google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Saham BMRI | Penyaluran Kredit Bank Mandiri Lesu, Ini Rekomendasi Analis untuk Saham BMRI Langsung ke konten utama

Saham BMRI | Penyaluran Kredit Bank Mandiri Lesu, Ini Rekomendasi Analis untuk Saham BMRI

Pertumbuhan kredit PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) paling lesu di antara perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain. Ini menjadi lampu kuning bagi bank dengan aset terbesar nomor dua di Indonesia itu.

Namun, para analis menilai, emiten dengan kode saham BMRI ini masih layak dilirik karena kinerjanya mumpuni.

Berdasarkan laporan bulanan bank, penyaluran kredit Bank Mandiri hingga Agustus 2019 tercatat Rp 713,12 triliun, atau tumbuh 7,15% secara tahunan. Angka ini lebih mini ketimbang pertumbuhan perbankan BUMN lainnya.

Lihat saja, kenaikan penyaluran kredit PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) di periode yang sama mencapai 19,73% yoy menjadi Rp 525,67 triliun. Contoh lain, penyaluran kredit PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) mencapai Rp 230,46 triliun, atau naik 17,43% dibandingkan periode Januari-Agustus 2018.

Perlambatan pertumbuhan kredit BMRI diperkirakan bakal terjadi hingga akhir tahun. Bahkan, perbankan pelat merah ini memperkirakan pertumbuhan kreditnya hingga kuartal III-2019 hanya di kisaran 8%-9%.

Menurut Kepala Riset Samuel Sekuritas Indonesia Suria Dharma, laju kredit Bank Mandiri tersendat karena loan to deposit ratio (LDR) BMRI relatif lebih tinggi dibandingkan Bank BNI maupun Bank BRI.

Asal tahu saja, sepanjang semester pertama LDR Bank Mandiri mencapai 97,94%. Angka ini meningkat dibandingkan periode yang sama di 2018, sebesar 94,17%. Ini menunjukkan likuiditas BMRI memang kian mengetat.

"Meski begitu, hal ini memberikan sentimen positif bagi kinerja emiten di semester I-2019, karena marjinnya jadi terjaga," kata Suria.

Memang sepanjang Januari-Juni 2019, kinerja Bank Mandiri masih ciamik. Tercatat, pada paruh pertama 2019, laba bersih Bank Mandiri naik 11,1% dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi Rp 13,53 triliun.

Rekomendasi saham BMRI

Namun, Analis JP Morgan Harsh Wardhan Modi dalam risetnya per 4 Oktober 2019 menilai, perlambatan pertumbuhan kredit Bank Mandiri bisa berdampak buruk, khususnya terhadap kualitas aset di sektor perbankan.

Secara keseluruhan, pertumbuhan kredit yang cukup tinggi di Bank Mandiri ada di sektor konstruksi, listrik dan gas serta pertambangan. Sementara untuk sektor perdagangan, pertanian, industri dan pengolahan, ternyata pertumbuhan kreditnya belum signifikan.

Stabilnya penyaluran kredit di sektor infrastruktur diperkirakan dapat menopang return on equity (ROE) Bank mandiri di 2019 yang mencapai 16,5%. Sedangkan Analis Deutsche Verdhana Sekuritas Indonesia Raymond Kosasih dalam risetnya melihat, kinerja Bank Mandiri tahun ini sebenarnya cukup menantang. Bahkan, dia menghitung potensi risiko perlambatan pertumbuhan pada kredit Bank Mandiri dapat terjadi akibat pertumbuhan ekonomi global yang melambat.

"Risiko lain yang perlu diwaspadai adalah pemangkasan suku bunga acuan, likuiditas yang ketat, biaya provisi yang lebih tinggi karena kualitas aset yang memburuk, risiko persaingan dari fintech serta pertumbuhan pendapatan non-bunga yang lebih rendah," tulis dia dalam riset.

Walau begitu, Raymond memprediksi, pendapatan bunga BMRI di akhir tahun 2019 dapat tumbuh 7,50% menjadi Rp 61,63 triliun. Sementara pendapatan non bunga diperkirakan tumbuh lebih lambat, sebesar 4,79% ke Rp 29,32 triliun. Sedangkan laba bersih BMRI diperkirakan masih dapat tumbuh dobel digit, yakni sekitar 12,23% menjadi Rp 28,07 triliun di akhir tahun ini.

Karena itu, Raymond masih merekomendasikan beli untuk saham BMRI dengan target harga Rp 10.100 per saham. Setali tiga uang, Suria pun menyarankan beli saham BMRI dengan target harga Rp 8.900 per saham. Sementara Modi memasang target harga saham BMRI di Rp 7200 per saham, dengan rekomendasi overweight.

Sumber: https://insight.kontan.co.id/news/penyaluran-kredit-bank-mandiri-lesu-ini-rekomendasi-analis-untuk-saham-bmri?page=2

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan