google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 25 Mei 2018 Langsung ke konten utama

Analisa Pembukaan Pasar Saham Indonesia | 25 Mei 2018


Mirae Asset Sekuritas Indonesia Embun Pagi (May 25, 2018)
Research Team (research@miraeasset.co.id)

Market comment by Taye Shim (taye.shim@miraeasset.com)
Semalam, indeks AS tergelincir didorong oleh meningkatnya ketidakpastian geopolitik (Trump membatalkan pertemuan dengan Kim Jong Un yang sangat dinantikan). Namun, sangat mengejutkan kami, EIDO (MSCI Indonesia ETF yang terdaftar di AS) melonjak 3,1% (5yr Indo CDP turun 4,9%). Selain Fed menyinggung fakta bahwa Fed akan membiarkan inflasi overshoot, ada sesuatu yang spesifik dari Indonesia yang memperkuat investor. Memang, rupiah menguat 0,5% terhadap USD, 10yr yields turun 4bps dan asing NET BUYers sebesar IDR685milyar. Kami menganggap penunjukan Gubernur Perry sebagai pendorong utama rally kemarin. Pak Perry berjanji untuk mengambil langkah-langkah pre-emptive untuk menjaga stabilitas dengan fokus jangka pendek pada stabilisasi rupiah sembari mendukung pertumbuhan ekonomi. Untuk sesi kedua, LQ45 (+3,4%, indeks liquid large cap) mengungguli IHSG (+2,7%, composite). Melihat volume transaksi harian (IDR8,2triliun), saya pikir optimisme investor masih sangat rapuh (1 month avg. transaksi harian IDR8,7triliun).

Market Indicator
JCI: 5,946.54 (+2.67%)
EIDO: 24.89 (+3.06%)
DJIA: 24,886.76 (-0.30%)
FTSE100: 7,716.74 (-0.92%)
USD/IDR: 14,133 (-0.53%)
10yr GB yield: 7.58% (-4bps)
Oil Price: 70.71 (-1.57%)
Foreign net purchase: IDR684.6bn

Foreign net purchase on single stocks (HOTS screen #0141)
TOP BUY: BBRI, PGAS, BBCA, INKP, PTBA
TOP SELL: ADRO, BMRI, INDF, ERAA, EXCL

Most actively traded stocks (HOTS screen #0102)
BBRI, PGAS, BMRI, BBCA, TLKM

Mirae Asset Sekuritas Indonesia Equity Movers
Investment Information Team (saryanto@miraeasset.co.id)

Existing-home sales di 5,46 juta SAAR pada bulan April, kata NAR
Rata-rata klaim pengangguran empat minggu naik 6,250 menjadi 219.750
Klaim pengangguran mingguan awal meningkat 11.000 hingga 234.000

*UNVR +3.6%. Divestasi Bisnis Margarin, Unilever Indonesia (UNVR) Akan Kantongi Rp2,65 Triliun
*CPIN +6.5%. Charoen Pokphand Indonesia menyiapkan belanja modal Rp 2,6 triliun
*PPRO +4.5%. PP Properti mulai bangun kawasan Aero City akhir tahun ini
*TOPS +0.5%. Pacu Likuiditas Saham, Totalindo Eka Persada (TOPS) Stock Split 1:5
*ACES +4.1%. Ace Hardware tambah empat gerai lagi
*BIRD -0.3%. Blue Bird membagikan dividen Rp 51 per saham

Technical insight by Tasrul (tasrul@miraeasset.co.id)

*IHSG Daily, 5,946.54(+2.67%), limited updise & prone to correction, trading range hari ini 5,864 - 5,968 kenaikan pada indikator W%R optimized dan indikator Stochastic%D masih terlihat namun mulai terbatas, Pada periode weekly ,indikator MFI optimized dan indikator W%R optimized masih cenderung bergerak naik Daily resistance terdekat di 5,968 dan support di 5,911. Cut loss level di 5,807.

*ACES Weekly,  1,250 (+5.49%),trading buy ,trading range 1,180 –1,320 indikator MFI optimized, indikator W%R  optimized cenderung naik dan indikator Stochastic%D akan menguji support trend line. Weekly support di 1,180 dan weekly resistance di 1,320.Cut loss level di 1,135.

*CPIN Weekly, 3,580 (+4.99%),trading buy,  3,400 – 3,690. indikator MFI optimized , indikator W%R optimized dan stochastic %D optimized cenderung masih cenderung naik Daily dan Weekly resistance di 3,680 dan 3,690. Sementara itu daily dan weekly support di 3,490 dan 3,400. Cut loss level di 3,340.

*RAJA Daily, 745 (+5.67%), trading buy, trading range 710 – 775. indikator MFI optimized dan indikator RSI optimized cenderung naik. Dengan demikian diperkirakan potensi kenaikan masih terlihat. Perkiraan daily dan weekly resistance di  775  dan 835. Daily support dan weekly support di 710 dan 690. Cut loss level di 640.

Daily write up
Crude oil: Bullish continuation by Andy Wibowo Gunawan (andy.wibowo@miraeasset.co.id)

- Kami percaya bahwa ketegangan geopolitik antara AS dan negara-negara Timur Tengah akan meningkat setelah Trump menarik posisi AS dari kesepakatan nuklir Iran dan menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

- Kami menduga bahwa AS membutuhkan harga minyak global yang lebih tinggi untuk meningkatkan ekonominya di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah. Lebih lanjut, kami optimis bahwa AS akan mengelola pasokan minyaknya untuk mengamankan ekonominya dalam jangka panjang.

- Kami percaya bahwa para pemain shale AS akan mengelola jumlah rig yang akan datang untuk mengantisipasi Arab Saudi memompa lebih banyak minyak yang dapat menyebabkan harga minyak dan serpih minyak global yang lebih rendah.   

- Menurut International Energy Agency (IEA), permintaan minyak global akan tumbuh rata-rata 1,2 juta barel/hari di belakang pertumbuhan ekonomi global yang lebih kuat. Pada 2023F permintaan minyak global akan mencapai 104,7 juta barel/hari, naik 6,9 juta barel/hari dari 2018F.




Delta Dunia mengamankan kontrak sebesar USD7 miliar (Investor Daily)
PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) melalui anak perusahaannya, yaitu PT Bukit Makmur Mandiri Utama (Buma) telah menandatangani kontrak baru untuk tahun ini. Kontrak itu berasal dari PT Tanah Bumbu Resources, PT Insani Baraperkasa, dan PT Bayan Resources Tbk (BYAN). Dengan demikian, Buma telah memperoleh kontrak sebesar USD7 miliar pada tahun 2018 atau meningkat USD2 miliar dari kontrak tahun 2017.

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan