google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo 10 Cara Bermain Saham Untuk Pemula Yang Aman dan Bikin Cuan Langsung ke konten utama

10 Cara Bermain Saham Untuk Pemula Yang Aman dan Bikin Cuan

Investor pemula atau mereka yang baru mau terjun ke investasi saham, wajib tahu soal cara bermain saham yang aman. Hal itu bertujuan agar investasi yang tinggi risiko ini bisa menghasilkan cuan alias keuntungan di masa depan.

Bukan apa-apa, tanpa pemahaman yang matang, investasi yang satu ini bisa membuatmu buntung.

Saham disebut tinggi risiko karena di satu sisi, investor bisa mengalami kerugian berbentuk capital loss. Tapi di sisi lain, investor juga bisa meraup keuntungan hingga 20 persen atau lebih selama satu tahun berkat saham.

Wuih, kalau keuntungan bermain saham 20 persen, makin tergoda gak buat investasi saham?

Buat kamu yang tertarik mencoba, yuk pahami dulu cara bermain saham yang aman buat pemula. Dijamin deh, kamu bakal untung dalam waktu cepat dan ini juga merupakan metode belajar saham yang baik tentunya.


1. Pilih Sekuritas dengan Biaya Transaksi Kecil

Sebelum kita membahas seputar cara bermain saham secara mendalam, ketahui dulu bahwa perusahaan sekuritas atau broker saham itu banyak. Biaya transaksi yang dikenakan kepada para investor pun berbeda-beda antara satu sekuritas dengan sekuritas lainnya.

Tunggu deh, biaya transaksi itu maksudnya apa ya?

Dalam investasi saham, kita diharuskan membuka rekening efek (rekening dana nasabah) yang difasilitasi oleh perusahaan-perusahaan sekuritas ini.

Setelah rekening itu jadi, kita harus top-up uang kita ke rekening efek. Uang di rekening efek itulah yang nantinya berfungsi layaknya e-money. Dengan uang itulah kamu bisa membeli saham-saham yang kamu inginkan secara online.

Nah, “biaya transaksi” yang dimaksud adalah biaya pembelian dan penjualan saham. Biaya ini bakal jadi sumber pendapatan perusahaan broker yang bersangkutan.

Sebut saja, ada sekuritas yang menerapkan biaya 0,19 persen untuk pembelian dan 0,29 persen untuk penjualan. Ada juga yang 0,15 persen pembelian dan 0,20 penjualan, dan lain sebagainya.

Jika biayanya makin kecil, maka investor juga makin diuntungkan bukan? Tapi bukan berarti yang biayanya besar gak layak dipilih. Bisa jadi pelayanan mereka terhadap nasabah justru lebih oke dan aplikasinya juga bagus.

Setelah sudah tahu mana sekuritas yang kamu tuju, tinggal siapkan dokumen-dokumen terkait untuk membuka rekening deh.


2. Pahami tentang "High Risk = High Gain"

Setelah rekening efekmu sudah jadi dan aplikasi tradingnya sudah tersedia di laptop, tentu tugas selanjutnya adalah top up atau transfer dana ke rekening efek tersebut.

Terkadang, gak sedikit dari kita yang masih ragu atau takut kehilangan duit di investasi ini. Tenang saja, kamu bisa memulai investasi saham dengan bujet Rp5 ribuan lho? Sebab, ada banyak saham yang harganya cuma Rp50 perak per lembar.

Nah, dalam transaksi saham, kita mengenal satuan lot, di mana satu lot terdiri dari 100 lembar saham. Jika harga per lembarnya hanya Rp50, maka harga satu lotnya tinggal dikalikan 100 saja, alias menjadi Rp5.000.

Tapi apa iya dengan bujet receh kamu bisa untung hingga jadi crazy rich? Tentu saja tidak, semua yang menghasilkan keuntungan pasti ada risikonya, kerja di perusahaan juga ada risikonya kan.

Oleh karena itu, pilihlah nominal yang kiranya bakal membuatmu gembira ketika untung 1 persen. Namun, pastikan jangan gunakan seluruh uangmu.

Aplikasikan saja cara bermain saham yang bijak dengan menggunakan 10 persen dari total uang kas di rekeningmu. Dengan catatan, itu bukan berasal dari dana darurat. Setiap bulan, lakukan top up dana 10 persen dari penghasilan bulanan untuk membeli saham.

Dengan menaruh uang berjumlah besar, cuannya pasti besar juga. Tapi ketika harga sahamnya lagi turun, maka kerugian yang kamu alami juga besar.

Mau gimana juga, tingkat kesabaran investor pemula tentu gak sebaik investor kelas kakap. Mengalami kerugian dalam investasi saham itu wajar, tapi jangan lantas kerugian itu membuatmu miskin di kemudian hari.


3. Pilih Saham di Indeks LQ45 atau IDX30 (Perusahaan Bluechip)

Indeks saham yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia sejatinya adalah ukuran statistik perubahan gerak harga dari kumpulan saham, yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu.

Nah, tepat pada April 2019, indeks saham di BEI jumlahnya ada 22. Biar gak bingung, pilih saja saham-saham yang tergabung di indeks LQ45 atau IDX30.

Saham-saham di indeks tersebut memiliki likuiditas yang sangat tinggi. Selain itu fundamental perusahaannya juga dinilai baik. Saham-saham yang masuk ke dalam indeks-indeks tersebut pun sering disebut dengan istilah blue chip.

Tentunya, memilih saham di kedua indeks ini bisa jadi cara bermain saham yang paling aman bukan? Daripada pusing mendengarkan masukan sana-sini, mending kenalan dulu deh sama deretan saham di dua indeks ini.


4. Beli Saham dari Sektor Perbankan atau Consumer Goods

Setelah familiar dengan saham-saham yang ada di indeks IDX30 atau LQ45, maka ini adalah saat yang tepat untuk membeli saham perbankan atau consumer goods.

Lho kenapa dua perusahaan itu? Emangnya keuntungan bermain saham kita bakal makin besar jika beli perusahaan ini di awal?

Bukan begitu maksudnya. Menjadikan saham perbankan dan perusahaan besar di bidang consumer goods sebagai saham pertama, tentu bisa jadi cara bermain saham yang paling bijak untuk pemula. Mengapa?

Karena perusahaan ini merupakan perusahaan dengan bisnis yang sederhana. Selain itu produk-produk mereka juga digunakan masyarakat, otomatis dalam setahun mereka selalu mencetak laba yang signifikan.

Masuk akal dong analisanya? Walaupun ketika kamu beli, harga saham mereka turun, percaya deh dalam hitungan waktu yang tidak terlalu lama pasti akan normal lagi atau malah untung. Kecuali jika tiba-tiba Indonesia mengalami krisis ekonomi.


5. Kalau Rugi, Maka Lakukan Average Down Pada Saat Yang Tepat

Udah beli saham, eh tiba-tiba hari kedua kok malah anjlok. Kabarnya “asing” menjual saham yang saya beli. Gimana dong, kalau dibiarin nanti duit saya habis.

Tenang, gak usah panik. Namanya juga bermain saham, kerugian itu pasti ada. Kuncinya cuma satu yaitu sabar. Sebab, harga saham yang kamu beli pasti akan naik lagi kok selama itu adalah saham blue chip.

Ketika di portfoliomu kamu melihat ada kerugian 2 persen di satu saham, beli saja saham yang harganya lagi turun. Cara bermain saham yang satu ini dikenal dengan istilah average down, apa maksudnya?

Average down adalah strategi investasi dengan melakukan pembelian secara bertahap pas harga di pasar sedang mengalami penurunan. Cara bermain saham ini akan membuat nilai investasimu gak akan ikutan terjun bebas, justru malah ngikutin kondisi pasar. Ajaibnya, apabila kondisi pasar udah mulai pulih, return yang kamu miliki bakal meningkat.


6. Bedakan Antara Trader atau Investor

Keenam, kamu harus menentukan mau menjadi seorang trader atau investor. Trader sendiri memiliki sifat mencari keuntungan dari harga yang kadang bisa naik atau turun dalam waktu yang relatif singkat.

Sementara itu, kalau jadi investor, kamu disarankan menyimpan saham dalam waktu yang lama dan memanen keuntungannya di kemudian hari. Banyak orang mengalami kerugian karena labil menentukan pilihan mau menjadi trader atau investor.


7. Beli Saat Harga Melemah

Banyak investor pemula menganggap bahwa saat harga indeks saham sedang menurun adalah saat yang buruk untuk membeli saham. Pandangan seperti itu gak sepenuhnya salah, tapi juga gak sepenuhnya benar lho.

Sebab justru di saat harga sedang turun itu kamu perlu membeli karena harganya akan naik kembali di kemudian hari. Hasilnya, kamu akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Tips ketujuh ini gak serta merta manjur ya, kamu harus tetap mempertimbangkan berbagai aspek agar gak salah langkah.


8. Beli Saham Beda Sektor

Diversifikasi saham sendiri adalah teknik yang digunakan oleh seorang investor untuk mengurangi risiko kerugian. Caranya dengan membeli saham di sektor yang berbeda-beda seperti properti, perbankan maupun consumer goods.

Jadi jika sewaktu-waktu harga salah satu saham kamu turun akibat suatu hal, kerugiannya bisa ditutupi dari saham lain yang bergerak di industri berbeda.


9. Pilih Saham yang Fundamental Keuangannya Sehat

Selain memilih saham LQ45 atau IDX30, kamu juga perlu memilih saham yang memiliki fundamental keuangannya baik. Kamu juga perlu melihat portofolionya, rekam jejak usahanya seperti apa dan kondisi keuangannya baik atau tidak.

Dengan begitu kamu bisa menekan angka kerugian yang mungkin terjadi di masa yang akan datang dan menghasilkan cuan yang lebih banyak.

10.  Tips Bermain Saham Jangka Panjang dan Jangka Pendek

Nah kita sudah sampai di akhir pembahasan. Tapi yang di akhir ini justru yang paling penting dari yang lain.

Intinya, poin bahasan ini tentu jadi poin terpenting karena Lifepal bakal mencoba untuk membentuk mindset cara bermain saham yang ideal buat kamu. Di sini, kamu pun bisa menemukan karakter investor saham seperti apa yang pas buat dirimu.

a. Cara Bermain Saham Jangka Panjang

Gimana sih cara bermain saham buat jangka panjang? Sejatinya poin ketiga, empat, dan lima, adalah cara bermain saham untuk jangka waktu panjang alias investasi.

Intinya, tiap bulan kamu top up saja sahamnya sesuai bujet. Terlepas dari apakah harganya lagi naik atau turun, yang penting kapitalnya besar. Tapi kalau turunnya drastis ya tentu saja enak untuk diborong.

Asal kamu tahu, sejak pertama kali melakukan IPO (tahun 2000), kenaikan harga saham BCA mencapai 14 ribu persen! Gokil gak? Dulu harga saham itu cuma Rp500 perak, lha sekarang udah Rp27 ribuan.

Bayangin saja orang yang dulu cuma investasi Rp500 ribu di tahun 2000 dengan beli saham BCA, untung Rp70 jutaan dalam lebih dari 10 tahun. Kuncinya cuma satu yaitu sabar, dan gak buru-buru jual sahamnya.

Bicara soal investasi jangka panjang, sejatinya kapan sih sebuah investasi itu dinyatakan jangka panjang? Satu tahun, dua tahun, atau lebih dari 10 tahun seperti di atas?

Menurut Lifepal, tiga tahun sejatinya sudah tergolong jangka panjang. Mengapa? Karena sekarang dunia sudah memasuki era digitalisasi dan keterbukaan informasi, berita-berita online yang muncul secepat kilat tentunya bisa mempengaruhi sentimen yang muncul di pasar modal.

b. Cara Bermain Saham Jangka Pendek

Nah kalau yang ini memang agak berisiko, dan pastinya lebih melelahkan. Mengapa demikian? Karena seorang investor jangka pendek harus tahu batas rendah harga saham yang ingin dia incar. Oleh karena itu, selain memantau informasi seputar industri di portal berita, dia juga harus mencermati tren fluktuasi harga saham yang dia incar.

Metode ini kerap disebut dengan istilah trading saham. Bukan investasi.

Dengan membeli saham di harga terendah, maka besar kemungkinan dalam jangka waktu pendek dia bisa mengeruk keuntungan di atas 5 persen. Setelah itu, mereka harus menjualnya cepat-cepat sebelum harganya turun lagi.

Ada juga yang melakukan profit taking alias menjual sahamnya ketika sudah untung 1 atau 2 persen saja. Akan tetapi, untung dengan persentase segitu saja sudah ‘berasa’, karena mereka menggunakan modal yang sangat besar.

Cara bermain saham yang satu ini memang kurang tepat bagi investor pemula. Tapi kalau mau coba-coba silahkan saja, asal jangan beli perusahaan dengan fundamental yang gak jelas. Misalnya saja perusahaan yang selama beberapa tahun terakhir selalu mencatatkan kerugian besar.

Itulah serba serbi seputar bermain saham yang pas buat pemula. Kira-kira udah tertarik belum untuk berinvestasi di sektor tinggi risiko ini? Selamat mencoba, semoga cuan terus.


Sumber:

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Saham GS IDX | 21 Agustus 2017

Watchlist Ganesha Stock IDX (day trade) : Senin, 21 Agustus 2017 - PUDP (Scalping) - TGRA (Scalping) - WAPO (Scalping) - BBTN - MPPA - BOGA - PTRO - INDY - INCO - DOID Batasi resiko masing2 ya..  Sharing is caring. Salam cerdas investasi! Warning : Watchlist scalping, rata-rata watchlist copet pada saham-saham dengan likuiditas rendah. Jika belum terbiasa copet, hati-hati. — Disclaimer : Bukan perintah jual/ beli, disiplin dengan trading plan masing-masing, resiko dan cuan ditanggung ma

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Apa itu Saham ? Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan, Resiko

Apa itu Saham? Saham adalah jenis surat berharga yang menandakan kepemilikan secara proporsional dalam sebuah perusahaan penerbitnya. Saham kadang disebut ekuitas. Saham memberikan hak kepada pemegang saham atas proporsi aset dan pendapatan perusahaan.  Saham pada umumnya  dijual dan dibeli di bursa saham . Akan tetapi saham juga dijual secara pribadi. Transaksi saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.  Secara historis, investasi saham telah mengungguli sebagian besar investasi lainnya dalam jangka panjang. Investasi saham dapat dilakukan melalui broker saham online atau sekuritas saham yang terdaftar di lembaga yang mengaturnya di sebuah negara.  Sebuah perusahaan terbuka menerbitkan / menjual saham dalam rangka mengumpulkan dana untuk menjalankan bisnisnya. Pemegang saham, ibaratnya telah membeli secuil perusahaan dan memiliki hak atas sebagian aset dan pendapatannya. Dengan kata lain, pemegan