google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Saham ASII | 18 Oktober 2018 Langsung ke konten utama

Analisa Saham ASII | 18 Oktober 2018


Automotive: Modest recovery in third quarter

Gaikindo menunjukan rilis data yang positif untuk 4W, dimana penjualan 4W di Sep-18 tercatat sebesar 93k unit, -8,9% mom; +6,2% yoy, walaupun melemah secara bulanan, namun rilis data tumbuh positif secara kuartalan, tercatat +303k unit di 3Q18, +12% yoy. Sementara itu, di segmen 4W, ASII mencatatkan perbaikan, dimana penjualan 4W di Sep-18 tercatat sebesar 50k unit, -3% mom; +11% yoy, dengan penjualan di 3Q18, tercatat sebesar 156k unit, +7,4% yoy dan kumulatif 9M18 di 424k unit, -4,4% yoy, walaupun secara kumulatif masih negatif, namun tren pertumbuhan mengalami perbaikan (3M18: -12,1% yoy), ini didukung oleh perbaikan di segmen Toyota berasal dari positifnya launching dari Toyota CH-R, Vios dan Rush. Namun kami masih melihat tekanan kedepannya disebabkan oleh agresifnya penjualan dari Mitsubishi, melalui Xpander. Secara historis ada korelasi yang positif antara pelemahan nilai tukar Rupiah dan oil terhadap penjualan 4W dan 2W, dimana di periode 2009-18, korelasi untuk 4W: 0,56x dan 2W: 0,41x, sedangkan untuk oil, 4W:0,55x dan 2W: 0,41x, sehingga kombinasi pelemahan Rupiah dan kenaikan harga oil akan berdampak negatif terhadap sektor otomotif. Kami merekomendasikan NEUTRAL untuk sektor otomotif, disebabkan tekanan kenaikan oil price dan juga pelemahan Rupiah akan memberikan tekanan untuk volume dan margin di segmen otomotif. Kami masih merekomendasikan BUY untuk ASII dengan TP: Rp8.700, didorong oleh diversifikasi ke segmen non-otomotif yang menjadi cushion ketika Rupiah mengalami depresiasi. Saat ini ASII diperdagangkan di PE 12,4x di 2019, 7,5% discount terhadap IHSG.

Penjualan mobil membaik di 3Q18. Gaikindo menunjukan rilis data yang positif untuk 4W, dimana penjualan 4W di Sep-18 tercatat 93k unit, -8,9% mom; +6,2% yoy, walaupun melemah secara bulanan, namun tumbuh positif kuartalan, sebesar +303k unit di 3Q18, +12% yoy. Ini membawa data kumulatif di 9M18 sebesar 856k unit, +6,5% yoy. Di segmen LCGC masih melemah, sebesar 15k unit, -13,1% mom; -13,6% yoy, sehingga secara kuartalan hanya sebesar 54k unit, -9,2% yoy dan kumulatif di 9M18 sebesar 169k unit, -6,1% yoy.

Pangsa pasar ASII menunjukan perbaikan. Di segmen 4W, ASII mencatatkan perbaikan, dimana penjualan 4W di Sep-18 tercatat sebesar 50k unit, -3% mom; +11% yoy, dimana di 3Q18, tercatat sebesar 156k unit, +7,4% yoy dan kumulatif 9M18 sebesar 424k unit, -4,4% yoy, walaupun secara kumulatif masih menunjukan penurunan, namun tren pertumbuhan mengalami perbaikan (3M18: -12,1% yoy), dengan pangsa pasar naik ke 53,6% di Sep-18 (Sep-17: 51,2%). Kami melihat perbaikan ini didorong oleh perbaikan di segmen Toyota, didukung oleh positifnya launching dari Toyota CH-R, Vios dan Rush. Namun kami masih melihat tekanan kedepannya didorong oleh agresifnya penjualan dari Mitsubishi, melalui Xpander, dimana penjualan wholesale Xpander mengalahkan Avanza, dengan 6.276 unit di September (Avanza: 6.151 unit) yang mendorong market share Mitsubishi naik signifikan ke 17,8% di Sept-18 (Sept-17: 10,1%). Permintaan yang kuat untuk Xpander, ini direspon dengan peningkatan kapasitas produksi menjadi 220k unit/ tahun di 2020 (saat ini: 160k unit/tahun) dan produksi Xpander akan ditingkatkan ke 160k unit/ tahun (saat ini: 115k unit/ tahun), peningkatan kapasitas ini dapat memberikan ancaman terhadap pangsa pasar ASII.

Dampak negatif dari pelemahan nilai tukar dan kenaikan harga oil untuk segmen otomotif. Secara historis ada korelasi yang positif antara pelemahan nilai tukar Rupiah dan juga penjualan 4W dan 2W, dimana di 2009-18, korelasi untuk 4W: 0,56x dan 2W: 0,41x, didorong oleh beberapa komponen bahan baku otomotif masih diimpor walaupun sudah dirakit di Indonesia, namun dampak ini akan minim untuk segmen 2W, karena komponen bahan baku lokal sebesar 95-99%, sedangkan untuk 4W adalah sebesar 75-94%, namun patut diwaspadai juga bahwa local content disupply oleh local vendor yang memiliki eksposur terhadap nilai tukar. Kami melihat, kenaikan nilai tukar akan berdampak terhadap kenaikan biaya produksi, sehingga sektor otomotif akan menaikan harga yang dapat mengakibatkan penurunan volume, kenaikan USD sudah direspon oleh ASII yang telah menaikan harga di periode September-Oktober 2018, dengan range 1-3%. Patut diketahui juga bahwa kenaikan harga oil akan memberikan dampak negatif untuk segmen otomotif, dengan korelasi untuk 4W:0,55x dan 2W: 0,41x.

Rekomendasi NEUTRAL didorong dampak negatif dari oil price dan pelemahan Rupiah. Meskipun rilis data membaik di 3Q18, yang menghapus kekhawatiran akan melemahnya daya beli masyarakat, namun kami melihat tekanan kenaikan oil price dan pelemahan Rupiah akan memberikan tekanan untuk sektor otomotif. Kami masih merekomendasikan BUY untuk ASII dengan TP: Rp8.700, didorong diversifikasi ke segmen non-otomotif yang menjadi cushion ketika Rupiah mengalami depresiasi. Ini terlihat bahwa sejak 2008-18, ketika Rupiah mengalami depresiasi sebesar 32,9%, gross margin hanya turun -0,8% dengan net margin relatif flat. Saat ini ASII diperdagangkan di PE 12,4x di 2019, 7,5% discount terhadap IHSG.

Panin Sekuritas

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Menghitung Beta Saham CAPM

Apa itu CAPM CAPM (Capital Asset Pricing Model) adalah model yang digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian(required return) dari suatu aset. Model ini mendapatkan penghargaan nobel  pada tahun 1990 dan pada prakteknya juga sering digunakan untuk menentukan nilai cost of equity. Dari sudut pandang investor, besarnya tingkat pengembalian seharusnya berbanding lurus dengan risiko yang diambil. Untuk memudahkan saya buat ilustrasi yang disederhanakan sebagai berikut: Alex punya uang 100juta, berkeinginan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis warung retail. Pertanyaan yang seringkali dihadapi adalah: Jika Alex memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis warung retail, berapa besar tingkat pengembalian yang harus dia dapatkan? Mengingat bahwa jika dia menginvestasikan uangnya, dia dihadapkan dengan risiko bisnis warung retail. Pertimbangan untuk Alex Deposito Investasi Toko/Warung Retail Risiko Minim, relatif nggak ada bagi Alex Bisa bangkrut atau perkembangan bisnis tida

Mengenal Indikator Exponential Moving Average - EMA

Apa itu Exponential Moving Average - EMA? Exponential Moving Average (EMA) adalah jenis moving average (MA) yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Exponential Moving Average juga disebut sebagai Moving Average tertimbang secara eksponensial. Moving Average tertimbang secara eksponensial bereaksi lebih signifikan terhadap perubahan harga saat ini daripada rata-rata bergerak sederhana (SMA), yang menerapkan bobot yang sama untuk semua pengamatan pada periode tersebut. Memahami Indikator EMA EMA adalah Moving Average yang menempatkan bobot lebih besar dan signifikansi pada titik data terbaru. Seperti semua moving average, indikator teknis ini digunakan untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan crossover dan divergensi dari rata-rata historis. Pedagang sering menggunakan beberapa hari EMA yang berbeda - misalnya rata-rata bergerak 20 hari, 30 hari, 90 hari, dan 200 hari. Formula EMA Tiga langkah dasar untuk menghit