikator RSI Optimized optimized cenderung naik, sementara itu indikator Stochastic %R optimized akan menguji support trend line. Pada indikator Bollinger Band optimized  harga akan coba naik diatas BBBottom. Dengan demikian diperkirakan potensi kenaikkan masih terlihat . Perkiraan daily resistance di 6,450 dan weekly resistance di 6,550. Daily support di 6,295 dan weekly support di 6,225. Cut loss level di 6,150.

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

*A.S lowongan pekerjaan turun menjadi 5,99 juta di bulan Oktober dari 6,18 juta

*BJTM +0.7%. Bank Jatim spin off unit syariah Juni 2018
*MCAS +1.4%. MCAS catat penjualan Rp 1.1 triliun dalam 11 bulan.
*SRIL +1.4%. Sri Rejeki Isman akan akuisisi perusahaan tekstil
*PGAS -1.4%. PGAS berkomitmen untuk memperluas pendistribusian gas Bumi.
*BJBR -3.0%. Bank BJB Bidik Pertumbuhan Kredit 12%
*INAF -6.8%. Bursa Efek Indonesia (BEI) mecermati pola transaksi saham PT Indofarma Tbk (INAF) karena mengalami peningkatan harga dan aktivitas yang diluar kebiasaan (UMA).
*PTBA -1.1%. Bukit Asam bidik pertumbuhan produksi 10%-15%

Daily write up
Telecommunication - FY18 outlook: A changing competitive landscape by Giovanni Dustin (giovanni@miraeasset.co.id)
- 1H18: Prepaid sim registration could lead to soft top-line growth - registrasi ini dapat menghambat pertumbuhan topline operator dalam waktu dekat, mengingat bahwa 1) proses registrasi yang membingungkan bisa menghentikan kebiasaan membeli churner dalam jangka pendek, dan 2) operator akan menjaga harga tetap rendah untuk mempertahankan basis pelanggan mereka menjelang batas akhir waktu pendaftaran.
- 2H18: Competition to intensify in the mid/low-end segment - Kemenangan Hutchison dalam lelang spektrum 2,100MHz kemungkinan akan mendorong perusahaan untuk memperluas basis pelanggannya di Jawa dengan lebih agresif. Kami melihat risiko yang lebih tinggi dari perang harga yang berkepanjangan dalam persaingan untuk pangsa pasar Java, yang bisa menurunkan data yield dan menunda monetisasi data.
- Kami reiterate Overweight call kami di sektor telco, walaupun kami menyadari risiko persaingan yang semakin tinggi dan monetisasi data yang lebih lambat dari perkiraan. Telekomunikasi Indonesia (TLKM/Buy/TP: IDR5.000) tetap menjadi pilihan kami di sektor telco, karena landscape persaingan akan menjadi lebih menguntungkan bagi incumbent. Selain itu, kami upgrade call XL Axiata (EXCL) dari Hold ke Trading Buy, dengan mempertahankan TP kami: IDR3,450, karena penurunan harga saham akhir-akhir ini.

<Market Headlines>

WTON meraih kontrak baru IDR5tr (Kontan)
PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) membukukan nilai kontrak baru sebesar IDR5tr hingga November 2017.

Produksi sawit 2017 melonjak 15.8% (Kontan)
Didukung cuaca baik, Gapki optimis produksi CPO sampai akhir tahun 2017 akan mencapai target yakni sebesar 36.5mn ton.

PP optimistis arus kas operasi akan mencapai IDR1,7 triliun (Investor Daily)
PT PP Tbk (PTPP) optimistis arus kas operasi mencapai IDR1,7 triliun di tahun 2017 dari Rp986 miliar pada 2016.

AGII siapkan capex IDR250bn (Bisnis Indonesia)
AGII menyiapkan belanja modal IDR200bn-IDR250bn pada tahun depan yang ditujukan untuk menambah terminal pengisian di sejumlah lokasi

HOKI siap expansi (Bisnis Indonesia)
Bisnis beras dalam kemasan yang kian menantang tidak menyurutkan langkat Buyung Poetra Sembada untuk melebarkan sayap bisnis dengan menyiapkan ekspansi baru guna mengantisipasi pertumbuhan permintaan di masa mendatang.

(Kompas)
Utamakan Penggunaan Mata Uang Lokal
Pelindo Bentuk Anak Usaha Bidang Investasi
Beras Medium Sulit Diperoleh: Menjelang Akhir Tahun, Harga Sejumlah Bahan Kebutuhan Pokok Merangkak Naik
Dorong Aplikasi Lokal: Jaringan Australia-Indonesia-Singapura Dibangun
Layanan Publik Lebih Efisien: Program Padat Karya Dimulai Awal 2018
Industri Kecil Menengah Bisa Bermitra

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit