Langsung ke konten utama

Lembaga Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya


Lembaga keuangan adalah badan yang telah hadir di kehidupan kita sejak lama, dan kita bergantung padanya. Lembaga keuangan memiliki manfaat besar pada individu, berpengaruh juga terhadap roda perekonomian secara keseluruhan.

Untuk lebih memahami lembaga keuangan, di sini akan dijelaskan mengenai pengertian lembaga keuangan, manfaat, fungsi, dan jenisnya.

Apa yang Dimaksud dengan Lembaga Keuangan?

Lembaga keuangan adalah lembaga penghimpun dana masyarakat, memberikan fasilitas jasa bidang keuangan, dan menyalurkan kembali dana tersebut ke berbagai kegiatan keuangan yang mempengaruhi jalannya perekonomian.

Lembaga keuangan memiliki berbagai macam kegiatan usaha seperti memberikan jasa layanan keuangan, memberikan pinjaman, penyertaan modal, dan lainnya.

Pendirian lembaga keuangan harus mengikuti prosedur menurut undang–undang yang berlaku. OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dan lembaga lainnya ikut memberikan pengawasan terhadap kegiatan di berbagai lembaga keuangan. 

Pengawasan dan regulasi ketat diperlukan untuk menciptakan bisnis jasa keuangan yang sehat untuk masyarakat.

Apa Manfaat Lembaga Keuangan?

Lembaga keuangan adalah memiliki beberapa manfaat untuk Anda ketahui sebagai berikut:


1. Memudahkan transaksi dengan menjadi lintas pembayaran

Manfaat lembaga keuangan adalah memberikan kemudahan dan keamanan dalam transaksi keuangan. Contohnya menjadi lintas pembayaran tagihan sehari-hari, transfer antar bank, transfer uang ke luar negeri, hingga transaksi untuk berbelanja. Masyarakat pun bisa membayar lewat aplikasi, tidak perlu datang ke kantornya langsung.

2. Menyediakan uang tunai dengan penarikan melalui ATM

Salah satu manfaat lembaga keuangan bagi masyarakat adalah manfaat likuiditas yang artinya menyediakan uang tunai yang terjamin keasliannya. Pengambilan uang tunai pun bisa dilakukan di ATM terdekat.

3. Mengalihkan aset untuk memperoleh keuntungan

Lembaga keuangan adalah badan yang bisa mengalihkan aset keuangan untuk keperluan tertentu, contohnya adalah memberikan pinjaman pada nasabah lain. Dana tersebut memang akan selalu diputar agar lembaga keuangan tersebut bisa terus hidup atau memperoleh keuntungan.

4. Relokasi pendapatan untuk digunakan di masa depan

Lembaga keuangan menjadi tempat aman untuk relokasi pendapatan nasabah. Nasabah pun jadi bisa menggunakan dana di lembaga keuangan tertentu untuk masa depan. Misalnya ditabung untuk persiapan pensiun atau untuk pendidikan anak.


Apa Fungsi Lembaga Keuangan?

Lembaga keuangan mempunyai berbagai fungsi yang berkaitan dengan keseharian masyarakat. Kehadirannya membuat kehidupan masyarakat jadi lebih berkualitas. Fungsi lembaga keuangan adalah seperti ini:

1. Memberikan jaminan keamanan penyimpanan uang 

Lembaga keuangan berdiri di bawah hukum Indonesia. Tindak-tanduknya diawasi dan aktivitas bisnisnya harus sesuai dengan aturan. 

Salah satu aturan itu adalah memberikan jaminan moral dan hukum pada nasabah agar mereka merasa aman dan percaya dana yang mereka miliki tersimpan secara utuh. Kemudian akan dikembalikan ketika jatuh temponya tiba, misalnya untuk tabungan deposito.

2. Memberikan informasi pada nasabah

Masyarakat yang menggunakan jasa lembaga keuangan wajib mendapatkan informasi lengkap tentang produk keuangan yang digunakannya. Tugas lembaga keuangan memberikan informasi dan pengetahuan sejelas-jelasnya untuk kepentingan nasabah. 

Misalnya, saat nasabah ingin mengambil produk KPR, pihak bank wajib memberikan informasi tentang produk KPR dari A sampai Z supaya nasabah paham bagaimana sistem KPR yang berlaku di sana dan bisa mengikutinya dengan baik.

3. Melancarkan pertukaran produk yang menggunakan kredit dan uang tunai

Lembaga keuangan berfungsi melancarkan jasa pertukaran produk yang mencakup barang dan jasa menggunakan sistem kredit atau uang tunai. Misalnya, nasabah yang ingin memiliki rumah, bisa melakukan pembayaran melalui KPR lewat bank.

4. Sebagai alat transaksi untuk segala kegiatan

Lembaga keuangan juga menyediakan alat transaksi yang bisa digunakan di mana saja untuk berbagai macam keperluan seperti transfer antar bank, pembayaran tagihan harian, hingga ke pembayaran belanja.

5. Memberikan pembiayaan untuk usaha dan kebutuhan konsumtif

Lembaga keuangan juga bisa menghimpun dana masyarakat kemudian memutarnya kembali melalui produk pinjaman yang tersedia untuk pembiayaan sesuai keperluan nasabah.

Masyarakat bisa menggunakan jasa pembiayaan ini sesuai kebutuhan dan harus memenuhi syarat tertentu dulu. Misalnya, nasabah yang ingin membuat usahanya lebih besar, mengajukan pinjaman produktif pada bank.


Jenis Lembaga Keuangan 

Lembaga keuangan itu beragam, sesuai dengan fungsinya. Inilah jenis lembaga keuangan yang hadir di Indonesia.

1. Lembaga Keuangan Bank

Lembaga keuangan bank adalah badan yang memberikan jasa dan fasilitas yang terkait bidang perbankan kepada masyarakat. 

Kegiatan perbankan ada berbagai macam, tergantung dari jenis lembaga keuangan bank. Berikut ini adalah lembaga keuangan bank yang kehadirannya diakui di Indonesia.

a. BPR

Atau bisa kita kenal juga sebagai Bank Perkreditan Rakyat, merupakan bank yang menyediakan pinjaman dan layanan bank lainnya pada masyarakat di wilayah terpencil. Tidak mengherankan jika BPR biasanya berada di pedesaan dan lokasi lainnya yang jauh dari pusat.

b. Bank sentral

Bank sentral bertanggung jawab untuk menstabilkan sistem moneter di suatu negara. Masing-masing negara punya bank sentral. Bank sentral yang diandalkan di Indonesia hanya Bank Indonesia. Bank Indonesia harus selalu memastikan nilai mata uang Rupiah stabil agar bisa memberikan kestabilan juga pada perekonomian.

c. Bank komersial

Kita bisa mengenalnya juga sebagai bank umum, yaitu badan usaha yang memberikan jasa perbankan pada masyarakat secara konvensional atau dengan sistem syariah. Bank umum menyediakan jasa keuangan seperti tabungan, deposito, giro, KPR, kredit multiguna, dan lainnya.

2. Lembaga Keuangan Selain Bank 

Lembaga keuangan non-bank adalah badan usaha pemberi jasa keuangan dan menarik dana dari nasabah secara tidak langsung.


Lembaga keuangan ini ada banyak di Indonesia dan mudah ditemukan. Ini contohnya.

a. Perusahaan asuransi

Perusahaan asuransi menyediakan jasa proteksi pada para nasabah. Untuk mendapatkan proteksi itu, nasabah diwajibkan membayar premi sesuai ketentuan. Nasabah pun bisa mendapatkan berbagai macam proteksi seperti proteksi jiwa, proteksi yang berkaitan dengan kesehatan, proteksi ketika bepergian, dan lainnya.

b. Pegadaian

Pegadaian adalah lembaga keuangan non-bank yang menyediakan kredit dengan jaminan. Masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan syarat menjaminkan hartanya. Contoh harta yang bisa dijaminkan adalah perhiasan, alat elektronik, kendaraan bermotor, dan lainnya.

c. Pasar modal

Pasar modal juga menjadi lembaga keuangan non bank andalan. Di sini Anda bisa bertransaksi menggunakan surat-surat berharga seperti saham, surat utang atau obligasi, hingga reksa dana.

Dari transaksi itu Anda bisa meraup keuntungan yang melimpah. Untuk bisa memasukinya, Anda harus mendaftarkan diri dulu lewat sekuritas atau manajer investasi.


Kesimpulan

Lembaga keuangan adalah badan yang memberikan layanan jasa keuangan yang kita perlukan. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Jangan lupa memilih lembaga keuangan terbaik dan legal untuk memfasilitasi berbagai aktivitas keuangan Anda.

Pertanyaan Umum

1. Apa pentingnya lembaga keuangan?

Lembaga keuangan penting karena membantu masyarakat untuk menyimpan dana, menyediakan pinjaman, menyediakan uang tunai, dan kegiatan lainnya yang ikut berpengaruh terhadap roda perekonomian.

2. Lembaga keuangan ada berapa?

Ada 2 jenis lembaga keuangan secara umum, yaitu lembaga keuangan perbankan dan lembaga keuangan yang selain bank.


sumber : modalrakyat

Lebih lengkapnya silahkan klik :  Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Bandarmologi Saham INCO, ADMR, WIKA, MAPI dan SMRA | 15 Agustus 2022

Technical & Bandarmology Prespectives Monday (15/08/2022) By Dr Cand. E S, MBA, CSA®., CIB®. IDX Composite 7,107 - 7,184 SUMMARY: STRONG BUY!!! 11 TECHNICAL INDICATORS: RSI (14): BUY!! STOCH (9,6,3): BUY!! MACD(12,26): BUY!! ATR (14): HIGH VOLATILITY ADX (14): BUY!! CCI (14): *BUY!! HIGHS/LOW (14): *BUY!! UO: BUY!! ROC: BUY!! WILLIAMS R: OVERBOUGHT BULLBEAR (13): BUY!! BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER  ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): NEUTRAL NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): NEUTRAL STOCKS PICK: INCO 6,650 - 7,350 TECHNICAL INDICATORS: *STRONG BUY, BUY 7,000 TARGET PRICE: 7,350 STOP-LOSS: 6,650 BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): ACCUMULATION ADMR 1,715- 1,900 TECHNICAL INDICATORS: *BUY, BUY 1,805 TARGET PRICE: 1,900 STOP-LOSS: 1,715 BANDARMOLOGY: TOP 5 BROKER  ACCUMULATED PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION‼️️ NET BUY SELL ASING: PERIODE (10 DAYS): DISTRIBUTION‼️️  WIKA 1,000 - 1,110 TECHNICAL INDICATORS: *STRONG

Rekomendasi Saham ADHI, SMGR, BRIS dan EMTK oleh Indopremier Sekuritas | 15 Agustus 2022

Indopremier Sekuritas Daily Technical 15 Agustus 2022 IHSG (7.090 – 7.170) :  Indeks diprediksi akan bergerak menguat. Target kenaikan indeks pada level 7.170 kemudian 7.210 dengan support di level 7.090 kemudian 7.050. ADHI (Buy) : Target kenaikan harga pada level 805 kemudian 820 dengan support di level 775 cut loss jika break 760. SMGR (Buy) : Target kenaikan harga pada level 7.100 kemudian 7.175 dengan support di level 6.950 cut loss jika break 6.875. BRIS (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 1.555 dengan resist di level 1.590 kemudian 1.615. EMTK (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 2.070 dengan resist di level 2.140 kemudian 2.190. XIFE (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 114 dengan resist di level 116 kemudian 117. XIML (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 274 dengan resist di level 279 kemudian 282. XPES (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 463 dengan resist di level 469 kemudian 473. Full report bisa diakses di : ht

Rekomendasi Saham BMRI, UNTR, ANTM dan MDKA oleh Indopremier Sekuritas | 16 Agustus 2022

Indopremier Sekuritas Daily Technical 16 Agustus 2022 IHSG (7.055 – 7.135) :  Indeks diprediksi akan bergerak bervariasi cenderung menguat. Target kenaikan indeks pada level 7.135 kemudian 7.175 dengan support di level 7.055 kemudian 7.015. BMRI (Buy) : Target kenaikan harga pada level 8.550 kemudian 8.650 dengan support di level 8.350 cut loss jika break 8.250. UNTR (Buy) : Target kenaikan harga pada level 32.900 kemudian 33.300 dengan support di level 32.100 cut loss jika break 31.700. ANTM (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 2.090 dengan resist di level 2.200 kemudian 2.270. MDKA (Buy on Weakness) : Target harga beli pada level 4.250 dengan resist di level 4.400 kemudian 4.540. XIJI (Sell) : Target pelemahan harga pada level 665 kemudian 656 dengan resist di level 683 dan 692. XIPI (Sell) : Target pelemahan harga pada level 199 kemudian 198 dengan resist di level 201 dan 202. XPSG (Sell) : Target pelemahan harga pada level 426 kemudian 422 dengan resist di level 434 da