Pengertian Hawkish dan Dovish

Sponsored Links:
Apa arti Hawkish dan Dovish? Kita sering mendengar orang bilang "wah, the FED lagi Dovish", tapi kadang kita sendiri tidak tahu maknanya. Ada Dovish, ada juga Hawkish. Sebagai investor di pasar saham, kita harus memahami pengertian kedua istilah tersebut.

Dulu saya bingung dengan istilah hawkish dan dovish. Baik dengan makna maupun yang lebih penting, bagaimana setiap kebijakan moneter dapat memengaruhi nilai mata uang suatu negara.

Tetapi setiap kali Anda membaca sesuatu tentang kebijakan moneter, biasanya dalam bahasa geek dan butuh beberapa menit untuk mencerna makna nyata dan aplikasi kehidupan nyata dari istilah tersebut. 

Ingatlah bahwa ada banyak faktor yang berperan dalam perekonomian suatu negara. Jadi, sementara saya akan membuat ini semudah mungkin dimengerti, efek kebijakan moneter terhadap ekonomi suatu negara tidak pernah hitam dan putih.

Perbedaan Hawkish dan Dovish
Perbedaan Hawkish dan Dovish
Hawkish dan dovish adalah istilah yang merujuk pada sentimen umum bank sentral negara mana pun, atau siapa pun yang berbicara tentang kebijakan moneter suatu negara. 

Ini hanyalah cara untuk merujuk pada pandangan keseluruhan, dan pendapat akan sangat bervariasi. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa ECB (Bank Sentral Eropa) adalah dovish, sementara yang lain mungkin berpikir bahwa itu hawkish.

Untuk membuat hal-hal lebih menarik, hawkishness atau dovishness biasanya harus dibaca "di antara yang tersirat." Bank sentral tidak akan keluar dan mengatakan:

"Kami akan menjadi hawkish selama tiga bulan, mulai ... sekarang!"

OKE, mereka mungkin mengatakannya. Tetapi Anda biasanya harus menyimpulkan itu dari pernyataan publik mereka.

Tapi kemudian mereka bisa berubah pikiran besok.

... atau mereka bisa langsung berbohong.

Namun biasanya demi kepentingan terbaik mereka untuk mengatakan yang sebenarnya.

Dengan mengingat hal itu, mari masuk ke definisi ...

Definisi Hawkish

Sikap hawkish adalah ketika bank sentral ingin menjaga terhadap inflasi yang berlebihan.

Saya yakin Anda memahami definisi sederhana inflasi, yaitu: harga keseluruhan barang dan jasa meningkat.

Inflasi terjadi ketika ekonomi tumbuh. Hal ini menyebabkan peningkatan upah dan / atau biaya produk mentah. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, beberapa di antaranya dapat Anda baca secara rinci di sini.

Jelas, jika barang dan jasa sehari-hari bagus terlalu mahal, terlalu cepat, orang tidak akan mampu atau tidak mau membeli barang. Ini mencegah uang berpindah tangan dan memperlambat ekonomi.

Bank sentral tidak ingin ekonomi tumbuh terlalu cepat, karena tidak berkelanjutan.

Jadi mereka mencoba menjaga pertumbuhan ekonomi pada kecepatan yang lebih masuk akal dengan menjadi hawkish, atau mengawasi inflasi. Mereka biasanya melakukan ini dengan menaikkan suku bunga.

Ketika uang menjadi lebih mahal untuk dipinjam, ia memperlambat pertumbuhan ekonomi karena mempersulit bisnis untuk tumbuh dengan menggunakan uang pinjaman untuk berekspansi, dan orang akan menghabiskan lebih sedikit melalui uang pinjaman, seperti kartu kredit.

Bagaimana Kebijakan Moneter Hawkish Mempengaruhi Pedagang Valas (secara teori)

Ketika suku bunga naik, itu biasanya akan menyebabkan nilai mata uang naik.

Tidak mengherankan di sini.

Investor internasional akan memindahkan uang mereka ke tempat di mana mereka bisa mendapatkan suku bunga yang lebih tinggi.

Anda akan melakukan hal yang sama, bukan?

Ini seperti jika Bank A membayar bunga 1% tahunan pada rekening tabungan mereka, tetapi Bank B membayar 4% per tahun. Anda mungkin akan memindahkan uang Anda ke Bank B untuk mendapatkan tambahan 3%.

Perlu diingat bahwa hanya karena bank sentral menaikkan suku bunga, itu tidak berarti bahwa suatu mata uang akan secara otomatis naik nilainya. Ada banyak faktor kompleks yang berperan dalam ekonomi nasional.

Hal ini juga dapat bergantung pada jumlah kenaikan, tingkat pasca kenaikan relatif terhadap negara lain dan apakah kenaikan itu diharapkan atau tidak.

Tetapi jika Anda ingin menjaga hal-hal yang benar-benar sederhana, sikap hawkish dapat menjadi petunjuk bahwa suku bunga dapat meningkat dan dengan demikian, nilai mata uang juga dapat meningkat.

Cara Mengingat Arti Hawkish


Jika Anda kesulitan mengingat yang mana, ingatlah bahwa elang (Hawk) terbang jauh lebih tinggi daripada merpati (Dove).

Jadi segala hal yang berhubungan dengan hal-hal yang terjadi di Hawkish:

  • Sikap hawkish menjaga inflasi menjadi terlalu tinggi. Pikirkan tentang elang berputar-putar untuk melindungi batas atas inflasi.
  • Untuk mengekang inflasi, kebijakan hawkish akan meningkatkan suku bunga, atau tindakan setara lainnya.
  • Peningkatan suku bunga dapat menyebabkan peningkatan (penguatan) dalam mata uang negara.

Apa Arti Dovish

Dovish adalah kebalikan dari hawkish. Ini adalah saat ekonomi tidak tumbuh dan pemerintah ingin menjaga deflasi terjadinya lagi.

... yang merupakan penurunan biaya barang dan jasa.

Dengan kata lain, mereka ingin melakukan sesuatu untuk merangsang ekonomi. Agar orang mulai menghabiskan lebih banyak uang untuk barang dan jasa, bank sentral biasanya akan menurunkan suku bunga.

Ketika lebih mudah (lebih murah) untuk meminjam uang, bisnis dapat berkembang lebih mudah dan konsumen biasanya akan menghabiskan lebih banyak uang dengan menggunakan kartu kredit atau jenis utang lain, untuk membiayai pembelian.

Bagaimana Kebijakan Moneter Dovish Mempengaruhi Pedagang (secara teori)

Jadi, seperti yang mungkin sudah Anda ketahui sekarang, kebijakan moneter yang dovish akan menyebabkan suku bunga yang lebih rendah (atau tindakan yang setara) dan kemungkinan melemahnya mata uang negara. Meskipun tingkat bunga yang lebih rendah biasanya akan melemahkan mata uang, yang juga penting adalah tingkat bunga, relatif terhadap tingkat bunga negara lain.

Jika suku bunga diturunkan, tetapi masih jauh lebih tinggi dari suku bunga negara lain, maka pengurangan mungkin tidak akan memiliki dampak yang sangat besar pada nilai mata uang negara.

Cara Mengingat Arti Dovish


Anda biasanya melihat merpati (Dove) di tanah.

Karena itu:

  • Ketika bank sentral dovish, mereka menjaga terhadap deflasi, atau biaya barang dan jasa menjadi terlalu rendah.
  • Suku bunga mungkin diturunkan
  • Jika suku bunga diturunkan, maka nilai mata uang dapat menurun.

Kesimpulan

Pada titik ini, Anda mungkin bertanya-tanya di mana suku bunga bank sentral cocok dengan gambaran keseluruhan ekonomi suatu negara.

Rates bunga ini adalah Rates di mana bank lain di suatu negara dapat meminjam uang dari bank sentral negara itu.

Sebagai contoh, di Amerika Serikat, bank sentral adalah Federal Reserve. Suku bunga bank sentral menentukan Rates dimana bank lain seperti Chase dapat meminjam dari Federal Reserve.

Ini memiliki efek “trickle down” dan menentukan Rates segalanya mulai dari hasil rekening tabungan, Rates suku bunga kartu kredit, hingga Rates hipotek.

Komentar