Saham HOKI | Laba Bersih Naik 88%, Kinerja Buyung Poetra (HOKI) Melampaui Target

Sponsored Links:

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) berhasil membukukan kinerja moncer. Keuntungan produsen beras Topi Koki ini bahkan jauh melampaui target.

Laba bersih emiten anggota indeks Kompas100 ini, naik 88% menjadi Rp 90,19 miliar sepanjang 2018. Sebelumnya, manajemen HOKI menargetkan pertumbuhan laba bersih sebesar 15% secara tahunan.

Sejatinya, pertumbuhan pendapatan HOKI tahun lalu hanya naik 19% jadi Rp 1,43 triliun. Namun, perusahaan ini berhasil menekan beban usaha hingga 20% sehingga turun jadi Rp 73,51 miliar.

Pada saat yang bersamaan, HOKI juga mencatat penerimaan kembali beban promosi Rp 3,37 miliar. Tahun 2017, pos keuangan ini kosong.

Sehingga, bukan hanya pertumbuhan laba yang melesat. "Karena efisiensi, gross dan net margin masing-masing terjaga di level 12% dan 6%," ujar Investor Relations HOKI Dion Ferdinand kepada KONTAN belum lama ini.

Meski demikian, torehan kinerja tersebut belum membuat HOKI lebih agresif berekspansi. Perusahaan ini masih fokus melanjutkan rencana yang sudah ada.

Tahun ini, HOKI masih akan fokus melanjutkan penambahan mesin di salah satu pabrik di Subang. Ini untuk memenuhi tingginya permintaan beras di wilayah tersebut.

Penambahan mesin juga diharapkan bisa memberikan dampak efisiensi. Sebab, ini mengurangi jam lembur.

HOKI juga tengah melanjutkan pembangunan pabrik baru di Palembang. Ekspansi HOKI diharapkan bisa memberikan dampak mulai kuartal kedua tahun ini.


Sumber: KONTAN

Komentar