google-site-verification=zsLknblUv9MPpbGfVx9l3sfhCtAjcEQGFzXwTpBAmUo Modal Nekat, Ini Kisah Sukses Raam Punjabi Raja Sinetron Indonesia Langsung ke konten utama

Modal Nekat, Ini Kisah Sukses Raam Punjabi Raja Sinetron Indonesia



Hampir 50 tahun berkarya di industri hiburan Tanah Air, Raam Punjabi telah melahirkan ribuan judul sinetron dan film. Mau tahu banyak mengenai sosok dan perjuangan si Raja Sinetron Indonesia yang sukses membangun gurita bisnis di bawah bendera PT Tripar Multivision Plus atau Multivision Plus (MVP)? Cekidot.

Multivision Plus dulu tidak sebesar sekarang. Perusahaan rumah produksi ini memiliki sejarah panjang yang menarik untuk dikupas. Apalagi ada tangan dingin dari seorang Raam Jethmal Punjabi. Semua dibangun dari nol atas dasar kecintaannya terhadap dunia perfilman.

Jatuh Bangun Bikin Film dan Sinetron

Jauh sebelum MVP hadir, Raam bersama dua kakaknya Dhamoo Punjabi dan Gobind Punjabi merupakan importir film lewat PT Indako Film di tahun 1967. Modal saat itu Rp30 juta, hasil banting stir dari importir tekstil yang sudah ditekuninya sejak 1964.

Selang 3 tahun kemudian, Pria kelahiran Surabaya 74 tahun silam itu mendirikan rumah produksi pertama PT Panorama Film pada 1971-1976. Duet bersama PT Aries Internasional Film, Raam memproduksi film Indonesia pertama berjudul “Mama.” Sayang disayang, film tersebut sepi peminat alias tidak laku.

Tak patah arang, film kedua pun lahir berjudul “Demi Cinta” dibintangi Sophan Sophian dan Widyawati. Lagi-lagi, saat dilempar ke pasaran, zonk. Baru di film ketiganya berjudul “Pengalaman Pertama” yang diperankan Roy Marten, Yati Octavia, dan Robby Sugara, dewi fortuna berpihak pada Raam. Film tersebut berhasil mencetak untung.

“Film pertama sama sekali tidak laku, yang kedua tidak laku, baru di film ketiga mendapat perhatian dari masyarakat dan untung,” kenang Raam Punjabi saat berbincang dengan Cermati.com, baru-baru ini.

Setelah keberuntungan pertama tersebut, Raam mendirikan PT Parkit Film pada 1979. Nasib baik terus menghampiri anak dari pasangan Jethmal Tolaram Punjabi dan Dhanibhai Jethmal Punjabi itu. Film komedi besutannya Warkop yang diperankan Dono, Kasino, Indro naik daun saat kondisi perfilman Indonesia sedang terpuruk di era 1980-an.

Seperti pepatah bilang pucuk dicinta ulam tiba, di tengah industri film Tanah Air yang kian meredup, masih ada stasiun televisi yang membawa angin segar bagi produser film dan tenaga kreatif lain. Ada peluang besar menggarap sinema elektronik atau sinetron, Raam mendirikan PT Tripar Multivision Plus bermodal Rp250 juta di tahun 1988. Uang itu digunakan untuk memproduksi sinetron perdana “Gara-Gara” oleh Lydia Kandao dan Jimmy Gideon.

Karya-karya Raam Punjabi terus berseliweran di sejumlah stasiun televisi sampai saat ini, di antaranya Semua Indah Karena Cinta, Indra Ketujuh, Karma The Series, dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk film yang pernah digarap dan sukses besar, di antaranya Soekarno, Sang Pencerah, Kuntilanak, 3 Srikandi, dan sebagainya.

Produser kawakan tersebut sedang menyiapkan 8 judul film baru hingga Juni 2019. Termasuk menyiapkan slot baru untuk sinetron-sinetron yang sedang tayang. Bahkan Raam sudah mulai putar otak membuat program pengganti jika penonton tidak minat lagi dengan sinetron tersebut.

Raam mengaku tak hafal persis berapa judul film dan sinetron yang telah diproduksi selama 48 tahun perjalanan kariernya. “Tapi kalau untuk sinetron totalnya sudah 20 ribu jam dan 202 judul film. Di library kami, ada ribuan judul,” kata Pria keturunan asal India itu.

Gurita bisnis Suami dari Raakhee Punjabi ini selain fokus pada produksi film, juga bermain di bisnis impor film. Usahanya semakin berkembang dan memiliki jaringan bioskop asal dalam negeri dengan merek Platinum Cineplex di 4 negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Timor Leste, Kamboja, dan Vietnam. Makin berkibar yah.

Mimpi Raam dalam waktu dekat adalah membawa perusahaannya go public. Rencana menggelar Innitial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta di pertengahan 2019 menyusul jejak MD Pictures yang lebih dulu menawarkan saham perdana.  

Cari Modal Sana Sini

Mencari modal usaha ratusan juta rupiah bukan perkara mudah. Apalagi menurut pengakuan Raam, saat itu mencari pinjaman ke bank sangat sulit karena harus menyerahkan agunan barang berharga, seperti properti. Kondisi tersebut berbeda dengan di luar negeri, di mana proyek film bisa menjadi jaminan kredit. Hal memilukan itu masih terus berlangsung hingga saat ini.

“Dulu sulit sekali mendapatkan modal, butuh nyali besar dari produsernya. Untung ada teman yang percaya pada kinerja saya. Akhirnya dia jadi investornya,” tutur Ayah dari tiga orang anak ini.

Namanya bisnis, pasti ada pasang surutnya. Modal ratusan juta rupiah lenyap karena produksi filmnya tidak laku di pasaran. Saat kehabisan modal, bersyukur si investor tetap menaruh dana dengan harapan uangnya akan kembali. Keadaannya begitu terus, sampai suatu ketika film garapan Raam menuai sukses.

Sejak saat itu, Raam bisa mengembalikan seluruh dana investor beserta keuntungannya. Serasa kapok, si investor malah mundur saat MVP mulai bangkit lantaran ogah lagi masuk ke bisnis yang penuh dengan risiko. Namun bagi Raam, itu bukanlah akhir dari segalanya.

“Bisnis itu kan seperti roda. Roda kalau dihentikan, ya kita akan mandek di situ. Jadi kembali ke sikap dan tekad si produser mau ke mana. Nah tekad saya maju terus sampai berhasil, jadi ada saja investor lain yang masuk,” ucap Raam bangga.  

Jika biaya produksi film sampai miliaran rupiah, Raam masih mengandalkan pinjaman ke bank untuk membiayai proyeknya. Tentunya dengan keyakinan film tersebut akan laku keras di pasaran, balik modal, mendulang untung, dan akhirnya utang bisa lunas.

Resep Sukses Si Raja Sinetron

Saking produktifnya membuat sinetron dan film, Raam dijuluki Raja Sinetron Indonesia. Baginya, memproduksi karya film dan sinetron bukan sekadar tanam modal, selesai. Harus ada “rohnya” di situ untuk menyuguhkan tontonan berkualitas dan disukai penonton. Seni film dan sinetron seperti sudah mendarah daging dalam dirinya.

“Selama masih bisa bernafas, keinginan untuk terus membuat film dan sinetron tidak akan berhenti,” kata Raam semangat.

Selain dukungan modal, ada beberapa kunci sukses yang selalu ditanamkan Raam Punjabi saat membangun bisnis. Hal ini bisa dicontoh para generasi milenial:

1. Tekad

Dalam membangun dan menjalankan bisnis rumah produksi, seorang produser film dan sinetron harus memiliki tekad kuat untuk memajukan perusahaan dalam situasi apapun. Yakinkan pada diri untuk maju terus, pantang menyerah sampai berhasil

2. Menentukan Tujuan

Menurut Raam, seorang pengusaha harus memiliki tujuan yang jelas dan terarah. Contohnya kalau kamu mau jadi konglomerat, statusnya konglomerat se-Indonesia,  di kawasan Asia, atau sejagat. Tujuan itu penting, sehingga kamu bisa menentukan langkah-langkah untuk menggapainya

3. Nekat

Saat tekad dan tujuan sudah bulat, maka produser film harus nekat. Berani untuk menjalankannya. Raam mengaku, termasuk orang yang nekat karena berani meminjam uang dari orang lain dengan keyakinan bisa mengembalikan modal tersebut. Dan sudah terbukti kan hasilnya

4. Totalitas dalam Bekerja

Dunia sinetron dan film membutuhkan konsentrasi penuh dari sang produser, tenaga-tenaga kreatif, sampai dengan para pemain. Dulu saat masih berjuang, Raam harus menyiapkan 9 program setiap minggu untuk tayang di stasiun televisi. Dia harus rela pergi pagi pulang pagi demi menyelesaikan pekerjaan tersebut.

“Bidang ini harus konsentrasi 24 jam/7 hari. Bukan menyerahkan duit saja ke orang, pasti rugi. Saya jamin itu,” tegasnya.

5. Inovasi

Inovasi harus terus diasah untuk bisa menghasilkan tontonan yang berkualitas. Penonton tidak akan peduli, biaya produksi film atau sinetron murah atau mahal, yang penting kena di hati mereka. Jadi inovasi sangat penting bagi para produser dan tenaga-tenaga kreatif untuk mencari peluang pasar

6. Nasib

Memang sih itu semua bukan jaminan. Lagi-lagi nasib ikut menentukan. Namun Tuhan tidak akan pernah mengubah suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang mengubah nasibnya. Oleh karena itu, apabila sudah berikhtiar dan doa, mudah-mudahan Tuhan akan selalu mengiringi langkah kita hingga mencapai kesuksesan.

Pesan untuk Milenial yang Mau Jadi Produser Film 

Raam memandang prospek bisnis hiburan khususnya sinetron dan film masih sangat menjanjikan ke depan. Bisa dibilang industri ini masih berjaya. Penonton industri ini diklaim sudah menyamai penonton hollywood. Jika antusiasme bagus, jumlah penonton bisa mencapai 6,7 juta orang. Tapi itu tidak semua film ya.  

Bagi kalian para generasi muda yang tertarik terjun ke industri sinetron atau film, ada 2 hal yang harus diperhatikan, yakni:

1. Modal

Kalau kamu anak konglomerat pastinya tidak akan kesulitan mendapatkan modal. Kondisinya berbeda dengan orang yang lahir dari keluarga sederhana, tapi punya semangat untuk memajukan perfilman Indonesia. Tenang saja modal bisa diperoleh dari manapun, salah satunya mencari investor seperti yang dilakukan Raam.

Kamu juga bisa menekan bujet produksi seminimal mungkin dengan cara menggunakan setting pembuatan film yang tidak mewah, serta menggunakan talent-talent baru atau cara lain.

2. Harus Disukai Penonton

Raam berpesan agar para sineas muda, atau siapapun yang tertarik ke dunia ini, membuat tayangan box office Indonesia ataupun sinetron dengan tujuan komersial. Artinya yang betul-betul disukai penonton. Kamu bisa mencari tahu dengan cara melakukan riset terlebih dahulu.

“Film harus dibuat untuk tujuan komersial. Penonton puas, modal kembali, untung diraih. Kalau film itu punya teknik-teknik yang oke, maka film atau sinetron itu pasti dengan sendirinya layak dikompetisikan, dan meraih apresiasi dari juri berupa penghargaan,” Raam menutup perbincangan.

Jangan Takut Berkarya

Industri hiburan Tanah Air, khususnya film dan sinetron membutuhkan sineas-sineas muda berbakat. Film box office Indonesia harus menjadi tuan rumah di Negeri sendiri, dan ke depan dapat menyumbang lebih banyak devisa. Saat ini, banyak wadah bagi para tenaga kreatif untuk unjuk gigi, siapa tahu dilirik produser film. Kuncinya jangan takut berkarya, nekat, dan inovatif.

sumber : cermati


Lebih lengkapnya silahkan klik : Saham Online

Komentar

Saham Online di Facebook

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Grafik Saham di Bursa Efek

grafik candlestick saham Pergerakan harga instrumen finansial baik saham maupun forex biasanya digambarkan dalam bentuk grafik. Grafik ini memudahkan trader untuk mengetahui pola-pola pergerakan harga yang terjadi sebelumnya. Ada beberapa jenis grafik yang biasa dipakai di pasar finansial yaitu: Line Chart/Grafik Garis Bar Chart/Grafik Batang Candlestick Chart/Grafik Lilin Grafik  Line Chart  hanya memuat data harga dipenutupan perdagangan yang digambarkan dalam bentuk garis saja. Sementara  Bar Chart  dan  Candlestick Chart  hampir sama dikarenakan memuat data harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi dan terendah. Hanya saja grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan grafik bar. Di samping itu keunggulan lain dari candlestick chart adalah mampu menampilkan psikologi pasar dengan tampilan yang lebih mudah dibaca. Berikut tampilan masing-masing chart menggunakan contoh Indeks S&P500: Line Chart Bar Chart Candlestick Chart Saya priba

Cara Membaca Candlestick Saham

Cara membaca candlestick saham sebenarnya cukup mudah dan tidak perlu banyak menghafal. Anda cukup memahaminya saja secara garis besar, maka akan sukses membaca candlestick saham.  Di grafik atau chart saham, kita menemui puluhan pola saham yang berbeda. Di sana ada  Three Black Crows, Concealing Baby Swallow, Unique Three River Bottom dan lain sebagainya. Jika anda harus menghafalkannya, maka akan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka dengan artikel ini harapannya Anda mampu cara memahami atau membaca candlestick saham dengan mudah. Dasar-dasar dalam Membaca Candlestick Saham Buyer Versus Seller Sebelum kita mulai mendalami elemen-elemen penting untuk analisa candlestick, kita harus punya cara pandang yang benar terlebih dulu. Anggap saja pergerakan harga itu terjadi karena perang antara Buyer dan Seller. Setiap candlestick adalah suatu pertempuran selama masa perang, dan keempat elemen candlestick menceritakan siapa yang unggul, siapa yang mundur, siapa memegang kontr

Cara Menghitung Harga Wajar Saham Menurut Benjamin Graham

Harga Wajar dan Benjamin Graham Harga wajar atau Harga intrinsik adalah harga wajar suatu perusahaan. Jika harga saham diatas Harga wajar artinya saham tersebut mahal dan jika dijual dibawah Harga wajar artinya saham tersebut murah.Salah satu investor yang mempopulerkan tentang Harga wajar adalah Benjamin Graham. Seorang investor yang menjadi figur penting Warren Buffet. Benjamin Graham mengajar di Columbia Business School tempat Warren Buffet menimba ilmu. Benjamin Graham menulis buku the security analysis dan juga the intelligent investor. Buku yang merupakan legenda dan bacaan wajib bagi para value investor di seluruh dunia. Buku yang juga dibaca dan didalami oleh Warren Buffet ataupun Lo Kheng Hong. Harga Wajar menurut Benjamin Graham Mari saya jelaskan bagaimana contoh menghitung Harga wajar. Dan sebagai contoh perusahaan maka saya akan menggunakan salah satu perusahaan lain yang saya beli. Saya menggunakan data EPS 2018 dengan harga EPS 141,84 Komponen yang saya gunakan ada 2 dal