Langsung ke konten utama

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 8 Januari 2018

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia

Market Review 08 Januari 2018
(Investment Information Team,  Mirae Asset Sekuritas Indonesia)

IHSG menguat 31 poin (+0.49%) ke level 6,385.404 pada perdagangan hari ini. Tercatat 242 saham menguat dan 137 saham melemah. Sektor-sektor ditutup hampir semua di zona positif, penguatan sektor tertinggi di sektor mining (+2.56%) hari ini, disusul sektor agri menguat sebesar 1.22%, sedangkan sektor  basic-industry (-0.86%) yang ditutup di zona negatif. Investor asing mencatatkan transaksi net buy sejumlah Rp 270 miliar di seluruh Pasar pada perdagangan hari ini. US Dollar melemah 6 poin            (-0.04%) terhadap Rupiah, sehingga Rupiah menguat ke level Rp13,416 terhadap US Dollar di akhir perdagangan.

Advance Stocks:

- EXCL  : Harga saham EXCL ditutup menguat Rp 175 (+6.64%) ke level Rp 3210 pada perdagangan hari ini.
Sepanjang 2018, operator telekomunikasi asal Malaysia ini berencana menambah sekitar 17.000 unit BTS. Penambahan jumlah BTS pada tahun ini akan difokuskan di wilayah-wilayah luar Jawa.

- KICI : Pada penutupan perdagangan hari ini, harga saham KICI menguat Rp 4 (+2.33%) ke level Rp 175.
KICI mencatatkan kenaikan penjualan hingga 20,56%  menjadi Rp 87,9 miliar. Di periode yang sama tahun lalu, perusahaan ini hanya berhasil meraup penjualan sebesar Rp 72,91 miliar.

- DOID : Harga saham DOID ditutup menguat Rp 100 (+12.73%) ke level Rp 885 hari ini. PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) kini sedang mengurus pengembalian izin usaha pertambangan (IUP) milik anak usahanya. Pasalnya, IUP milik dua anak usaha DOID telah berakhir sejak 2014 dan 2016 lalu. Direktur Utama DOID Hadianto Kumala mengatakan, berakhirnya IUP eksplorasi dua anak usaha DOID, PT Pulau Mutiara Persada (PMP) dan PT Banyubiru Sakti (BBS) membuat mereka tak memiliki kegiatan eksplorasi saat ini.
- UNTR : Harga saham UNTR ditutup menguat Rp 275 (+0.77%) ke level Rp 35700 hari ini. Penjualan alat berat PT United Tractors Tbk (UNTR) terus menunjukkan peningkatan. Namun, produksi baru menurun. Mengutip laporan penjualan UNTR bulan November 2017, perusahaan membukukan penjualan alat berat Komatsu pada November 2017 sebanyak 409 unit. Jumlah tersebut meningkat 30,25% dibandingkan bulan sebelumnya. Secara year to date (ytd) November 2017, UNTR telah membukukan penjualan 3.476 unit Komatsu. Jumlah ini meningkat 35% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yaitu hanya 2.002 unit. Penjualan alat berat Komatsu sepanjang November 2017, menjadi penjualan bulanan terbanyak sejak tahun 2016. Sebelumnya, penjualan alat berat UNTR sempat menyentuh angka tertinggi pada Agustus 2017, yakni 350 unit.

Decline Stocks:

- TOPS : harga saham TOPS ditutup melemah Rp 60 (-1.69%) ke level Rp 3470 hari ini. Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) tengah bersiap menggarap proyek transit oriented development (TOD) di tengah tahun ini. Perusahaan yang bergerak di sektor konstruksi tersebut akan mengembangkan kawasan mixed use di Lebak Bulus. Eko Wardoyo, Direktur TOPS menyampaikan, proyek tersebut tengah dalam persiapan. Dalam proyek tersebut, perusahaan ini akan menggandeng Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PD Pembangunan Sarana Jaya selaku pemilik lahan seluas 1,8 hektare (ha) tersebut.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI BERDASARKAN SEKTOR

Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI | IHSG IDX
Daftar perusahaan yang terdaftar di BEI berdasarkan Sektor bisa dilihat di bawah ini. Sekedar untuk informasi, Ada 9 sektor yang mencantumi komponen - komponennya yaitu Pertanian, Pertambangan, Industri Dasar, Aneka Industri, Industri Barang Konsumsi, Properti, Infrastruktur, Keuangan dan Perdagangan dan sektor khusus seperti KOMPAS 100, JII, LQ45, BISNIS 27, PEFINDO 25 dan SRI - KEHATI. Semua emiten yang tercatat di BEI juga tercatat tergantung dengan tipe usahanya dan likuidasinya sendiri.

Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI Daftar perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut:
Tanaman Pangan BISI International Tbk

Perkebunan Astra Agro Lestari TbkBW Plantation TbkGozco Plantations TbkJaya Agra Wattie TbkMulti Agro Gemilang Plantation TbkProvident Agro TbkPP London Sumatra TbkSalim Ivomas Pratama TbkSampoerna Agro TbkSMART TbkTunas Baru Lampung TbkBakrie Sumatra Plantations Tbk

Peternakan Cipendawa Tbk…

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik GarisBar Chart/Grafik BatangCandlestick Chart/Grafik Lilin Grafik Line Chart hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara Bar Chart dan Candlestick Chart hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya pribadi selalu menggunakan candlestick chart di platform trading yang sa…

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham. 
Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah.
Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham
Buyer Versus Seller
Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontrol, dan pihak m…