google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Prospek Saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) Langsung ke konten utama

Prospek Saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia atawa BI 7-day reverse repo rate (BI 7-DRR) yang agresif di paruh pertama tahun ini membuat kinerja PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) cenderung stagnan. Belum lagi penyaluran kredit Bank Danamon cenderung melambat lantaran mulai turunnya porsi kredit mikro.

Berdasarkan laporan keuangan semester I-2018, walau berhasil mencetak kenaikan pendapatan sebesar 0,35% secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi Rp 10,05 triliun, laba bersih BDMN justru terkikis sekitar 1,35% jadi Rp 2,01 triliun.

Alfred Nainggolan, Kepala Riset Koneksi Kapital menjelaskan, kinerja BDMN hingga akhir Juni lalu memang belum mengalami perbaikan yang signifikan. Hal ini berbeda dengan tren perbankan besar lainnya yang menunjukkan kinerja ciamik di enam bulan pertama 2018 lalu.

Hal tersebut juga terlihat dari penyaluran kredit BDMN yang masih lambat. Padahal, bagi perbankan yang masuk kategori BUKU III, kondisi ini cukup memberatkan. Sebagai catatan saja, hingga akhir Juni 2018, total penyaluran kredit mikro bank ini hanya sebesar Rp 4,5 triliun, atau turun 47% dibanding tahun lalu.

Memang kredit mikro BDMN hanya menyumbang 3% dari total penyaluran kredit. Tetapi Alfred melihat, hal tersebut juga tetap berpengaruh negatif pada BDMN. Sebenarnya, Bank Danamon memang berniat menurunkan porsi kredit mikro, karena ingin fokus ke segmen andalannya, yakni non-mass market, seperti usaha kecil dan menengah (UKM), pembiayaan perumahan dan pembiayaan kendaraan bermotor.

Dampak MUFG

Walau kinerja Bank Danamon masih lesu, masuknya The Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ Ltd (MUFG) sebagai penguasa BDMN mampu membuat harga saham perbankan yang satu ini melesat. Kemarin, harga saham BDMN berada di Rp 6.900 per saham. Akhir Juli, BDMN sempat dihargai Rp 6.250 per saham.

MUFG menggenggam 40% saham BDMN sejak 3 Agustus 2018. Alfred berpendapat, peningkatan kepemilikan saham MUFG belum akan berdampak signifikan pada kinerja BDMN. Meski begitu, aksi tersebut cenderung memberi sinyal positif bagi para investor bahwa MUFG yakin prospek BDMN masih positif.

"Selama belum ada penjelasan mengenai strategi dalam mengembangkan usaha secara anorganik, maka aksi tersebut hanya berpengaruh dalam jangka pendek terhadap kenaikan saham BDMN," jelas Alfred, Selasa (7/8).

Tanpa langkah pengembangan bisnis secara anorganik, maka Alfred memperkirakan kinerja BDMN masih mengikuti kondisi sektor perbankan yang cenderung tertekan, akibat adanya kenaikan suku bunga acuan.

Terlebih, rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) Bank Danamon sedikit naik dari 3,2% menjadi 3,3% pada paruh pertama 2018. Posisi margin bunga bersih alias net interest income (NIM) malah susut dari 9,3% per akhir Juni 2017 menjadi 9,2% semester I-2018.

Nah, dengan potensi kenaikan BI 7-DRR yang masih bakal berlanjut, analis menilai Bank Danamon bakal sulit menurunkan NPL.

Dari sisi valuasi, Alfred mencatat, PBV atau price to book value BDMN 1,5 kali. Level ini tergolong mahal karena PBV Bank Negara Indonesia (BBNI) hanya 1,2 kali dan Bank Tabungan Negara BBTN hanya 1 kali. Oleh karena itu, Alfred merekomendasikan sell saham BDMN dengan target harga Rp 5.480 per saham.

Analis Maybank Kim Eng Securities Rahmi Marina juga cenderung pesimistis melihat prospek pertumbuhan laba BDMN. "NPL perusahaan masih berpotensi naik, yang akhirnya mengurangi laba bersih perusahaan, yang kami targetkan Rp 4,3 triliun di akhir 2018," tulisnya dalam riset 1 Agustus lalu. Ia masih menyarankan hold di target harga Rp 6.200 per saham.

Tapi Isfhan Helmy, analis OCBC Sekuritas Indonesia masih memberi rekomendasi beli. Ia mematok target harga Rp 7.650 per saham
http://investasi.kontan.co.id/news/menakar-prospek-saham-bank-danamon-dalam-dekapan-bank-of-tokyo-tokyo-mitsubishi-ufj

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit