google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Analisa Saham MNCN | Getting deeper into digital business Langsung ke konten utama

Analisa Saham MNCN | Getting deeper into digital business

MNCN: Getting deeper into digital business

(baca juga: Pola Distribusi Saham)

MNCN mempertahankan posisinya sebagai market leader industri media di Indonesia dengan pangsa pasar periklanan mencapai 45% di 1Q19. Selain itu, MNCN juga berhasil melakukan penetrasi di media sosial mengungguli peers dengan jumlah subscribers (37,6 juta) dan viewers (13,7 miliar) terbanyak dibanding kompetitor. MNCN juga terus berekspansi dalam bisnis digital dengan rencana peluncuran RCTI+ di bulan Agustus 2019 mendatang. Kami masih mempertahankan outlook positif untuk MNCN didukung oleh: 1) perkembangan bisnis digital, meliputi iklan digital dan segmen konten, yang didukung oleh rencana peluncuran RCTI+ dan basis media sosial yang kuat seiring dengan meningkatnya penetrasi smartphone di Indonesia, 2) Struktur permodalan yang lebih solid setelah eksekusi dari rencana private placement. Dengan demikian, kami mempertahankan rekomendasi BUY untuk MNCN dengan target harga Rp1.150 (implied PE di 8,51x di 2019).

Mempertahankan posisi sebagai market leader di industri media. Sampai dengan tahun 2019, MNCN berhasil mempertahankan posisi sebagai market leader di industri media dengan advertising market share mencapai 45% di 1Q19. Sejak tahun 2014 (37%), advertising market share MNCN terus meningkat dan menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan kompetitor. Selain itu, dari sisi konten, konten seri drama menjadi salah satu tipe konten yang menghasilkan pendapatan per jam tertinggi, dan MNCN memiliki market share produksi seri drama mencapai 39%, yang tertinggi dibandingkan peers. Dengan demikian, kami memperkirakan MNCN akan memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding peers untuk melakukan monetisasi konten sebagai market leader di industri media.

Penetrasi di media sosial akan berdampak positif terhadap bisnis digital MNCN. Selain berkompetisi di dunia pertelevisian, MNCN juga aktif melakukan penetrasi di media sosial. Dibandingkan dengan peers, MNCN berhasil unggul dalam penetrasi di media sosial yang diperlihatkan dengan jumlah subscribers tertinggi dari seluruh media sosial yang dimiliki (37,6 juta subscribers) dan jumlah penonton Youtube terbanyak mencapai 13,7 miliar viewers. Kami memperkirakan basis media sosial yang kuat ini akan berdampak positif terhadap rencana manajemen untuk mengeluarkan platform video-on-demand (VOD) milik MNCN sendiri yaitu RCTI+ yang akan diluncurkan pada Agustus 2019 mendatang. RCTI+ akan dikembangkan sebagai aplikasi berbasis iklan (advertising based) dan akan memiliki konten yang berasal dari sinetron dan seri drama yang telah ditayangkan di FTA TV, serta bloopers dan behind the scene dari konten-konten tersebut.

Penetrasi smartphone turut mendukung pertumbuhan bisnis digital. Diperkirakan sampai dengan tahun 2019, penetrasi smartphone di Indonesia mencapai 28,0%, lebih rendah dibandingkan dengan penetrasi smartphone global yang mencapai 36,8%. Hal ini mengindikasikan potensi ruang tumbuh yang besar untuk penggunaan smartphone di Indonesia. Sejalan dengan hal ini, penetrasi MNCN dalam bisnis digital juga akan mendapat dampak positif dimana untuk aplikasi RCTI+ akan dirilis dalam bentuk mobile apps dengan basis sistem operasi Android dan iOS. Selain itu, traffic dari website okezone.com dan sindonews.com juga berpotensi meningkat seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone di Indonesia. Dengan demikian, kami memperkirakan pertumbuhan pendapatan kedepan akan ditopang oleh pendapatan dari iklan digital. Sebagai informasi, pendapatan dari iklan digital berkontribusi sebesar 9% terhadap total pendapatan iklan MNCN di 1Q19.

Private placement akan memperkuat struktur permodalan. Berdasarkan RUPSLB yang diselenggarakan pada 24 Juni 2019, manajemen telah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham untuk melakukan private placement dengan total penerbitan saham baru sebesar 8% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh atau sekitar 1,14 miliar saham dengan harga eksekusi di kisaran Rp1.600-Rp2.000 per lembar saham. Dengan demikian, kami memperkirakan total tambahan dana akan berkisar Rp1,8 triliun-Rp2,3 triliun. Manajemen berencana untuk melakukan percepatan pembayaran utang dengan dana tersebut, sehingga jika rencana tersebut dieksekusi kami mamperkirakan net gearing ratio berpotensi turun dibawah level 20%, dimana berdasarkan laporan keuangan 1Q19 net gearing ratio berada di level 38%. Sebagai informasi, rencana private placement ini dapat dieksekusi dalam rentang waktu 2 tahun.

Mempertahankan rekomendasi BUY, dengan target harga ke Rp1.150. Kami masih mempertahankan outlook positif untuk MNCN didukung oleh: 1) perkembangan bisnis digital, meliputi iklan digital dan segmen konten, yang didukung oleh rencana peluncuran RCTI+ dan basis media sosial yang kuat seiring dengan meningkatnya penetrasi smartphone di Indonesia, 2) Struktur permodalan yang lebih solid setelah eksekusi dari rencana private placement. Dengan demikian, kami mempertahankan rekomendasi BUY untuk MNCN dengan target harga Rp1.150 (implied PE di 8,51x di 2019).

Best Regards,
Panin Sekuritas

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan