google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 15 Agustus 2017 Langsung ke konten utama

Analisa Penutupan Pasar Saham Indonesia | 15 Agustus 2017

Market Review 15 Agustus 2017
(Investment Information Team,  Mirae Asset Sekuritas Indonesia)

IHSG kembali menguat pada perdagangan hari ini dengan ditutup naik 33 poin (+0.57%) ke level 5,835.041. Mayoritas sektor ditutup di zona hijau dipimpin oleh penguatan sektor consumer (+1.03%). Sementara hanya sektor miscellaneous industry yang ditutup melemah sebesar 0.23%. Tercatat 203 saham menguat dan 142 saham melemah. Investor asing mencatatkan transaksi net buy sejumlah Rp58,4 miliar di seluruh Pasar hari ini. US Dollar menguat 12 poin (+0.09%) terhadap Rupiah, sehingga Rupiah melemah ke level Rp13,361 terhadap US Dollar pada penutupan perdagangan.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data neraca perdagangan Indonesia untuk bulan Juli 2017 yang mencatatkan defisit sebesar US$270 juta, dibanding bulan Juni yang mencatatkan surplus sebesar US$1,63 miliar. Meskipun demikian, neraca perdagangan untuk bulan Januari-Juli mencatatkan surplus US$7,93 miliar. Nilai ekspor Indonesia Juli 2017 mencapai US$13,62 miliar (+16.83% MoM, +41.12% YoY). Secara kumulatif, nilai ekspor Indonesia Januari-Juli 2017 mencapai US$93,59 miliar  (+17.32% YoY). Nilai impor Indonesia Juli 2017 mencapai US$13,89 miliar (+39% MoM, +54.02% YoY). Secara kumulatif, nilai impor Indonesia pada Januari-Juli 2017 mencapai US$86,2 miliar (+14.91% YoY).

Di bulan Juli 2017, Rupiah terdepresiasi terhadap Dolar Amerika sebesar 0.28% dan 4.03% terhadap Dolar Australia. Rupiah juga terdepresiasi sebesar 3.15% terhadap Euro. Terhadap Yen Jepang, Rupiah terapresiasi sebesar 0.03% di bulan Juli 2017.

Advance Stocks:

- EXCL: Harga saham EXCL menguat untuk hari kedua dengan ditutup naik Rp90 (+2.64%) ke level Rp3.490 hari ini. EXCL melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) telah menyetujui perubahan susunan Dewan Komisaris dan Direksi. Perubahan yang dilakukan ini salah satunya merupakan usulan dari Axiata Investment (Indonesia) SDN BHD dan diajukan atas rekomendasi Komite Nominasi dan Remunerasi. Manajemen perusahaan yang kuat dan solid sangat dibutuhkan, terlebih di saat perusahaan menghadapi tantangan di industri telekomunikasi.

- CLEO: Harga saham CLEO ditutup menguat Rp12 (+2.58%) ke level Rp476 pada perdagangan hari ini. CLEO berencana menambah tiga pabrik baru sepanjang tahun ini. Pabrik baru di Ungaran dan Kendari diharapkan dapat mulai beroperasi pada Desember 2017, sedangkan pabrik di Ngoro ditargetkan berproduksi pada April 2018. Perseroan juga melakukan peningkatan kapasitas produksi di pabrik Pandaan, Pasuruan, melalui penambahan mesin untuk kemasan dan filling.

- FPNI: Menguat pertama kalinya dalam empat hari terakhir, harga saham FPNI ditutup menguat Rp14 (+4.66%) ke level Rp314 hari ini. FPNI menandatangani dua perjanjian dengan Lotte Chemical Corporation untuk uji coba produksi produk jenis baru, melalui PT Lotte Chemical Titan Nusantara (LCTN), dan melakukan penjualan produk anyar tersebut ke pasar.

- RIMO: Di akhir perdagangan, harga saham RIMO ditutup menguat Rp28 (+8.23%) ke level Rp368. RIMO meraih laba neto yang dapat didistribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp178,83 miliar hingga 30 Juni 2017 usai meraih rugi neto Rp11,42 miliar di periode sama tahun sebelumnya. Penjualan tercatat naik tajam menjadi Rp241,65 miliar dari periode sama tahun sebelumnya yang tercatat Rp8,67 miliar.

- JSMR: JSMR segera mengeksekusi rencana sekuritisasi aset. Hal ini menyusul telah diterbitkannya surat pernyataan efektif Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait penerbitan tiga instrumen pendanaan di sektor infrastruktur. Sekuritisasi aset yang dilakukan nanti akan menggunakan skema Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA). Melalui sekuritisasi aset itu, JSMR bakal meraup dana segar Rp 2 triliun. Adapun aset yang disekuritisasi adalah ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Harga saham JSMR ditutup menguat Rp50 (+0.91%) ke level Rp5.500 pada perdagangan hari ini.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Menghitung Harga Wajar Saham Menurut Benjamin Graham

Harga Wajar dan Benjamin Graham Harga wajar atau Harga intrinsik adalah harga wajar suatu perusahaan. Jika harga saham diatas Harga wajar artinya saham tersebut mahal dan jika dijual dibawah Harga wajar artinya saham tersebut murah.Salah satu investor yang mempopulerkan tentang Harga wajar adalah Benjamin Graham. Seorang investor yang menjadi figur penting Warren Buffet. Benjamin Graham mengajar di Columbia Business School tempat Warren Buffet menimba ilmu. Benjamin Graham menulis buku the security analysis dan juga the intelligent investor. Buku yang merupakan legenda dan bacaan wajib bagi para value investor di seluruh dunia. Buku yang juga dibaca dan didalami oleh Warren Buffet ataupun Lo Kheng Hong. Harga Wajar menurut Benjamin Graham Mari saya jelaskan bagaimana contoh menghitung Harga wajar. Dan sebagai contoh perusahaan maka saya akan menggunakan salah satu perusahaan lain yang saya beli. Saya menggunakan data EPS 2018 dengan harga EPS 141,84 Komponen yang saya gunakan ada 2 dal