google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 20 Oktober 2017 Langsung ke konten utama

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 20 Oktober 2017

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (Oct 20, 2017)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Taye Shim (taye.shim@miraeasset.com)
IHSG mundur 3 sesi berturut-turut dengan kenaikan volume transaksi. Mirae mencatat record high daily transaction value kemarin (IDR1,4triliun) dan kami terdorong untuk mengetahui partisipasi market yang kuat dari lokal. Tidak mengherankan, foreigners terus menjual saham dan large caps (yang dimiliki foreigners) masih tertekan. #HEADLINE TALK: Indonesia meningkatkan cukai rokok dengan rata-rata 10%. Dalam paket ekonomi #4, pemerintah menetapkan standar untuk formulasi upah minimum yaitu PDB + Inflasi. Menjumlahkan PDB dan perkiraan inflasi untuk tahun 2018, kenaikan upah untuk tahun depan seharusnya 5,2% + 4,2% jadi 9,4% - yang berarti lebih RENDAH daripada kenaikan cukai. Jadi, baik perusahaan rokok meluluskan semuanya ke konsumen (volume squeeze) atau mereka tidak meluluskan semuanya (margin squeeze). Sebagai pengingat, HMSP turun 2,8% dan GGRM turun 1,7%.

Market Indicator
JCI: 5,910.53 (-0.31%)
EIDO: 26.60 (-0.26%)
DJIA: 23,163.04 (+0.02%)
FTSE100: 7,523.04 (-0.26%)
USD/IDR: 13,515 (+0.01%)
10yr GB yield: 6.63% (Unchanged)
Oil Price: 51.29 (-1.44%)
Foreign net purchase: -IDR462.7bn

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141)
TOP BUY: BBRI, BBNI, BMRI, BBTN, WSKT
TOP SELL: TLKM, ASII, BBCA, HMSP, INDF

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102)
TLKM, SRIL, BBRI, BBCA, BMRI

Technical Insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG: Daily, 5,910.52(-0.3%), consolidation, trading range hari ini  5,894 – 5,937.  Potensi koreksi masih terlihat namun makin terbatas. Hal ini mengingat indikator MFI optimized, indikator W%R optimized ,RSI optimized dan Stochastic %D akan menguji support trend line.  Sementara itu pada indikator Bollinger Band optimized indeks akan coba bertahan sekitar center line dengan volume tembus rata-rata. Pada pergerakkan weekly Indikator MFI optimized  relatif flat dan indikator Stochastic%D optimized dan indikator RSI optimized akan menguji support trend line.
*BBTN: Weekly, 3,120 (+2.3%), Trading Buy, trading range 3,000 – 3,220. Indikator MFI optimized, indikator RSI optimized dan indikator Stochastic%D optimized cenderung naik lebih lanjut. Sementara itu pada indikator Bollinger Band harga akan coba naik ke BBTop. Pada pergerakkan daily harga saat ini pada level +2.0 % , normal kenaikkan sekitar +1.54 % . Sementara itu pada pergerakkan weekly kenaikkan sekitar +2.3%. Normal kenaikkan sekitar +4.07%. Dengan demikian potensi kenaikkan masih terlihat.
*BNGA: Weekly, 1,235 (+2.5%), Trading Buy, trading range 1,160 – 1,275. Indikator MFI optimized, indikator RSI  optimized dan  indikator Stochastic%D optimized cenderung naik Lebih lanjut kenaikkan normal harga pada pergerakkan daily sekitar +1.63%, saat ini di level +0.8%. Sementara itu pada pergerakkan weekly kenaikkan normal sekitar +4.75% saat ini harga di level +2.5%.Dengan demikian potensi kenaikkan masih terlihat.
*KAEF: Weekly, 2,700 (-3.2%),Buy on Weakness, trading range 2,650 – 3,000. Indikator MFI optimized cenderung naik,   indikator RSI optimized dan indikator Stochastic%D optimized akan menguji support trend line. Jika dilihat lebih lanjut koreksi normal pada pergerakkan daily sekitar -1.6 %, saat ini di level -0.0 %  setelah sebelumnya selama dua hari berturut-turut juga terkoreksi. Sementara itu pada pergerakkan weekly koreksi normal sekitar -4.99 % saat in di level -3.2 %. Dengan demikan potensi koreksi akan terbatas.

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

*A.S leading indicator turun 0,2% pada bulan September
*Leading Indicator A.S Turun, pertama dalam 12 bulan
*Klaim pengangguran mingguan awal A.S. turun 22.000 menjadi 222.000
*Klaim pengangguran baru turun ke level terendah sejak Maret 1973
*Klaim pengangguran rata-rata empat minggu tergelincir 9.500 sampai 248.250

*HRTA +2.8%. Produsen dan penyedia perhiasan emas, PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) mencatatkan laba bersih kuartal III-2017 sebesar Rp 95 miliar. Pencapaian tersebut naik 28,4% dibandingkan periode yang sama tahun 2016 sebesar Rp 75 milyar.
*SILO +1.3%. Siloam International Hospital Tbk (SILO) segera menggelar penerbitan saham baru alias rights issue. Perusahan ini menawarkan 325,15 juta saham baru atau setara 20% modal ditempatkan dan disetor penuh.
*PPRO +1.9%. PT PP Properti Tbk (PPRO) mulai ambil ancang-ancang untuk ekspansi tahun depan. Perusahaan ini menyiapkan belanja modal alias capital expenditure (capex) Rp 1,8 triliun hingga Rp 2 triliun di tahun 2018.
*PTBA +0.6%. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mencatat kenaikan laba signifikan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk. Laba bersih perseroan naik Rp1,57 triliun atau sekira 149,76%.
*KKGI -1.6%. Laba tahun berjalan yang dapat didistribusikan kepada pemilik entitas induk PT Resources Alam Indonesia Tbk (KKGI) alami kenaikan menjadi US$8,33 juta hingga periode 30 September 2017 jika dibandingkan dengan laba yang diraih sebesar US$7,23 juta pada periode sama tahun sebelumnya.
*MAPI -4.9%. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) berencana menjual aset berupa saham pada anak usahanya yakni PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MAPB) Nantinya, MAPI akan menjual saham MAPB kepada karyawan kunci MAPB.
*ROTI -0.3%. ROTI akan pasok produk di Caffebene di Korea.

Daily write up
Poultry: Expecting normalized 3Q17 performance by Mimi Halimin (mimi.halimin@miraeasset.co.id)
- Secara triwulanan, survei harga rata-rata pasar untuk live-birds dan DOC menunjukkan harga yang lebih rendah di 3Q17 vs 2Q17, meskipun masih lebih baik dari 1Q17.
- Di sisi lain, kami melihat bahwa daya beli belum menunjukkan peningkatan yang signifikan di 3Q17, karena itu, kami memperkirakan bahwa kinerja 3Q17 perusahaan poultry akan lebih lemah dari 2Q17.
- Meski demikian, kami masih yakin akan potensi jangka panjang industri perunggasan di Indonesia. Kami mempertahankan pandangan Netral kami di sektor Poultry.

<Market Headlines>

PTBA siapkan investasi USD600juta (Bisnis Indonesia)
PTBA berencana melakukan investasi senilai USD600juta untuk pembangunan tiga pembangkit listrik

MLBI perbesar ekspor (Bisnis Indonesia)
MLBI masih akan berupaya menggenjot pasar ekspor untuk produk bir perseroan seiring dengan minat pasar internasional yang cukup baik

(Kompas)
PT KAI Terbitkan Surat Utang: Peningkatan Laba untuk Ekspansi
Prioritaskan Kebun Rakyat: Perbaikan Budidaya Akan Dorong Produksi CPO
Pekerja Informal Perlu Dilindungi: Jaminan Sosial Baru Menjangkau 1,5 Juta Orang
Ekonomi Tumbuh Lebih Baik: Ekspor Perlu Terus Didorong untuk Menjaga Rasio Utang Luar Negeri

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Menghitung Harga Wajar Saham Menurut Benjamin Graham

Harga Wajar dan Benjamin Graham Harga wajar atau Harga intrinsik adalah harga wajar suatu perusahaan. Jika harga saham diatas Harga wajar artinya saham tersebut mahal dan jika dijual dibawah Harga wajar artinya saham tersebut murah.Salah satu investor yang mempopulerkan tentang Harga wajar adalah Benjamin Graham. Seorang investor yang menjadi figur penting Warren Buffet. Benjamin Graham mengajar di Columbia Business School tempat Warren Buffet menimba ilmu. Benjamin Graham menulis buku the security analysis dan juga the intelligent investor. Buku yang merupakan legenda dan bacaan wajib bagi para value investor di seluruh dunia. Buku yang juga dibaca dan didalami oleh Warren Buffet ataupun Lo Kheng Hong. Harga Wajar menurut Benjamin Graham Mari saya jelaskan bagaimana contoh menghitung Harga wajar. Dan sebagai contoh perusahaan maka saya akan menggunakan salah satu perusahaan lain yang saya beli. Saya menggunakan data EPS 2018 dengan harga EPS 141,84 Komponen yang saya gunakan ada 2 dal